Pasang Head dan Blok Silinder Mio di Yamaha Jupiter
Pasang Head dan Blok Silinder Mio di Yamaha Jupiter - Banyak pemilik motor Jupiter yang ingin upgrade performa motornya. Ada yang melirik untuk memasang blok maupun head Mio karena bentuknya yang lebih besar dibandingkan standar, ketersediaan part racing Mio yang lebih beraneka ragam, klep batang 5 mm, per klep lebar, maupun porting yang lebih mengarah. Untuk penjelasan dapat dibaca di bawah ini, untuk video nya simak di link ini.
Head dan blok Mio di Jupiter
Untuk pemasangan pada motor Jupiter dan sejenisnya sangat mudah. Baut tanam dan pengikat samping sudah sama, hanya saja harus menggunakan yang lebih panjang apabila tidak melakukan bubut blok. Penyesuaian yang agak banyak ada pada bagian belakang blok silinder karena beda bentuk dan jalur oli. Namun hal itu dapat diubah dengan bantuan las aluminium.
bagian blok yang harus diubah
Untuk jalur oli head Mio melalui baut tanam kanan atas, sedangkan head Jupiter melalui baut tanam kanan bawah. Untuk bypass jalur oli bisa dengan membuat coakan/alur oli di samping liner ataupun paralel menggunakan napple di mur baut tanam ataupun cor blok.
dudukan bearing noken as Mio
lebih besar dari Jupiter
Untuk dudukan bearing noken as Mio menggunakan diameter 37 mm, sedangkan Jupiter 35 mm. Hal ini harus diubah apabila ingin menggunakan noken as Jupiter di head Mio. Cara lain adalah mengubah dudukan gir timing pada noken as Mio agar sesuai dengan gear timing Jupiter. Untuk lidah tensioner harus diakali karena tonjolannya tidak pas dengan tensioner pada blok Mio. Problem itu dapat diakali dengan membuat tonjolan baru dengan lem plastic steel.
Ass bg ijin tanya Punya saya motor jupiter pakai blok jupiter dan dexel nya pakai mio sporty itu apa langsung pnp bg .. Jalur oli nya sama atau ada yg di rubah ya bg .. mohon solusi nya
Bang motor sayah cripton udah pake setang Mio terus head nyah pake Mio Rante Kenteng udah mio cuman boing pake Vega seher sonik apakah aman Poko nyah paking 2.5 Mili atau pake boring Mio ajah minta saran suhu
As mualaikum,gan mio saya,kenapa ya,begitu di rubah pake seher kaze,ko jadi berisik,tp sblum nya,klo pk std,halus suara mesin nya,mohon pencerahan nya
BalasHapusKorter nya ga bagus bisa, coakan klep nya ga pas jadi nabrak ya bisa
HapusKalau saya sih jangan seher kaze, lah Mio pen 15 kaze pen 13..
Kalau Jupiter z di pasang blok head Jupiter Z1 injeksi apakah banyak yang dirubah
BalasHapusHead nya saja perlu cor sebagian menyesuaikan packing.. knalpot dan intake pasti berubah.. baut samping bisa diakali dibuatkan dudukan baru
HapusMin kalo blok head jupiter z1 pnp ke vega r new apa aja rubahan nya??
HapusKalau baut tusuk sih sama aja, cuma beda di samping kiri 2 baut pengikat samping
HapusKalau mio pakai head jupiter apakah bisa.?
BalasHapusBisa, tetapi lubang gigi timing kurang besar.. noken as nya ada kendala
HapusVega ZR apa bisa pakai head Mio lama bang? Trus apa aja yang di rubah?🙏
HapusBisa.. baut pengikat samping yg 2 itu dibuatkan lagi
HapusKnalpot dan manifold karbu beda.. jalur oli jangan lupa
Mio pakai mesin jupiter apa aja yg di rubah bang?
Hapusmas mau tanya klo sy rubah klep jupe standar ke sonic noken as nya pakai apa ya
BalasHapusStandar dulu saja.. asal celah klep masih bisa disetel
HapusBang kalau boring mio sporty di pasnag di jupiter z1 injeksi apa bisa?
BalasHapusBisa tapi banyak ubahan karena baut samping posisi nya beda
HapusBang rante kamprat jupitrr z lama denagan mio lama masuk ngx
BalasHapusModel rantai Jupiter Z lama dan Mio sama.. panjang rantai nya beda jauh..
HapusJupiter Z 86 mata
Mio karbu 90 mata
Beda sekitar 12 mm
Bang kalau boring Jupiter MX dipasang di Mio sporty bisa atau tidak???
BalasHapusKalau PNP tidak.. modifikasi itu kelasnya
HapusAss bg ijin tanya
BalasHapusPunya saya motor jupiter pakai blok jupiter dan dexel nya pakai mio sporty itu apa langsung pnp bg ..
Jalur oli nya sama atau ada yg di rubah ya bg .. mohon solusi nya
Ga sama.. modif jalur oli, lubang rantai, dudukan noken as.. dsb
HapusBang motor sayah cripton udah pake setang Mio terus head nyah pake Mio Rante Kenteng udah mio cuman boing pake Vega seher sonik apakah aman Poko nyah paking 2.5 Mili atau pake boring Mio ajah minta saran suhu
BalasHapusKalau sudah tidak standar ini sudah diobrolkan
HapusWajib diukur langsung sesuai kondisi mesin
Bg, mtr sy jupiter z pake head mio komplit sma isi2 headnya.
BalasHapusTapi top nya ga ketemu, ga mau hidup mtrnya
Lha gigi timing dan rantai pakai apa?
HapusKan beda tuh hitungan nya
Bg saya maau nanyak ni kalo jupiter z pakek blok mio tapo dekselnya jupiter bisa bg
BalasHapusAtau ada dirubah lgi
Bisa, punya saya blok mio head Jupiter.. blok dilas aluminium di bagian lubang rantai yg depan, untuk belakang cor banyak untuk saluran oli..
HapusKak kalo Jupiter Z robot pake blok Mio apa bisa dan apa saja yang harus di rubah
BalasHapusCukup baut pengikat samping kiri aja dibuatkan drat baru
HapusBang mesin supra 100 pake blok head mio.. jalur olinya gimna ya?
BalasHapusTinggal disesuaikan aja dong.. mau dicor seperti standar atau bypass pipa langsung crankcase ke head..
HapusApakah yamaha crypton klo pake silinder head mio bisa pnp,atau ada yg dirubah bang
BalasHapusPakai head mio jelas beda posisi manifold, lubang noken as, dsb.
Hapuskalo nokes as nya pakai mio bisa nggak bang
Hapusbang kalo head mionya sama nokenya saja yang dipasang dijupiter z apa saja yang dirubah
BalasHapusGigi timing bawah pakai Vega zr
HapusBang mau tanya apakan vega zr bisa mengunakn blok hed mio
BalasHapusBisa.. tinggal bikin lubang 2 baut pengikat samping kiri saja.. manifold dan knalpot menyesuaikan
HapusBlok seger mio j pnp ga mas di Jupiter z1
BalasHapusSama.. tp mending pakai z1 nya dong agar kalau ada kerusakan bisa oversize..
Hapus