Senin, 12 Agustus 2013

Korek Harian Yamaha Jupiter Z 135cc

1. Piston Kawasaki Blitz Joy dengan diameter 56mm
Untuk pasang Piston Blitz Joy tadi tidak perlu duit banyak. Cukup Rp 500 rebuan. Itupun sudah termasuk piston (NPP) berikut ongkos pasang dan jasa tukang bubut. Diameter pin piston sama-sama 13 mm. Bukan hanya itu keuntungannya. Piston ini juga dikenal bandel. Jika disumpel pada sumur silinder Vega atau Jupiter Z yang punya spek standar 51mm x 54mm (bore X stroke) kapasitasnya jadi 132,9 cc.

Namun tetap perlu penyesuaian. Paling tidak, dibawa ke tukang bubut buat ganti liner yang lebih besar. Lebih mudahnya beli liner milik Blitz Joy yang pas dengan piston. Puncak sehernya dibuatkan alur klep baru.  Meski pantat piston Joy terlihat lebih panjang dari satandar Jupiter atau Vega, tetap aman bila langsung dipasang.

2. Setting ulang karburator standar
Untuk spuyer pilot jet coba ukuran 22.5 dan main jet 115. Kalau ingin mendapat performa lebih, silahkan reamer hingga 23mm dan jetting ulang spuyer nya sesuai permintaan mesin. Jangan lupa porting polish saluran in dan ex mesin agar pemasukan dan pembuangan berjalan lancar.

Sabtu, 03 Agustus 2013

Korek Harian Yamaha Jupiter MX 150cc

Untuk merubah Yamaha Jupiter MX menjadi 150cc sangatlah mudah. Yang diperlukan adalah blok mesin dan piston set Yamaha Vixion. Untuk ubahan sangat minim sekali. Rasio kompresi pun aman tanpa merubah bentuk kubah standar MX.

1. Blok mesin Yamaha Vixion
Blok mesin ini dapat dibeli baru seharga 456rb di dealer resmi atau toko spare part asli Yamaha. Kalau liner bagian luar yang menyambung ke crankcase tidak bisa masuk minimal dibubut sama diameternya dengan liner MX.

2. Piston Yamaha Vixion
Harga piston Yamaha Vixon ialah 175rb. Lebih mahal dari ring pistonnya karena piston Vixion menganut forged piston alias piston tempa-an. Diameter piston adalah 57mm.

3. Ring piston Yamaha Vixion
Yamaha Vixion memiliki 2 macam ring piston. Untuk Vixion lama harganya sekitar 110rb dengan kode 3C1-E1603-00 dan untuk New Vixion lighting harganya 60rb dengan kode 1PA-E1603-00. Untuk perbedaan saya masih belum tahu.

4. Pin piston Yamaha Vixion
Pin piston seharga 20rb kalau ingin lebih nyaman dan piston tidak bergerak ke samping.

Kalau mau lebih mudah dan hemat ya silahkan cari Bore Up Kit 150cc Jupiter MX di bengkel/speed shop terdekat. Harga mungkin bisa 600rb an saja.

Jumat, 02 Agustus 2013

Spesifikasi Yamaha 125Z

Yamaha 125Z
Mesin
Tipe mesin : Silinder tunggal mendatar, 2 tak, berpendingin udara
Kapasitas mesin : 124.3cc
Diameter x Langkah : 53.8 x 54.7 mm
Rasio kompresi : 6.5 : 1
Max. Power : 17.5 ps/8000 rpm
Max Torsi : 1.65 Kgf-m/7500 rpm
Karburator : VM22 SS
Starter : Kick starter
Sistem pelumasan : Autolube

Dimensi
Rangka : Twin steel tube, Underbone
P x L x T : 1.900 x 675 x 1.035 mm
Tinggi jok : 752 mm
Jarak terendah ke tanah : 135 mm
Berat kering : 101 kg
Caster : 27º
Trail : 82 mm
Kapasitas tangki bensin : 5.5L
Kapasitas oli : 1.2 L oli samping, 850mL oli mesin

Kelistrikan
Battery : YB3L-B
Lampu depan : 12V 25W/25W
Sistem pengapian : AC-CDI

Transmisi
Tipe transmisi : 6 percepatan, constant mesh
Tipe kopling : Manual multiplat, basah
Rasio reduksi primer : 3.227
Rasio reduksi sekunder : 3.071
Rasio gear :
1st 2.833
2nd 1.813
3rd 1.368
4th 1.143
5th 1.000
6th 0.875

