Mas saya mau naikin akselerasi motor saya nih mas, motor saya byson 2013. Saya sedang cari noken as untuk racing harian mas, seperti typeK1/ K2. Kondisi mesin saya sudah seher tiger dan karbu skep.
Untuk noken as saya cari cari belum ada yg nyediakan untuk byson mas, kira kira bisa dibantu mas?
Mas novanda , Saya mau tanya nih . motor kawasaki blitz r saya sudah lama mengalami masalah . motor tidak dapat lari kencang , bila diajak kencang terdengar suara "srrrrrr srrrrr" . suaranya keras banget mas . sampe semua bodi motor geter , ampe setang juga . itu masalah dimananya ya mas ? Apa yang harus diperbaiki / diganti ? Trimakasih
Sore mas bro.. Numpang nanya dunk....kalo spul scorpio ad 7 lilitan ( 6 lilitan buat charge & 1 lulitan buat pengapian ) dan kiprok udah ganti punya tiger... Apakah itu sudah fullwave ato blum mas? Terimakasih.
fullwave nggk nya tergantung pemasangannya bro.. apabila kiprok udah tiger, pemasangan udah bner, ya fullwave.. cirinya spul nggk mendapat massa, jadi murni ujung kawat ke ujung kawat masin2 keluar di kabel ke kiprok
Bro novan , mau tanya nih f1zr saya kan pompa oli udah saya copot jadi sistim manual bensin mix sama olsam . Nah pertanyaannya boleh gak saluran olsam yang di ruang kruk as ditambal lem besi ? Jadi biar rata aja dan tidak mengganggu kompresi primer 2tak ?
mas mau tanya saya baru beli motor beat f1 jika mesin belum panas ada bunyi tek tek ringan, tp setelah panas bunyi hilang... kemudian keesokan harinya saat mesin mau dipanaskan berbunyi lg kmrn udah ke ahass, diperbaiki klep aja.. tp masih bunyi kira2 apa penyebabnya ya? makasih
Mas novanda Saya mau nanya nih , motor ane jupiter z th2004 . spek mesin : Seher kaze os 100 Noken as hand made Cdi mio lama Karbu std Mau ganti pelatuk yg roller sm noken as nya buat jarak jauh enaknya pake yg merk apa ya ? Mohon recomendasinya . terimakasih
@Harto motor jupiter z standar e 15/36. kalau kamu ganti yg depan 14 maka cepet habis nafasnya. buat jarak jauh ga enak.
noken as yg atasnya ngisi pakai yg stage1 banyak tuh merk2 seperti Kawahara, CLD, BRT, dan lain sebagainya.
tp bila ingin pelatuk sudah roller + noken, bisa 1 paket kawahara. itu tinggal pasang. oh ya dengan karbu std dan piston 54 mm, main jet nya ganti ukuran 110 bro, berikut pilot jet kalau minta naik ke 20
mas,ukuran diameter krengkes /carter vario 150 jika ingin ganti liner aman pakai liner brp mm,agar bisa di korter lg,d saat sewaktu waktu blok baret lagi,maximal besarnya seher di angka brp mm setelah penggantian liner,,,terima kasih mas 🙏🙏🙏
mas novanda, saya sudah menonton channel youtube nya, terima kasih tutorial pasang pasang kruk as Vega ZR dan Jupiter Z1, setelah menonton channel youtube mas, saya mau bertanya tolong di bantu ya:
1. ditutorial tersebut mas mengajurkan untuk membubut stick kruk as sebelah kiri dan bagian dalam magnetnya, gimana kalau magnetnya jika Kita pasang Magnet Vega ZR atau Jupiter Z1 nya, bisa atau tidak?
2. untuk gear 4 ratio nya yang mentok kruk as kalau gearnya diganti yang kecil, gear yang cocok untuk speck 125 cc agar tarikannya panjang buat hari2 dan touring rekomen pasang gear ratio berapa?
