Tips Murah Menambah Akselerasi dan Performa Motor - Saat ini banyak pengguna motor menginginkan performa motor bertambah, namun konsumsi bahan bakar tetap irit dengan biaya yang murah. Sebetulnya ada cara yang baik, yaitu dengan memaksimalkan komponen standar dan beberapa modifikasi tanpa merusak part standar.
bernad bear pun melakukan korek harian peace :) |
1. Membuat ground strap di kabel busi
Ground strap di kabel busi berfungsi sebagai part yang menangkap arus liar akibat voltase tinggi yang terjadi akibat induksi di koil. Kita dapat memfokuskan arus tersebut menuju busi dan membuat arus tidak kemana mana. Caranya dengan membuat ground strap (dapat di lihat di sini). Efeknya adalah kualitas pengapian yang lebih bagus, karena api busi semakin fokus dan kuat. Bahan bakar dapat terbakar lebih sempurna dan emisi lebih rendah. Alhasil performa yang lebih baik.
ground strap di motorku |
2. Membuat HCS sendiri
HCS, kependekan dari HydroCarbon Crank System, merupakan produk mujarab untuk mengiritkan konsumsi bahan bakar. Pastinya performa motor bertambah, apalagi di putaran bawah (RPM rendah) yang sering terjebak kemacetan. Tarikan dahsyat dan irit. Cek di sini untuk cara pembuatan sendiri. Kalau beli produk sekitar 120 ribu kalau tidak salah, belum termasuk ongkir.
HCS buatan sendiri |
3. Porting polish sendiri
Porting polish yang dimaksud hanyalah memperbaiki flow proses induksi dan exhaust. Sediakan ampelas setengah kasar selembar dan kesabaran. Gosok ampelas pada permukaan porting inlet maupun exhaust hingga kulit jeruk asli hilang. Pada bagian inlet sebisa mungkin jangan dihaluskan (polish) selicin kaca. Biarkan sedikit kasar bekas ampelas nya saja. Pada bagian porting exhaust dapat digosok hingga selicin kaca agar pembuangan gas sisa maksimal. Gosok autosol atau semacamnya hingga licin. Hasilnya, jangan takut karena tidak bakal boros asal benar prosesnya.
porting exhaust motorku belum dibersihkan dari kerak karbon |
4. Modif filter udara
Filter udara harus tetap bersih agar pemasukan udara tidak terhambat. Agar mendapat pemasukan udara yang lebih baik, coba gunting/silet beberapa tempat berbentuk kotak seukuran 2 x 2 cm. Hal ini bertujuan agar udara lebih cepat terhisap ke mesin, namun tetap tersaring filter udara. Kalau mau sekalian lepas filter udara tanpa melepas box filter nya agar tidak ada partikel/benda asing masuk. Hanya saja ada resiko dari trik ini, yaitu kalau sampai debu masuk ya mesin cepat kotor dan perlu pembersihan rutin.
coba modif sedikit |
5. Menaikkan sedikit rasio kompresi
Rasio kompresi dapat dinaikkan sedikit melalui metode lepas paking blok piston yang berhubungan dengan crankcase. Sebagai ganti paking tersebut, Anda dapat menggunakan lem cair threebond atau membuat paking dengan tebal kertas yang lebih tipis (kertas kalender 0.1 mm). Untuk kenaikan rasio kompresi mesin masih dapat menggunakan bahan bakar premium untuk rasio kompresi standar di bawah 10 : 1.
om nov mau nx itu lilitan kabel yag dari coil pd gmbar pertama, ujungx sampai mn? ap tdk ad smbunganx untuk ke benda lain? maaf kurng ngerti om...
BalasHapusada di artikel saya lainnya hehe
BalasHapusyang awal dihubungkan dengan baut koil..
yang satunya dibiarkan aja hehe
atau gampangnya bli 9power hehe
3. Porting polish sendiri
BalasHapuskalo saya mau porting polish sendiri tanpa bongkar mesin bisa gk??
cuma lepas manifol dan knalpot saja gimana??????????????
tempat yg menjadi faktor kerugian gesekan ada d sekitar klep (d blok mesin)
BalasHapuspercuma bro klau cuma manifoldnya aja..
trus klau g d lepas mesinnya nanti kotoran2 masuk ke mesin malah bahaya..
wadoh kalo bongkar kepala silinder saya gk bisa bro????
BalasHapusada gk artikel yg menjelaskan cara bongkar kepala silinder???????????
ada bro artikelnya..
BalasHapusdi cara membersihkan piston motor
hehe
mas kalo buat RX king 2003 gmana caranya?
BalasHapuskasih ground strap nya aja..
BalasHapuskalau mau diubah portingnya lg..
hehe
mas ikut nimbrung, klo mau gnti kpling manual untuk jupiter Z 115 pake TDR, SYS ato yg lainnya ap tetep di kash balancernya g mas?
BalasHapuspaket kopling manual TDR langsung yg pakai rumah kopling per, biar ga beli SYS lg hehe
BalasHapusbalancer mana ya? kampas ganda dilas saja, biar bobot tetap berat..
bobot berat = kaya torsi
hehe
paket kopling manual TDR langsung yg pakai rumah kopling per, biar ga beli SYS lg hehe
BalasHapusbalancer mana ya? kampas ganda dilas saja, biar bobot tetap berat..
bobot berat = kaya torsi
hehe
paket kopling manual TDR langsung yg pakai rumah kopling per, biar ga beli SYS lg hehe
BalasHapusbalancer mana ya? kampas ganda dilas saja, biar bobot tetap berat..
bobot berat = kaya torsi
hehe
Maaf mas mau tanya motor saya honda blade th 2011, kalo ngbut jalan 100km/jam sekitar 3 km lamgsung ngadat dan mati. Ini permasalahanya kira kira bisa di tuntaskan ga mas...
BalasHapusberarti bensin yg masuk ke karbu kurang cepat mengisi..
BalasHapuscoba setel pelampung bensinnya lg bro, lbh ke atas..
mungkin yg dimaksud mas Bagus arif adalah : ngancing sehernya
BalasHapushaha kalau ngancing piston nya brarti suara mesin dijamin ga karuan.. serta performa sulit tembus 100 kpj..
Hapus