Kaki - kaki
Rem depan : Cakram
Rem belakang : Cakram
Ban depan : 70/90-17" 38P
Ban belakang : 80/90-17" 44P
Suspensi depan : Teleskopik
Suspensi belakang : Swing arm, monoshock

Menambah Akselerasi Motor Yamaha Scopio

Menambah Akselerasi Motor Yamaha Scopio - Pada karburator motor Scorpio terdapat power jet. Power jet ini dapat diganti dengan pilot jet Yamaha F1ZR agar akselerasi lebih bertenaga. Harganya sekitar 45.000 rupiah untuk pilot jet F1ZR orisinil. Untuk merek aftermarket berkisar 20.000 rupiah. Drat ulir sama persis tinggal pasang saja (PnP).
letak power jet karburator Scorpio

Shock Belakang Jangan Dibalik

Shock Belakang Jangan Dibalik - Banyak biker yang pasang sok belakang dengan kondisi terbalik. Ada yang memang tidak tahu. Dan lebih konyol lagi ada yang memang sengaja memasang terbalik. Alasannya biar keren. Gaya pasang sok terbalik ini, tak hanya berkembang di motor harian. Tapi, juga kerap dijumpai di ajang grasstrack. Khususnya kelas pemula. Konon, sok dibalik ini gunanya untuk mendapatkan setingan suspensi motor yang lebih keras. Karena ketika sok belakang mati, sok bisa berubah menjadi empuk. Untuk menyiasati budget alias menghemat biaya, maka sok pun dibalik.
shock yang dibalik
Terlepas dari apapun alasannya, pasang sok terbalik, berbahaya. Terlebih dengan sok yang masih menggunakan oli sebagai media pengisi di dalamnya. Melihat konstruksi sok belakang, sobat akan menemui 2 komponen. Pertama per atau pegas di bagian luar. Lalu di dalamnya ada tabung yang berisi oli atau gas. Di dalam tabung itu terdapat sebuah katup yang berfungsi untuk mengatur aliran oli. Perlambatan gerak ayun sepeda motor terjadi karena aliran oli tabung shockbreaker terhambat oleh katup. Hal ini disebabkan lubang katup yang sempit.

Keduanya mempunyai fungsi masing-masing dan bertolak belakang. Per, berfungsi menahan beban ketika motor masuk lubang. Agar ayunan motor ke bawah ini tidak terlalu keras, maka ditahan oleh per ini. Saat motor melakukan rebound alias melambung ke atas, di sinilah fungsi tabung berisi oli di bagian dalam yang bertugas mengabsorb atau menyerap gaya yang naik tadi. Sehingga, penumpang tidak terlempar. Karena gaya pantulan dari bawah sudah diserap oleh sok. Bayangkan jika sok dibalik. Maka sok sudah tidak punya lagi gaya absorb. Saat motor memasuki lubang, maka siap-siap penumpang belakang bakal terlempar.

Buat cek fungsi absorber pada sok masih bagus, caranya gampang. Sukup tekan tabung ke bawah, lalu biarkan. Maka tabung ini perlahan akan naik. Itu berarti masih bagus.

Pilot Jet dan Main Jet (Spuyer) Standar Motor Kawasaki

main jet & pilot jet
Berikut daftar pilot jet dan main jet (spuyer) standar motor Kawasaki.
Pilot jet dan main jet (spuyer) motor 2 tak:
  1. KX85 = 48/120
  2. Ninja S = 45/132
  3. Ninja R = 45/135
  4. Ninja RR = 22.5/260
  5. KRR = 27.5/260
Pilot jet dan main jet (spuyer) motor 4 tak:
  1. Kaze = 40/85
  2. Kaze R = 38/82
  3. Blitz R = 35/75
  4. KSR 110 = 38/
  5. Edge R = 38/80
  6. ZX 130 = 35/85
  7. Athlete = 38/78
  8. KLX 150 = /112
  9. D-Tracker 150 = /112
  10. Ninja 250R = 38/98

