Jumat, 18 Oktober 2013

Bore Up dan Oversize Yamaha V80

Bore Up dan Oversize Yamaha V80 - Piston standar pabrikan rata - rata hanya menyediakan sampai oversize 100 saja alias lebih besar 1 mm dari standar. Ketika motor sudah oversize 100, biasanya harus kembali ke standar dengan ganti liner atau sekalian bore up dengan piston yang lebih besar. Berikut ini saya hanya sharing tentang oversize motor Yamaha V80 yang tergolong jadul dan sulit menemukan sparepart nya.
piston kit NPP
Pada Yamaha V80, pabrikan Yamaha hanya menyediakan piston ukuran std, 25, 50, 75, dan 100 saja. Nah, piston motor V80 ku sekarang sudah baret karena kekurangan pelumas oli samping. Setelah saya pikir - pikir, sekalian saja bore up kecil - kecilan nih motor agar menekan biaya.

Berputar sekota Jember, akhirnya saya menemukan toko yang menjual piston V80 oversize 150 dan 200 merek NPP. Piston nya sudah dalam paket atau 1 kit (piston, ring piston, clip, dan pen). Wah mantap juga pikirku. Harga nya pun sungguh menggiurkan, hanya Rp. 90.000,- 1 kit nya.

Yang harus dilakukan adalah kolter blok standar di tukang bubut. Untuk sisa ketebalan liner masih dalam batas aman untuk harian. Lakukan jetting spuyer lagi agar tidak kering. Kapasitas mesin sekarang 84.2 cc (piston oversize 150) dan 86 cc (piston oversize 200).

Yang perlu diketahui adalah ketinggian lubang bilas dan lubang buang semakin berubah ketika diameter diperbesar. Saran agar merubah lagi ketinggian lubang agar power mesin tidak tertahan.

18 komentar:

  1. Balasan
    1. Waduh dimana dah kapan hari.. saya sendiri lama ga d Jember

      Hapus
  2. Tukang kolternya dimana mas?
    Terus portingnya berapa mm?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kolter ya d tukang bubut yang ada kolter nya..
      Porting standar dulu, paling naik 3 mm buat harian

      Hapus
  3. apa kalo pake seher f1, alfa sama ga mas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Piston f1 dan alfa mirip beda di diameter.. alfa 50 mm alias 100 cc, fizr 52 mm yaitu 110 cc

      Hapus
  4. Maw tanya mz... Kalo di colter ofrses 150 ...terus maw di ganti sehernya f1 itu yg tepatnya sehernya oferses brapa
    V80 overse 150 + pekek seher f1 yang overses brapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. V80 os 150 itu ukuran nya 48.5 mm
      Force 1 os standar 52 mm, jelas terlalu besar

      Alfa standar saja 50 mm masih terlalu besar, setara os 300 V80

      Oh iya pen nya beda

      Hapus
  5. Motor saya standar,Pengen tenaga nya agak enak,tapi buat harian,yang enak dan aman gmn mas??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penting sehat aja dulu pasti nyaman..
      Kalau mau lebih enak lagi ya dibuat kopling manual biar ga jeglek jeglek pas pindah gigi

      Hapus
  6. Persamaannya ring piston v80 OS 200 apa ya

    BalasHapus
  7. Mas klo v80 dimasukin seher RC100 bisa ngga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Habis liner nya.. besarin dulu.. modif total alias ekstrim..

      Hapus
  8. Mas v80 ku sdh piston v80 os200
    Cuma udh beret minta di naikin lg
    Pakai piston fr80 os0.25 bisa gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, tapi ada beda 3 mm tuh.. blok nya dibubut 3 mm bagian atas sekaligus bubut head kejar kompresi yg hilang..

      Nanti enak main rpm tinggi macem rx king 🤣 kalau belum kopling tangan bakal susah bawa motornya

      Hapus
    2. Siapp mas ini dulu, nnti klau ada lg rezekinya baru gnti rasio f1 sekalian kopling nya hehe
      Makasih ya

      Hapus