Jumat, 02 Agustus 2013

Pilot Jet dan Main Jet (Spuyer) Standar Motor Suzuki

pilot jet & main jet Smash
Berikut daftar pilot jet dan main jet (spuyer) standar motor Suzuki.
Pilot jet dan main jet (spuyer) motor 2 tak:
  1. RC100 = 12.5/90
  2. Crystal = 17.5/90
  3. Tornado = 20/95
  4. Satria R = 17.5/97.5
  5. TRS = 20/102.5
  6. RGR = 12.5/260
Pilot jet dan main jet (spuyer) motor 4 tak:
  1. Smash 110 = 15/92.5
  2. Titan 115 = 15/95
  3. Shogun 110 = 15/92.5
  4. Shogun FD 110 = 17.5/92.5
  5. Shogun FD 125 = 12.5/97.5
  6. Shogun FL 125 = 12.5/97.5
  7. Axelo = 15/95
  8. Arashi = 12.5/97.5
  9. Thunder 125 = 12.5/110
  10. Thunder 250 = 22.5/127.5
  11. Satria FU 150 = 12.5/110
  12. FXR 150 = 17.5/107.5
  13. Spin = 15/97.5
  14. Skydrive = 15/92.5
  15. Skywave = 12.5/130
  16. Hayate = 12.5/130
  17. Nex = 12.5/115

130 komentar:

  1. setting spuyer yg bai gmn bro?
    mhn pnjlsanx.trima kash.

    BalasHapus
  2. @Sang Pencerah
    sudah pernah saya tulis, monggo di cek di posting an sebelum nya
    Direct link: http://adf.ly/SweYr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Permisi gan, mau numpang tanya nih saya punya karburator PE 28 rideit,supaya cocok buat motor spin PJ MJ berapa ya?

      Hapus
    2. Untuk Shogun 125 FD karbu dan mesin standart. Lebih enak nya pake PJ dan MJ ukuran berapa mas.. makasih

      Hapus
  3. Malem gan......
    Mau tanya untuk menaikan ukuran spuyer motor suzuki titan bagusnya ketemu di ukuran berapa ya....biar nambah performa motor saya.....
    Trima kasihhhhh tlong konfirmasinya

    BalasHapus
  4. standar nya aja bro.. ga sberapa ngefek kalau menaikkan spuyer itu cz 4 tak pasokan bbm di atur noken dan klep.. hehe

    ya kalau coba2 naikkan MJ alias main jet 2 step dulu aja

    BalasHapus
  5. Kalo karbunya saya ganti pake PE kira2 da perubahan besar gak ya
    ......

    BalasHapus
  6. karakter karbu PE yang ga enak..
    mending karbu king aja VM26 hehe
    karakter putaran atas bagus..

    BalasHapus
  7. Kalau Mj naik 2 step brati ketemunya di angka brapa gan....
    Hehe sori ni gaptek........

    BalasHapus
  8. motor suzuki titan?
    standar 92.5 2 step jd 97.5

    BalasHapus
  9. motor suzuki kyanya wajib gedein pilot jet. cz shogun r ane juga gedein, emang kagak ngaruh banyak cuma ditanjakan lumayan gak cepet ngos-ngosan kepanasan. taulah motor suzuki kalo dah panas kaya kecekek tenaganya :D

    BalasHapus
  10. ini tentang spuyer standar bro
    kalau pembesaran pilot jet sbnarnya percuma, cz hanya untuk putaran bawah saja..
    mending main jet nya aja

    BalasHapus
  11. Kalo MJ saya bor sendiri biar ketemu ukuran 97,5 pake mata bor brapa mas.....

    BalasHapus
  12. ga bisa bro.. harus beli kalau mau pas..
    kecuali punya jarum rojok spuyer sendiri hehe

    BalasHapus
  13. Untuk jarum saya punya komplit....hehhehe biasa kerja di bengkel bubut machinery bikin lobang yng segede rambut ada alatnya mas....

    BalasHapus
  14. enak bgt haha
    coba aja sendiri bro.. g hfal sya..

    BalasHapus
  15. Angga mengatakan....

    Klo untuk motor smash gimana yaa,,, klo pakai punya arashi,,,, ada perubahan yg lebih atau tidak???

    BalasHapus
  16. enak bro.. ga ada yg diubah kok hehe
    tp percuma cz karbu hampir sama alias buang2 duit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gan motor saya shogun125
      Yang saya tanya in swaktu gas udah hampr limit tpi tnaganya malah mundur
      Itu bagus nya pake MJ ukuran brapa?