3. Mas Novanda pernah dapat ide untuk ganti gear primary, nah yang module yang cocok di subtitusi pakai motor apa?
Terima kasih, semoga kita bisa saling bertukar pikiran dan informasi
1. Magnet bisa, sepaket spul juga agar fungsi pengisian aki dan lampu tetap normal 2. Gigi 4 ganti jumlah gigi lebih sedikit itu diameter masih sama dengan standar.. tidak menyelesaikan masalah 3. Gear primer bisa adopsi 2 tak fizr, tetapi nilai rasio jadi sangat berat
Numpang tanya bos Mau bore up KLX nih pake boring Kawahara piston 63 pake klep ORI nah ukuran noken as+platuk loler nyah pake seri apa Shu kan di dunia ada seri S1,T1,T2,T37,T38,R1dan R4? Takut salah beli
Suka" dong sesuai selera Yg penting memang untuk KLX
Seri S untuk karakter standar lebih nampol, tanpa perlu ubahan Seri T untuk karakter semi dengan sedikit penyesuaian setting mesin Seri R untuk karakter racing dan tidak nyaman untuk harian perkotaan
Mas mau tanya tentang setting karbu spacy saya. Mesin full standard. Saya pasang pe24 tk racing dengan kombinasi spuyer pj35 mj105 klip nomor 2 dari atas, setingan angin ketemu di 3 putaran. yang saya rasain itu dari langsamnya ketika motor starter langsam oke, tapi ketika langsamnya sudah iddle kurleb 15detik, langsam makin lama perlahan makin turun sampai hampir mati, dan ketika mau digas jalan ada brebet singkat.. Untuk putaran tengah sampai atas sebenarnya tenaga sudan oke, hanya ketika jalan gas 1/2 putaran, dan gas saya turunin dikit ada brebet singkat, beda kalo saya gas dari 1/2 langsung tutup full gejala brebet tidak ada. Kira2 apa permasalahannya dan apa yang harus disesuaikan? Saya ingin supaya langsam stabil mau berapa lamapun ketika dilampu merah misal atau ketika sedang dipanasin, dan bagaimana supaya brebet singkat ketika tutup gas sedikit diputaran tengah menjadi hilang? Warna busi ketika hanya dinyalakan iddle(tidak dijalankan) hitam arang, ketika habis dipakai jalan jauh bewarna coklat tua Terimakaih atas pencerahannya
Bang kenapa ya Eccu juken Dualband saya pas dikontakin/Di On kan .Lampu pertama nyala nya cuman Kuning sama Merah Secara bersamaan ,Dan Lampu biru nya gak nyala kenapa yah? Terimakasih Mohon Kasih Info nya om
Tolong di bantu sahabat motor ✌️ Utk Blok & Head Vega ZR(bersama isiannya) sama gak dengan Jupiter Z1 ? Presisi gak ? Atau ada yg harus di ubah ? Soalnya Jupiter Z1 sy mau naik Spek, tapi yang ada punyanya Vega ZR.
Izin bertanya min,motor revo abs pake gl pro pj 38 mj 100 stelangm angin 2 putaran 1/2 ke kiri,busi agak mendekati hitam ,tp mesin cepet panas,itu mj/pj nya kurang besar apa kecil ,atau setelan angin nya masih kurang pas, Tp rp rendah dan tinggi enak bos,
Itu puteran d bawah bukan angin", tepatnya sekrup debit campuran bbm udara.. semakin terbuka semakin boros, busi hitam.. cari yg rpm nya tinggi, di sana titik optimal busi bisa coklat/merah bata..
Kalau mesin panas bisa jadi main jet terlalu kecil, atau jarum skep tidak sesuai permintaan mesin..
Dimana bisa beli piston hispeed pin 13 52mm atau 53mm tipe pro-x
BalasHapuscek online bro, kalau di toko masih jarang..
Hapusklo vega new pake piston ukuran 54 buat harian apa masih aman
HapusSebaiknya jangan karena ubahan nanti lumayan agar awet.. untuk liner masih tebal kok
HapusBang kalo pj 32 itu pake punya apa?
