pilot jet & main jet Smash |
Pilot jet dan main jet (spuyer) motor 2 tak:
- RC100 = 12.5/90
- Crystal = 17.5/90
- Tornado = 20/95
- Satria R = 17.5/97.5
- TRS = 20/102.5
- RGR = 12.5/260
Pilot jet dan main jet (spuyer) motor 4 tak:
- Smash 110 = 15/92.5
- Titan 115 = 15/95
- Shogun 110 = 15/92.5
- Shogun FD 110 = 17.5/92.5
- Shogun FD 125 = 12.5/97.5
- Shogun FL 125 = 12.5/97.5
- Axelo = 15/95
- Arashi = 12.5/97.5
- Thunder 125 = 12.5/110
- Thunder 250 = 22.5/127.5
- Satria FU 150 = 12.5/110
- FXR 150 = 17.5/107.5
- Spin = 15/97.5
- Skydrive = 15/92.5
- Skywave = 12.5/130
- Hayate = 12.5/130
- Nex = 12.5/115
setting spuyer yg bai gmn bro?
BalasHapusmhn pnjlsanx.trima kash.
@Sang Pencerah
BalasHapussudah pernah saya tulis, monggo di cek di posting an sebelum nya
Direct link: http://adf.ly/SweYr
Permisi gan, mau numpang tanya nih saya punya karburator PE 28 rideit,supaya cocok buat motor spin PJ MJ berapa ya?
HapusUntuk Shogun 125 FD karbu dan mesin standart. Lebih enak nya pake PJ dan MJ ukuran berapa mas.. makasih
HapusStandar 12.5/97.5
HapusMalem gan......
BalasHapusMau tanya untuk menaikan ukuran spuyer motor suzuki titan bagusnya ketemu di ukuran berapa ya....biar nambah performa motor saya.....
Trima kasihhhhh tlong konfirmasinya
standar nya aja bro.. ga sberapa ngefek kalau menaikkan spuyer itu cz 4 tak pasokan bbm di atur noken dan klep.. hehe
BalasHapusya kalau coba2 naikkan MJ alias main jet 2 step dulu aja
Kalo karbunya saya ganti pake PE kira2 da perubahan besar gak ya
BalasHapus......
tambah hancur motormu bro
Hapuskarakter karbu PE yang ga enak..
BalasHapusmending karbu king aja VM26 hehe
karakter putaran atas bagus..
Kalau Mj naik 2 step brati ketemunya di angka brapa gan....
BalasHapusHehe sori ni gaptek........
motor suzuki titan?
BalasHapusstandar 92.5 2 step jd 97.5
motor suzuki kyanya wajib gedein pilot jet. cz shogun r ane juga gedein, emang kagak ngaruh banyak cuma ditanjakan lumayan gak cepet ngos-ngosan kepanasan. taulah motor suzuki kalo dah panas kaya kecekek tenaganya :D
BalasHapusini tentang spuyer standar bro
BalasHapuskalau pembesaran pilot jet sbnarnya percuma, cz hanya untuk putaran bawah saja..
mending main jet nya aja
Kalo MJ saya bor sendiri biar ketemu ukuran 97,5 pake mata bor brapa mas.....
BalasHapusga bisa bro.. harus beli kalau mau pas..
BalasHapuskecuali punya jarum rojok spuyer sendiri hehe
Untuk jarum saya punya komplit....hehhehe biasa kerja di bengkel bubut machinery bikin lobang yng segede rambut ada alatnya mas....
BalasHapusenak bgt haha
BalasHapuscoba aja sendiri bro.. g hfal sya..
Angga mengatakan....
BalasHapusKlo untuk motor smash gimana yaa,,, klo pakai punya arashi,,,, ada perubahan yg lebih atau tidak???
enak bro.. ga ada yg diubah kok hehe
BalasHapustp percuma cz karbu hampir sama alias buang2 duit
Gan motor saya shogun125
HapusYang saya tanya in swaktu gas udah hampr limit tpi tnaganya malah mundur
Itu bagus nya pake MJ ukuran brapa?
motor nya karbu standar?
BalasHapuscdi standar?
kalau iya ya udah maksimal itu rpm mesin.. hehe
gan motor ane kog di tarikan atas ngok kaya tenaga tetahan knp ya
BalasHapusmain jet tersumbat juga bisa untuk motor standar..