      Hapus
  17. motor nya karbu standar?
    cdi standar?
    kalau iya ya udah maksimal itu rpm mesin.. hehe

    BalasHapus
  18. gan motor ane kog di tarikan atas ngok kaya tenaga tetahan knp ya

    BalasHapus
  19. main jet tersumbat juga bisa untuk motor standar..
    atau setelan karbu kurang sip dan ada kebocoran kompresi..
    tp kalau untuk non standar bisa main jet kurang gede..

    BalasHapus
  20. bro, diatas ukuran spuyer shogun kebo yang mana tuh ???

    shogun 110 / shogun FD 110 ???

    BalasHapus
  21. shogun kebo = shogun 110
    shogun FD110 itu new shogun yg msh 110cc

    BalasHapus
  22. Ukuran PJ dan MJ yang joss buat shogun kebo karbu standar brapa yah

    BalasHapus
  23. Bro,ane minta saran dong, kira2 ukuran PJ MJ yg pas buat motor ane, Shogun FL 125 naik ke piston Thunder 57. Masih pake karbu standar ane,bro.
    Thx.

    BalasHapus
  24. kalau ga direamer atau ganti karbu yg lbh besar kurang mumpuni bro..
    motor ga bisa teriak n kencang hehe

    kira" nih pj naik 1 step 20, main jet naik 7 step jd 115..

    BalasHapus
  25. Oh,kira2 enak nya ganti karbu apa tuh,bro?
    Ane masi rada bingung..
    Hahaha..
    Kalo pake pe24,gimana?
    N ukuran PJ MJ nya brp?
    Apa sama dg yg di atas,bro?

    BalasHapus
  26. pj mj di atas kalau motor standar bro..
    enak karbu king aja deh hehe
    pas bgt dengan kapasitas mesin yg sudah jd 140 cc sekarang..
    pj mj sekitar 20/135

    BalasHapus
  27. Hokehlah,bro nanti ane coba..
    Thanks bgt nih saran nya..
    Enak nih konsultasinya..
    Hahaha..
    Boleh minta email nya,bro? :D
    Biar mempermudah kalo mau konsul,.
    Hahaha..

    BalasHapus
  28. email dan FB ada di kolom kanan bro..

    BalasHapus
  29. gan kalo smash , karbu standar enaknya pake mj / pj ukuran berapa ya ? piston kz 200
    thank's

    BalasHapus
    Balasan
    1. pj/mj standar msh bs di pakai..
      pj cb 17.5 sedangkan mj pakai 95

      Hapus
  30. thanks gan atas saranya (y)

    BalasHapus
  31. gan motor ane enaknya make pj dan mj ukuran berapa? motor ane shogun fl sp, cdi brt powermax dualband, noken ahrs k1, seher smash os 50, enaknya naikin berapa step supaya pas? karbunya standar

    BalasHapus
    Balasan
    1. pj mj menyesuaikan masing2 motor, ga sama,,
      pj naik 1 step aja jd 20
      mj yg naik banyak, cb 3 step 105

      Hapus
    2. Klw kurang pasokan bb MJ+PJ hruz d gmn kn gan kta teman" mtor q kurang pasokan bb krn suarax g normal brud" gtco klw udh melewati separuh gas..! Klw d hbzin gasx malah mati tp klw d over lg gi"x hdp lg gan mtor q satria ru 120 lomba"/hiu udh bubut 0s 75

      Hapus
    3. kalau 2 tak oversize 75 atau 100 pj naik 1 step, main jet 2 step jg gpp biar ngacir..
      beda kalau 4 tak tidak perlu setting hehe

      Hapus
  32. Satria hiu 04 ane 0s100 pjmj 20/105 knalpot kolong tarikan bawah tengah berat nahan tpi tengah atas ngacir,kenapa iya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah geser porting knalpot ya bro? normal kalau udah naik..
      aplg model knalpot kolong, bwahnya ga bisa naik cepat..
      udah karakternya

      Hapus
    2. Malam gan,,,,,mau nanyak, jeroan karbu mtr skydrive cocok ndak kalau d ganti ama satria f ? Rollernya udah di ganti ama spin wkt servis gara gara putus tali karet. Aq pingin naikin dikit cc nya dan tarikannya cepat. Terimakasih

      Hapus
    3. menaikkan cc mesin mah bukan lewat spuyer karbu.. cc mesin nya sama aja..
      adanya rpm tinggi ntar ga bisa lari ketahan..
      mending meningkatkan kompresi nya aja.. bisa lewat pengurangan blok 0.5 mm aja..

