Memasang Karburator Rx King di New Jupiter MX - Banyak pengguna motor Yamaha Jupiter MX yang kurang puas terhadap laju kendaraannya. Sering faktor penyebabnya ialah karburator. Karburator sering dituduh sebagai penyebab kurangnya laju New Juptiter MX karena sudah bertipe vakum.
Langkah yang bisa diambil adalah menggunakan karburator RX King. Selain venturi karburator RX King sebesar 26 mm, karakternya bagus di putaran atas. Selain itu, intake standar New Jupiter MX dapat langsung digunakan tanpa repot menggantinya terlebih dahulu. Berbeda jika Jupiter MX lama yang harus mengganti intake manifoldnya terbelih dahulu.
Namun, terdapat kendala saat pemasangan karburator RX King di New Jupiter MX ini. Diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Terdapat TPS (Throtle Position Sensor) yang terhubung ke CDI.
Di karburator RX King tidak terdapat TPS. Jika menggunakan karburator ini, maka sensor TPS akan bekerja dan indikator di dashboard akan terus menyala akibat tidak terbacanya sensor TPS ke CDI. Cara satu - satunya yang dapat direkomendasikan secara aman adalah mengganti CDI asli menggunakan CDI BRT agar tidak ada sensor TPS lagi. Sekali lagi ini bukan promosi.
2. Kabel
Kabel gas harus menyesuaikan lagi. kabel choke menjadi non-aktif karena choke karburator RX King menggunakan tipe tarik manual.
3. Setting ulang spuyer
Kemungkinan spuyer berada di 17.5/130 (PJ/MJ). Setting hingga busi berwarna merah bata atau kecoklatan agar motor dapat tetap irit.
gan,,ditempat ane susah nyari pilot jet king,,fizr,,
BalasHapusnah bisa ga pke pilot jet jupiter,,drat ulir nya sama gan,,
,,tp bentuk nya yg laen,,thanks gan,,:)
ga boleh bro.. beda hasilnya nanti..
BalasHapusGan kalo di cc 200 enaknya pj mj nya brapa trimakasih
Hapusgan,,bagusan karbu king atau pe 28 gan kalo buat mx standar gan,,???thanks:)
BalasHapusmending karbu king aja, walau venturi 26 mm tp pas kok sama NJMX hehe
BalasHapusselain itu, karakter nafas panjang dan putaran atas lebih jalan drpd pakai pe 28..
alo gan,,ni ane lagi yg komen di atas juga ane,,
BalasHapus,,
mx ane dh pake karbu king gan,,
ane bingung,,stasioner keluar asep,,pj 17,5 mj 130 clip di tengah..
puteran tengah kalau gas di betot malah ngook gan,,kayak ada jeda kyk gitu,,
mohon bantuannya gan,,
busi ane item gan,,thanks:)
brarti putaran bawah terlalu boros bahan bakar bro..
BalasHapuscoba deh klip jarum di ke atas kan lg.. trus setel angin2 nya hehe
Gan ane mau nanya nih,, NJMX ane kemaren ane bongkar tuh karburatornya.. Trus ane bersihin semua.. Siap, langsung ane pasang aj... Pas dibawak ketempat kerja eh minyaknya boros bnget gan... Gmna ya cranya seting angin2 NJMX ane biar gk bros lgi gan.. Motor ane standart kok gan... Bantuin ya gan?? Plsss?
BalasHapuscrystal manipol yg cocok apa buat masang karbu king???
BalasHapusmanifold variasi crystal hmpir ga ada yg jual d pasaran..
BalasHapusharus ngelas dlu, sambung dudukan manifold dengan manifold king..
mirip manifold putar gt bntuknya
Ane udh pke gan karburator king trus ane gnti jg cdi dgn brt sebab lw gk dgnti nafas karbu jd limit
BalasHapusUntuk sarinagan hawanya bagaimana mas, apakah masih bisa di pakai??
BalasHapussaringan hawa sbelah mana ya?
Hapuskotak filter bro? dilepas aja kalau ga ada akal buat selang nya
Yup...
HapusKalau di lepas apa tidak ada pengaruh terhadap karbunya??
jelas ada bro.. kotoran kasar akan mudah masuk ke karbu dan mesin..
Hapuspakai filter variasi aja bro
Gan, MXold gua pake karbu king, tarikn awal sampe setengah enak gan
BalasHapusTapi kalo udah setengah mau di top, angop kyk habis besin gitu,
Tolong masukannya gan (pj/mj)MXold
main jet jgn terlalu besar bro.. coba pakai ukuran yg jauh lbh kecil, misal 135
HapusMang main jet rx king std brp bro??