Pilot Jet dan Main Jet (Spuyer) Standar Motor Yamaha

pilot jet & main jet Jupiter Z
Berikut daftar pilot jet dan main jet (spuyer) standar motor Yamaha.
Pilot jet dan main jet (spuyer) motor 2 tak:
  1. V75 = 12.5/100
  2. V80 = 15/85
  3. F1ZR = 17.5/130
  4. RX S = 22.5/120
  5. RX Z = 22.5/220
  6. RX King = 22.5/150
  7. RX King New = 27.5/150
  8. TZM 150 = 32.5/210
Pilot jet dan main jet (spuyer) motor 4 tak:
  1. Crypton = 15/90
  2. Vega = 15/90
  3. New Vega R = 17.5/105
  4. Vega ZR = 17.5/102.5
  5. Vega RR = 17.5/100
  6. Jupiter = 15/90
  7. Jupiter Z = 17.5/105
  8. New Jupiter Z = 17.5/100
  9. Jupiter MX (vakum) = 15/115
    Jupiter MX (konvensional) = 20/103.8 (105)
  10. Mio (Keihin) = 38/108
    Mio (Mikuni) = 17.5/105
  11. Nouvo = 17.5/102.5
    Nouvo Z = 20/98.8 (100)
  12. Fino = 38/108
  13. Xeon = 12.5/111.3 (112.5)
  14. Lexam = 15/120
  15. Byson = 15/112.5
  16. Scorpio 2001 = 17.5/112.5 | 55
    Scorpio 2004 = 17.5/110 | 65
    Scorpio 2006 = 17.5/110| 90

Pilot Jet dan Main Jet (Spuyer) Standar Motor Suzuki

pilot jet & main jet Smash
Berikut daftar pilot jet dan main jet (spuyer) standar motor Suzuki.
Pilot jet dan main jet (spuyer) motor 2 tak:
  1. RC100 = 12.5/90
  2. Crystal = 17.5/90
  3. Tornado = 20/95
  4. Satria R = 17.5/97.5
  5. TRS = 20/102.5
  6. RGR = 12.5/260
Pilot jet dan main jet (spuyer) motor 4 tak:
  1. Smash 110 = 15/92.5
  2. Titan 115 = 15/95
  3. Shogun 110 = 15/92.5
  4. Shogun FD 110 = 17.5/92.5
  5. Shogun FD 125 = 12.5/97.5
  6. Shogun FL 125 = 12.5/97.5
  7. Axelo = 15/95
  8. Arashi = 12.5/97.5
  9. Thunder 125 = 12.5/110
  10. Thunder 250 = 22.5/127.5
  11. Satria FU 150 = 12.5/110
  12. FXR 150 = 17.5/107.5
  13. Spin = 15/97.5
  14. Skydrive = 15/92.5
  15. Skywave = 12.5/130
  16. Hayate = 12.5/130
  17. Nex = 12.5/115

Kamis, 01 Agustus 2013

Cara Setting Karburator Untuk Motor non Standar

ilustrasi  kabut bensin
Cara Setting Karburator Untuk Motor non Standar - Mau tahu cara setting karburator? Cara ini juga bisa digunakan untuk setting karburator reamer, setting karburator berventuri lebih besar dari standar, maupun setting karburator imitasi. Silahkan simak posting saya berikut ini.

Inti dari setting karburator ialah untuk mendapatkan performa maksimal dengan hasil agar motor mudah serta nyaman dikendarai. Yang perlu diperhatikan ialah kejadian mbrebet dan ngook. Saya asumsi kan bahwa kalian sudah memahami tanda/gejala dari kasus tersebut.

Bahan yang perlu sekiranya disiapkan.
  1. Spuyer
    Entah pilot jet atau pun main jet, kedua spuyer itu harus dipersiapkan untuk mempercepat proses setting. Memang dana yang keluar banyak untuk mempunyai beberapa stok spuyer tersebut.
    pilot jet dan main jet
  2. Alat bongkar pasang karburator
    Biasanya hanya obeng, kunci pas, dan kunci L.
    ilustrasi alat
  3. Mesin
    Kondisi mesin harus sudah 100% oke dan juga pastikan tidak ada kebocoran maupun kesalahan teknis lain nya. Cek juga bensin nya.
    sepeda motor
  4. Nyali dan tekad yang kuat
    Selain itu, kesabaran dan tanggung jawab juga diperlukan.
Cara setting karburator.