      Hapus
  33. Ane ngakak gan baca komen admin.
    Gak tepat kalau dibilang motor standar paling pas pakai spuyer standar. Ada berbagai macam variabel yang menyebabkan motor standar gak cocok menggunakan spuyer standar. Suhu, kelembaban, ketinggian daerah, jenis BBM yang digunakan, jenis oli yang digunakan, jenis & kondisi busi, keausan mesin menjadi variabel yang mempengaruhi pemilihan spuyer yang tepat. Pabrikan merancang motor dengan kondisi lingkungan tertentu yang terkontrol. Karena itulah hal ini dapat menyebabkan pemilihan spuyer tidak tepat pada lingkungan yang berbeda. Selain itu juga dapat dikarenakan preferensi pabrikan agar konsumsi BBM motor rancangannya lebih irit, biasanya menurunkan ukuran pilot jet 1 sampai 2 step. Atau agar lebih mudah & murah dalam produksi & ketersediaan suku cadang maka pabrikan menggunakan spuyer yang digunakan pada jenis motor yang telah diproduksi sebelumnya. Ada juga pabrikan yang menaikkan ukuran pilot jet agar mesin motor lebih adem dalam beroperasi.
    Saya tiga kali ganti motor, yang dua ukuran spuyer standarnya tidak tepat pada lingkungan tempat saya tinggal.
    Cara mudah setting spuyer adalah melihat kondisi busi. Bila warna merah bata, maka main jet dan setelan bensin di karburator sudah tepat. Bila belum, coba disetel dulu setelan bensin di karburatornya. Bila setelan sudah mentok kanan/ kiri, busi belum merah bata, maka ukuran main jet perlu dirubah. Untuk cara setel setelan bensin di karburator bisa cari di internet karena tiap karburator punya cara yang berbeda. Untuk mengecek ketepatan ukuran pilot jet dengan merasakan akselerasi dan kondisi mesin saat bukaan skep sampai 1/4. Pilot jet terlalu kecil maka akselerasi terasa kosong, terlalu besar maka akselerasi terasa berat. Pilot jet terlalu kecil juga dapat menyebabkan mesin brebet pada bukaan skep sampai 1/4 karena karburator akan mengalirkan BBM melalui main jet sebagai kompensasi, biasanya harus buka choke agar tidak brebet. Untuk menyeting ukuran spuyer diharapkan menggunakan merek yang sejenis karena beda merek beda ukuran walau angkanya sama.
    Cara penyetelan diatas lebih mudah bila masih menggunakan busi dan jarum skep standar serta posisi setelan jarum skep standar karena perubahan hal tersebut juga merubah kondisi mesin.
    Kalau motor injeksi lebih enak karena semburan bensin menyesuaikan kondisi lingkungan dan mesin. Kalau ada yang kurang pas memantaunya juga lebih enak karena menggunakan laptop atau tool tertentu.
    Semoga komentar saya memberikan pencerahan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau cuma ini mah saya udah paham -_-
      makasih tambahannya

      tp untuk kasus motor std jarang bgt pilot jet diubah..
      ntar setting angin2 karbu malah kacau..
      yg sering ganti main jet nya, tp orang cm pilot jet nya aja..

      Hapus
  34. Mas motor saya honda beat udah 130 klep standar,kalo pake karbu satria 2 tak enaknya pake pj,mj berapa yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya bawaan standar nya bisa di pakai..
      blm pernah nyoba sih

      Hapus
  35. Bro motor saya suzuki skydrive..pj15 mj 97.5..tu udah standar bro..tapi motor gak mau lari...gimana solusinya bro...pa pj nya di kurangin...mohon di bantu bro..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg di maksud gmw lari itu gmn?
      sbb bro gtw ada comment km di tanggal ini.

      Hapus
  36. Gan kalo satria 2011cuma ganti knalpot racing apa harus ganti pj sama mj nya?mesin standar

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasa nya PJ naik 1 step saja
      main jet yg menyesuaikan knalpot nya..

      Hapus
  37. Mas,Mau nanya..karburator suzuki titan bisa dipakai di motor vega r new nggk ya?
    Soalnya karbunya s titan ada sistem (TPS)nya.
    Mohon penjelasanya trimakasih..

