Cara Menyetel Karburator SupraX 125 - Berikut merupakan langkah atau tahapan menyetel karburator Supra X 125 dengan kondisi standar.
- Putar Sekrup Idle
Arah memutar searah jarum jam untuk memperbesar RPM mesin hingga kira-kira 3000 rpm.baut setelan rpm stationer - Putar Sekrup Udara
Arah memutar searah jarum jam hingga mentok, pada kondisi ini mesin seakan-akan mau mati (RPM menjadi rendah).baut setelan angin-angin - Putar kembali Sekrup Udara ke kiri
Arah memutar berlawanan dengan arah jarum jam kurang-lebih 1,5 – 2 putaran, cari diantara posisi itu RPM (putaran mesin) tertinggi. Setelah didapat putaran tertinggi, kemudian kecilkan RPM dengan memutar sekrup idle ke kiri hingga didapat rpm 1300-1400 atau bila tidak menggunakan RPM meter bisa di cari pada RPM terendah dimana putaran mesin tidak terjadi pincang.
Kesulitan-kesulitan :
- Apabila pada saat memutar air screw kemudian tiba-tiba mesin mati, maka putar sedikit sekrup idle ke kanan/perbesar rpm nya. Nyalakan ulang motor dan lanjutkan langkah ke-3.
- Apabila RPM motor susah stabil/tidak bisa stabil/pincang2 coba dianalisa pada:
- RPM kurang tinggi (batas minimal 1300 rpm). Bila stationer di bawah 1300 rpm akan menyebabkan sirkulasi oli tidak merata. Hal ini tidak baik untuk keawetan mesin.
- O-ring yang berada didalam sekrup mungkin rusak atau tidak ada. Apabila O-ringnya rusak/hilang sebaiknya ganti. Bila tidak ada dapat diakali dengan menggunakan karet seal yang berasal dari dalam karet korek api gas. O-ring ini berpengaruh karena berfungsi mencegah kebocoran udara dari dalam saluran air screw menuju keluar.
singkat padat jelas om thanks
BalasHapusbingung gan, ane nyetel motor ane pakek filing ajah gan, bingung soalnya.. tp kog kayaknya motorku jadi boros yah gan..
BalasHapuswww.sebarbrosur-surabaya.blogspot.com/
jasa sebar brosur, sebar brosur, jasa sebar brosur surabaya, sebar brosur surabaya
#jasasebarbrosur, #sebarbrosur, #jasasebarbrosursurabaya, #sebarbrosursurabaya
terlalu nutup angin2nya bro..
Hapuscari sampai rpm mesin jd plg tinggi hehe
Bbm kok malah boros
HapusTerlalu menutup = boros..
HapusKurang tepat penyetelan nya
bagaimana cara kita melihat / mengetahui besar-kecilnya rpm?
BalasHapuskalau melihat menggunakan tachometer.. alias rpm meter..
Hapuskalau feeling dr suara mesin atau kedip2 cahaya lampu utama
3000rpm lampu nyala terang gtu min?
BalasHapuslah kalau di gas ya voltase naik jadi lampu terang.
Hapuskalau melebihi 15 volt ya ga wajar
Jadi kesimpulannya sekrup idle di set sampe 3000rpm lalu sekrup udara dimentokin trus diputar kekiri 1,5-2 putaran ya
BalasHapusSingkat padat gak jelas. YouTube banyak
BalasHapusWajar bro artikel tahun berapa, sebelum YouTube rame
Hapussuwun lur....
BalasHapusSangat membantu sekali bang untuk saya yang masih awam ini , terima kasih dan salam sukses 🙏🏼
BalasHapusKayak e terlalu rapet om..
BalasHapusBuat 2 x 360 derajat setelan anginnya.
BalasHapus