  1. Test nyala mesin kendaraan nya
    Kalau sulit menyala, maka ada 2 kemungkinan. Pertama pasokan bensin kurang dan kedua pasokan bensin berlebihan. Coba angin2 karburator dimainkan terlebih dahulu hingga mesin menyala
  2. Blayer gas nya
    Rasakan yang terjadi. Kalau bunyi ngoook brarti suplai bensin kurang. Kalau rpm tidak mau naik disertai asap hitam di knalpot brarti terlalu banyak suplai bensin nya. Setel ulang angin2 untuk mengatasinya. Kalau masih belum lanjut ke point 3.
  3. a. Mbrebet di putaran langsam → PJ turun step
    b. RPM mesin tinggi di putaran langsam → PJ naik step
    c. Mbrebet di putaran atas → MJ turun step
    d. Ngook saat gas tiba - tiba dibuka penuh → MJ naik step
  4. Tes jalan
    Setting di nomer 3 hanya saat motor diam di tempat. Begitu dirasakan langsam normal, rpm mesin sanggup di puncak RPM, test jalan motor Anda. Kalau terjadi seperti point 3 maka ubah lagi spuyernya sesuai dengan indikasi yang ada.
    Knalpot meledak-ledak → PJ kurang besar
    Nafas putaran atas lambat mengisi → MJ kurang besar

    Mbrebet/ngook? Terjadi di rpm berapa?
    Setelah mengulang point 3, Anda harus test jalan lagi hingga motor dapat normal dan performa nya maksimal. Jika tetap ada mbrebet/ngook maka lanjut ke point 5.
  5. Perhatikan gambar berikut ini!
    Pada bukaan skep berapa mulai terjadi indikasi mbrebet/ngook? Setelah melihat gambar, sesuaikan saja.
    a. 0 - ¼ putaran = PJ kurang cocok, angin2 kurang pas
    b. ¼ - ½ putaran = Cutaway kurang cocok
    c. ½ - ¾ putaran = Klip jarum skep pindah posisi
    d. ¾ - penuh = MJ kurang cocok
  6. Sebisa mungkin cari setting karburator hingga busi mampu berwarna merah bata keseluruhan, motor nyaman dikendarai, serta tidak boros bahan bakar. Setelah mendapatkannya, ubahan tersebut dapat menjadi patokan standar karburator tersebut untuk motor Anda.
klik gambar untuk memperbesar
Sekian, mohon maaf atas kekurangannya. Mungkin postingan saya sulit dicerna apalagi di-praktek kan. Anyway, Selamat mencoba! Semoga sukses.

Korek Drag TVS RockZ 150 cc

1. Piston dengan diameter 58.75 mm
Piston diameter 58.75 mm aftermarket dibuat dum dengan rasio kompresi 13.8:1. Bahan bakar yang digunakan haruslah avgas.

2. Stroke 54.8 mm
Stroke kruk as standar digeser 3 mm keluar dengan menggunakan pen stroke. Jika dipadu dengan piston 58.75 mm maka akan bertemu volume silinder 148.61cc atau dibulatkan menjadi 150cc.

3. Karburator Koso 34
Karburator menggunakan merek Koso venturi 34 dengan kombinasi spuyer pilot jet dan main jet 50/125.

4. Knalpot Custom
Knalpot bobokan biar tenaga keluar maksimal.


Spesifikasi TVS Apache 180

TVS Apache 180
Mesin
Tipe Mesin : 4 tak, silinder tunggal, berpendingin udara
Diameter x Langkah : 62.5 x 57.8 mm
Volume silinder : 177.4 cc
Rasio kompresi : 9.5:1
Karburator = BS29
Starter : elektrik, kick starter
Max. power : 12.52 kW (17.03 hp)/8500rpm
Max. torsi : 15.5 Nm/6500rpm
Kopling : Manual, kopling multiplat
Gearbox : 5 kecepatan

Dimensi
Rangka : Double Cradle
P x L x T : 2085 x 730 x 1150 mm
Jarak terendah ke tanah : 165 mm
Wheelbase : 1300 mm
Berat kosong = 137 kg

Kaki - kaki
Ban depan : 1.85 (90/90)-17"
Ban belakang : 2.15 (110/80)-17"
Rem depan : Cakram 270 mm
Rem belakang : Tromol 200mm
Peredam kejut depan : Teleskopik
Peredam kejut belakang : Lengan ayun, monoshock Canister

Kelistrikan
Pengapian : IDI - Dual mode
Battery : 12V 9Ah Sealed MF
Spul : AC 90W Magnet
Lampu depan : 35/35W halogen HS1
Sekring = 10A
Busi = Bosch twin micro

Kapasitas
Tangki bensin : 16 L

Spesifikasi TVS Apache 160

TVS Apache 160
Mesin
Tipe Mesin : 4 tak, silinder tunggal, berpendingin udara
Diameter x Langkah : 62 x 52.9 mm
Volume silinder : 159.7 cc
Rasio kompresi : 9.5:1
Karburator = BS26
Starter : elektrik, kick starter
Max. power : 11.19 kW (15.2 hp)/8500rpm
Max. torsi : 13.1 Nm/6000rpm
Kopling : Manual, kopling multiplat
Gearbox : 5 kecepatan

Dimensi
Rangka : Double Cradle
P x L x T : 2020 x 730 x 1050 mm
Tinggi jok : 790 mm
Jarak terendah ke tanah : 180 mm
Wheelbase : 1300 mm
Berat kosong = 112 kg

Kaki - kaki
Ban depan : 1.85 (90/90)-17"
Ban belakang : 2.15 (100/80)-18"
Rem depan : Cakram 270 mm
Rem belakang : Tromol 130mm
Peredam kejut depan : Teleskopik
Peredam kejut belakang : Lengan ayun, monoshock Canister

Kelistrikan
Pengapian : IDI - Dual mode
Battery : 12V 5Ah Sealed MF
Spul : AC 90W Magnet
Lampu depan : 35/35W halogen HS1
Lampu rem : 5/21W
Lampu belok : 10W

Kapasitas
Tangki bensin : 16 L

Spesifikasi TVS Tormax

TVS Tormax 150
Mesin
Tipe Mesin : 4 tak, silinder tunggal SOHC 3 klep (2 in, 1 out), berpendingin udara
Diameter x Langkah : 59.5 x 48.8 mm
Volume silinder : 148.7 cc
Rasio kompresi : 11.3:1
Karburator = UCAL (VM22)
Starter : elektrik, kick starter
Max. power : 9.7 kW (13.2 hp)/8000rpm
Max. torsi : 12.5 Nm/5500rpm
Kopling : Manual, kopling multiplat
Gearbox : 5 kecepatan

Dimensi
Rangka : Underbone
P x L x T : 1955 x 730 x 1070 mm
Tinggi jok : 772 mm
Jarak terendah ke tanah : 150 mm
Wheelbase : 1250 mm
Berat kosong = 112 kg

Kaki - kaki
Ban depan : 70/80-17"
Ban belakang : 80/90-17"
Rem depan : Cakram 290 mm
Rem belakang : Cakram 185mm
Peredam kejut depan : Teleskopik
Peredam kejut belakang : Lengan ayun, monoshock Canister

Kelistrikan
Pengapian : DC TCI
Battery : 12V 5Ah Sealed MF
Spul : AC 90W Magnet
Busi : Bosch super (UR5DC)

Kapasitas
Tangki bensin : 4 L
Oli mesin : 1 L berkala, 1,2 L pembongkaran
Oli garpu depan : 55 mL

Spesifikasi TVS Neo

TVS Neo 110
Mesin
Tipe Mesin : 4 tak, silinder tunggal SOHC, berpendingin udara
Diameter x Langkah : 53.5 x 48.8 mm
Volume silinder : 109.7 cc
Rasio kompresi : 9.3:1
Starter : elektrik, kick starter
Max. power : 8.5 hp/7500rpm
Max. torsi : 8.5 Nm/5500rpm
Kopling : Sentrifugal, Otomatis
Gearbox : 4 kecepatan

Dimensi
Rangka : Underbone
P x L x T : 1940 x 662 x 1360 mm
Tinggi jok : 780 mm
Jarak terendah ke tanah : 140 mm
Wheelbase : 1245 mm
Berat kosong = 96 kg

Kaki - kaki
Ban depan : 2.50-17"
Ban belakang : 2.75-17"
Rem depan : Cakram 220 mm/Tromol 110mm
Rem belakang : Tromol 110mm
Peredam kejut depan : Teleskopik
Peredam kejut belakang : Lengan ayun, monoshock (CW)