    BalasHapus
  38. mas mau nanya nh , mtor ane spin pake piston thunder 50 enaknya pake karbu apa ya ? dan pj mj nya brpa . trims

    BalasHapus
  39. karbu standar'an aja..
    paling2 main jet naik 2 step doang. pj standar

    BalasHapus
  40. Mas,, motor skywave, klo jln diatas 50 km/jam,, karbu suka banjir, jarum dah di ganti khawatir karetnya aus,, plampung ganti tapi tetep kadang banjir,, mhon solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Misi mas'ane baru baca ni.Ane juga sama punya skywave,dan pnyakitnya juga sma kya gitu sering bnget banjir,klo sran sya,kuras Tengki bensin nya.terus bersihin filter.beli atau pesan sepuyer zet sama main zet yg ori di suzuki.insa allah msalh terslesaikan

      Hapus
  41. misi bang , mtor ane spin spek 57an enaknya pake karbu apa and pj mj nya brpa ya ? trimakasih bang :)

    BalasHapus
  42. karbu ane rx king mas,pj 15 kn gak ada , adnya 15 ? mj berarti 105 ?

    BalasHapus
  43. standar king 22.5 dan 150
    terlalu kecil lek 15 105 spuyer king..

    BalasHapus
  44. trus brapa yang pas mas pj mj nya ? makasihhh :*

    BalasHapus
  45. @anonim
    spin spek 57 pj naik 1 step
    mj 2 step aja

    @Lutfan
    lah motor apaan? karbunya jg gmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti Pj Mj nya jdi brapa mas ? #spin spek 57

      Hapus
  46. Gan skydrive ane ganti knalpot tsukigi ko tarikan nya jadi kosong ya? Tapi klo knalpot standar berasa lebih padet gas nya. Btw pilot jet udh naik 1 step, main jet nya hrs ganti ya?

    BalasHapus
  47. lebih penting setting main jet drpd pilot jet..
    mending pilot jet standar aja, main jet yg dicari sampe dapet..

    BalasHapus
  48. Permisi gan ane punya motor spin 125sr spek 56,5 nah spuyer nye yg bagus pake apa yeh biar cocok gitu. Terimakasih

    BalasHapus
  49. Permisi gan ane punya motor spin 125sr spek 56,5 nah spuyer nye yg bagus pake apa yeh biar cocok gitu. Terimakasih

    BalasHapus
  50. Ms, buat nambah perfom shogun kebo bagus nya setting PJ/MJ di angka brp ya,cz putaran atas dropp, kadan mesin jg panas bgt ,mohon pencerahan nya mtr untk harian ya mss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap standar kalau mesin standar..
      Main jet naik ke 95 juga bisa..
      Cek dulu udah sesuai apa belum settingan nya baik angin" jarum skep sama spuyer.. cek busi

      Hapus
    2. Assalamu'alaikum..
      Mau nanya suhu..
      Shogun sp robot punya saya, kemaren karbu bawaannya rusak,
      Kalo karbu bawaannya sih speed bisa dapt 100km/h mentok.
      terus ganti karbu yg harga 200rban (maklum lagi bokek)��. Tanjakan gak tarik..speed turun jadi 80km/h.
      2 minggu kemudian ganti karbu ori SGP punya. Pas di coba kayak normal bawaan tarikanny. Speed nambah jadi 90km/h mentok. Tapi kok gak nyampe 100km/h speednya ya??padahal karbunya ori nya..???
      Mohon ulasannya.
      Assalamu'alaikum.

      Hapus
    3. Diservis dulu kondisi mesinnya, busi nya juga mungkin jadi sebab.. sekarang warna pembakaran busi apa? Kalau karbu ori pun setelan salah ya ga lari

      Hapus
  51. Bang mautanya untuk satria ru 2tak saat di pakai brkendara kayak ada nyendat duara knlpot tapi jarang itu knapa ya ov 175 karbu standart kira2 apanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oversize segitu biasanya main jet minta naik lebih besar.. nyendat karena kurang bensin yg masuk

      Hapus
  52. Om klo satria 2tak enaknya pake MJ dan PJ ukuran brp ya.??
    Os masih 0 rencana mau naik 50 soalnya udh kena sehernya..
    Dah gtu karbu banjir terus klo keadaan mesin matiπŸ˜”
    Mohon infonya om.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap pj mj standar, banjir ya pelampung diperbaiki.. jarumnya biasanya sudah aus, atau diakali setelan plat pelampung

