Cara Membuat Ground Strap (Lilitan Kawat Email) di Kabel Busi

ground strap di sepeda motor ku
Ground strap berfungsi sebagai penangkap frekuensi liar akibat voltase tinggi yang melalui kabel busi. Selain itu, arus listrik yang mengalir dapat menjadi lebih lancar dan membuat api busi fokus dan berwarna biru. Akibatnya, akselerasi motor dapat lebih terasa karena pengapian menjadi lebih baik meskipun suhu mesin meningkat sedikit. Efek positifnya juga ialah konsumsi bahan bakar lebih irit.
hasil percikan busi saat malam
Cara membuatnya pun mudah. Yang perlu disiapkan adalah alat untuk membuka koil motor (kunci 10 atau obeng +), kawat email, isolasi hitam, dan sedikit kesabaran.

Langkah - langkah nya:
1. Beli kawat email
Berikut contoh kawat email yang biasa digunakan untuk gulung spul.
kawat email
2. Hubungkan satu ujung nya di massa koil
Ujung terdekat di hilangkan email nya dan di baut kan di massa koil.
yang dimaksud massa koil
3. Lilit kawat nya
Lilit serapat dan sekuat mungkin (jangan terlalu kuat, malah sobek bungkus kabel busi nya). Kalau melilitkan ini butuh sedikit kesabaran.
rapat lebih banyak menangkap arus yang bocor
4. Hasil akhirnya
Kalau sudah selesai melilitkan hingga sebelum cop busi, bungkus lilitan menggunakan isolasi hitam agar kuat. Cek bunga api apakah lebih besar dan kuat atau tidak. Bandingkan dengan sebelum memberi ground strap (lilitan kawat email) di kabel busi.

19 Responses to "Cara Membuat Ground Strap (Lilitan Kawat Email) di Kabel Busi"

  1. ujung satu ke baut koil
    satunya di biarkan aja..di tutup selotip aja hehe

    ReplyDelete
  2. Mantap infonya,dan murah lagi tuh biayanya

    ReplyDelete
  3. yang ujung deket busi itu di biarkan aja ya bro apa dihub ke massa ? saya bingung

    ReplyDelete
  4. salah satu ujungnya dihubungkan ke bautnya.. satunya biarkan aja gpp..

    ReplyDelete
  5. utk kabel groundnya lebih baik diambil dari kabel RG 8. biaya jauh lebih murah. beli 1 meter cukup utk bbrp motor.

    ReplyDelete
  6. kawat email ukuran berapa?ditanyain waktu beli di toko

    ReplyDelete
    Replies
    1. terserah ukurannya bro..
      adanya ukuran apa bebas.. 0.8 - 1 enak lo hehe

      Delete
  7. kalau untuk mobil bisa ?

    ujung 2 nya dililitkan ke mana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa.. ujung 1 ke massa, ujung lainnya biarkan aja, ditutup solasi agar rapi

      Delete
  8. Yang dimaksud massa apa ya mas ? (klu untuk mobil)
    bodi mobil atau mesin mobil ?


    thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. massa biasanya dihubungkan dengan negatif aki..
      mesin mobil, rangka, dsb biasanya jd massa bro.

      Delete
  9. bang pakek kabel tmbaga biasa atau yg email ane. binguna

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua bisa alias bisa semua bro..
      hehe
      yg penting kabel yg bisa dililit dan disambung ke massa..

      Delete
  10. efeknya apaan ?????

    ReplyDelete
    Replies
    1. efeknya pengapian lebih fokus, radiasi rendah, dan performa lebih baik alhasil pengiritan bahan bakar + power

      Delete
  11. gan kalo koil racing sama koil standart yg d groun strap enakan mana gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. koil racing ga diapa2in udah enak

      Delete
    2. refrensi koil racing yg bagus gan ? sorry newby hehe

      Delete
    3. koil std pabrik buat racing : Yamaha YZ, Suzuki RM, Honda CR
      koil racing di pasaran : blue thunder, dll dah banyak

      Delete

Novanda_S.T. Powered by Blogger.