Kelistrikan
Pengapian : DC CDI, 2 kurva pengapian
Battery : 12V 4Ah Sealed MF
Lampu depan : 35W (Halogen)
Lampu rem belakang : 12V / 18W/5W
Lampu sinyal belok : 12V 16W
Spul : AC 90W Magnet

Kapasitas
Tangki bensin : 4 L
Oli mesin : 1 L berkala, 1,2 L pembongkaran
Oli garpu depan : 55 mL

Spesifikasi TVS Rockz

TVS RockZ 125
Mesin
Tipe Mesin : 4 tak, silinder tunggal SOHC, berpendingin udara
Diameter x Langkah : 57 x 48.8 mm
Volume silinder : 124.5 cc
Rasio kompresi : 9.3:1
Starter : elektrik, kick starter
Max. power : 9.8 hp/7500rpm
Max. torsi : 9.8 Nm/5500rpm
Kopling : Sentrifugal, Manual (CW) Otomatis (SW)
Gearbox : 4 kecepatan

Dimensi
Rangka : Underbone
P x L x T : 1940 x 665 x 1078 mm
Tinggi jok : 767 mm
Jarak terendah ke tanah : 150 mm
Wheelbase : 1260 mm
Berat kosong = 107 kg

Kaki - kaki
Ban depan : 2.50-17"
Ban belakang : 2.75-17"
Rem depan : Cakram 220 mm/Tromol 110mm
Rem belakang : Tromol 110mm
Peredam kejut depan : Teleskopik
Peredam kejut belakang : Lengan ayun, monoshock (CW)

Kelistrikan
Pengapian : DC CDI
Battery : 12V 4Ah Sealed MF
Spul : AC 90W Magnet

Kapasitas
Tangki bensin : 4 L
Oli mesin : 1 L berkala, 1,2 L pembongkaran
Oli garpu depan : 55 mL

Spesifikasi TVS Dazz

TVS Dazz 110
Mesin
Tipe mesin : 4 langkah, SOHC, berpendingin udara
Diameter x Langkah : 53,5 x 48,8 mm
Kapasitas mesin : 109,74 cc
Daya maksimum : 8,34 bHp (6,14 kW) @7500 rpm
Torsi maksimum : 8,3 Nm @5500 rpm
Tipe karburator : UCAL (VM17 MJ85)

Dimensi
P x L x T : 1875 x 675 x 1050 mm
Jarak as roda : 1240 mm
Jarak ke tanah : 115 mm
Berat : 92 kg
Kapasitas tangki bahan bakar : 5,3 liter

Kaki - kaki
Ukuran ban depan : 80/90-14 M/C 40P Tubeless
Ukuran ban belakang : 90/80-14 M/C 43P Tubeless
Rem depan : Cakram 200 mm
Rem belakang : Tromol 130 mm
Tipe suspensi depan : Telescopic shockabsorber
Tipe suspensi belakang : Single shockabsorber

Kelistrikan 
Starter : Electric dan kickstarter
Battery : Maintenance free 12v 3,5 Ah
Tipe busi : UR4KC

Setting Karburator Jupiter Pasca Reamer Skep GL100 [Update]

karburator Jupiter VM16
reamer skep GL100
Setting Karburator Jupiter Pasca Reamer Skep GL100 [Update] - Menyetel karburator setelah reamer memang susah susah gampang. Banyak susah nya daripada gampang nya. Apalagi kalau kalian tidak punya cadangan spuyer dengan bermacam - macam nomor, pasti lebih pusing lagi.

Berikut update setting karburator reamer di sepeda motor ku. Pastinya beda tempat berbeda juga setting nya.
1. Skep GL100 cutaway 3.5
Skep GL100 dimodif dengan tinggi 27.5 mm dan cutaway dibuat 3.5 (coak-an skep setinggi 3.5 mm). Efeknya pilot jet akan naik step, namun jambakan motor sangat terasa, motor menjadi liar di putaran bawah. Perlu diingat fungsi cutaway terjadi di ½ - ¼ bukaan skep.
posisi cutaway skep
2. Spuyer
Pilot jet 15 ori dan Main jet 120 merk Jet Up.
bagian main jet & pilot jet
spuyer karburator Jupiter VM16
3. Jarum skep
Jarum tetap standar dan klip diletakkan paling atas.
jarum skep Jupiter