BalasHapusatau setelan karbu kurang sip dan ada kebocoran kompresi..
tp kalau untuk non standar bisa main jet kurang gede..
bro, diatas ukuran spuyer shogun kebo yang mana tuh ???
BalasHapusshogun 110 / shogun FD 110 ???
shogun kebo = shogun 110
BalasHapusshogun FD110 itu new shogun yg msh 110cc
Ukuran PJ dan MJ yang joss buat shogun kebo karbu standar brapa yah
BalasHapusya standarnya bro hehe
BalasHapusBro,ane minta saran dong, kira2 ukuran PJ MJ yg pas buat motor ane, Shogun FL 125 naik ke piston Thunder 57. Masih pake karbu standar ane,bro.
BalasHapusThx.
kalau ga direamer atau ganti karbu yg lbh besar kurang mumpuni bro..
BalasHapusmotor ga bisa teriak n kencang hehe
kira" nih pj naik 1 step 20, main jet naik 7 step jd 115..
Oh,kira2 enak nya ganti karbu apa tuh,bro?
BalasHapusAne masi rada bingung..
Hahaha..
Kalo pake pe24,gimana?
N ukuran PJ MJ nya brp?
Apa sama dg yg di atas,bro?
pj mj di atas kalau motor standar bro..
BalasHapusenak karbu king aja deh hehe
pas bgt dengan kapasitas mesin yg sudah jd 140 cc sekarang..
pj mj sekitar 20/135
Hokehlah,bro nanti ane coba..
BalasHapusThanks bgt nih saran nya..
Enak nih konsultasinya..
Hahaha..
Boleh minta email nya,bro? :D
Biar mempermudah kalo mau konsul,.
Hahaha..
email dan FB ada di kolom kanan bro..
BalasHapusgan kalo smash , karbu standar enaknya pake mj / pj ukuran berapa ya ? piston kz 200
BalasHapusthank's
pj/mj standar msh bs di pakai..
Hapuspj cb 17.5 sedangkan mj pakai 95
thanks gan atas saranya (y)
BalasHapusgan motor ane enaknya make pj dan mj ukuran berapa? motor ane shogun fl sp, cdi brt powermax dualband, noken ahrs k1, seher smash os 50, enaknya naikin berapa step supaya pas? karbunya standar
BalasHapuspj mj menyesuaikan masing2 motor, ga sama,,
Hapuspj naik 1 step aja jd 20
mj yg naik banyak, cb 3 step 105
Klw kurang pasokan bb MJ+PJ hruz d gmn kn gan kta teman" mtor q kurang pasokan bb krn suarax g normal brud" gtco klw udh melewati separuh gas..! Klw d hbzin gasx malah mati tp klw d over lg gi"x hdp lg gan mtor q satria ru 120 lomba"/hiu udh bubut 0s 75
Hapuskalau 2 tak oversize 75 atau 100 pj naik 1 step, main jet 2 step jg gpp biar ngacir..
Hapusbeda kalau 4 tak tidak perlu setting hehe
Satria hiu 04 ane 0s100 pjmj 20/105 knalpot kolong tarikan bawah tengah berat nahan tpi tengah atas ngacir,kenapa iya?
BalasHapusudah geser porting knalpot ya bro? normal kalau udah naik..
Hapusaplg model knalpot kolong, bwahnya ga bisa naik cepat..
udah karakternya
Malam gan,,,,,mau nanyak, jeroan karbu mtr skydrive cocok ndak kalau d ganti ama satria f ? Rollernya udah di ganti ama spin wkt servis gara gara putus tali karet. Aq pingin naikin dikit cc nya dan tarikannya cepat. Terimakasih
Hapusmenaikkan cc mesin mah bukan lewat spuyer karbu.. cc mesin nya sama aja..
Hapusadanya rpm tinggi ntar ga bisa lari ketahan..
mending meningkatkan kompresi nya aja.. bisa lewat pengurangan blok 0.5 mm aja..
Ane ngakak gan baca komen admin.
