Selasa, 31 Juli 2012

Mengubah Tutup Klep Standar ke Model Pernafasan

Ingin mesin kalian lebih dingin? Logikanya cairan pelumas (oli terutama) akan menyerap panas dan membuangnya ke dinding mesin. Jika cairan pelumas tersebut didinginkan, otomatis mesin menjadi dingin. Cara termudah adalah membuat lubang pernafasan oli tambahan. Lubang ini dapat di taruh di tutup klep bagian atas. Langsung simak aja yuk? hehe

Bahan-bahannya:
1. Pentil ban bekas
Pentil ban ini bisa diminta di tukang tambal ban gratis asal dikasih..atau beli ban bekas saja. 

Minggu, 29 Juli 2012

Penyebab Speedometer Motor Mati

Speedometer sangat berfungsi bagi kita sebagai pengendara. Salah satunya untuk menunjukkan pada kecepatan berapa kita melaju sekarang. Pasti sepeda motor kita pernah mengalami jarum speedometer tetap diam di angka 0 (nol) kpj.

Tanda bahwa speedometer bermasalah seperti berikut:
1. Jarum penunjuk diam di angka 0 (nol) kpj.
2. Jarum penunjuk bergerak naik turun saat dibawa melaju.
3. Jarum bergerak sangat kecil sekali. Bahkan saat melaju 100kpj hanya terbaca 40kpj.


Spesifikasi Yamaha Lexam


Mesin 
Tipe mesin : 4 langkah, 2 valve SOHC, berpendingin udara
Jumlah/posisi silinder : silinder tunggal/mendatar
Volume silinder : 113,7 cc
Diameter x Langkah : 50,0 x 57,9 mm
Perbandingan kompresi : 9,30 : 1
Daya maksimum : 8,69 hp / 8.000 rpm
Torsi maksimum : 8,73 Nm / 7.000 rpm
Sistem starter : electric starter dan kick starter
Sistem pelumas : basah
Kapasitas oli mesin : Total 1,150 liter / Penggantian berkala: 0,94 liter
Sistem bahan bakar : Karburator BS25-52 x 1
Tipe kopling : V-Belt otomatis dan reduksi secondary rantai/chain drive
Pola pengoperasian transmisi : CVT otomatis

Spesifikasi Yamaha New Jupiter Z1

Spesifikasi
Dimensi : P x L x T (mm) 1.935 x 680 x 1.065
Jarak Sumbu Roda : 1.240 mm
Jarak Terendah ke tanah : 135 mm
Tinggi tempat duduk : 765 mm
Berat isi : 101 kg (spoke wheel) / 102 kg (cast wheel)
Kapasitas tangki bensin : 4.1 liter

Sabtu, 21 Juli 2012

Perhitungan Porting Dalam Memodifikasi Blok 2 Tak



Ada beberapa teknik tune up mesin 2 tak, yang paling lazim adalah memporting ulang design port.
Memporting ulang itu juga banyak halnya diantaranya adalah:
1 Merubah tinggi port
2 Mengarahkan kembali jendela port
3 Menghaluskan saluran2 port
4 Memperbesar ukuran port
Tentunya point2 tersebut diatas harus dilakukan dengan perhitungan yang tepat agar hasilnya maksimal.

Jumat, 20 Juli 2012

Karburator Yang Dapat DiReamer

Banyak diantara pengendara yang ingin bore up, gede-in klep, dll. Ubahan tersebut biasanya disarankan  oleh mekanik untuk mengganti karburator yang berventuri lebih besar. Perlu diketahui bahwa karburator dapat di-reamer hingga batas tertentu. Dan biasanya maksimal hanya 2mm saja. Tetapi beberapa orang mampu me-reamer ekstrim. Berikut varian karbu yang sering di reamer beserta ukurannya :

Yamaha
Jupiter 16mm menjadi 21mm
Jupiter-Z 17mm menjadi 22mm
RX-King 26mm menjadi 28mm


Kamis, 19 Juli 2012

Rumus Menentukan Venturi Karburator

Bagaimana menentukan venturi karburator….? Sesuaikan dengan peak power di RPM mana yang sudah kamu desain sesuai lebar porting.

Rumusnya , v = 0.65 x akar ( kapasitas silinder dalam liter x puncak rpm )
atau,
v= K x √ (CxN)

Dengan:
v  = Venturi karbu
K = angka tetapan, yang cocok untuk harian adalah 0.65 (batas K adalah 0.6-0.9)
C = kapasitas silinder dalam liter
N = puncak RPM


Ragam Merek Kepala Busi/Cop Busi


Salah satu komponen dalam sistem pengapian adalah cop busi. Berfungsi sebagai penghantar arus dari kabel busi ke busi. Kini di pasaran banyak ditemukan COP BUSI aftermarket. Namun banyak juga COP BUSI bawaan motor yang jadi favorit.

Untuk memberi panduan, mana sih yang bisa dipilih untuk motor kesayangan, kami mengomparasinya. Parameternya ada 3, yaitu tahanan, kualitas sil dan tentu saja harga.

Tahanan berhubungan dengan daya hantar COP BUSI tersebut, makin kecil tentu arus yang bisa dihantar ke busi makin maksimal. Efeknya api di busi makin besar. “Memang bisa makin besar, namun hanya berpengaruh pada putaran bawah sampai menengah,” terang Tomy Huang, pencetus CDI BRT.

Selasa, 17 Juli 2012

Kelebihan Bebek Kopling Sentrifugal

MESTINYA LEBIH MURAH

Dari segi harga, mestinya kopling manual lebih murah. Soalnya, komponen yang dipakai lebih dikit dan ringkas. Pabrikan tidak terbebani komponen tambahan.

Coba perhatikan yang dilengkapi kopling otomatis, selain ada sentrifugalnya, di poros kruk-as kanan juga dipasang rotor saringan oli sebagai balancer. Nah, ini semua dicopot. Kali aja dibisniskan tersendiri oleh oknum di pabrik.

Kopling Manual dan Otomatis, Sentrifugal itu Lebih Bagus

Sebenarnya kopling sentrifugal alias otomatis yang paling cocok diterapkan di bebek. Ini malah pabrikan latah mencopot sentrifugal dan ganti manual. Akhirnya, konsumen bingung. Promo pabrik teriak, manual perangkat modern.

Pabrikan cuma ikut road race yang mengharuskan kopling tangan. Padahal, di sana berbeda dengan harian. Di balap pun demi keamanan menstabilkan akselerasi meletupnya rpm. Tak heran, anak muda berlomba meniru pada motor harian mereka.

Bengkel dan speed-shop pun gencar menawarkan perangkat kopling tangan. Bisa terdiri bak mesin kanan, stud pendorong, kopling jedek dan hendelnya. Dan lagi produk tersebut tersedia untuk semua bebek.

Membuat Jupiter Menjadi Full Clutch

Ingin membuat sepeda motor Jupiter atau Jupiter Z lama menjadi kopling manual? Caranya mudah saja karena ada produk yang bisa plug and play langsung, yaitu bawaan asli Yamaha X1 Thailand. Harga sekitar 550rb saja. Produk ini sudah lengkap mulai dari bak kopling itu sendiri, 1 set stud, kabel kopling, dan juga tuas kopling.

Jika kita mengubah sistem kopling kita menjadi manual, maka dampak negatifnya adalah sebagai berikut:
sekarang anda-lah pengendali si kopling, jadi kapanpun anda yang mengatur, repotnya kalo lagi jalanan macet, anda harus bolak-balik atur koplingnya biar mesin ga mati gara2 ngestack. Efek secara umum ya, kalo belum terbiasa bisa mengeluh kecapean mengatur kopling.