Daftar Karburator Motor TVS

Karburator TVS RockZ
Karburator motor 2 tak TVS.
  1. -
Karburator motor 4 tak TVS.
  1. Dazz = VM17
  2. Neo XR = VM17
  3. RockZ = 
  4. Tormax 150 = VM22
  5. Apache 160 = BS26
  6. Apache 180 = BS29

Daftar Karburator Motor Honda

karburator NSR SP
Karburator motor 2 tak Honda.
  1. NSR 150 = PE28
Karburator motor 4 tak Honda.
  1. C100 engine (Grand, Astrea, etc) = PB16
  2. Win 100 = PB18
  3. Supra X 125 = PB18
  4. Kharisma = PB18
  5. Mega Pro = PD22
  6. GL100 = PD22
  7. Tiger = PD26
  8. Vario = CV22
  9. CBR 150 = VK28

Daftar Karburator Motor Kawasaki

CVR 30 x 2 Karburator Ninja 250
Karburator motor 2 tak Kawasaki.
  1. KX 65 = VM24
  2. KX 85 = PWK 28
  3. Ninja R = PWL26
  4. Ninja RR = VM28
Karburator motor 4 tak Kawasaki.
  1. Althlete = PB18
  2. ZX130 = NCV24
  3. Edge = PB18
  4. KSR 110 = PB18
  5. D-Tracker 150 = NCV24
  6. D-Tracker 250 = Keihin F001
  7. D-Tracker X = Keihin F001
  8. KLX 150 = NCV24
  9. KLX 250 = Keihin F001
  10. Ninja 250 = CVR30

Daftar Karburator Motor Suzuki

karburator Shogun 125SP
Karburator motor 2 tak Suzuki.
  1. RC100 = VM16
  2. Crystal = VM18
  3. Tornado 110 = VM18
  4. Satria R = VM22
  5. RGR 150 = VM28
Karburator motor 4 tak Suzuki.
  1. Smash 110 = VM17
  2. Smash Titan = VM18
  3. Shogun 110 = VM17
  4. Shogun 125 = VM18
  5. Shogun 125 SP = VM18
  6. Axelo = VM18
  7. Nex = BS22
  8. Spin = BS26
  9. Hayate 125 = BS26
  10. Skywave = BS26
  11. Skydrive = BS26
  12. Thunder 125 = BS26
  13. Satria FU = BS26

Daftar Karburator Motor Yamaha

karburator VM17 New Vega R
Karburator motor 2 tak Yamaha.
  1. V80 = VM15
  2. Alfa = VM16
  3. RX 100 = VM20
  4. F1ZR = VM22
  5. 125Z = VM22
  6. Touch = VM24
  7. RX S = VM24
  8. RX King = VM26
  9. RX Z = VM26
  10. TZM = VM30
Karburator motor 4 tak Yamaha.
  1. Crypton = VM16
  2. Jupiter = VM16
  3. Jupiter Z = VM17
  4. New Jupiter Z = VM17
  5. Jupiter MX = VM22
  6. New Jupiter MX = BS25
  7. Vega = VM16
  8. New Vega R = VM17
  9. Vega RR = VM17
  10. Lexam = BS25
  11. Nouvo = BS25
  12. Mio = NCV24
  13. Mio Soul = NCV24
  14. Fino = NCV24
  15. Xeon = BS26
  16. Byson = BS26
  17. Scorpio Z = BS30

Daftar Ukuran Diameter Klep Honda

cara mengukur diameter klep
Berikut data diameter klep Honda.
  1. C50 = 22/19 mm
  2. C70 = 23/20 mm
  3. Supra/Grand = 23/20 mm
  4. Legenda = 23/20 mm
  5. Blade = 25.5/21 mm
  6. Supra X 125 = 24/21 mm
  7. Sonic = 28/24 mm
  8. CS-1 = 28/24 mm
  9. Beat = 25.5/21 mm
  10. Vario = 25.5/21 mm
  11. CB 100 = 27.5/21 mm
  12. CG 125 = 29/25 mm
  13. GL Max = 30/25 mm
  14. GL Pro 145 = 31.5/26 mm
  15. New Mega Pro = 30/26 mm
  16. Tiger = 31.5/27 mm
  17. CBR 150 = 24/21 mm