BalasHapusGak tepat kalau dibilang motor standar paling pas pakai spuyer standar. Ada berbagai macam variabel yang menyebabkan motor standar gak cocok menggunakan spuyer standar. Suhu, kelembaban, ketinggian daerah, jenis BBM yang digunakan, jenis oli yang digunakan, jenis & kondisi busi, keausan mesin menjadi variabel yang mempengaruhi pemilihan spuyer yang tepat. Pabrikan merancang motor dengan kondisi lingkungan tertentu yang terkontrol. Karena itulah hal ini dapat menyebabkan pemilihan spuyer tidak tepat pada lingkungan yang berbeda. Selain itu juga dapat dikarenakan preferensi pabrikan agar konsumsi BBM motor rancangannya lebih irit, biasanya menurunkan ukuran pilot jet 1 sampai 2 step. Atau agar lebih mudah & murah dalam produksi & ketersediaan suku cadang maka pabrikan menggunakan spuyer yang digunakan pada jenis motor yang telah diproduksi sebelumnya. Ada juga pabrikan yang menaikkan ukuran pilot jet agar mesin motor lebih adem dalam beroperasi.
Saya tiga kali ganti motor, yang dua ukuran spuyer standarnya tidak tepat pada lingkungan tempat saya tinggal.
Cara mudah setting spuyer adalah melihat kondisi busi. Bila warna merah bata, maka main jet dan setelan bensin di karburator sudah tepat. Bila belum, coba disetel dulu setelan bensin di karburatornya. Bila setelan sudah mentok kanan/ kiri, busi belum merah bata, maka ukuran main jet perlu dirubah. Untuk cara setel setelan bensin di karburator bisa cari di internet karena tiap karburator punya cara yang berbeda. Untuk mengecek ketepatan ukuran pilot jet dengan merasakan akselerasi dan kondisi mesin saat bukaan skep sampai 1/4. Pilot jet terlalu kecil maka akselerasi terasa kosong, terlalu besar maka akselerasi terasa berat. Pilot jet terlalu kecil juga dapat menyebabkan mesin brebet pada bukaan skep sampai 1/4 karena karburator akan mengalirkan BBM melalui main jet sebagai kompensasi, biasanya harus buka choke agar tidak brebet. Untuk menyeting ukuran spuyer diharapkan menggunakan merek yang sejenis karena beda merek beda ukuran walau angkanya sama.
Cara penyetelan diatas lebih mudah bila masih menggunakan busi dan jarum skep standar serta posisi setelan jarum skep standar karena perubahan hal tersebut juga merubah kondisi mesin.
Kalau motor injeksi lebih enak karena semburan bensin menyesuaikan kondisi lingkungan dan mesin. Kalau ada yang kurang pas memantaunya juga lebih enak karena menggunakan laptop atau tool tertentu.
Semoga komentar saya memberikan pencerahan.
kalau cuma ini mah saya udah paham -_-
Hapusmakasih tambahannya
tp untuk kasus motor std jarang bgt pilot jet diubah..
ntar setting angin2 karbu malah kacau..
yg sering ganti main jet nya, tp orang cm pilot jet nya aja..
Mas motor saya honda beat udah 130 klep standar,kalo pake karbu satria 2 tak enaknya pake pj,mj berapa yaa?
BalasHapussepertinya bawaan standar nya bisa di pakai..
Hapusblm pernah nyoba sih
Bro motor saya suzuki skydrive..pj15 mj 97.5..tu udah standar bro..tapi motor gak mau lari...gimana solusinya bro...pa pj nya di kurangin...mohon di bantu bro..
BalasHapusyg di maksud gmw lari itu gmn?
Hapussbb bro gtw ada comment km di tanggal ini.
Gan kalo satria 2011cuma ganti knalpot racing apa harus ganti pj sama mj nya?mesin standar
BalasHapusbiasa nya PJ naik 1 step saja
Hapusmain jet yg menyesuaikan knalpot nya..
Mas,Mau nanya..karburator suzuki titan bisa dipakai di motor vega r new nggk ya?
BalasHapusSoalnya karbunya s titan ada sistem (TPS)nya.
Mohon penjelasanya trimakasih..
mas mau nanya nh , mtor ane spin pake piston thunder 50 enaknya pake karbu apa ya ? dan pj mj nya brpa . trims
BalasHapuskarbu standar'an aja..
