ilustrasi kabut bensin |
Cara Setting Karburator Untuk Motor non Standar - Mau tahu cara setting karburator? Cara ini juga bisa digunakan untuk setting karburator reamer, setting karburator berventuri lebih besar dari standar, maupun setting karburator imitasi. Silahkan simak posting saya berikut ini.
Inti dari setting karburator ialah untuk mendapatkan performa maksimal dengan hasil agar motor mudah serta nyaman dikendarai. Yang perlu diperhatikan ialah kejadian mbrebet dan ngook. Saya asumsi kan bahwa kalian sudah memahami tanda/gejala dari kasus tersebut.
Inti dari setting karburator ialah untuk mendapatkan performa maksimal dengan hasil agar motor mudah serta nyaman dikendarai. Yang perlu diperhatikan ialah kejadian mbrebet dan ngook. Saya asumsi kan bahwa kalian sudah memahami tanda/gejala dari kasus tersebut.
Bahan yang perlu sekiranya disiapkan.
- SpuyerEntah pilot jet atau pun main jet, kedua spuyer itu harus dipersiapkan untuk mempercepat proses setting. Memang dana yang keluar banyak untuk mempunyai beberapa stok spuyer tersebut.
pilot jet dan main jet - Alat bongkar pasang karburator
- Mesin
- Nyali dan tekad yang kuatSelain itu, kesabaran dan tanggung jawab juga diperlukan.
- Test nyala mesin kendaraan nyaKalau sulit menyala, maka ada 2 kemungkinan. Pertama pasokan bensin kurang dan kedua pasokan bensin berlebihan. Coba angin2 karburator dimainkan terlebih dahulu hingga mesin menyala
- Blayer gas nyaRasakan yang terjadi. Kalau bunyi ngoook brarti suplai bensin kurang. Kalau rpm tidak mau naik disertai asap hitam di knalpot brarti terlalu banyak suplai bensin nya. Setel ulang angin2 untuk mengatasinya. Kalau masih belum lanjut ke point 3.
- a. Mbrebet di putaran langsam → PJ turun stepb. RPM mesin tinggi di putaran langsam → PJ naik stepc. Mbrebet di putaran atas → MJ turun stepd. Ngook saat gas tiba - tiba dibuka penuh → MJ naik step
- Tes jalanSetting di nomer 3 hanya saat motor diam di tempat. Begitu dirasakan langsam normal, rpm mesin sanggup di puncak RPM, test jalan motor Anda. Kalau terjadi seperti point 3 maka ubah lagi spuyernya sesuai dengan indikasi yang ada.Knalpot meledak-ledak → PJ kurang besarNafas putaran atas lambat mengisi → MJ kurang besarMbrebet/ngook? Terjadi di rpm berapa?Setelah mengulang point 3, Anda harus test jalan lagi hingga motor dapat normal dan performa nya maksimal. Jika tetap ada mbrebet/ngook maka lanjut ke point 5.
- Perhatikan gambar berikut ini!Pada bukaan skep berapa mulai terjadi indikasi mbrebet/ngook? Setelah melihat gambar, sesuaikan saja.a. 0 - ¼ putaran = PJ kurang cocok, angin2 kurang pasb. ¼ - ½ putaran = Cutaway kurang cocokc. ½ - ¾ putaran = Klip jarum skep pindah posisid. ¾ - penuh = MJ kurang cocok
- Sebisa mungkin cari setting karburator hingga busi mampu berwarna merah bata keseluruhan, motor nyaman dikendarai, serta tidak boros bahan bakar. Setelah mendapatkannya, ubahan tersebut dapat menjadi patokan standar karburator tersebut untuk motor Anda.
klik gambar untuk memperbesar |
Sekian, mohon maaf atas kekurangannya. Mungkin postingan saya sulit dicerna apalagi di-praktek kan. Anyway, Selamat mencoba! Semoga sukses.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar