Minggu, 31 Mei 2020

Review Noken As BRT S2 Touring Jupiter

Review Noken As BRT S2 Touring Jupiter - Untuk kalian yang ingin merubah karakter performa motornya namun ingin praktis dapat membeli noken as jadi yang beredar di toko-toko. Salah satunya adalah produk BRT yang memiliki bermacam-macam spek dan karakter. Untuk kali ini saya sedikit ulas Master Cam Roller Rocker Arm BRT model Jupiter Seri S2 Touring.

noken as BRT S2 Jupiter


Camshaft BRT S2 Jupiter + RRA
IN
open + 180 + close
15+180+40 = durasi 235°
lift cam 26 - 20.7 = 5.3 mm
lift klep 5.3 mm x 1.42 = 7.7 mm
lift overlap 2 mm
LC 110°

EX
open + 180 + close
38+180+15 = durasi 233°
lift cam 26 - 20.7 = 5.3 mm
lift klep 5.3 mm x 1.42 = 7.69 mm
lift overlap 2 mm
LC 100°

LSA (110+100)/2 = 105°


Kunjungi channel saya di https://youtu.be/J14I4mt_QxI

Sabtu, 23 Mei 2020

Beda Rasio Gigi 3 Alfa/Sigma dan FIZR Full Clutch

Beda Rasio Gigi 3 Alfa/Sigma dan FIZR Full Clutch - Untuk penggemar Yamaha F1ZR dan keluarganya seperti Alfa/Sigma tentu tidak asing dengan beda nilai rasio gigi 3 nya. Mari  kita lihat perbandingan gigi rasio standar.

Yamaha Alfa/Sigma/Force-one/FIZ
1 = 12/39 (3.250)
2 = 16/29 (1.813)
3 = 20/24 (1.200)
4 = 22/23 (1.045)

Yamaha F1ZR/FIZR Full Clutch
1 = 12/39 (3.250)
2 = 16/29 (1.813)
3 = 19/25 (1.316)
4 = 22/23 (1.045)

Tips Ringan dan Awet Stut Kopling Manual Yamaha Jupiter

Tips Ringan dan Awet Stut Kopling Manual Yamaha Jupiter - Agar kopling manual Jupiter dapat bekerja sempurna, ringan, dan awet disarankan menggunakan stut kopling manual Jupiter MX lama yang original. Menurut pengalaman penulis, stut kopling model X1 Thailand kurang nyaman digunakan dan kurang awet. Banyak kasus seperti kopling ditekan motor masih jalan, coakan stur kopling yang mudah jeber berubah bentuk, paling parah kopling terasa keras. Simak selengkapnya di sini.



Rabu, 20 Mei 2020

Pasang Head dan Blok Silinder Mio di Yamaha Jupiter

Pasang Head dan Blok Silinder Mio di Yamaha Jupiter - Banyak pemilik motor Jupiter yang ingin upgrade performa motornya. Ada yang melirik untuk memasang blok maupun head Mio karena bentuknya yang lebih besar dibandingkan standar, ketersediaan part racing Mio yang lebih beraneka ragam, klep batang 5 mm, per klep lebar, maupun porting yang lebih mengarah. Untuk penjelasan dapat dibaca di bawah ini, untuk video nya simak di link ini.

Head dan blok Mio di Jupiter

Senin, 18 Mei 2020

Diameter Crankcase Yamaha Jupiter

Diameter Crankcase Yamaha Jupiter - Untuk kali ini adalah diameter dari lubang crankcase yang terhubung dengan blok Yamaha Jupiter. Pengukuran menggunakan jangka sorong alias sigmat seperti pada gambar di bawah ini. Diameter lubang crankcase Yamaha Jupiter terbaca 60 mm.


Diameter Luar Liner/Boring Yamaha Jupiter

Diameter Luar Liner/Boring Yamaha Jupiter - Besar dari liner Jupiter sebesar 56.4 mm di bagian ujung, dan 58.3 di bagian pangkal.




Rabu, 13 Mei 2020

Karburator Jupiter Z di Jupiter lama/Vega/Crypton

Karburator Jupiter Z di Jupiter lama/Vega/Crypton - Pemasangan karburator milik Jupiter Z memiliki venturi lebih besar dibandingkan standar Jupiter lama/Vega/Crypton. Untuk pemasangan dapat langsung plug n play ke intake manifold standar. Mur setelan kabel gas dihabiskan sampai bawah, spuyer bawaan Jupiter Z sudah cukup jadi tidak perlu jetting ulang. Hasilnya performa akan lebih baik, tarikan ringan, top speed cepat diraih.

Karburator VM17SH Jupiter Z di motor Jupiter

Selasa, 12 Mei 2020

Panjang Blok Yamaha Mio Karburator Standar

Panjang Blok Yamaha Mio Karburator Standar - Panjang blok tempat piston naik turun standar nya adalah 73 mm.

Pengukuran menggunakan jangka sorong
Blok Mio kode 5LW