Jumat, 11 Juli 2014

Ciri Main Jet Kebesaran/Kekecilan

main jet (kiri)  & pilot jet (kanan)
Untuk menentukan ukuran spuyer yang pas pada karburator perlu patokan. Jika spuyer terlampau besar, maka bahan bakar hanya terbuang percuma dan power mesin akan ngedrop. Begitu pula jika spuyer terlampau kecil, maka mesin akan cepat panas dan juga performa tidak optimal. Berikut ciri dari setting pilot jet pada karburator motor.

Ciri Main Jet Kebesaran
  1. Busi basah bensin
  2. Karburator dan intake manifold mengembun
  3. Knalpot berasap hitam
  4. Brebet ketika grip gas terbuka ½ - 1 putaran
  5. Akselerasi motor berat
Ciri Main Jet kekecilan
  1. Busi putih kering
  2. Akselerasi sangat lemah
  3. Timbul suara 'ngook' di karburator ketika akselerasi
  4. Knalpot meledak-ledak setelah motor berpacu
  5. Suhu mesin sangat tinggi
Cara pengecekan & Solusi
  1. Cek insulator busi
    Insulator busi basah dan hitam kering menunjukkan bahwa main jet terlalu besar. Sebaliknya, insulator busi putih kering menunjukkan bahwa main jet terlalu kecil.
  2. Cek bukaan skep
    Apabila brebet terjadi pada bukaan skep ½ - 1 putaran, maka benar ukuran main jet yang digunakan masih belum tepat. Apabila brebet terjadi pada bukaan skep 0 - ½ putaran, maka bukan main jet melainkan pilot jet maupun cutaway skep yang mengalami trouble.
Ciri Main Jet sudah Pas
  1. Suhu mesin ideal
  2. Tidak ada ledakan di knalpot
  3. Elektroda busi tengah dan insulator berwarna merah bata/coklat
NB:
Kondisi di atas merupakan saat dimana mesin dalam kondisi sehat (tidak mengalami kebocoran klep, kompresi, induksi, dsb). Ciri di atas dapat digunakan ketika mengganti karburator maupun ubahan lainnya (knalpot, noken, dsb).

199 komentar:

  1. Tiger 07 ane udh os gtau brp sma bngkel,tpi msih dibwh os100.gnti pj mj gtau brp jg ukuranya,dlu gk cpet pnas.mtr jrg pke skrg.dpnsin bntar aja cpet panas trlbih hbs jln.
    Apa krn gnti leher knalpot pnya ninja 250 diameter lubang leher exhse lbih kcil ya
    Busi item, masalah mesin cpet pns aja

    BalasHapus
  2. Udh cb gnti2 busi type panas,bkn jg skrg pke stndar bp8.
    Cb gnti oli sae15-50w jg msih ttp panas,
    Krn sblmnya pke 20-50.kira2 apanya bos ya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. ganti busi standar nya aja.. spuyer pilot jet kembalikan ke ukuran standar sedangkan main jet agak gede dkit gpp.. standar 120 pakai 125

      Hapus
    2. Maaf mau tanya motor saya Mio soul pake knalpot tsukigi,pas nya pake pilot brp main jet brp ya.tks

      Hapus
    3. Setelan Karbu Kering Itu Bos

      Hapus
  3. Gan, motor saya byson, baru ganti karbu mikuni punya rx king, posisi klip jarum nomor 2 dari atas, masalahnya saat sedang jalan dan grip gas ditahan, suara knalpotnya khas setelan "basah" king. Kalau klip jarum nomor 1 atas, nembak2. Apa yg harus dilakukan? Apakah pilot jetnya kebesaran? Ganti pilot jet f1zr bisakah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk dipasang di byson perlu setel ulang..
      kemarin di mega pro pakai pj 17.5 dan mj 140
      klip jarum nomer 2,,

      Hapus
  4. Numpang cari ilmu mas...
    Saya mau tanya motor saya scorpio pke karbu koso 32mm, pj 38, mj 110, power jet 30 n klip jarum diposisi tengah bawaan koso...
    Di putaran bawah bukaan gas sekitar 1/8 saat mau jalanin motor ada brebet tp kalau diputer lg gasnya 1/4 putaran gas udah hilang dan normal, lalu saya coba buka stelan angin 3,5putaran kekiri biar irit ternyata problem itu hilang, namun ketika bejek gas secara spontan ada kendala tersendat atau putus dan waktu nurunin gas seperti gas saya nyantol tidak mau turun dan apabila saya mau ke masuk ke tikungan pasti khan nurunin gas, nah waktu sentak gas lagi pasti ada terasa seperti tersendat atau putus...kira2 apa ya penyebabnya???
    Main jet sudah oke dan sinkron dengan spuyer power jetnya,tidak terlalu teriak dan tidak ad brebet sedikitpun...

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak cocok sama jarum skep nya dan pilot jet terlalu besar..
      PJ 35 aja..
      jarum nya kan ada 10 biji, seri A sampai J

      Hapus
  5. Kmren hbs beli pilot jet ukuran 35 n stelan angin udah di 2,5 paling enak,gas nyantol udah gk ad lg mas tp jarum skep minta di klip 5 paling boros,dan main jet minta di tinggiin lg ukurannya jd 118 tp msh ada putusnya di gentakan gas 1/2 putaran,mungkin kurang besar lg yah main jet nya cz klo aq coba mainjet 115 malah tmbh putus tarikannya.... Ini yg paling enak di riset kali ini cb nnti tak gnti mainjet agk besar lg...

