Bore Up Jupiter/Vega Lama 115cc Menggunakan Piston Jupiter Z - Mengejar kapasitas mesin 115cc di Yamaha Jupiter/Vega dapat menggunakan piston standar Jupiter Z oversize 100. Biasanya langkah bore up ini tergolong mudah dan murah. Diameter piston Jupiter Z os 100 adalah 52 mm, sedangkan diameter piston Jupiter/Vega lama standar adalah 49 mm. Secara fisik, pen piston dan pantat piston adalah sama. Yang berbeda adalah ketinggian permukaan atap piston. Menariknya, pistonnya dapat dibubut untuk dibikin jenong agar menjadi piston racing. Untuk harian dapat mendongkrak tenaga motor secara drastis dan motor tetap standar.
hasil piston nya |
- Membubut bagian kompresi piston dan dibentuk dome
Bagian pinggir piston dibubut sejauh 7 mm sedalam 1.75 - 2 mm (1 - 1.5 mm untuk racing). Hal ini dimaksudkan agar deck clereance piston terjaga 1 mm dan blok tidak perlu menggunakan paking aluminium.piston standar dibubut jenong - Membuat sudut dome piston
Sudut jenong piston dibuat bebas. Agar dapat menggunakan premium dan bertenaga, sebaiknya sudut diatur 45° saja. Rasio kompresi sekitar 9.5 : 1, namun rasio ini harus tetap diukur lagi karena tidak pasti di lain piston.sudut jenong 45°
Klo ring kompresi dh bunyi ngeletek tp seher msh bagus/gak baret klo diganti ringnya aja sama yg Baru apa bunyi ngeletek ringnya bakal Hilang gak...mhn infonya
BalasHapusKalau saya sih diukur dulu diameter liner dan piston nya
HapusKalau sudah jam terbang tinggi cukup dilihat dari celah nya tanpa ring..
Kalau masih okee ganti ring baru saja cukup kok
Untuk bahan bakar pertamax ukuran dome berapa ya mas?
BalasHapusDome 2-3 mm
HapusSudutnya?
Hapusjipiter saya pake sher karisma std bos , mw saya ubah dg seher pim , ukuran seher pim opversis brpa bos
BalasHapusUkuran 52.4 mm
HapusMas saya ada jupiter lama yg mesinnya msh ky vega lama,mau tak pakein piston shogun std tp ttp pake klep std kiranya aman apa engga buat harian
BalasHapusJangan shogun, beda pin.. ukuran segitu mirip dengam vario 125 atau Supra 125 yang os 100.. tinggal dibentuk dome nya
HapusKlep standar masih bisa kok asal porting polish dan karbu dibesarkan.. knalpot wajib dibuat lebih plong.. saya juga pemilik Jupiter lama nih 😅 salam 5LM
Mas saya punya jupiter lama yang 2001 tapi masih std pengen agak kenceng dikit buat harian pakai apa tpi pngen klep std
BalasHapusWah sama seperti motor saya Jupiter 2001.. bandel tuh motor
HapusKalau mau bore up 110 cc ya pakai Jupiter Z standar seperti di artikel ini.. kepala piston dibubut jadi jenong dan dibuatkan sedikit coakan klep supaya ga nabrak
Klep standar
Porting polish
Knalpot dibuat sedikit loss
Karburator kalau dapat punya smash titan/shogun 125
Motor saya vega lama pake piston dm54 udah porting tapi mesin nya bunyi kasar apa nya ya mas
BalasHapusGanti liner nggak itu mas?
Hapusgan, ma'af saya mau tanya motor vega 2005 saya baru ganti piston sekitar 1 minggu tapi ko pas di buka lagi pistonnya baret atas dan bawahnya itu karena apa yah? mohon solusinya
BalasHapusMungkin kualitas kolter buruk, oli tidak sirkulasi, pemakaian ga sesuai, setting karbu terlalu kering
Hapuspadahal itu original, dan jalur olipun di bersihkan, tapi udah 2x gitu mulu gan
HapusKalau kolter nya ga center bisa jadi penyebab..
HapusJangan lupa setting karburator jangan terlalu kering
terima kasih gan,
Hapustapi itu boringnya lokal apa berpengaruh gan?
HapusKalo Vega lama pakai piston Jupiter os 100 DM 52 tanpa di bubut cuma pakai paking alumunium 2mm aman nggak ya gan
BalasHapusRantai ga sampai
HapusMending bubut piston lebih enak dan aman
Vega lama pake piston standar Jupi z standar.headnya di sesuaikan lagi ya?
BalasHapusGa perlu..
HapusPunyaku sama vega 2005,udah di Bikin jenong,head semua baru,tapi baru pemakaian 2 minggu suara udah kasar,kira2 apa nya ya mas ??
BalasHapusBongkar lagi coba, piston nya aus nggak? Oli ga naik bisa jadi begitu..
HapusSaya pakai Jupiter 2001 yg masih bandel juga mas..oversize 50, akhir² ini dari bagian tengah mesin keluar bunyi tung² saat dipanaskan di pagi hari, suara tsb akan hilang seiring motor buat jalan..kira² kena apanya ya itu mas?
BalasHapusDi usia 20 tahun wajib overhoule
HapusStang piston, bearing kruk as, dsb butuh part baru
Mas kalau vega 2005 pke poston 52 ganti liner gak mas
BalasHapusGa perlu
HapusBukannya sudah lebih over size ya mas
BalasHapusTau ketebalan liner Yamaha itu tebal"? Jangan disamain sama Honda 😁
HapusJupiter vega sampai 54.4 mm masih aman, bahkan jika diperkuat liner belakang nya bisa 55.25 mm tanpa ganti liner..
saya ada Vega 2002, mau ganti seker jupiter z std. itu nnti korter blok sm bubut piston aja? apa perlu ada yg lain?
BalasHapusPersis postingan ini sama coak klep
HapusPunyaku crypton spek up std kharisma noken custom klep std,lumayan enak sih tp klau pnas bagian head suaranya nglitik
BalasHapusKarburator pakai apa? PJ MJ pakai berapa?
HapusKalau standar ya kurang dong asupan nya
min saya mau bore up vega lama pakai piston jupiter z os 100 dome 2 mili apakah harus head harus di sesuaikan?dan minta racikan noken nya min untuk vega 115 harian
BalasHapusBelum perlu head nya..
HapusNoken ikuti standar nya
Gan saya mau tanya. Saya punya boring vega lama udah os 100 apa masih bisa di overses lagi gan
BalasHapusBisa kok sampai setara os 500
Hapus