BalasHapus#150
HapusKlo cdi nya pakai standart enak g kira2 pakai karbu king?????
BalasHapusga enak bro karena sensor TPS jd ga ada..
Hapusbisa sih bisa hehe
jdi intinya karbu king klo di psang di njmx pnp atau setting spuyer ( pj 17.5 & mj 130) ?
BalasHapusbelum tentu bro.. sekitaran itu
HapusBang ane pengen baru ganti karbu king ni mx lama tapi sudah pakai kopling bawaan pabrik. Klo pke karbu king harus ganti CDI BRT apa STANDARD bang. Tolong bls bang
HapusNgakalin kabel gas nya gmna gan ? soalnya
BalasHapusada yg bilang kabel gas std ga bisa lngsung PnP
ganti yg lbh pnjg dari standar atau kulit kabel dikelupas dlu dan napel kecil nya dibuat lg pakai timah
BalasHapusTop speednya nympe brp gan stelah d ganti
BalasHapuspencapaian 120 kpj dengan mudah
HapusBiar nyampe 130 kpj tanpa ngorek daleman mesin bisa ga gan?
BalasHapusganti cdi racing bro.. sperti BRT..
Hapuskalau mau lbh nyaman ckup ganti noken durasi lebar dan tingkatkan rasio kompresi nya.. dijamin 140 kpj sanggup
klo ganto cdi brt ganti per klep g?
HapusJdi ganti karbu rx king n ganti cdi brt,ok mksih gan tipsnya
BalasHapusga ganti jg ga apa2 kok selama noken as standar
HapusMas mw ty ni.?? Sy py mtr jupiter z blok msh standar udah papas kop 1mm. Pake noken as kawahara k1. Ganjal per klep. Knalpot racing creampie. Karbu pake ori shogun sp pilot jet 20 main jet 105. Gear standar 15-36. Tp ko putaran bawahnya loyo. Klo atasnya sih mantap. Tp mwnya aku gimana caranya biar putaran bawahnya jg biar lebih agresif sedikit. Mohon pencerahannya mas. Trima kasih
BalasHapustiming noken dan top sudah pas?
Hapusseharusnya kawahara K1 itu langsung narik dr putaran rendah
Gan pj mj krbu apa yg sama pj mj karbu king , yg ukuran 17,5 dan 130 ( pj/mj)
BalasHapuspj mj rxs ukuran segitu
HapusUda ganti blok pk vixion set+cam,per klep,cdi brt,cm jetting masi pk karbu standar,nyari spuyer model karbu ori new aga susah...soalnya beda sendiri kata mekanik/toko spareparts,mau nanya parts subtitusi spuyer buat karbu ori new mx bisa pake apa aja?? Trus ukurannya brapa aja?? Thx.....
BalasHapusukurannya kira" yg pas main jet 120 122 125.. antara itu dah kira".. knalpot modif dlu..
Hapuspilot jet standar
seingat aku model spuyer mx sama aja kok lama ma baru.
substitusi nya karbu keihin GL, Tiger, Pe sama tp nomer nya jauh berbeda.
kira" 140 sampai 150
Sekedar bagi info...
BalasHapusAne pake jup mx old udah bore up set vixion+cam knalpot bobok karbu standar saringan lepas coke d lepas d karbu biar udara masuk tanpa halangan. Ukuran pj standar 20 mj 105. Cdi brt dualband. Per kopling racing(jgan terlalu keras rawan pecah klahar kopling). Top spedd sampe 130kpj. Tapi kalo mau lebih galak lagi pake karbu king..yg ori ya...biar hasilnya memuaskan.
Terimakasih infonya bro
BalasHapusmau tanya gan, motor saya jupitermx 2009 kopling. saya sudah ganti block vixion + noken as vixion, karbu king ori, cdi brt dual band, per kopling brt, kampas kopling daytona, trus masalahnya kalo digas pol sering hilang" kayak gak mau pol larinya gan. itu masalahnya dimana ya gan? klo gnti pj mj ksih info ukurannya jga ya gan? minta infonya gan? terimakasih
BalasHapusbusi nya sekarang warna nya apa?