BalasHapuspaling2 main jet naik 2 step doang. pj standar
Mas,, motor skywave, klo jln diatas 50 km/jam,, karbu suka banjir, jarum dah di ganti khawatir karetnya aus,, plampung ganti tapi tetep kadang banjir,, mhon solusinya
BalasHapusMisi mas'ane baru baca ni.Ane juga sama punya skywave,dan pnyakitnya juga sma kya gitu sering bnget banjir,klo sran sya,kuras Tengki bensin nya.terus bersihin filter.beli atau pesan sepuyer zet sama main zet yg ori di suzuki.insa allah msalh terslesaikan
Hapushawa nya tersumbat mgkn?
BalasHapusmisi bang , mtor ane spin spek 57an enaknya pake karbu apa and pj mj nya brpa ya ? trimakasih bang :)
BalasHapuskarbu ane rx king mas,pj 15 kn gak ada , adnya 15 ? mj berarti 105 ?
BalasHapusstandar king 22.5 dan 150
BalasHapusterlalu kecil lek 15 105 spuyer king..
trus brapa yang pas mas pj mj nya ? makasihhh :*
BalasHapus@anonim
BalasHapusspin spek 57 pj naik 1 step
mj 2 step aja
@Lutfan
lah motor apaan? karbunya jg gmn?
Berarti Pj Mj nya jdi brapa mas ? #spin spek 57
HapusGan skydrive ane ganti knalpot tsukigi ko tarikan nya jadi kosong ya? Tapi klo knalpot standar berasa lebih padet gas nya. Btw pilot jet udh naik 1 step, main jet nya hrs ganti ya?
BalasHapuslebih penting setting main jet drpd pilot jet..
BalasHapusmending pilot jet standar aja, main jet yg dicari sampe dapet..
Permisi gan ane punya motor spin 125sr spek 56,5 nah spuyer nye yg bagus pake apa yeh biar cocok gitu. Terimakasih
BalasHapusPermisi gan ane punya motor spin 125sr spek 56,5 nah spuyer nye yg bagus pake apa yeh biar cocok gitu. Terimakasih
BalasHapusMs, buat nambah perfom shogun kebo bagus nya setting PJ/MJ di angka brp ya,cz putaran atas dropp, kadan mesin jg panas bgt ,mohon pencerahan nya mtr untk harian ya mss
BalasHapusTetap standar kalau mesin standar..
HapusMain jet naik ke 95 juga bisa..
Cek dulu udah sesuai apa belum settingan nya baik angin" jarum skep sama spuyer.. cek busi
Assalamu'alaikum..
HapusMau nanya suhu..
Shogun sp robot punya saya, kemaren karbu bawaannya rusak,
Kalo karbu bawaannya sih speed bisa dapt 100km/h mentok.
terus ganti karbu yg harga 200rban (maklum lagi bokek)��. Tanjakan gak tarik..speed turun jadi 80km/h.
2 minggu kemudian ganti karbu ori SGP punya. Pas di coba kayak normal bawaan tarikanny. Speed nambah jadi 90km/h mentok. Tapi kok gak nyampe 100km/h speednya ya??padahal karbunya ori nya..???
Mohon ulasannya.
Assalamu'alaikum.
Diservis dulu kondisi mesinnya, busi nya juga mungkin jadi sebab.. sekarang warna pembakaran busi apa? Kalau karbu ori pun setelan salah ya ga lari
HapusBang mautanya untuk satria ru 2tak saat di pakai brkendara kayak ada nyendat duara knlpot tapi jarang itu knapa ya ov 175 karbu standart kira2 apanya?
BalasHapusOversize segitu biasanya main jet minta naik lebih besar.. nyendat karena kurang bensin yg masuk
HapusOm klo satria 2tak enaknya pake MJ dan PJ ukuran brp ya.??
BalasHapusOs masih 0 rencana mau naik 50 soalnya udh kena sehernya..
Dah gtu karbu banjir terus klo keadaan mesin matiπ
Mohon infonya om.
Tetap pj mj standar, banjir ya pelampung diperbaiki.. jarumnya biasanya sudah aus, atau diakali setelan plat pelampung
HapusBang minta sran nya buat motor satria ru os 75 enak pake ukuran berapa spuyer nya
BalasHapusapa pakai ori
Masih pakai ori nya
HapusKalau gantian knalpot racing main jet nya naik 2 step cukup
Repair kit satria R,pj42 mj95, bisa boss
BalasHapusIzin mas mau tanya motor saya satria 2 tak karbu std ori skrg pake pilot jet standar bawaan 17,5 dan mainjet 97,5. Kalo mau buka start diopor ke gigi ngulur,dan tengah ny brebet sedikit kalo gasny dibetot,tetapi kalo digas pelan2 smpe ke atasnya mulus,mohon infony semoga di blsππππ
BalasHapusPorting sudah diubah atau masih standar?
HapusMembran sehat?
Seperti sudah diubah nih mesinnya main rpm tinggi
Sudah diporting om,membran kmrn udh di setting pas ditiup bunyi sedikit seperti suara harmonika,solusi ny gmn lg ya om udh pusing ππ
HapusOm mau nanya motor saya satria120ru os 150 karbu standar pj 17 mj 90, kalo dibawa rpm atas brebed kenapa ya om?
BalasHapusItu mah pengapian eror bisa.. coba busi dirapatkan sekali, kalau ada perubahan berarti antara koil atau spul sudah lemah
HapusMau tanya klo Fu porting pake karbu std Fu enaknya pj+MJ nya ganti uk brp+motor apa bang..makasih
BalasHapusStandar saja dah enak
HapusBang mau tanya motor skydrive ganti karbu rx king brebet ganti pj dan mj ukuran berapa?
BalasHapusBrebet basah busi hitam?
HapusPj mj jangan standar rx king.. coba yg lebih kecil pj 17.5 mj dicari yg pas, coba sekitar 130
Motor saya Shogun r 110 standart karbu pe 26 MJ pj ukuran berapa yang pas ya?
BalasHapusSusuki tornado os 100 om..pj mj berapa ya biar enak
BalasHapusSuzuki Bravo cuma ganti knalpot racing mesin standar yang perlu di naikin apanya ya PJ/MJ?
BalasHapusKalau diganti knalpot, jadi kering ga enak, ya setting keduanya PJ MJ
Hapussaya punya satria hiu 2004, kalo pasang karbu pe26 kira2 ukuran mj pj nya brpa ya yg enak?
BalasHapusKlo smash Titan dgn knalpot bobokan PJ dan MJ pakai ukuran berapa ya ?
BalasHapusStandar PJ / MJ Titan 15/95
Ya paling naik main jet aja jadi 97.5
HapusItu pun udah AFR kaya
Om satria 2tak sy boros nya innalillahi,udh oversize 150,saran ukuran pj/mj om,buat harian standaran
BalasHapusPJ MJ standar saja agar tidak boros
HapusCek kondisi mesin, ga sehat ya boros
Membran harus rapat, piston ring piston harus rapat
Mas klu shogun 125 FL saya pakai CDI NEOMAX dan coil NEOMAX mesin standar enaknya pakai pilot jet dan main jet ukuran berapa ya.. Mksh
BalasHapusStandar saja gpp kok
HapusMas motor saya shogun sp robot, kalau misalkan pakai pj mj axelo bisa gan? Tks
BalasHapusBisa, tp apa yg dicari?
HapusShogun 125 itu 12.5/97.5
Axelo itu 15/95
Nantinya bawah agak basah, atasnya kering.. malah ga enak.. kalau cuma PJ naik 12.5 ke 15 sih gpp
Cari irit gan π, kalau pakai 15/97.5 berasa bgt boros nya gan
HapusSaya pakai pj 15 itu untuk di tanjakan gan, kadang suka Los power, ini ud mendingan cuma ya itu boros, main jetnya saya mau turun 1 step
HapusSiap mesin cepat aus demi mengurangi jatah bbm..
HapusPilot jet sebetulnya standar 12.5 saja karena bekerja di rentang idle - 1/4 bukaan skep saja.. di tanjakan kempos bisa jadi angin" tidak tepat atau main jet/klip jarum tidak pas..
Jadi ga recomend ya gan pake main jet 95 di shogun saya?
BalasHapusGa rekomendasikan tapi juga ga melarang.. silakan berkreasi hehehe
HapusOke gan, tks infonya
HapusShogun 125 r itu sama dengan motor apa yah UK spuyer ny,,,pj dan MJ ny brapaa
BalasHapusDi postingan saya sudah jelas daftar nya.. yg persis selain shogun 125 ya arashi
HapusSkywave biar enak atas bawah msh standart pake pj/mj ukuran brp om
BalasHapusmas, motor say skywave piston smash, naik o,5 mm, dan menggunakan karbu fu 150, pj standar, mj 112 memakai filter masih engap/sendat,/kurang udara, harus di buka aja filternya, apabila memakai filter standar mj di naikan atau di turunkan yah mas?
BalasHapusSebaiknya dikasih bypass udara agar lebih yahud
HapusBuat suzuki raider 125 pilot dan main jet nja. Beli dimana ya. Makasih
BalasHapusMotornya saya saja belum menjumpai nya.. jadi maaf ga tau
HapusOm itu shogun fd 125 yg tipe sp dan 125r ukuran pj mj'a sama aja ya,tpi stiap sy beli repairkit karbu ko pj mj'a 12,5/92,5 ya om
HapusNamanya aja repair kit ga ori.. ga sesuai dengan data pabrik..
HapusPJ 12.5 punya satria 150F, mj 92.5 punya smash karbu tuh..
Motor tersendat sendat penanganan nya gimana ya
BalasHapusmotor sya suzuki ts 125, sudah ganti blok standar Os O, head kop juga standar..karbu mikini standar dipasang Pj 20 dan MJ 130 …skr sudah ganti MJ ke 115 (skep karbu pasang nomor 2 dari garis atas) ….permasalahanya masih sama..tetep berebet dan berat terutama di spedometer angka 4 ke 5 (kira2 gigi 2 ke 3 dan gigi 3 ke 4 ) …mohon sarannya ganti PJ MJ brapa ya?
BalasHapusmakasi
Sepertinya bukan masalah karburator
Hapusapa ya kira2 …bingung saya jadinyaππ
Hapussaya coba setel ulqng kembali di karbu, karbu sempat banjir bensin saat motor parkir….saya coba setel ulang jarum dan pelampungnya dan jarum skep diposisikan di garis ketiga , spon saringan dilepas…alhasil berebet hilang, tarik lumayan ringan
Hapustapi setelah cek busi … busi kering warna agak keputihan ππ
HELPPP π₯²π₯²
Kemungkinan ketika banjir bensin, AFR terbaca basah
HapusKetika masalah bensin banjir selesai, angin" ga disesuaikan, sehingga AFR kering dan terbaca di busi putih
Tinggal setel lagi aja angin" karbu
Kalau masih berlanjut ada kemungkinan klep bocor di ex
saya punya shogun r new 2003 awalnya karbu pake megapro gara2 karbu bawaan sowak..seher ov 75 kopling tangan..sekarang saya ganti karbu original arashi karena ingin pasang filter.ketika filter belum dipasang semua aman..tp ketika filter dipasang ada sedikit brebet. stok pilot jet ori 12.5/15/17.5 dan mainjet ori 90,92.5,95,97,5 kira2 ada saran g bosq. ygbudah saya test pj12.5 mainjet 90,97.5 paaang filter kaya mbrebet/ telat. trus anw coba pj 17,5 mj 97,5 juga sama waktu dipasang filter..tp kalo keduanya g pakek filterbrebet tadi g ada. cobak order lagi mj n pj ori kali ini pj 15,mj 92,5 ,dan 95 apakah asa saran dari stok pj dan mj yg saya punya ?
BalasHapusLubang lubang di moncong jangan sampai tertutup karet filter, brebet bro..
Hapusudah saya cek..aman bosq π
HapusMalem mas kalo bua suzuki spin 125 sr 2008 itu enak nya pake pj sama mj standart kah?
BalasHapusPj mj standar saja di motor standar.. udah pas itu..
HapusMau nanya untuk shogun kebo std pake karbu pe 24 enaknya pj mj brp ya sama jarum apa harus di ubah?
BalasHapusSecara umum pj mj bawaan bisa dipakai, ganti jarum yg gemuk misal punya GL
HapusPJ MJ ga jauh dari 35/108