Kamis, 12 Juli 2012

Kick Starter Oblak dan Tidak Dapat Kembali Ke Atas

Pernakah kalian saat menggunakan kick starter pada sepeda motor anda? Pernakah mengalami kejadian bahwa kick starter tersebut tidak dapat kembali ke posisi semulanya? Coba cek bagian mur pengencang kick starter tersebut. Jika kencang dan tidak aus, dapat dipastikan bahwa terjadi kesalahan di bagian dalam mesin.

Biasanya penyebab nge-los nya kick starter tersebut sebagai berikut:
1. Per Kick Starter tidak pada dudukannya

2. Pelor atau Peluru Bearing kopling otomatis yang terletak di dalam rumah sentrifugal sudah aus.
3. Roda gigi otomatis kopling tidak memutar kruk as.
4. Kaki empat yang terdapat dalam rumah kopling patah.
5. Paku penahan rumah kopling patah.

Rabu, 11 Juli 2012

Membuat Mesin Enak dengan Karburator Imitasi

Sekedar share saja buat para pembaca yang ingin motornya enak meskipun menggunakan karburator imitasi yang banyak beredar di pasaran.
Saya mempunyai motor 2tak tua yaitu Yamaha V80 yang karburator aslinya sudah tidak layak pakai (ulir baut main-jet pecah,dsb.). Lalu karena karburator asli yang baru sulit ditemui di toko-toko sparepart, maka
saya membeli salah satu merek imitasi yang sudah terkenal.

Jumat, 06 Juli 2012

Tipe Karburator berdasarkan Konstruksi

Berdasarkan konstruksinya, karburator pada sepeda mesin dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu:
1. Karburator dengan Venturi Tetap (Fixed Venturi).
Karburator tipe ini merupakan karburator yang diameter venturinya tidak bisa dirubah-rubah lagi. Besarnya aliran udaranya tergantung pada perubahan thorttle butterfly (katup gas). Pada tipe ini, biasanya terdapat pilot jet untuk kecepatan idle/langsam, sistem kecepatan utama sekunder untuk memenuhi proses pencampuran udara bahan bakar yang tepat pada setiap kecepatan.

Terdapat juga sistem akselerasi atau percepatan untuk mengantisipasi saat mesin di gas dengan tiba-tiba. Semua sistem tambahan tersebut dimaksudkan agar mesin bisa lebih responsif karena katup throttle mempunyai keterbatasan dalam membentuk efek venturi.

Tipe Koil Pengapian

Koil merupakan unit yang mengubah sumber tegangan rendah (12V) dari aki menjadi sumber tegangan yang tinggi (10kV). Tegangan tinggi inilah yang diperlukan untuk menghasilkan loncatan bunga api yang kuat pada celah busi.

Koil memiliki berbagai tipe, yaitu:
1.  Tipe Canister
Tipe ini mempunyai inti besi di bagian tengahnya dan kumparan sekunder mengelilingi inti besi tersebut. Kumparan primernya berada di sisi luar kumparan sekunder. Keseluruhan komponen dirakit dalam satu rumah di logam canister. Kadang-kadang canister diisi oli (pelumas) agar membantu meredam panas yang dihasilkan koil.

Rabu, 04 Juli 2012

Spesifikasi Yamaha Byson

Spesifikasi Mesin
Tipe Mesin: 4 Langkah, SOHC, 2 Klep, Berpendingin Udara
Jumlah / Posisi Silinder: Cylinder Tunggal / Tegak
Volume Silinder: 153 cm3
Diameter x Langkah: 58.0 x 57.9 mm
Perbandingan Kompresi: 9.50 : 1
Daya Maksimum: 13,73 PS / 7.500 rpm (10,1 kW / 7.500 rpm)
Torsi Maksimum: 13,6 Nm / 6.000 rpm
Sistem Starter: Electric Starter dan Kick Starter
Sistem Pelumasan: Basah
Kapasitas Oli Mesin: Total : 1,2 Liter / Penggantian Berkala : 1,0 Liter
Tipe Karburator: (MIKUNI) BS26 x 1
Tipe kopling: Basah, Kopling Manual
Tipe Transmisi: 5 kecepatan (1-N-2-3-4-5)