    Beli jarum skep koso dimana yah, aq cuman punya bawaan karbu doang seri N68J, mahal gk jarumnya mas???

    BalasHapus
    Balasan
    1. punya main jet ukuran berapa aja?
      coa klip jarum taruh tengah, pilot jet 38
      main jet yg diubah 130 an

      ga ada jarum koso kalau ga sepaket ma karbu waktu baru beli.. aku nyari skep nya saja ga ada :D

      Hapus
  6. Aq ada satu set main jet pwk merk kawahara cm dr ukuran 98 smpe mentok di 120an mas... Kmren br tanya trnyt jarum skepnya mahal bgt mas satu set 500rebu... Cb nnti sehabis jumatan aq coba riset lg dah,kbtulan aq pnya main jet ukuran 130 dari hasil rojokan... Hasil yang sekarang dari putaran skep menutup digentak sampai 1/2 putaran gas terasa kontan banget tp klo dr gas skep menutup sampai 3/4 terasa ada jeda kosongnya alias ngookk, karna main jetnya minta kurang besar lg...

    BalasHapus
  7. Kemarin udah aq coba klip jarum di tengah n pilot jetnya 30 ternyata pilot minta naik terus smpe 50 n masih ada jeda kosong sprti nggoookk di putaran gas menutup sampai setengah putaran,aq coba main jet 130 msh kurang boros juga diputaran tengahnya,n kalau dipke jalan pd gas putaran 3/4 - penuh mbrebet kebanyakan bensin...
    Kayaknya emang sudah saatnya gnti jarum nih kang... Tp mahal bgt ya jarum2 gt doang

    BalasHapus
    Balasan
    1. power jet dimatikan saja..
      soalnya bukan motor 2 tak..

      Hapus
  8. Mas, ada perbedaan gk nozzle jet lubang 8 sama yg lubang 18 ato yg 30... Perbedaan nya apa yah??? Apakah dengan banyak lubang itu membuat campuran lebih kaya?? Setahu saya nozzle jet mempengaruhi bukaan skep 1/4-1/2 bukaan skep

    BalasHapus
    Balasan
    1. perbedaan nya pada halus nggk nya semburan bensin..
      yg pengaruh itu kontur jarum nya..
      kalau lubang nya sendiri halus tdk nya semburan bensin nya.. kalau lubang banyak itu bensin nya seperti susah dihisap

      Hapus
    2. Bang, saya baru ganti karbu vega zr, permasalahan nya ketika stelan angin di tutup rpm malah naik, dan ketika dibuka rpm malah turun/brebet.itu masalahnya apa ya?

      Hapus
    3. Bensin yg masuk ke mesin terlalu kering.. cirinya angin" minta ditutup rpm teriak..

      Kemungkinan antara PJ tersumbat, pelampung bensin terlalu sedikit, atau klep ex bocor halus

      Hapus
  9. Mas ada kendala lagi nih karbu ku,knp yah spuyer pilot jet ku seperti ada air nya? Apakah gr2 jarum skep ku diposisi klip 5/paling boros jd bikin karbu mengembun n masuk ke spuyer pilot jet??? Waktu aq pke klip jarum posisi 3 gk ada kendala kyk gini padahal...mangkok karbu juga gk ada airnya n bersih...

    Menurut sampean apakah memang jarum skepnya gk cocok ya mas???

    BalasHapus
  10. misi gan...mau nanya.
    motor ane dtracker 150..pake karbu PE 28.. Ukuran pj 40, mj 122.. yg ane mau tanya.. ukuran mj segitu pas gk untuk motor ane.. soal ny ditarikan atas tenaga agak terasa kurang.. tapi pas di cek..keadaan busi hitam kering...
    thx atas jawaban ny bro..

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggk enak ya pe28? haha
      jarum skep nya kalau bawaan ada brebet nya, ngaco
      busi hitam karena masih terlalu kaya perbandingan campuran bensin dan udara nya..

      Hapus
  11. gan motor ane jupiter z 2004 udah pake seher kaze os100, kalo mau pasang karbu karisma brapa ukuran pj sama mj yang pas menurut agan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. spuyer standar nya masih bisa asal knalpot standar
      atau plg nggk main jet naik 2 step 80

      Hapus
    2. Mhn petunjuk.
      Knp mio sporty saya kalau mesin dingin susah hidpu

      Hapus
  12. mas saya pakek karbu keihin supra 125 2010.saya ganti pilot jet 35 ke 38 naik 2 step main jet nya masih ukuran sama 72.kok kalau udah di putaran atas kok kurang enak.enggak kayak putaran bawahnnya terus knalpot nya meledak.terus kalau di ganti main jet 78 pas gak bang ukurannya.tolong respon bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. PJ standar 35 dan MJ standar 75.
      kalau mau enak ya PJ standar aja biar ga meledak".
      MJ yg diubah menyesuaikan setting mesin.
      kalau 35 ke 38 itu 1 step
      main jet 2 step ya 80

      Hapus
  13. Mas motor ane byson pake karburator pwl28 spuyer ukuran 40/120 klip jarum posisi paling boros,
    Stelan ini dirasa paling enak tapi waktu top speed lari motor kayak ndut2an tapi suara mesin gk berisik.
    Gimana ngatasin putaran atas,apa mj minta naik

    BalasHapus
    Balasan
    1. ndut2an gmn?
      plg keborosen itu.. lek busi hitam jelas keborosan

      Hapus
  14. Mas Novanda, S.T, saya mau tanya...motor saya baru diganti dengan knalpot racing I-ONE pelangi, PJ dan MJ masih pakai standar bawaan pabrik...tapi kenapa pas di gas 3/4 - full kok brebet ya Mas...itu masalahnya dimana ya mas.? motor saya honda Revo ABS.. matur suwun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jarum skep nya dipindah posisi nya tah?
      brebet atas nya + busi jadi hitam tentu terlalu bnyak bensin yg masuk drpd udara.