      Hapus
  53. Bang minta sran nya buat motor satria ru os 75 enak pake ukuran berapa spuyer nya
    apa pakai ori

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih pakai ori nya
      Kalau gantian knalpot racing main jet nya naik 2 step cukup

      Hapus
  54. Repair kit satria R,pj42 mj95, bisa boss

    BalasHapus
  55. Izin mas mau tanya motor saya satria 2 tak karbu std ori skrg pake pilot jet standar bawaan 17,5 dan mainjet 97,5. Kalo mau buka start diopor ke gigi ngulur,dan tengah ny brebet sedikit kalo gasny dibetot,tetapi kalo digas pelan2 smpe ke atasnya mulus,mohon infony semoga di blsπŸ™πŸ™πŸ˜‡πŸ˜‡

    BalasHapus
    Balasan
    1. Porting sudah diubah atau masih standar?
      Membran sehat?
      Seperti sudah diubah nih mesinnya main rpm tinggi

      Hapus
    2. Sudah diporting om,membran kmrn udh di setting pas ditiup bunyi sedikit seperti suara harmonika,solusi ny gmn lg ya om udh pusing 😭😭

      Hapus
  56. Om mau nanya motor saya satria120ru os 150 karbu standar pj 17 mj 90, kalo dibawa rpm atas brebed kenapa ya om?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu mah pengapian eror bisa.. coba busi dirapatkan sekali, kalau ada perubahan berarti antara koil atau spul sudah lemah

      Hapus
  57. Mau tanya klo Fu porting pake karbu std Fu enaknya pj+MJ nya ganti uk brp+motor apa bang..makasih

    BalasHapus
  58. Bang mau tanya motor skydrive ganti karbu rx king brebet ganti pj dan mj ukuran berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Brebet basah busi hitam?
      Pj mj jangan standar rx king.. coba yg lebih kecil pj 17.5 mj dicari yg pas, coba sekitar 130

      Hapus
  59. Motor saya Shogun r 110 standart karbu pe 26 MJ pj ukuran berapa yang pas ya?

    BalasHapus
  60. Susuki tornado os 100 om..pj mj berapa ya biar enak

    BalasHapus
  61. Suzuki Bravo cuma ganti knalpot racing mesin standar yang perlu di naikin apanya ya PJ/MJ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau diganti knalpot, jadi kering ga enak, ya setting keduanya PJ MJ

      Hapus
  62. saya punya satria hiu 2004, kalo pasang karbu pe26 kira2 ukuran mj pj nya brpa ya yg enak?

    BalasHapus
  63. Klo smash Titan dgn knalpot bobokan PJ dan MJ pakai ukuran berapa ya ?
    Standar PJ / MJ Titan 15/95


    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya paling naik main jet aja jadi 97.5
      Itu pun udah AFR kaya

      Hapus
  64. Om satria 2tak sy boros nya innalillahi,udh oversize 150,saran ukuran pj/mj om,buat harian standaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. PJ MJ standar saja agar tidak boros
      Cek kondisi mesin, ga sehat ya boros
      Membran harus rapat, piston ring piston harus rapat

      Hapus
  65. Mas klu shogun 125 FL saya pakai CDI NEOMAX dan coil NEOMAX mesin standar enaknya pakai pilot jet dan main jet ukuran berapa ya.. Mksh

    BalasHapus
  66. Mas motor saya shogun sp robot, kalau misalkan pakai pj mj axelo bisa gan? Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, tp apa yg dicari?
      Shogun 125 itu 12.5/97.5
      Axelo itu 15/95

      Nantinya bawah agak basah, atasnya kering.. malah ga enak.. kalau cuma PJ naik 12.5 ke 15 sih gpp

      Hapus
    2. Cari irit gan 😁, kalau pakai 15/97.5 berasa bgt boros nya gan

      Hapus
    3. Saya pakai pj 15 itu untuk di tanjakan gan, kadang suka Los power, ini ud mendingan cuma ya itu boros, main jetnya saya mau turun 1 step

      Hapus
    4. Siap mesin cepat aus demi mengurangi jatah bbm..
      Pilot jet sebetulnya standar 12.5 saja karena bekerja di rentang idle - 1/4 bukaan skep saja.. di tanjakan kempos bisa jadi angin" tidak tepat atau main jet/klip jarum tidak pas..