Dimensi
P x L x T: 2.075mm x 780mm x 1.045mm
Jarak Sumbu Roda: 1.334 mm
Jarak Terendah ke Tanah: 160 mm
Tinggi Tempat Duduk: 790 mm
Berat Isi: 137 kg
Kapasitas Tangki Bensin: 12 Liter + 1.4 Liter Cadangan

Rangka
Tipe Rangka: Diamond
Suspensi Depan: Teleskopik
Suspensi Belakang: Suspensi Monocross
Ban Depan: Tubeless 100/80-17M/C 52P
Ban Belakang: Tubeless 120/70-17M/C 58P
Rem Depan: Cakram
Rem Belakang: Tromol

Kelistrikan
Sistem Pengapian: DC C.D.I
Battery: YTZ4V 12V / 3 Ah (MF Battery)
Tipe Busi: NGK / CPR 8EA-9

Selasa, 03 Juli 2012

Bagian Dalam Karburator


Bagian-bagian karburator punya kegunaan atau fungsi tersendiri. Bagian bagian ini pun saling berhubungan dan tak bisa dipisahkan satu dengan yang lainnya. seperti tubuh kita mulut tak bisa bergerak tanpa rongga, rongga tak berguna tanpa gigi, gigi tak berfungsi tanpa lidah.

Jadi dalam part-part ini saling terkait dan saling membutuhkan.banyak yang acuh dalam salah satu part karburator dan tahu maksud atau fungsi part itu pada karburator.kesalahan sedikit kadang membuat motor tak enak.karburator bisa di ibaratkan dengan mulut.jadi ketika mulut kita sariawan maka susah untuk memakan sesuatu juga kan.Karburator pun juga sama jika ada error sedikit pun maka akan mbrebet dan efeknya juga kedalam mesin kan .

Karakter Karburator Racing

Karburator, mungkin ini adalah part yang paling diminati orang jaman sekarang yang menyukai kecepatan. Part yang bisa atau bahkan mudah untuk dikanibalkan.tapi eitsssss..tggu dulu sebelum ganti" karbu cari tau dulu karakter masing masing karbu.

1.KEIHIN PWK

Penyuplai bahan bakar ini,punya bentuk skep semi flat dengan lapisan krom.diandalkan untuk respon sempurna dan flow lebih bsar pada rpm tinggi.Kalau untuk setting nya cukup mudah menurut para pakar" montir.dari yang berukuran venturi 24-28 mm.
PWK dilengkapi Quads Vens,tujuanya adalah ngurangi tenaga saat drop.juga dilengkapi dgan air strikers,untuk mengarahkan udara langsung menuju nosel utama.demi membangkitkan sinyal dan respon gas.

HARGA DIPERKIRAKAN: RP.3,2 JUTA(ORI)

Perbedaan karburator PE, PJ, PWK, PWL

1. Karburator PE
Merupakan Karburator yang banyak dipilih karena harganya pas di kantong.
karburator PE 28
Ciri-cinya:
-skep dari ukuran 20-38 mm.
-setelan stationer warna hitam(sudco)
-setelan stationer kuning (NSR SP)

Minggu, 01 Juli 2012

Cegah Terjadinya Piston Baret

Banyak kalangan muda yang suka berkeliling mengendarai sepeda motornya. Ada yang menyukai kebut-kebutan, ada juga yang menyukai touring. Tetapi hanya sedikit saja yang mengetahui tentang mesin. Contohnya salah satu part terpenting adalah piston. Piston ini dapat aus dan terjadi baret pada dinding blok mesinnya.