      Hapus
  15. Mas mau nanya neh motor fu150 std dikasih karbu pwk 28 PJMJ 38/120 putran atas enak tapi putan bawah terasa berat trus rasa ngadat diputaran bawah karna berat tadih mohon pencerahan

    BalasHapus
  16. ada indikasi PJ terlalu gede.. cirinya busi hitam
    coba 35 dan angin2 dicari dg bener

    BalasHapus
  17. OK terimakasih infonya besok akan saya coba semoga jos atas bawah

    BalasHapus
  18. Mas mau tanya motor saya satria f,cdi brt,karbu pwl 26mm open filter, knalpot standart..cocok ny pake pj mj brpa y

    Tolong pencerahan ny suhu

    BalasHapus
  19. coba aja 40 135
    emg skrng pake brapa dan gmn rasa nya?
    lek brebet kecilkan spuyer
    lek nggok kurang besar

    BalasHapus
  20. Bang motor ane beat 130cc pake pe24 pj/mf 38/115 ,knapa ya bang pas di gas langdung brebet ,masalah nya apa ya bang ,mnta info nya

    BalasHapus
  21. kalau busi masih hitam ya terlalu besar spuyer nya.. hehehe

    BalasHapus
  22. Suhu mohon pencerahan. F1zR ane karbu berembun. Kira2 langkah apa yg bisa ane lakukan. Trims atas pencerahanya.

    BalasHapus
  23. setelan karbu kurang pas..
    atau membran sudah tidak rapat lg

    BalasHapus
  24. mas, satria saya pake pe28 pj/mj : 35/115 + CDI BRT. tapi pas saya ganti knalpot PDK thailand + pipa DBS kok malah loyo ya mas tenaganya? belom setting angin lagi sih mas. kemarin saya pake DBS lokal malah ajib mas tenaganya. mohon dibantu ya mas, thanks..

    BalasHapus
  25. terlalu gede diameter leher nya..
    ngempos..
    ganti yg sebelumnya saja

    bukan salah karburator itu

    BalasHapus
  26. Mas motorku matic nouvo karbu pe28 tdr CDI brt knalpot tsukigi..pj38 mj112..roller 9rata..bawah enak nyentok tp pas di gas berasa berat nafas gk keluar..itu mj kekecilan atau gmn ya?

    BalasHapus
  27. memang pe28 ga enak..
    nyandet saat tengah2
    ya emg karakter nya dah kecuali km ganti jarum dan setel spuyer lg

    BalasHapus
  28. bos klx ana pake karbu ori bawaan ninja r,,,setingan pilot ama main jet bgus nya brapa ya,,,kondisi motor sekarang klo bukaan 1/4 nya di tanjakan ada gejala mberebet nya,,apa yg harus di ganti yah biar mantap,,tarikan di jalan raya jga berat ...hatur nhun.

    BalasHapus
  29. pilot jet dan main jet terlalu besar.. cek busi nya warna hitam

    BalasHapus
  30. Permisi gan
    Sya pnya ninja ss 150 2 tak
    Mau tanya, klau ditarikan gas slow ad gejala brebet nya lebih terasa kalau naikan gas dalam keadaan diam digas slow mau jalan, terasa banget brebetnya
    Dan kalau ditarikan gas tinggi, ada terdengar dari mesinnya seperti suara besi beradu2, apakah 2 tak emang spt itu
    Mohon arahan nya ya gan
    Terimakasih banyak

    BalasHapus
  31. setelan e di borosi ya?
    kembalikan standar lg..
    terlalu bnyak bensin yg masuk itu..
    brebet dan ga enak

    BalasHapus
  32. Mau nanya mas..kalo settingan jet pilot sama main j karbu orsi satria fu 2013 kan 12,5/112,5..nah utk optimalnya dgn kondisi standart semua itu enaknya diganti pj/mj berapa ya mass??
    Dan kira² settingan mixture screwnya berapa putaran??
    Makasih sebelumnya.
    Salam

    BalasHapus
  33. setting yg optimal tetap standar 12.5 adn 112.5 dengan bukaan mixture sesuai kebutuhan mesin. kira2 3 putaran.
    kalau ganti pilot jet 15 mixture semakin menutup sekitar 1-2 putaran.

    BalasHapus
  34. Kemarin dah aku ganti pjmj 17.5/115 mas.. Tarikan mesin enak sehh..tp kalo di top speednya kok aneh..gigi5 dah nyampe 126 kmj,di gigi 6 kok naek sangat pelan ya mas?? Menurut mas perlu rubah setingan apanya yaa??? Ow yaa..busi dah pake denso iridium sama jarum skep masih di posisi aslinya dan msh ori juga. Salam

    BalasHapus
  35. gigi 6 fungsi nya menurunkan rpm, kadang memang speed tidak naik..
    rasio gir diringankan, bs dengan gir belakang gede 1 mata.
    gigi 5 mgkn tidak tembus 120 tp gigi 6 nya jalan..

    BalasHapus
  36. Mas gl pro saya pake karbu pe 28,di bawah nya enak tapi di atas nya kalo mau ngoper gigi ada kosong nya, pj38 mj 115

    BalasHapus
  37. hehehe maklum lah pe :D
    itu salah di jarum nya, std e ga penak blas.

    BalasHapus
  38. Nimbrung nanya omm.. Mx ku pake pwk28 sudco,pj 40 mj 98,klip di tengah.
    Kalo tutup gas sering nggantung,baru sembuh kalo setelan angin 1/2 putran.
    Knalpot keluar api kalo tutup gas,trus nggook kalo di gas mendadak.
    Warna busi hitam
    Nah itu salahnya dimana omm ?

    BalasHapus
  39. hitam brarti terlalu besar spuyer.
    coba nonaktifkan powerjetnya dengan cara melepas selang di moncong karbu.
    baru setting lg deh

    angin2 1/2 putaran = pj terlalu kecil.
    coba 42 aja, angin2 pasti minta lebih banyak membukanya

    BalasHapus
  40. kalo supra fit new saya tiap kali gas mendadak lebih dari 1/2 putaran motor kaya kurang tenaga, tpi kalo halus motor bertenaga.

    perlu besarkan mainjet gak ya?
    tpi putaran bawahnya terasa enteng colek gas dikit sdh maju, cuma kalo gas diputar lebih dari 1/2 secara mendadak motor kaya kurang tenaga.

    BalasHapus
  41. seperti nya instalasi TOP noken terlalu maju.
    jadi bawahnya oke, atas nya hilang

    BalasHapus
  42. Bos nsr saya pake mj130 pj50 rpm bawah ngok kalo belum panas breet kadang perlu di cuk saat awal hidupin. Apa mesti turun mj dan naikin pj ?

    BalasHapus
  43. motor NSR dengan karburator standar PE28 nya pakai pj 42 dan mj 152. itu standar.
    patokannya dari sana

    BalasHapus
  44. asalamualaikum.
    mas maaf nih mau nanya,fu saya standar hanya pake cdi tdr,karbu king,awalnya saya pake PJ 20, Mj135,jarum skape bawaan king di no.2 paling atas,putaran awal enak,tapi putaran tengah brebet ngok gt mas,saya ganti Mj120,dan jarum skape di paling atas,tetep mas,pake jarum skape apa ya mas,soalnya pake jarum gl nyangkut ngegerung,yg cocok,dan PJ MJ berapa yg pas,apakah MJ harus turun lg,mohon solusinya.

    BalasHapus
  45. pakai spuyer bawaan rx king lo enak, 22.5 dan 150

    BalasHapus
    Balasan
    1. brebet aja mas,mas kalau fu standart hanya ganti cdi aja, enak pake karbu pe 28/26?

      Hapus
  46. ga ada pe26 di pasaran. yg bnyak pwl26
    pakai pe enak ga enak tuh

    BalasHapus
  47. Brad numpang nanya dong..,
    Kalo gas di puter penuh, tapi ko rpmnya turun npa y
    Mtor ane mio 130 cc
    rpm 9600, gasnya masih sisa 1/8 an lg, nah. Pas di puter ful, rpmnya ko turun, n kalo dari setengah puteran gas trus langsung di puter ful, cuma mentok di 9200 doang udah g mo naik lg, pas di tutup lg dkit, baru rpmnya naik lg, kekecilan apa kegedean y brad mj nya?

    BalasHapus
  48. kayaknya kegedean. cek busi nya hitam ga :D
    vakum sehat nggk

    BalasHapus
  49. Vacum udah gantian sih sma yg abal2

    BalasHapus
  50. Suprafit pakai pen stroke 3'mm seher kaze oz200 klep 28-24 karbu king MJ PJ yg pas brpa..??? Posisi jarum klip dmna..???

    BalasHapus
  51. om mau tanya Nih , Motor saya spin piston thunder os50 , karbu rx king , main jet 108 dan pilot jet 17,5 . Saat gas di buka dari 0-½ langsung ngacir dan saat gas ½- full kaya turun tenaganya . itu knapa ya om ,mohon balasannya thanksss :)

    BalasHapus
  52. busi nya warna apa?
    kyak nya kurang besar deh main jet nya..

    BalasHapus
  53. Misi mas mau nanya,fu saya pake pwk ktc pj38 mj 105,bwahanya enak mas tapi atasnya ngeden,trus kalo gas langsung di bejek pas masuk gear 5 brebet,harus di kendorin dlu bru di gas lagi biar brebetnya hlang,penyebabnya apa ya,mhon bantuanya

    BalasHapus
  54. om maaf ganggu nih , Mau tanya tentang mtor ku lagi motor saya spin spek 58 , karbu pe28 pj38 mj110 , motor saya kalo klip jarum skepnya berada di urutan 4 dari atas akselerasi ga enak mbrebet sedangkan grip gas dari stengah sampai full enak tapi kalo klip jarum skep nya di urutan 3 akselerasi enak tapi grip gas stengah ke atas brebet kaya habis bnsin gitu , busi warna hitam kering . mhon sarannya om thankssss

    BalasHapus
  55. Om kalau rx king os.75 pakai karbu Pe28 pj mj nya ukuran brp ya mohon sarannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang pj mj berapa?
      Hasil nya brebet atau gimana?

