Sabtu, 19 Oktober 2013

Bore Up Jupiter/Vega Lama 115cc Menggunakan Piston Jupiter Z

Bore Up Jupiter/Vega Lama 115cc Menggunakan Piston Jupiter Z - Mengejar kapasitas mesin 115cc di Yamaha Jupiter/Vega dapat menggunakan piston standar Jupiter Z oversize 100. Biasanya langkah bore up ini tergolong mudah dan murah. Diameter piston Jupiter Z os 100 adalah 52 mm, sedangkan diameter piston Jupiter/Vega lama standar adalah 49 mm. Secara fisik, pen piston dan pantat piston adalah sama. Yang berbeda adalah ketinggian permukaan atap piston. Menariknya, pistonnya dapat dibubut untuk dibikin jenong agar menjadi piston racing. Untuk harian dapat mendongkrak tenaga motor secara drastis dan motor tetap standar.
hasil piston nya
Cara pemakaian piston Jupiter Z di Jupiter/Vega lama untuk harian adalah sebagai berikut:
  1. Membubut bagian kompresi piston dan dibentuk dome
    Bagian pinggir piston dibubut sejauh 7 mm sedalam 1.75 - 2 mm (1 - 1.5 mm untuk racing). Hal ini dimaksudkan agar deck clereance piston terjaga 1 mm dan blok tidak perlu menggunakan paking aluminium.
    piston standar dibubut jenong
  2. Membuat sudut dome piston
    Sudut jenong piston dibuat bebas. Agar dapat menggunakan premium dan bertenaga, sebaiknya sudut diatur 45° saja. Rasio kompresi sekitar 9.5 : 1, namun rasio ini harus tetap diukur lagi karena tidak pasti di lain piston.
    sudut jenong 45°

39 komentar:

  1. Klo ring kompresi dh bunyi ngeletek tp seher msh bagus/gak baret klo diganti ringnya aja sama yg Baru apa bunyi ngeletek ringnya bakal Hilang gak...mhn infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya sih diukur dulu diameter liner dan piston nya
      Kalau sudah jam terbang tinggi cukup dilihat dari celah nya tanpa ring..
      Kalau masih okee ganti ring baru saja cukup kok

      Hapus
  2. Untuk bahan bakar pertamax ukuran dome berapa ya mas?

    BalasHapus
  3. jipiter saya pake sher karisma std bos , mw saya ubah dg seher pim , ukuran seher pim opversis brpa bos

    BalasHapus
  4. Mas saya ada jupiter lama yg mesinnya msh ky vega lama,mau tak pakein piston shogun std tp ttp pake klep std kiranya aman apa engga buat harian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan shogun, beda pin.. ukuran segitu mirip dengam vario 125 atau Supra 125 yang os 100.. tinggal dibentuk dome nya
      Klep standar masih bisa kok asal porting polish dan karbu dibesarkan.. knalpot wajib dibuat lebih plong.. saya juga pemilik Jupiter lama nih 😅 salam 5LM

      Hapus
  5. Mas saya punya jupiter lama yang 2001 tapi masih std pengen agak kenceng dikit buat harian pakai apa tpi pngen klep std

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sama seperti motor saya Jupiter 2001.. bandel tuh motor
      Kalau mau bore up 110 cc ya pakai Jupiter Z standar seperti di artikel ini.. kepala piston dibubut jadi jenong dan dibuatkan sedikit coakan klep supaya ga nabrak
      Klep standar
      Porting polish
      Knalpot dibuat sedikit loss
      Karburator kalau dapat punya smash titan/shogun 125

      Hapus
  6. Motor saya vega lama pake piston dm54 udah porting tapi mesin nya bunyi kasar apa nya ya mas

    BalasHapus
  7. gan, ma'af saya mau tanya motor vega 2005 saya baru ganti piston sekitar 1 minggu tapi ko pas di buka lagi pistonnya baret atas dan bawahnya itu karena apa yah? mohon solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin kualitas kolter buruk, oli tidak sirkulasi, pemakaian ga sesuai, setting karbu terlalu kering

      Hapus
    2. padahal itu original, dan jalur olipun di bersihkan, tapi udah 2x gitu mulu gan

      Hapus
    3. Kalau kolter nya ga center bisa jadi penyebab..
      Jangan lupa setting karburator jangan terlalu kering

      Hapus
    4. tapi itu boringnya lokal apa berpengaruh gan?

      Hapus
  8. Kalo Vega lama pakai piston Jupiter os 100 DM 52 tanpa di bubut cuma pakai paking alumunium 2mm aman nggak ya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rantai ga sampai
      Mending bubut piston lebih enak dan aman

      Hapus
  9. Vega lama pake piston standar Jupi z standar.headnya di sesuaikan lagi ya?

    BalasHapus
  10. Punyaku sama vega 2005,udah di Bikin jenong,head semua baru,tapi baru pemakaian 2 minggu suara udah kasar,kira2 apa nya ya mas ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bongkar lagi coba, piston nya aus nggak? Oli ga naik bisa jadi begitu..

      Hapus
  11. Saya pakai Jupiter 2001 yg masih bandel juga mas..oversize 50, akhir² ini dari bagian tengah mesin keluar bunyi tung² saat dipanaskan di pagi hari, suara tsb akan hilang seiring motor buat jalan..kira² kena apanya ya itu mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di usia 20 tahun wajib overhoule
      Stang piston, bearing kruk as, dsb butuh part baru

      Hapus
  12. Mas kalau vega 2005 pke poston 52 ganti liner gak mas

    BalasHapus
  13. Bukannya sudah lebih over size ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tau ketebalan liner Yamaha itu tebal"? Jangan disamain sama Honda 😁

      Jupiter vega sampai 54.4 mm masih aman, bahkan jika diperkuat liner belakang nya bisa 55.25 mm tanpa ganti liner..

      Hapus
  14. saya ada Vega 2002, mau ganti seker jupiter z std. itu nnti korter blok sm bubut piston aja? apa perlu ada yg lain?

    BalasHapus
  15. Punyaku crypton spek up std kharisma noken custom klep std,lumayan enak sih tp klau pnas bagian head suaranya nglitik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karburator pakai apa? PJ MJ pakai berapa?

      Kalau standar ya kurang dong asupan nya

      Hapus
  16. min saya mau bore up vega lama pakai piston jupiter z os 100 dome 2 mili apakah harus head harus di sesuaikan?dan minta racikan noken nya min untuk vega 115 harian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum perlu head nya..
      Noken ikuti standar nya

      Hapus
  17. Gan saya mau tanya. Saya punya boring vega lama udah os 100 apa masih bisa di overses lagi gan

    BalasHapus