Sabtu, 30 Juni 2012

Perhatikan Tebal dari Roller Matik

Meski sekilas bentuknya bulat, dilapisi bagian luar seperti ban motor, tapi tidak semua roller rata. Ada juga bagian lapisan yang lebih tebal alias tidak rata pada semua sisi. Di bagian tebal itulah yang mesti diperhatikan dalam pemasangan roller. Tidak asal ditaruh saja saat pasang. Karena perbedaan bentuk itu, tentu ada maksud dan punya fungsi.

Kalau sarung tebal dipakai untuk hindari dingin, bagian roller yang tebal itu berfungsi untuk memberi antisipasi gesekan pada dinding rumah roller. Kalau salah pasang, bisa aja bikin roller malah jadi cepat habis. Sementara sisi dinding lainnya masih tebal.

Jumat, 29 Juni 2012

Tips Motor Matik Lebih Kencang dan Irit


Motor matik saat ini sedang digandrungi masyarakat. Jalanan yang makin macet membuat para rider beralih dari motor bertransmisi manual, seperti motor bebek dan sport, ke transmisi otomatis.

Sayangnya mesin matik masih menuai sejumlah kelemahan, seperti borosnya bahan bakar dan tenaga yang tak cukup besar, sehingga sulit diajak berlari kencang.

Nah, dengan sejumlah rekayasa, ternyata motor matik bisa kencang dan irit bahan bakar. Berkut tipsnya:

Rabu, 27 Juni 2012

Jangan Asal Membuat Oil-Cooler

Banyak yang salah kaprah pasang oil-cooler. Maksudnya memaksimalkan pendingingan dan pelumasan mesin, justru salah besar. Jalur oli yang dipotong masuk menuju pendingin oli malah dibikin bercabang. Akibatnya aliran pelumas menuju tubuh mesin malah tidak maksimal.

Kebanyakan yang pasang oil-coolerjalurnya dibikin paralel. Ini salah besar.

Maksud Tole, diparalel itu aliran pelumas dari pompa dibagi dua. Satu menuju kepala silider dan satu lagi ke oil-cooler dan diteruskan ke bak karter. Nah, dengan begini aliran oli menuju mesin tidak banyak. Pelumasan tidak maksimal dan bikin mesin cepat aus.

Cek Kualitas Oli

Pemilik motor 4-tak, kalau mau ganti oli rata-rata berpatokan pada hitungan bulan atau petunjuk di kilometer. Lantas gimana dan kapan waktu ganti oli mesin motor yang jarang sekali dipakai?

Tenang, Bro. Selama volume oli di dalam bak mesin tetap dalam kondisi baik atau tidak kadaluarsa dan terkontaminasi, masih layak digunakan. Dan untuk mengetahui kelayakannya, sejatinya dapat dilakukan dengan beberapa langkah pengecekan.

Maksud Kode DOT pada Minyak Rem


Kode DOT 3, 4 dan 5 pada minyak rem punya maksud untuk menerangkan perbedaan titik didih atau boiling point. Sedangkan DOT kepanjangan dari Department Of Transportation. Misalnya DOT 3, minimal titik didihnya 205C dan DOT 4, 230 C. DOT 5 lebih tinggi dari keduanya, bahan bakunya dari silikon yang sulit bercampur dengan air.

Makanya, minyak rem di atas DOT 3 lebih sering dipakai buat kendaraan kecepatan tinggi dan berkapasitas besar. Namun, warna di tiap kemasan, ternyata tidak berhubungan langsung dengan kualitas.

Senin, 25 Juni 2012

Memeriksa Kondisi Shockbreaker

Shock Breker berfungsi untuk meredam kejutan pada saat sepeda motor diperlambat atau ban sepeda motor mengalami benturan keras karena jalan dipermukaan tidak rata, sehingga membuat Anda terjungkal pada saat Anda mengendarainya. Apabila sock breker tidak berfungsi, Anda tidak akan merasa nyaman saat mengendarainya atau mungkin dapat menyebabkan kerusakan pada kompenen yang lainnya.