HapusBeli dong merk" gitu di olshop banyak
Hapus32 ada punya C70 tp lupa tahun berapa
Apakah sama subtitusi kampas kopling dengan plat koplingnya ? terimakasih.
BalasHapusha? maksud nya?
Hapuskampas kopling itu berbeda part dengan plat gesek kopling..
tentu ada yg sama ada yg beda.
Gan mau nanyak ni,ukuran diameter piston npp os 125 buat Jupiter z burhan berapa ya
HapusJupiter z burhan os 125 itu 52.25 mm
Hapusklo upgrade jupiter z1 untuk harian amanya berapa ya(150 cc atau 200 cc)
BalasHapustrus berapaan biaya upgradenyap plus pasang kopling manual,,
terima kasih
standar 115 cc aja bro.
BalasHapusmau ke 150 cc biaya besar sekali, aplg 200 cc.
cc mesin segitu piston nya gede". kasihan biaya perawatan nya ntar
kopling manualnya sendiri ada yg 650 - 1,5 juta. tinggal pasang
Mas saya mau naikin akselerasi motor saya nih mas, motor saya byson 2013. Saya sedang cari noken as untuk racing harian mas, seperti type K1/ K2. Kondisi mesin saya sudah seher tiger dan karbu skep.
BalasHapusUntuk noken as saya cari cari belum ada yg nyediakan untuk byson mas, kira kira bisa dibantu mas?
saya juga sempat mencari info aftermarketnya nggk ada.
BalasHapusbisa dengan cara bubut/papas noken as.
Mas novanda ,
BalasHapusSaya mau tanya nih . motor kawasaki blitz r saya sudah lama mengalami masalah . motor tidak dapat lari kencang , bila diajak kencang terdengar suara "srrrrrr srrrrr" . suaranya keras banget mas . sampe semua bodi motor geter , ampe setang juga . itu masalah dimananya ya mas ? Apa yang harus diperbaiki / diganti ? Trimakasih
Sore mas bro..
BalasHapusNumpang nanya dunk....kalo spul scorpio ad 7 lilitan ( 6 lilitan buat charge & 1 lulitan buat pengapian ) dan kiprok udah ganti punya tiger... Apakah itu sudah fullwave ato blum mas? Terimakasih.
fullwave nggk nya tergantung pemasangannya bro..
BalasHapusapabila kiprok udah tiger, pemasangan udah bner, ya fullwave..
cirinya spul nggk mendapat massa, jadi murni ujung kawat ke ujung kawat masin2 keluar di kabel ke kiprok
3 bulan yg lalu spull pengapian ane kbakar...nah skrg ga kluar api klo kbel dri koil dideketin ke body.... Ap kbakar lg spull ane?
Hapusmotor apa nih?
BalasHapuskalau pengapian AC bisa jadi
kalau DC mah dari aki, bukan spul
Bro novan , mau tanya nih f1zr saya kan pompa oli udah saya copot jadi sistim manual bensin mix sama olsam .
BalasHapusNah pertanyaannya boleh gak saluran olsam yang di ruang kruk as ditambal lem besi ? Jadi biar rata aja dan tidak mengganggu kompresi primer 2tak ?
saluran yg mana?
BalasHapuskan saluran oli samping hanya ada di karbu?
mas mau tanya
BalasHapussaya baru beli motor beat f1 jika mesin belum panas ada bunyi tek tek ringan, tp setelah panas bunyi hilang... kemudian keesokan harinya saat mesin mau dipanaskan berbunyi lg
kmrn udah ke ahass, diperbaiki klep aja.. tp masih bunyi
kira2 apa penyebabnya ya?
makasih
iya bro.. memang ciri khas ECU Honda kurang menyemprotkan bahan bakar jd tek tek
BalasHapuskalau di Suzuki saat mesin panas yg tek tek
ciri khas itu
tp nggk selalu di tiap motor sama
normal kok
MAU BELI PILOT JET SHOGUN 125 UKURAN 42.5 45 47.5 50 APA BISA DICARIKAN ?
