Ingin membuat sepeda motor Jupiter atau Jupiter Z lama menjadi kopling manual? Caranya mudah saja karena ada produk yang bisa plug and play langsung, yaitu bawaan asli Yamaha X1 Thailand. Harga sekitar 550rb saja. Produk ini sudah lengkap mulai dari bak kopling itu sendiri, 1 set stud, kabel kopling, dan juga tuas kopling.
Jika kita mengubah sistem kopling kita menjadi manual, maka dampak negatifnya adalah sebagai berikut:
sekarang anda-lah pengendali si kopling, jadi kapanpun anda yang mengatur, repotnya kalo lagi jalanan macet, anda harus bolak-balik atur koplingnya biar mesin ga mati gara2 ngestack. Efek secara umum ya, kalo belum terbiasa bisa mengeluh kecapean mengatur kopling.
Harga jual sepeda tersebut jatuh, apalagi kalo prosesnya ngawur dan tidak bisa kembali ke standart lagi.
Namun ada juga kelebihannya:
Motor menjadi lebih responsif karena putaran mesin tidak menunggu kampas sentrifugal mengembang terlebih dahulu.
Agar Jupiter kepunyaan anda menjadi full-clutch ada beberapa cara yang dapat diambil, yaitu:
1. Mengelas kampas ganda secara seimbang
Hal ini praktis dan cepat agar sepatu sentrifugal tidak dapat mengembang lagi. Kelemahannya adalah kopling ganda tersebut tidak dapat di standart-kan kembali. Adapun kampas ganda itu harus diganti dengan part baru yang harganya jauh lebih mahal daripada saat memasang full-clutch di sepeda motor anda.
2. Melepas kampas ganda berikut rumahnya digantikan balancer
Cara ini dapat menutup kelemahan cara pertama, yaitu soal pengembalian ke kondisi standart. Kampas ganda beserta rumahnya dapat dilepas dan disimpan di tempat yang aman. Jika ingin mengembalikan tinggal pasang kembali. Kelemahannya anda harus membeli balancer yang memiliki berat yang sama dengan kampas ganda bersama sepatu sentrifugalnya, atau memasang kopling jedek, atau juga mengurangi berat magnet yang terletak di bak magnet sebelah kiri.
3. Melepas per sepatu sentrifugal
Cara ini cukup merepotkan dan harus berhati-hati, karena letak sepatu sentrifugal ada di dalam mesin. Sungguh berbeda jika dibandingkan sepatu sentrifugal CVT matik yang berada di luar mesin (di sebelah CVT). Keuntungannya anda hanya menyimpan per-nya saja dan tanpa harus membeli balancer. Cara ini yang saya pakai agar Jupiter mampu menjadi Full-Clutch. Namun rumah sentrifugal bakalan berlubang-lubang karena sepatu sentrifugal akan membentur dinding secara terus menerus. Teknik ini hanya digunakan untuk Drag Race yang berjalan sebentar. Kalau harian bakal pecah rumah sentrifugal nya.
4. Memberi ring diantara kampas dan rumah sentrifugal
Cara ini dapat juga membuat full clutch dengan cara sederhana. Hanya saja ring ini hanya bertahan sebentar saja. Kira-kira 2 bulan ring ini sudah aus dan harus diganti lagi agar dapat menjadi full clutch kembali.
Cara-cara di atas dapat juga diaplikasikan ke sepeda motor lain yang memang tersedia dalam 1 set paket kopling. Untuk sepeda motor yang belum tersedia paket kopling seperti Yamaha X1 Thailand dapat mensubtitusi dari varian sepeda lain. Atau juga membuat sendiri seperti artikel yang pernah saya publikasikan sebelumnya. Berikut link nya: http://freecharz.blogspot.com/2012/06/mengubah-kopling-otomatis-menjadi.html
Agar Jupiter kepunyaan anda menjadi full-clutch ada beberapa cara yang dapat diambil, yaitu:
1. Mengelas kampas ganda secara seimbang
Hal ini praktis dan cepat agar sepatu sentrifugal tidak dapat mengembang lagi. Kelemahannya adalah kopling ganda tersebut tidak dapat di standart-kan kembali. Adapun kampas ganda itu harus diganti dengan part baru yang harganya jauh lebih mahal daripada saat memasang full-clutch di sepeda motor anda.
2. Melepas kampas ganda berikut rumahnya digantikan balancer
Cara ini dapat menutup kelemahan cara pertama, yaitu soal pengembalian ke kondisi standart. Kampas ganda beserta rumahnya dapat dilepas dan disimpan di tempat yang aman. Jika ingin mengembalikan tinggal pasang kembali. Kelemahannya anda harus membeli balancer yang memiliki berat yang sama dengan kampas ganda bersama sepatu sentrifugalnya, atau memasang kopling jedek, atau juga mengurangi berat magnet yang terletak di bak magnet sebelah kiri.
3. Melepas per sepatu sentrifugal
Cara ini cukup merepotkan dan harus berhati-hati, karena letak sepatu sentrifugal ada di dalam mesin. Sungguh berbeda jika dibandingkan sepatu sentrifugal CVT matik yang berada di luar mesin (di sebelah CVT). Keuntungannya anda hanya menyimpan per-nya saja dan tanpa harus membeli balancer. Cara ini yang saya pakai agar Jupiter mampu menjadi Full-Clutch. Namun rumah sentrifugal bakalan berlubang-lubang karena sepatu sentrifugal akan membentur dinding secara terus menerus. Teknik ini hanya digunakan untuk Drag Race yang berjalan sebentar. Kalau harian bakal pecah rumah sentrifugal nya.
4. Memberi ring diantara kampas dan rumah sentrifugal
Cara ini dapat juga membuat full clutch dengan cara sederhana. Hanya saja ring ini hanya bertahan sebentar saja. Kira-kira 2 bulan ring ini sudah aus dan harus diganti lagi agar dapat menjadi full clutch kembali.
Cara-cara di atas dapat juga diaplikasikan ke sepeda motor lain yang memang tersedia dalam 1 set paket kopling. Untuk sepeda motor yang belum tersedia paket kopling seperti Yamaha X1 Thailand dapat mensubtitusi dari varian sepeda lain. Atau juga membuat sendiri seperti artikel yang pernah saya publikasikan sebelumnya. Berikut link nya: http://freecharz.blogspot.com/2012/06/mengubah-kopling-otomatis-menjadi.html
kalo soal harganya sendiri berapa yah kira kira buat bikin kopling ?
BalasHapuskalo ongkos pasang g sampai 100rb kok..
BalasHapusdi bengkel resmi aja buka kopling cuma 30rb
kalo buat sendiri kapan hari ditawari 150rb jadi hehe
Nma bak kopling yg mas pkai apa?trima ksih
BalasHapusnggk ada nama nya. bak kopling jupiter OEM ini. haha
Hapusjd bak standar diproses pabrikan jd manual
kalau gmbar di atas itu bak kopling yamaha X1 thailand. orisinil 650 rb sekarang
Hapus