Daftar Ukuran Diameter Klep Kawasaki

cara mengukur diameter klep
Berikut data diameter klep Kawasaki.
  1. Kaze VR = 24/21 mm
  2. Bajaj P200NS = 31/26 mm
  3. Ninja 250 = 22.5/20 mm
  4. KLX 150 = 27.5/24 mm
  5. KLX 250 = 33.5/28 mm

Daftar Ukuran Diameter Klep Suzuki

cara mengukur diameter klep
Berikut data diameter klep Suzuki.
  1. Satria FU = 22/19 mm
  2. Smash = 25/22 mm
  3. Shogun 125 = 25/22 mm
  4. Shooter =
  5. Nex =
  6. Let's =
  7. Spin 125 = 25/22 mm
  8. Skywave 125 = 25/22 mm
  9. Thunder 125 = 26/23 mm
  10. Inazuma 250 =

Daftar Ukuran Diameter Klep Yamaha

cara mengukur diameter klep
Berikut data diameter klep Yamaha.
  1. Mio = 23/20 mm
  2. Mio J = 26/21 mm
  3. Soul GT = 26/21 mm
  4. Nouvo = 23/20 mm
  5. Xeon = 28/24 mm
  6. Crypton = 23/20 mm
  7. Jupiter = 23/20 mm
  8. Jupiter Z = 23/20 mm
  9. Jupiter Z1 = 26/21 mm
  10. Jupiter MX = 19/17 mm
  11. Vega = 23/20 mm
  12. Vega R = 23/20 mm
  13. Vega ZR = 23/20 mm
  14. Vega RR = 23/20 mm
  15. Force = 26/21 mm
  16. Vixion = 19/17 mm
  17. Scorpio Z = 34/28.5 mm

Modifikasi Skep GL100 untuk Reamer Karburator Jupiter VM16SH

karbu Jupiter reamer an
Modifikasi Skep GL100 untuk Reamer Karburator Jupiter VM16SH - Ingin reamer karburator Jupiter yang masih berkode VM16SH dengan venturi yang lebih besar tentunya butuh skep berdiameter lebih besar dari standar. Skep standar Jupiter VM16SH berdiameter 15 mm. Saat ingin membesarkannya, Anda dapat menggunakan skep RC100 (19 mm) dan GL100 (20 mm).

Ketika menggunakan skep GL100, ada beberapa bagian yang harus diubah dan di-modifikasi. Pekerjaan modifikasi ini dapat dikerjakan sendiri maupun tukang bubut. Yang diperlukan hanyalah lem besi, gergaji besi, ampelas kasar dan halus, serta asahan pisau.

Berikut modifikasi skep GL100 untuk reamer karburator Jupiter VM16SH
1. Tinggi skep bagian bawah 5 mm
Tinggi skep bagian bawah milik GL100 adalah 6 mm. Untuk itu, kita harus mengampelas nya hingga 5 mm.
5 mm
2. Tinggi keseluruhan skep 27.5 mm
Untuk skep Jupiter VM16SH, tinggi nya adalah 27.5 mm dan untuk Jupiter Z kode VM17SH adalah 32 mm. Potong dengan gergaji besi atau diampelas hingga mendapat ukuran yang diinginkan.
tinggi skep 27,5 mm
3. Membuat cutaway baru
Pada skep GL100, posisi penyetel langsam terbalik 180º dengan skep Jupiter. Apa itu cutaway? Cutaway merupakan bagian skep yang miring dan biasanya menghadap ke arah luar karburator. Cara mengukur cutaway ialah mengukur selisih ketinggian skep nya. Cutaway baru dapat dibuat dengan menggosok skep secara miring hingga mendapat kemiringan yang pas.
cutaway 3.0 alias 3 mm dari dasar
4. Menambal bekas cutaway lama
Kalau cutaway lama tidak ditambal, langsam akan seperti gas terbuka seperempat putaran. Jadi RPM akan tetap tinggi karena skep tidak menutup penuh. Tambal menggunakan lem besi sehalus mungkin.
cutaway dipindah dan dilem

Diameter Diameter Piston TVS

diameter piston Yamaha Jupiter
Berikut data diameter piston merek TVS.
Piston 2 tak:
  1. -
Piston 4 tak:
  1. Neo XR = 53.5 mm
  2. Rockz = 57 mm
  3. Tormax 150 = 59.5 mm
  4. Apache 160 = 62 mm
  5. Apache 180 = 62.5 mm