BalasHapusuntuk seri karbu mikuni yg ada itu
BalasHapus12.5 15 17.5 20 22.5 25 27.5 30
#30 itu sudah gede banget dan jarang dipake
Mas novanda
BalasHapusSaya mau nanya nih , motor ane jupiter z th2004 . spek mesin :
Seher kaze os 100
Noken as hand made
Cdi mio lama
Karbu std
Mau ganti pelatuk yg roller sm noken as nya buat jarak jauh enaknya pake yg merk apa ya ?
Mohon recomendasinya . terimakasih
@Harto
BalasHapusmotor jupiter z standar e 15/36. kalau kamu ganti yg depan 14 maka cepet habis nafasnya. buat jarak jauh ga enak.
noken as yg atasnya ngisi pakai yg stage1
banyak tuh merk2 seperti Kawahara, CLD, BRT, dan lain sebagainya.
tp bila ingin pelatuk sudah roller + noken, bisa 1 paket kawahara. itu tinggal pasang.
oh ya dengan karbu std dan piston 54 mm, main jet nya ganti ukuran 110 bro, berikut pilot jet kalau minta naik ke 20
DMN BS DIBELI PILOT JET JUPITER Z UKURAN 42.5 45 47.5 50 ?
BalasHapusjupiter z adanya hanya sampai 30 saja
BalasHapuslagian pilot jet jarang naiknya apalagi sampe banyak
mas mau nanyak,motr saya vega r new,mesin standard kalau pakai nokn as TDR k2 aman gak mas?mohon pencerahannya..
BalasHapusMas mau tanya masih jual jedek kopling manual buat shogun R 110 gak ya?
BalasHapusada kendala ndak ninja nya setelah ganti knalpot?
BalasHapusspuyer per biji 25-50 rb..
itu yg ada kode nya..
Mas mau tanya untuk legenda 2, piston fim Vario 110 standar untuk klep standar cocok pake noken k1 atau apa ya ?
BalasHapusK1 bisa.. saya sih sekarang prefer merk BRT..
Hapusmas,ukuran diameter krengkes /carter vario 150 jika ingin ganti liner aman pakai liner brp mm,agar bisa di korter lg,d saat sewaktu waktu blok baret lagi,maximal besarnya seher di angka brp mm setelah penggantian liner,,,terima kasih mas 🙏🙏🙏
BalasHapusPunya Honda ini kecil.. lubang crankcase mepet sama liner ori.. jadi ya gitu deh
HapusMas z mw tanya motor z TVS Rockz mati tiba tiba tidak ada pengapian bisa bantuin z solusinya
BalasHapusGa ada pengapian ya pertama busi mati, cop/kepala busi nya, kabel busi, koil, aki, kabel, kontak, cdi, pulser, spul..
HapusGejala nya gimana?
mas novanda, saya sudah menonton channel youtube nya, terima kasih tutorial pasang pasang kruk as Vega ZR dan Jupiter Z1, setelah menonton channel youtube mas, saya mau bertanya tolong di bantu ya:
BalasHapus1. ditutorial tersebut mas mengajurkan untuk membubut stick kruk as sebelah kiri dan bagian dalam magnetnya, gimana kalau magnetnya jika Kita pasang Magnet Vega ZR atau Jupiter Z1 nya, bisa atau tidak?
2. untuk gear 4 ratio nya yang mentok kruk as kalau gearnya diganti yang kecil, gear yang cocok untuk speck 125 cc agar tarikannya panjang buat hari2 dan touring rekomen pasang gear ratio berapa?