      Soalnya setting d tiap motor bisa ga sama

      Hapus
  56. Kalo susah di starter itu knp ya gan? Karbu pe 24 pj 45 dan mj 105 knalpot stndar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Susah starter nya gimana? Busi warna apa?
      Kalau pengapian bermasalah atau terlalu maju bisa jadi sebab
      Kalau busi putih spuyer kurang besar, busi hitam spuyer kebesaran.. jadi susah hidup juga

      Hapus
  57. Mau nanya bang, ane pake satria fu pe28. pj38 mj 115, leher knalpot udah custom, silencer standar scd. Rpm tengah berebet, rpm bawah responsif, klip jarum skep ada di tengah (no 3). tapi pas gigi 5 ke gigi 6, nafas terlalu panjang tapi kecepatan naik dikit, tiba di gigi 6 kadang ngok kadang brebet. Jdi pasnya pake pj/mj brp gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Begitulah karbu pe, tengah e ga enak.. banyak yg bilang ganti nozzle jarum PWK

      Hapus
  58. Gan motor ane cbr old, udah bore up jadi 170 pake karbu pwk 34 kenapa klo pas gigi 6 rpm nya naik pelan banget trus klo gas di rpm tinggi langsung di lepas ada meledak dikit
    Speyer 38 main jet 128 busi merah ke putih putihan

    BalasHapus
  59. Mau nanya saya pake mx spek vixion 150cc saya pake karbu pe a115 pj dari 38 mj 108 kalau diputaran bawah suka ngeden tapi diatas enteng ,nah sekarang saya coba ke pj 40 mj 115 tapi putaran tengah nahan wkwkwk kira kira mj diturunin ga ya,pake filter udara ama cdi masih std niat upgrade ke brt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ciri khas pe 28 tengah nya ngaco bawaan karbu..
      Biasanya orang" ganti kit pwk, coba main jarum dulu saja bisa ninja r, gl pro.. disesuaikan karakter vixion yg seharusnya injeksi

      Hapus
  60. mas mau nanya,, motorku klx pakai karbu pwk 28, pj 40 mj 112 stelan angin 2 putaran, kendalanya brebet saat gas di kurangin sedikit diputaran menengah keatas, terkadang juga brebet di putaran atas,,
    apa gara gara busi kotor, atau masalah di karburatornya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek busi nya.. kalau hitam main jet masih kebesaran

      Hapus
    2. tapi kog motorku ttep irit ya mas, kalau memang mj nya kebesaran,,, atau gara gara busi kurang tepat, soalnya di kasih busi ngkc7 baru pun ttep hitam businya, tapi kalau pake busi campion sisa pembakaran warna busi coklat

      Hapus
    3. Dicari kombinasi yg pas saja sesuai kebutuhan mesin..

      Hapus
    4. mas,, kalau motor habis di bawa jalan,, gas kan di turunin atau pas waktu di turunan , posisi gas di lepaskan itu motor pasti mati, kalaupun tidak mati dan pada waktu gas di tarik sedikit pasti keluar asap hitam dan bunyi knalpot dak dak, kayak motor nggak kuat ngangkat rpm , itu permasalahan di pilot jet atau main jet,?? trimakasih

      Hapus
    5. Sepertinya antara pilot jet terlalu besar, timing pengapian salah, atau ada yang rusak di klep

      Hapus
  61. mas, motorku revo absolute, seher ud os100, pj mj standart(35/88) tp pas putaran tengah atas-habis ada nyendat2 gt klw dpaksa ngorok suaranya, itu apanya ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kekurangan bensin.. main jet coba beli lebih besar atau diakal dari jarum nya

      Hapus
  62. Om,motor sya Ninja R..saya setting PJ 41 MJ 115 diKarbu PWL 26 ORI..tp busi nya hitam agak basah..cocok nya mana yg di ganti ya om n ukuran brapa y om,biar busi nya ga hitam basah.trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya jarum skep ga sesuai atau spuyer sudah rojokan..
      Standar ori nya pwl saja 45/135

      Hapus
  63. Motor saya megapro spek 200 CC ,, pakai karbu pe 26 yang ada power jetnya ,, masalah nya kali di gas langsung ,, di get malah molor ,, posisi PJ 40 MJ 115

    BalasHapus
  64. Mas numpang tanya, fu gw pake PE28 pj 38 mj 112, tadi barusan ganti jarum skep tipe jjh yg agak landai di bandingkan jarum bawak an PE nya, posisi klip jarum ada di no 2 dari bawah, pas pertama ganti, karbu agak merebet, gw puter lagi stelan angin ke kanan sebanyak 1 putaran, brebet ilang, jadi responsif lagi. Masalahnya pas di rpm tinggi apalagi pas masuk gigi 6, motor langsung down, cek busi hitam kering di isulator nya, saran main jet yg pas ukuran brp mas ? 108 atau 110 ? Btw box filter gw pake mas, tapi saringan di dalemnya gw copot alias plong dalem box nya. Mohon jawabannya mas

