Minggu, 01 September 2013

Tips Murah Menambah Akselerasi dan Performa Motor

Tips Murah Menambah Akselerasi dan Performa Motor - Saat ini banyak pengguna motor menginginkan performa motor bertambah, namun konsumsi bahan bakar tetap irit dengan biaya yang murah. Sebetulnya ada cara yang baik, yaitu dengan memaksimalkan komponen standar dan beberapa modifikasi tanpa merusak part standar.
bernad bear pun melakukan korek harian
peace :)
Sebelum melakukan tips ini, sebaiknya pastikan terlebih dahulu bahwa motor Anda sekalian dalam kondisi sehat. Hal tersebut agar performa dapat jauh lebih maksimal (setelan karburator benar, setelan kopling pas, dll.). Berikut saya ulaskan beberapa tips murah menambah akselerasi dan performa motor.

1. Membuat ground strap di kabel busi
Ground strap di kabel busi berfungsi sebagai part yang menangkap arus liar akibat voltase tinggi yang terjadi akibat induksi di koil. Kita dapat memfokuskan arus tersebut menuju busi dan membuat arus tidak kemana mana. Caranya dengan membuat ground strap (dapat di lihat di sini). Efeknya adalah kualitas pengapian yang lebih bagus, karena api busi semakin fokus dan kuat. Bahan bakar dapat terbakar lebih sempurna dan emisi lebih rendah. Alhasil performa yang lebih baik.
ground strap di motorku
2. Membuat HCS sendiri
HCS, kependekan dari HydroCarbon Crank System, merupakan produk mujarab untuk mengiritkan konsumsi bahan bakar. Pastinya performa motor bertambah, apalagi di putaran bawah (RPM rendah) yang sering terjebak kemacetan. Tarikan dahsyat dan irit. Cek di sini untuk cara pembuatan sendiri. Kalau beli produk sekitar 120 ribu kalau tidak salah, belum termasuk ongkir.
HCS buatan sendiri
3. Porting polish sendiri
Porting polish yang dimaksud hanyalah memperbaiki flow proses induksi dan exhaust. Sediakan ampelas setengah kasar selembar dan kesabaran. Gosok ampelas pada permukaan porting inlet maupun exhaust hingga kulit jeruk asli hilang. Pada bagian inlet sebisa mungkin jangan dihaluskan (polish) selicin kaca. Biarkan sedikit kasar bekas ampelas nya saja. Pada bagian porting exhaust dapat digosok hingga selicin kaca agar pembuangan gas sisa maksimal. Gosok autosol atau semacamnya hingga licin. Hasilnya, jangan takut karena tidak bakal boros asal benar prosesnya.
porting exhaust motorku
belum dibersihkan dari kerak karbon
4. Modif filter udara
Filter udara harus tetap bersih agar pemasukan udara tidak terhambat. Agar mendapat pemasukan udara yang lebih baik, coba gunting/silet beberapa tempat berbentuk kotak seukuran 2 x 2 cm. Hal ini bertujuan agar udara lebih cepat terhisap ke mesin, namun tetap tersaring filter udara. Kalau mau sekalian lepas filter udara tanpa melepas box filter nya agar tidak ada partikel/benda asing masuk. Hanya saja ada resiko dari trik ini, yaitu kalau sampai debu masuk ya mesin cepat kotor dan perlu pembersihan rutin.
coba modif sedikit
5. Menaikkan sedikit rasio kompresi
Rasio kompresi dapat dinaikkan sedikit melalui metode lepas paking blok piston yang berhubungan dengan crankcase. Sebagai ganti paking tersebut, Anda dapat menggunakan lem cair threebond atau membuat paking dengan tebal kertas yang lebih tipis (kertas kalender 0.1 mm). Untuk kenaikan rasio kompresi mesin masih dapat menggunakan bahan bakar premium untuk rasio kompresi standar di bawah 10 : 1.

16 komentar:

  1. om nov mau nx itu lilitan kabel yag dari coil pd gmbar pertama, ujungx sampai mn? ap tdk ad smbunganx untuk ke benda lain? maaf kurng ngerti om...

    BalasHapus
  2. ada di artikel saya lainnya hehe
    yang awal dihubungkan dengan baut koil..
    yang satunya dibiarkan aja hehe

    atau gampangnya bli 9power hehe

    BalasHapus
  3. 3. Porting polish sendiri
    kalo saya mau porting polish sendiri tanpa bongkar mesin bisa gk??
    cuma lepas manifol dan knalpot saja gimana??????????????

    BalasHapus
  4. tempat yg menjadi faktor kerugian gesekan ada d sekitar klep (d blok mesin)
    percuma bro klau cuma manifoldnya aja..
    trus klau g d lepas mesinnya nanti kotoran2 masuk ke mesin malah bahaya..

    BalasHapus
  5. wadoh kalo bongkar kepala silinder saya gk bisa bro????
    ada gk artikel yg menjelaskan cara bongkar kepala silinder???????????

    BalasHapus
  6. ada bro artikelnya..
    di cara membersihkan piston motor
    hehe

    BalasHapus
  7. mas kalo buat RX king 2003 gmana caranya?

    BalasHapus
  8. kasih ground strap nya aja..
    kalau mau diubah portingnya lg..
    hehe

    BalasHapus
  9. mas ikut nimbrung, klo mau gnti kpling manual untuk jupiter Z 115 pake TDR, SYS ato yg lainnya ap tetep di kash balancernya g mas?

    BalasHapus
  10. paket kopling manual TDR langsung yg pakai rumah kopling per, biar ga beli SYS lg hehe

    balancer mana ya? kampas ganda dilas saja, biar bobot tetap berat..
    bobot berat = kaya torsi
    hehe

    BalasHapus
  11. paket kopling manual TDR langsung yg pakai rumah kopling per, biar ga beli SYS lg hehe

    balancer mana ya? kampas ganda dilas saja, biar bobot tetap berat..
    bobot berat = kaya torsi
    hehe

    BalasHapus
  12. paket kopling manual TDR langsung yg pakai rumah kopling per, biar ga beli SYS lg hehe

    balancer mana ya? kampas ganda dilas saja, biar bobot tetap berat..
    bobot berat = kaya torsi
    hehe

    BalasHapus
  13. Maaf mas mau tanya motor saya honda blade th 2011, kalo ngbut jalan 100km/jam sekitar 3 km lamgsung ngadat dan mati. Ini permasalahanya kira kira bisa di tuntaskan ga mas...

    BalasHapus
  14. berarti bensin yg masuk ke karbu kurang cepat mengisi..
    coba setel pelampung bensinnya lg bro, lbh ke atas..

    BalasHapus
  15. mungkin yg dimaksud mas Bagus arif adalah : ngancing sehernya

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha kalau ngancing piston nya brarti suara mesin dijamin ga karuan.. serta performa sulit tembus 100 kpj..

      Hapus