3. Mas Novanda pernah dapat ide untuk ganti gear primary, nah yang module yang cocok di subtitusi pakai motor apa?
Terima kasih, semoga kita bisa saling bertukar pikiran dan informasi
1. Magnet bisa, sepaket spul juga agar fungsi pengisian aki dan lampu tetap normal
Hapus2. Gigi 4 ganti jumlah gigi lebih sedikit itu diameter masih sama dengan standar.. tidak menyelesaikan masalah
3. Gear primer bisa adopsi 2 tak fizr, tetapi nilai rasio jadi sangat berat
Mau nanya.. sya ada shogun sp 2006.. standar,,. Mau upgred karbu pe24 atau maem di karbu aja.. bisa tingkat kn peforma gak???
BalasHapusKarbu lebih besar memang lebih enteng lari motornya
HapusKnalpot non standar opsi berikutnya
Mas kalo stang seher yg paking pendek punya apa ya
BalasHapusPunya motor cc kecil tentunya macam yamaha V75
HapusNumpang tanya bos
BalasHapusMau bore up KLX nih pake boring Kawahara piston 63 pake klep ORI nah ukuran noken as+platuk loler nyah pake seri apa Shu kan di dunia ada seri S1,T1,T2,T37,T38,R1dan R4? Takut salah beli
Suka" dong sesuai selera
HapusYg penting memang untuk KLX
Seri S untuk karakter standar lebih nampol, tanpa perlu ubahan
Seri T untuk karakter semi dengan sedikit penyesuaian setting mesin
Seri R untuk karakter racing dan tidak nyaman untuk harian perkotaan
Mas mau tanya tentang setting karbu spacy saya. Mesin full standard.
BalasHapusSaya pasang pe24 tk racing dengan kombinasi spuyer
pj35 mj105 klip nomor 2 dari atas, setingan angin ketemu di 3 putaran.
yang saya rasain itu dari langsamnya ketika motor starter langsam oke, tapi ketika langsamnya sudah iddle kurleb 15detik, langsam makin lama perlahan makin turun sampai hampir mati, dan ketika mau digas jalan ada brebet singkat..
Untuk putaran tengah sampai atas sebenarnya tenaga sudan oke, hanya ketika jalan gas 1/2 putaran, dan gas saya turunin dikit ada brebet singkat, beda kalo saya gas dari 1/2 langsung tutup full gejala brebet tidak ada. Kira2 apa permasalahannya dan apa yang harus disesuaikan? Saya ingin supaya langsam stabil mau berapa lamapun ketika dilampu merah misal atau ketika sedang dipanasin, dan bagaimana supaya brebet singkat ketika tutup gas sedikit diputaran tengah menjadi hilang?
Warna busi ketika hanya dinyalakan iddle(tidak dijalankan) hitam arang, ketika habis dipakai jalan jauh bewarna coklat tua
Terimakaih atas pencerahannya
Pj terlalu besar
HapusTurunkan 32 atau kalau ga ada main ganjal kawat serabut
Mau tanya kalo old vixion kompresi 11 pake cam nya yang seri apa?
BalasHapusMasih ga beda jauh sama standar.. pakai cam sesuai selera..
HapusMau trek pendek apa panjang, rpm tinggi apa sedang saja
Kampas kopling shogun sp sama dengan apa...
BalasHapusKeluarga Shogun ini kalau tidak salah satria S
HapusKalau smash dengan satria R
Bang.. Kalau diameter luar (ekor) 59mm masih muat nggak kalau dimasukin ke lubang crankcase standart jupiter z burhan? 🙏
BalasHapusBisa asalkan dibersihkan bagian yg mengganjal.. sedikit sekali kok yg butuh dikurangi..
HapusBang mau tanya jupi taun 2002 pakai burkop punya burhan bisa nggak ya
BalasHapusBisa.. sama persis, cuma beda model sirip dan porting..
HapusMas lek misal e Supra fit di kei bandul Blade ngrubah opo wae
BalasHapusYang jelas pompa oli pindah kanan gir nya..
HapusMas kalo sparepart mesin grand pnp di mesin jialing jl 100 ga? Sama kalo tau ukuran stroke&bore nya berapa ya untuk motor jialing jl 100. Terima kasih
BalasHapusKalau blok nya 97 cm³ sama saja
HapusBore x stroke nya 50 x 49.5 mm
Mau pasang kopling maunual. Bagusnya balancenya di las apa di ganjal pakai ring
BalasHapusYang bagus beli balancer..