Untuk menentukan apakah sock breker bekerja dengan baik atau tidak bukanlah hal yang sulit. Biasanya sock sepeda motor yang sock brekernya sudah rusak menjadi tidak enak dikendarai. Kerusakan sock breker umumnya disebabkan oleh kebocoran oli. Hal ini bisa dilihat pada tabung sock brekernya. Jika tabung sock breker selalu basah oleh rembesan oli maka hal itu sock breker bocor, sock breker harus diganti jika sudah tidak baik kerjanya.

Rabu, 20 Juni 2012

Korek Mesin Road Race VS Drag Bike, Bedakan Posisi Seher


Road race dan drag bike dua balap motor yang berbeda konsep. Road race tidak hanya butuh mesin yang kencang, tapi harus tahan. Sedangkan drag bike sekencang-kencangnya karena hanya geber 201 meter. Soal ketahanan nomer dua.

Itu yang membuat peta korekan terhadap mesin juga berbeda. Seperti ketika seting posisi pinggir seher terhadap bagian atas blok silinder. Di road race, pinggir seher dibuat lebih mendem.

Cara Mudah Ganti Bohlam Sein New Jupiter Z




Lampu sein sangat penting buat safety saat berkendara. Satu-satunya cara untuk memberitahu pengguna jalan lain ketika hendak belok atau berpindah jalur adalah dengan lampu sein.

Paling males kalau, lampu berkedip ini tiba-tiba putus. Harus buru-buru diganti, dan biasanya merepotkan karena harus membuka cover bodi. Tapi tidak dengan Yamaha New Jupiter Z.

Spesifikasi Yamaha Jupiter MX 135


MESIN
Tipe 4 Langkah, SOHC, 4 Klep (Berpendingin Cairan)
Volume Cylinder 135 cc
Diameter x Langkah 54 x 58,7 mm
Perbandingan Kompresi 10,9 : 1
Power Max 8,45kW (11,33HP) pada 8500 rpm
Torsi Max 11,65N.m (1,165 kgf.m) pada 5500 rpm
Sistem pelumasan Pelumasan Basah
Kapasitas Oli Mesin Penggantian Berkala 800cc
Penggantian Total 1000cc

Tuker CDI MIO hati-hati beda kabel


Sudah banyak kasus fatal. CDI Mio dan New Mio saling tukar. Akibatnya CDI terbakar dan keluar asap tebal. Sebabnya, walau soket sama namun posisi kabel berbeda.

Tahunya, soket sama tapi posisi kabel berbeda. Itu juga terjadi di Yamaha Vega ZR danNew Jupiter-Z.

Paling gampang, coba perhatikan soket CDI (lihat gambar). Di Mio dan Jupiter-Z lama, terminal nomor 1 diisi kabel oranye yang menuju koil. Kalau di New Mio dan New Jupiter-Z diisi kabel merah yang menuju pulser.

Senin, 18 Juni 2012

Spesifikasi Yamaha V80SS

Yamaha V80 (Bagong)
Mesin
Type: 2 stroke, Monocylinder: 79cm3.
Bore & stroke: 47.0 x 45.6 mm.
Compression ratio: 6.8: 1.
Max power: 6.7 HP (7,000 rpm).
Max torque: 0.82 kgf. m (6,500 rpm).
Lubrication: Automatic (Autolube).
Carburetor: VM 15 SC.
Start up: kick.
Fuel tank capacity: 5.3L.
Oil tank capacity: 1.2L.
Transmission: 3 speed.