    BalasHapus
  65. Bang numpang tanya mp primus saya pake sekher diameter 66 saya pakai karbu tiger pj 40 mj 120 knp ya kk tarikannya berat banget dan baru buat jalan mtr udah mati karena busi hitam
    Minta solusinya bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pj mj standar Tiger seingat saya 35/120
      Coba pilot jet kembali standar, klip jarum skep standar, main jet 120 atau lebih besar..
      Klep jangan ada yang bocor..
      Busi dibersihkan
      Hitam pertanda kebanyakan bahan bakar yang masuk

      Hapus
  66. Mau nanya mas
    Motor vario pakai karbu king kok susah hidup ny dan brebet di putaran menengah ke atas,, bagi saran ubahan MJ&PJ ny mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Liat dari busi, seperti nya hitam karena kebanyakan bensin yang masuk.. pj mj pakai yang lebih kecil, dicari sampai pas dengan mesin.. kemungkinan 17.5/130 dan wajib dicari sampai pas

      Hapus
  67. Mas tolong saya mau tanya...motor saya supra fit lama...pake seher overses100

    terus pake karbu pwl pe26.mj.122.pj.48...menut mas yg pas biar gak berebet ..pj.pake berapa..mj..nya berapa..biar sedikit irit tapi gak eungok dan berebet..tolong mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karbu pwl ya pwl, pe ya pe.. beda karbu
      Pj mj bawaan terlalu besar busi hitam dan brebet

      Wajib coba" setel spuyer itu
      Coba 42/110 atau lebih kecil..

      Hapus
  68. Mas saya pke karbu pwk ride it 33 untum scorpio pj 48 mj 160 bawah enak atasnya aps di gas full malah hilang tenaganya, tapi kalo gas stengah bisa, itu knpa mas? Keborosan atw keiritan mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lihat busi saja warna nya apa
      Hitam kebesaran MJ, tenaga hilang
      Putih kekecilan MJ, suara ngok parah, tenaga hilang

      Kalau pilot jet terdeteksi dari angin" nya, kalau setelan bisa 2 putaran dan rpm puncak = PJ pas

      Hapus
  69. Mas saya pakai karbu rxz asli pj 22.5 mj 210 tp di atas ngok dan di bawah brebet busi hitam pekat
    Terus ngai ganti pj 20 mj 180 tp di atas ya ngok di bawah ya enak busi putih
    Kira kira apa ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pilot jet sepertinya pas 20, angin" bisa 1.5-2 putaran dapat rpm tinggi nggak? Kalau dapat ya pas 20.. kalau terlalu terbuka minta 17.5

      Main jet coba 210 nya.. putih berarti kurang bahan bakar,.ditambah ngok jelas kurang bahan bakar..

      Hapus
  70. Bang motor saya beat karbu standar pake pe 26 tarikan awal enak tapi tarikan atas gas kosong rpm turun itu kenapa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lepas busi untuk cek warna hasil pembakaran
      Hitam kebesaran main jet, putih kekecilan

      Hapus
  71. bang, mio oversize 150, karbu stdr, pakai pj mj brapa ya bang..??

    BalasHapus
  72. Permisi mas mau tanya motor rx king ukuran standart pilot jetnya brapa ya klo main jet 150

    BalasHapus
  73. Mas ukuran main jet dan pilot jet yang pas untuk pe 24 di motor grand kalau rpm tengah ke atas brebet

    BalasHapus
  74. Mas mau tanya motor saya mp hiu pake karbu pe 28 jarum di klip no 3 uk pj 40 mj 115, kenapa waktu motor di gas di awal ada suara ngok maju juga ga enak tapi kalo sudah rpm atas baru maju nya enak

    BalasHapus
  75. Bang ane punya Mio spek piston 58
    (150cc) nah pj MJ yg pas brpa ini ,,,ini pake 42-110 kurang enak atas SMA bawah blm dapet kira-kira pake brpa ya

    BalasHapus
  76. bang aku motor gua vega r new sepek mesin piston 56 dan klep uk 25 22, aku pake karbu pe 28 kalo gas setengah kok ngok kalo malah gas pok kok ndak, gimana tu bang karbunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karakter karburator PE 28 gitu apalagi yg tidak original.. makanya saya kurang suka

      Hapus
  77. Mas Karbu Mega Pro Hiu Ku Kok Boros Bener Ya, Ukuran Pj Mj Yang Pas Untuk Ukuran Karbu Ori Agar Irit Mesin Masih Standar Mohon Info Nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. 38/108

      Mungkin ga sehat minta servis makanya boros

      Hapus
  78. Motor ane metic pj35,mj 110 ngok kalo di putaran atas apa yg di gantu ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Motor apa karbu apa spek gimana?
      Ngok kecenderungan main jet kurang besar.. tapi itu kalau lain" normal

      Kalau dari pengapian lemah ya lain urusan, bukan karbu lagi
      Mungkin ada seperti busi kotor juga bisa atasnya brebet

      Hapus
  79. Mas mau nanya.
    motor saya new megapro mono karbu spek 68, klep 34/29 noken brt T2, karbu Pwk 30 brt, cdi dualband brt juga. Pj dan mj yang enak pake ukuran berapa ya, saya gonta ganti jarum skep brebet di bawah saat mau buka gas. Sekarang pake jarum tiger udah mendingan cuman setingan belom pas. Kalo pake JJH JJY JJE enak cuman brebet nya itu saat di buka gas.
    Mohon masukannua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya harus eksperimen sampai dapwt setelan yg dimau

      Hapus
    2. Iya bang, sampai saat ini susah banget udah coba jarum ini itu, ganti nozzel hole 30 pj 42/mj 115 udah enakan bisa langsam cuman gas di buka dikit masih brebet masih harus penyesuaian sama setting setting dikit kalo untuk lari enak

      Hapus
  80. Mio di gas mentok tapi ada putus putus gas nya kenapa ya bang. Kalo akselerasi bwah enak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karbu vakum skep ga bisa naik gara" membran minta ganti.. pengapian putus" bisa karena busi..