Hapusmau kuat dan simpel main las..
Mau mudah distandarkan main ganjal ring tapi potensi selip
Cara memperbaiki motor hela 50cc yang mati total gimana
BalasHapusMati total ya harus total nih pengerjaan.. sudah biasa saya kerjakan.. tapi untuk motor jadul hela belum ada pengalaman nih, tentunya harus teliti
HapusUntuk mesin sendiri bagian head dan blok harus bagus kompresi.. jadi PR nya mencari kebocoran kompresi
Untuk bahan bakar, diurut dari tangki selang karburator dan manifold
Pengapian sendiri kalau masih platina harus cek spul, platina, kondensor, kabel, busi, dsb
Bang kenapa ya Eccu juken Dualband saya pas dikontakin/Di On kan .Lampu pertama nyala nya cuman Kuning sama Merah Secara bersamaan ,Dan Lampu biru nya gak nyala kenapa yah?
BalasHapusTerimakasih Mohon Kasih Info nya om
Kalau menyala biru ya CDI nya nonaktif.. mogok motornya
HapusBg,motor sy Mio sporty 130cc porting makek karbu pe 28 pj/mj 38/123 tapi agak ngok di putaran menengah ke atas saran pj mj sama putaran anginnya bg
BalasHapusMemang begitu PE apalagi non ori.. ganti jarum nya dengan GL PRO atau sejenisnya.. ninja juga boleh
HapusNanti setting pj mj lagi
Bang Mio saya mau ganti piston 52 apakah bisa tanpa perlu di kolter? Soalnya saya maunya yg langsung pnp
BalasHapusBisa banget.. tinggal kolter saja
HapusTolong di bantu sahabat motor ✌️
BalasHapusUtk Blok & Head Vega ZR(bersama isiannya) sama gak dengan Jupiter Z1 ? Presisi gak ? Atau ada yg harus di ubah ?
Soalnya Jupiter Z1 sy mau naik Spek, tapi yang ada punyanya Vega ZR.
Malah turun spek menurut saya
HapusTp ya tergantung blok head vega ZR nya seperti gimana
Urusan lubang baut sama persis, beda di knalpot dan manifold
Mas mau tanya kalo jupiter 5lm 2001 bisa mengunakam kabel body jupiter z 5tp terima kadih mas novan
BalasHapusBisa sih bisa, tp ada sedikit perbedaan soket.. penyesuaian aja sama yg lama.. dua jadi satu
HapusMakasih banyak mas soalnya cari kabel body 5lm agak susah di online shop kebanyakan 5tp
HapusTp kalo sama 4st atau 5er banyak ubahan juga gak mas?
4st 5er malah ga cocok.. beda jauh.. pengapian beda
HapusOk mas novan makasih banyak ya mas bantuan nya
HapusKalo untuk spull 5lm ada subtitusinya?
Izin bertanya min,motor revo abs pake gl pro
BalasHapuspj 38 mj 100 stelangm angin 2 putaran 1/2 ke kiri,busi agak mendekati hitam ,tp mesin cepet panas,itu mj/pj nya kurang besar apa kecil ,atau setelan angin nya masih kurang pas,
Tp rp rendah dan tinggi enak bos,
Itu puteran d bawah bukan angin", tepatnya sekrup debit campuran bbm udara.. semakin terbuka semakin boros, busi hitam.. cari yg rpm nya tinggi, di sana titik optimal busi bisa coklat/merah bata..
HapusKalau mesin panas bisa jadi main jet terlalu kecil, atau jarum skep tidak sesuai permintaan mesin..
mas kalau beat k44 mau 58 liner luarnya 64,selain coak rengkes apalagi rubahannya
BalasHapusBaut tusuk nya udah hampir kemakan itu
Hapus