BalasHapusbiasa nya terlalu basah/boros masih..
masalah biasa nya di pj mj memang.. ukuran ga tentu
Kalau untuk jupiter MX 135 liquid cool bisa gak di pakekan karbu RX king....?? Trus gmana dengan tali gas nya mx 135 itu kan ada 2 gan....mohon solusi nya gan
BalasHapusga perlu di pakai satunya.. diakal..
BalasHapusatau gantian punya shogun
Gan motor saya mx lama 2008 klu pasang karbo king manifol nya gimana ngakalin masangnya
Hapusbkin adaptor/manifold sendiri
BalasHapusemg mx lama model baut, bukan sok sprti njmx
nggak perlu ganti..
BalasHapusstandard aja bisa
kecuali mau ke performa baru ganti
Gw pke mikuni vm 28,pj 27 mj 185,rpm 7rb keatas brebet dn tnaga trasa datar it knapa ya?kdang knalpot nembak..pkoknya mnyentuh rpm 7rb lngpsung brebet
BalasHapusmain jet terlalu besar..
BalasHapuscoba ukuran nya kembali kecil lg..
coba ukuran 165
permisi om saya mau nanya motor saya njmx pake karbu king cdi brt pj/mj 17,5/150 tarikan awal enak nendang gt tapi di atas nya berat gamau lari itu kenapa yah om? tlg pencerahan nya om
BalasHapusmain jet nya terlalu besar masih.
BalasHapushehehe
Gan . kalo mau pasang karbu rx king ke ojmx . bisa pake manifoldnya scorpio gak ?? Soalnya ada tmen sy katana bs ...
BalasHapuspak mx saya boreup pegoan,kalo pke krbu std malah batuk2, kira2 di pasangin karbu king cocok ngga ya ?
BalasHapusiya karbu std e malah batuk2 haha
BalasHapusknalpotmu jangan standar bro
ntar karbu king langsung tancep dah bisa dipakek kok
Gan ane njmx 2012 kok abis setting karbu ndut2an kalo gas rendah,kalo pas jalan lurus mantab banget tarikan,cuma turun gas masih aja ngegerung...saran mekanik ganti karbu ,apa gak bisa di akalin service atai apa karbunya gan
BalasHapuspernah bongkar noken as?
BalasHapustop gir sudah tepat apa blm?
kalau mslah karbu sprti itu mgkn dari membran yg ada di bodi karbu udah sobek atau lubang
Gan, klo Njmx Pake karbu King, Mesti Ganti kabel gas Shogun tahun brapa Yang pas.?
BalasHapusshogun 110 bisa, baik baru dan lama
BalasHapusmas bro. mau tanya, kalo mx lama, mau pake karbu mx new. kira2 pnp, atau mesti ganti part lain ya, selain olor gas?
BalasHapusthanks
Gan ,sya punya karbu RX king mau sya pasang di mx old ,tpi ditutup karbu sya gk ada baut buat tempat kabel gasnya ,hrus gmna y gan ,mhon pncerahan..
BalasHapusDan mau tanya ,kan nanti kabel tpsnya gk dilepas ,setelah itu di biarkan / gmna ? ,trus klo kbel tps gk dipakai ,apakah tidak berakibat apapun ?
Thanks gan :)
yang pasti manifold nya beda hehe
BalasHapus@than
BalasHapusTPS ga dipakai cuma berbeda di karakter pengapian aja. ga terpasang hanya indikator merah menyala saja.
Gan new jupiter mx ane kalo abis digas ngegerungnya kok lama ya sama knalpotnya ngebul...
BalasHapusSama nanya kira2 harga karbu NJMX yg ori berapa harganya....
mungkin per vakum nya dipotong atau udah lemes?
BalasHapusharga karbu NJMX ori baru sekitar 708.000 rupiah
Mas kalo mau ganti karbu mx 135 pake karbu king , tapi jangan samapi brebet itu cara ngakalin nya gimana ya ?
BalasHapusGanti spuyer yg kecil misal rxs
HapusMas brow.
BalasHapusMx new saya pake karbu king merk lippo. Setelah di pasang dan setting ngk mau... Brebet putaran bawah dn tas.. Hampir mati motor. Selain ukuran standar pilot dan main jet nya. pj dan mj yg ukuran lebih kecil ukuran berapa2 ya...