      Hapus
  81. Bang mau tanya sepeda saya primus standard pake karbu pwl28 jarum punya lippo pj 28s mj 108.saat posisi stasioner itu brebet dan saat di gas spontan ngok. Kenapa ya bang ? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. PJ terlalu besar, mj terlalu kecil.. jarum skep juga perlu modif

      Hapus
  82. bang mau nanya motor beat karbu saya ganti karbu pe 24 mesin masih standar, saya setting spuyer, jadi pj 35 dan mj 108. pas stasioner bagus tarikan bawah udah enak responsif, pas di tarikan menengah sampai ke atas jadi brebet parah seperti habis bensin, dan udah saya setting pelampung nya naikin dikit, tetap aja masih brebet, apakah harus ganti mj nya lebih kecil kah?? mohon balasannya,, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Busi nya warna hitam nggak?
      Kalau iya hitam parah coba beli jarum skep yg lebih gendut dari keluarga GL

      Hapus
  83. Mas mau tny mtor sy blade udah cc 115 pake karbu king,mhon sarannya mj pj size brp mas??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih lingkup standar dong blade nya 😁
      Cari kombinasi yg cocok, patokan awal 17.5/130

      Hapus
  84. Mas mau tanya motorku Megapro niatnya mau Tek kasih karbu ninja rr enaknya pakai PJ MJ ukuran berapa

    BalasHapus
  85. Mau tanya mas motor saya megapro pakai karbu pe28 pj 38 mj 110 kalau gigi 4 -5 di buat pelan rasanya kok kaya bensin mau habis ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fuel screw yg di bawah dekat mangkok kurang terbuka.. itu setelan bensin bukan angin"

      Hapus
  86. Mas mau nanya,motor saya jupiter 2010,seker kaze ov 50,pake karbu pe 26 PJ 35 MJ 105,klo buat gas poll itu kurang ngelos,itu spuyernya kebesaran atau kekecilan?

    BalasHapus
  87. Eletroda busi yg samping warna apa? Kalau hitam PJ turun ke 35

    BalasHapus
  88. Mas ukuran mj dan pj yg pas buat rx king is 125 porting harian kira" Ukuran brapa yg mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. PJ 25 MJ 155 boleh lah.. bakal agak brebet

      Hapus
    2. untuk fu std ,seher modif,pengapian std,karbu std enaknya dikasih spuyer ukuran berapa boskuh?

      Hapus
    3. Standar nya saja, karena ubahan masih standar an

      Hapus
  89. Motor saya mio, karbu pwk brt , cdi imax,
    Pj40 mj 118
    D gas langsung ngok penyebabny apa y kk
    Stelan angin buka 2.5 putaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Spek mio nya gimana pakai PWK 28?
      Kalau masih standar memang begitu pakai karburator besar
      Hisapannya kurang kuat

      Hapus
  90. Mau tanya mas, motor jupiter z. Abis ganti karburator standart ori. Kok,langsamnya setel angin di 1 putaran 360°. Terus,setiap abis di pakai gak lama bensin rembes dari pembuangan. Kira2 ,main jet ngaruh gak ya, karena itu udah pernah naik ganti
    piston

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rembes karena pelampung kurang turun, ventilator aus
      Pj mj Jupiter Z 17.5/105
      Jarum skep nya unik 3 klip dengan ganjalan plastik

      Hapus
  91. hello bang nova, motor sy thunder 125, pake noken papas dikit, knalpot full sys ori purbalingga ��,, karbu pwk 28, pj 35 mj 120 jarum posisi 4 dari atas.

    Kalo buka gas pol mendadaj pada rpm 5000 ke bawah mesinnya ngoks, mohon solusinya bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari profil noken as mungkin
      Saya ga tau seperti apa, tp biasanya overlap nya retard demi mencari nafas panjang
      Ga nyaman memang dan banyak bengkel yg buat begitu

      Hapus
  92. Mas motor saya smash standar saya ganti katbu pe 24 scarlet pas tarikan atas tenaganya kaya nhilang...untuk setinga PJ sama MJ yang pasnya berpa ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Busi hitam? Kalau hitam tanda terlalu boros tanda PJ MJ minta turun

      Pas seberapa? Riset.. cari sampai pas

      Hapus
  93. Mas mau nanya saya punya smash 118cc (os200) porting,noken klep std pake pe 28 posisi pj mj di 38-110 kalo rpm bawah dia enak tpi di rpm tengah keatas ngambang tenaganya.
    jadi di kalo mau ngebut kudu gas setengah aja trus kalo di gas pol malah sama aja gaada perbedaan sama gas setengah. dan di rpm tinggi bgt kaya suara sedikit putus"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Busi warna hitam nggak?
      Terlalu besar main jet bisa atau jarum PE itu kan ga tirus alias meruncing mendadak

      Ganti jarum GL atau Ninja baru jetting ulang

      Hapus
  94. Mas mau nanyaa dong, kalau stationer naik sendiri ketika panas itu kenapa yaa mas, terimakasih sebelumnya mas🙏..