Jumat, 15 Juni 2012

Merawat Karburator Agar Tetap Awet


Service motor sebaiknya tiap sebulan sekali karena sisa-sisa pembakaran menumpuk sebelum menjadi kerak lebih banyak yang susah di bersihkan sebaiknya sebulan sekali karburator motor dibersihkan dan gantilah oli manakala sudah mencapai batas maksimal jarak tempuh, tujuannya adalah agar mesin motor anda awet dan tidak ada kendala saat berkendara:

Senin, 11 Juni 2012

Cara Menyetel Kopling

1. Kopling Otomatis 
Baut setelan kopling biasanya ada di bak kopling sebelah kanan. Tinggal siapkan kunci pas untuk mur pengunci baut dan obeng minus untuk baut penyetel. Langkah pertama, kendurkan mur pengunci pakai kunci pas. Setelah dikendurkan, tinggal putar baut penyetel.

Selasa, 05 Juni 2012

Panjang Stang Seker/Connecting Rod

Untuk itu kita mesti tahu cara mengukur panjang setang seher. Lebih jelas sambil lihat gambar 1. Rumus mengukur panjang setang seher = Panjang setang terdalam (A) + setengah diameter big end (B) + setengah diameter pen seher (C).

Lebih sederhanya, panjang setang seher (L) yaitu:

L = A + ½B + 1/2C

Rumah dan Sepatu Sentrifugal Jangan di-Las

Banyak yang melakukan cara gampang ketika pasang kopling manual. Yakni dengan cara langsung ngelas rumah sentrifugal. Maksudnya, antara sepatu atau kampas sentrifugal langsung dilas mati dengan mangkuk. 

Kalau di balap tidak dianjurkan. Karena dengan cara dilas yang manual seperti itu, akan berakibat pada berat sentrifugal yang tidak merata. Bisa jadi oleng atau godek.

Senin, 04 Juni 2012

Cara Menghemat Kampas Kopling

Taukah anda umur kampas kopling(clutch disc) dengan pemakaian normal bisa mencapai 4tahun? Bagaimana dengan usia kampas kopling kendaraan anda..? Berapa lama anda menggunakan kampas kopling anda?

Teman bengkel saya mengatakan tidak mungkin usia kampas kopling bisa sepanjang itu… mari kita hitung bersama pemakaian normal kendaran dalam setaun dapat menempuh jarak 10.000km. berarti dalam 40.000km barulah kita mengganti kampas kopling tersebut.

Cara Jetting dan Menyetel karburator

Karena masih ada dan malah banyak yang tidak tahu tentang jetting karburator, saya coba ulas lebih lengkap.
Setting karburator dilakukan dengan melakukan adjustment pada :
1. Ukuran pilot jet
2. Ukuran main jet
3. Posisi klip needle jet
4. Setelan bukaan udara
5. Setelan stasioner

Pada bukaan gas 3/4 hingga full yang berperan adalah jarum skep dan main jet. Ukuran dratnya dan bentuk harus sama, yang beda adalah ukuran lubang di tengahnya. Jadi tak ada masalah gonta-ganti MJ/PJ asal bentuk dan dratnya sama.

Untuk setting air-screw/angin2, fungsinya untuk mengatur perbandingan bahan bakar dengan udara yang masuk. Semakin kering campuran maka bisa lebih irit. Namun, konsekuensi nya mesin cepat panas. Kalau terlalu kering motor malah tidak bisa jalan. Setting yang optimum ditunjukkan dengan warna busi merah bata. Itu berarti setting sudah pas dah hasilnya pasti irit dan bertenaga. Kalau mau akselerasi cepat, setting dibuat kaya. Efeknya boros dan caranya dengan menggeser posisi klip ke bawah.

Sabtu, 02 Juni 2012

Mengubah Kopling Otomatis menjadi Kopling Manual

Bagi sebagian pengendara bebek yang suka ngebut, pasang kopling manual merupakan sesuatu yang hampir wajib hukumnya. Mereka yang berkantong tebal sih gampang beli kopling kit yang banyak dijual di toko-toko variasi. Tapi bagi yang berkantong pas-pasan atau yang suka tantangan, merakit sendiri adalah sebuah pilihan.