Iya karbu king biasanya 22.5/150 spuyernya.. coba repair kit rxs atau beli spuyer eceran yg ada nomor nya.. 17.5/130 punya rxs kalau tidak salah
HapusAsalamuaikum. Bro mau tanya motor jupiter mx ojmx saya udah di bor up 150cc pake vixon. Tpi karbu masih pake standar. Biar tarikan enak pake Main jet /pilot jet.ukuran brpa ya bro. Terimakasih
BalasHapusPaling pj naik 1 step mj 3 step dah cukup
HapusIjin nanya min Nova, posisi njmx udah pake blok vixion dan karbu pake karbu rx king dan dalemannya masih bawaan walaupun kw semua..udah dipasang dimotor kadang diputaran rendah, menengah dan lepas gas ada suara NGOK walaupun gak sering dan serasa boros bgt drpd pe26..solusinya gmn min? apa harus ganti spuyer ukuran 17.5/130?
BalasHapusmakasih min, semoga dijawab
Terlalu besar pj mj standar King di 150 cc 4 tak.. jelas boros dan kurang bertenaga
HapusCoba pj mj lebih kecil dan riset kombinasi yg cocok
Min NJMX saya mesin standar(4 speed non kopling)cuma ganti knalpot racing, cara biar tarikan gigi 3 sama 4nya ga kempot bagaimana ya? Apa saja part yg perlu saya ganti, dan siapin budget brp kira2 min? Soalnya masih mahasiswa h3h3
BalasHapusKarburator standar reamer sama CDI BRT.. dah cukup enak banget lari 120 kpj
HapusMohon info nya gan ane pkek MX new karbu nya mau ganti karbu king ane bingung tali gas nya tu yang cocok tali gas apa ya
BalasHapusSelongsong bebas nanti dikupas, isi tali gas nya bisa pakai sling rem sepeda kayuh.. nanti dibuatkan ujung cantolan ke skep
HapusBang numpang tanya nih Pj Mj karbu king Ori buat yamaha vixion old mesin standar, knalpot racing itu ukuran nya di pj mj berapa ya, mohon pencerahan nya mas 🙏
BalasHapusCoba bawaan dulu, nanti dikoreksi pj mj
HapusBusi hitam kecilkan spuyer nya
Permisi om mau nanya, kmrin udh gnti karbu King di njmx, main jet King kn kegedean, takut boros, jdi gue pkek main jet standar mx new, test ride pertama jarum d tengah, nafas bawah berebet kayak motor bore up, tpi pas d betot, ngacir, test ride kedua, jarum ny d naikin 1, awal bagus, tp pas d tengah berebet, di betot ngacir tp putus2 kaya habis bensin, itu masalah ny dmn ya om, ap main jet ny d kecilin lg, soalny main jet mx new kn 110, gmn om solusi ny??
BalasHapusSebaiknya klip tengah saja, main jet segitu.. pilot jet turun sampai ga brebet
HapusKalau mau klip naik 1, main jet kurang besar.. asupan bensin kurang itu
Kak mtor saya mx new pake karbu king kok brebet di putaran tengah dan atas kira2 apa nya ya klo api normal semua
BalasHapusBusi hitam? Main jet kebesaran
HapusKlip jarum coba naikkan
bang, motor saya mxnew cuma ganti burset ke ukuran 57, klo ganti karbu rx king kira kira perlu ganti daleman yg laen ngga?
BalasHapusskalian nanya kira kira klo ga perlu ganti daleman lain tembus top brp hehe
Perkiraan top speed sama saja.. cuma akselerasi nya beda
Hapusmau nanya ni om
BalasHapusmx new gw mau ganti pake pe 26 tk racing
yg tali gas yg cocok pake motor apa y om ?
Bikin sendiri dari kabel rem sepeda onthel.. dililit dan disolder ujungnya
HapusIkut nimbrung, Gan. NJMX 11, hore up vixie set 150 CC, porting, box filter, pake PE 26 Scarlet, PJ 48 MJ 122, klip jarum tengah, masih ngok diawal, put bawah. Lalu TPS diputar 1/3. Lampu sesnsor ngga nyala. Knalpot, Kem, Mash std. Masalah:
BalasHapus1. Kenapa masih ngok, diputaran bwh. Apa solusinya.
2. TPS diapakan biar aman. Bisa pake CDI Varro, agar dimatikan saja.
3. Tlg idenya biar motor lebih nyaman dan ngacir. Thank you
Bang MX new saya pake karbu RX king tapi susah hidup sekalinya hidup kayak tekor bensinya,itu apanya yang harus doganti
BalasHapusSetting apa aja?
HapusBusi warna apa?
Klo ganti CDI racing harus bore up??
BalasHapusTidak ada yg mengharuskan
Hapusbang cdi brt dualband bisa
BalasHapus