      Hapus
  67. Jadi ga recomend ya gan pake main jet 95 di shogun saya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga rekomendasikan tapi juga ga melarang.. silakan berkreasi hehehe

      Hapus
    2. Oke gan, tks infonya

      Hapus
  68. Shogun 125 r itu sama dengan motor apa yah UK spuyer ny,,,pj dan MJ ny brapaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di postingan saya sudah jelas daftar nya.. yg persis selain shogun 125 ya arashi

      Hapus
  69. Skywave biar enak atas bawah msh standart pake pj/mj ukuran brp om

    BalasHapus
  70. mas, motor say skywave piston smash, naik o,5 mm, dan menggunakan karbu fu 150, pj standar, mj 112 memakai filter masih engap/sendat,/kurang udara, harus di buka aja filternya, apabila memakai filter standar mj di naikan atau di turunkan yah mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya dikasih bypass udara agar lebih yahud

      Hapus
  71. Buat suzuki raider 125 pilot dan main jet nja. Beli dimana ya. Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Motornya saya saja belum menjumpai nya.. jadi maaf ga tau

      Hapus
    2. Om itu shogun fd 125 yg tipe sp dan 125r ukuran pj mj'a sama aja ya,tpi stiap sy beli repairkit karbu ko pj mj'a 12,5/92,5 ya om

      Hapus
    3. Namanya aja repair kit ga ori.. ga sesuai dengan data pabrik..
      PJ 12.5 punya satria 150F, mj 92.5 punya smash karbu tuh..

      Hapus
  72. Motor tersendat sendat penanganan nya gimana ya

    BalasHapus
  73. motor sya suzuki ts 125, sudah ganti blok standar Os O, head kop juga standar..karbu mikini standar dipasang Pj 20 dan MJ 130 …skr sudah ganti MJ ke 115 (skep karbu pasang nomor 2 dari garis atas) ….permasalahanya masih sama..tetep berebet dan berat terutama di spedometer angka 4 ke 5 (kira2 gigi 2 ke 3 dan gigi 3 ke 4 ) …mohon sarannya ganti PJ MJ brapa ya?
    makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya bukan masalah karburator

      Hapus
    2. apa ya kira2 …bingung saya jadinyaπŸ™ˆπŸ˜­

      Hapus
    3. saya coba setel ulqng kembali di karbu, karbu sempat banjir bensin saat motor parkir….saya coba setel ulang jarum dan pelampungnya dan jarum skep diposisikan di garis ketiga , spon saringan dilepas…alhasil berebet hilang, tarik lumayan ringan
      tapi setelah cek busi … busi kering warna agak keputihan πŸ™ˆπŸ™ˆ
      HELPPP πŸ₯²πŸ₯²

      Hapus
    4. Kemungkinan ketika banjir bensin, AFR terbaca basah
      Ketika masalah bensin banjir selesai, angin" ga disesuaikan, sehingga AFR kering dan terbaca di busi putih

      Tinggal setel lagi aja angin" karbu
      Kalau masih berlanjut ada kemungkinan klep bocor di ex

      Hapus
  74. saya punya shogun r new 2003 awalnya karbu pake megapro gara2 karbu bawaan sowak..seher ov 75 kopling tangan..sekarang saya ganti karbu original arashi karena ingin pasang filter.ketika filter belum dipasang semua aman..tp ketika filter dipasang ada sedikit brebet. stok pilot jet ori 12.5/15/17.5 dan mainjet ori 90,92.5,95,97,5 kira2 ada saran g bosq. ygbudah saya test pj12.5 mainjet 90,97.5 paaang filter kaya mbrebet/ telat. trus anw coba pj 17,5 mj 97,5 juga sama waktu dipasang filter..tp kalo keduanya g pakek filterbrebet tadi g ada. cobak order lagi mj n pj ori kali ini pj 15,mj 92,5 ,dan 95 apakah asa saran dari stok pj dan mj yg saya punya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lubang lubang di moncong jangan sampai tertutup karet filter, brebet bro..

      Hapus
    2. udah saya cek..aman bosq 😁

      Hapus
  75. Malem mas kalo bua suzuki spin 125 sr 2008 itu enak nya pake pj sama mj standart kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pj mj standar saja di motor standar.. udah pas itu..

      Hapus
  76. Mau nanya untuk shogun kebo std pake karbu pe 24 enaknya pj mj brp ya sama jarum apa harus di ubah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Secara umum pj mj bawaan bisa dipakai, ganti jarum yg gemuk misal punya GL
      PJ MJ ga jauh dari 35/108

      Hapus