    Ohiyaa motornya GLPro BE std (P : 61mm L : 49.5) Head sudah full Tiger
    Karbu awalnya pake neotech pd 26 terus skrg coba pakai Shengwey pz 30 tetep saja stationer naik saat mesin panas🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanda terlalu irit.. untuk karburator kw biasanya begitu.. lubang tidak presisi.. kalau mau seperti karbu ori harus telaten modif lubang kecilnya

      Hapus
    2. Siap mas terima kasih, kemaren setelah dibersihkan udah mendingan, tapi ada ngok saat akselerasi..
      Itu tanda MJ kekecilan yaa mas?
      Ohiyaa ngoknya itu setelah pasang filter karbu, kalau sebelum pasang filter ngoknya cuman dikit..

      Hapus
  95. Satria 2tak brebet putaran bawah , gas kosong enak/enteng tapi , pas ada beban bawa jalan motor nya brebet bawah ngga mau narik tarikan atasannya, kalau di slip kopling lama maininnya tapi kalau pas selip nya motor nya mau narik tarikan atasnya


    Mesin porting harian , os50, kenalpot bedel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tenaga lemah.. kompresi bocor bisa.. membran juga..

      Hapus
  96. Mio 58 klep sonic karbu pwk 28. Cocok nya pake PJ MJ berapa yah mas. Sekarang pake 38/118 masih agak kurang dapet kayanya. Cek busi masih agak hitam, Jarum custom, klip no.3. Terima kasih mas.

    BalasHapus
  97. Putaran bawah ke tengah naiknya cepet cuman putaran atasnya lama naiknya sama waktu di putaran tengah di gas spontan ngok itu apanya ya? Contoh dari 0 ke 40 cepet waktu mau ke 60 lama naiknya.. Mio smile 58.5 pe28 PJ 42 MJ 115

    BalasHapus
  98. Asalamualaiqum... Mas mau nanya motor saya ninja rr new sy pake kenalpot racing,karbu pwk 33 pj/mj 42/165 spek mesin porting harian yg lain nya msh tndr bwaan pabrik,tpi kenapa ya suara nya ngobok bangt di rpm bawah suara karbu lebih kenceng dri suara kenalpot d bawa jln pelan engga enak bngt rpm atas nusuk,sya coba turunin pj/mj 40/160asih ngobok elektroda busi coklat kehitaman,biar tdk ngobok parah pas nya pke pj/mj brp ya mas??? Mohon pencerahan nya mas🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Porting nya terlalu main rpm tinggi.. memang karakter 2 tak seperti itu.. karbu disetel seperti apapun tetap aja, lha wong porting nya yg jadi penyebab..

      Cara bawanya setengah kopling langsung gas gede
      Kips jangan dimatikan

      Hapus
  99. siang mas, megapro primus mesin standar, cuman ganti, cdi BRT dan koil blue thunder, pakai PE 28 kok susah langsam ya, sudah coba naik turun PJ, MJ ganti Jarum, ganti nozzle & head nozzle, dan dari semua pergantian itu busi selalu hitam, apakah karena karbu nya terlalu besar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Usahakan mesin sehat dulu sebelum setting karburator.. busi hitam indikasi klep in bocor jika angin2 tidak berfungsi..

      Coba kombinasi 35/115 dulu
      Nanti main jet dipakai yg lebih besar sampai pas..

      Hapus
  100. permisi mas, motor saya tiger revo sudah borup 100 dengan karbu pwk30
    seblumnya pj 38 mj 108 dengan jarum bawaan pwk yg meruncing dari tengah itu motor enak tapi boros banget setelah itu saya coba makai jarum tiger dengan pj 38 mj 120 bawaan tiger tapi motor brebet diputaran atas dan sudah saya ubah hingga ukuran 100 tapi diukuran ini terlalu irit dan ketika naik 108 motor masih keborosan dengan tanda busi hitam setelah saya ubah pj ke 32 motor sudah mendingan walau masih brebet diputaran atas ketika digas spontan kalo dibawa santai aman dan motor lebih susah nyala dan gampang mati

    kira kira setelah yg baik gimana ya mas?

    BalasHapus
  101. mau tanya bang, motor saya tiger revo borup 100 dengan karbu pwk30
    awal'a settingan pj mj'a 38/120 dengan jarum skep bawaan pwk yg meruncing dari tengah ke bawah posisi ring ke 2 dari atas yg berarti diiritkan ini motor normal jaya tapi borosnya nggk tahan terus saya berniat membuatnya irit dengan ngerubah jarum skep bawaan tiger dan pj mj 38/120 tapi motor brebet diputaran tengah ke atas yg saya yakini keborosan karna busi hitam kering menyeluruh terus saya turunkan tuh mj sampai ukuran 100 tapi diukuran ini terlalu irit karna motor hilang tenaga di rpm atas setelah saya naikin ke 108 malah busi kembali hitam kering dan saya berfikir kalo ini boros di pj sakin bingungnya saya turunin ke 32 dan motor enak walau rada ketahan tenaganya di putaran atas jika di gas spontan kalo dibawa geluyur motor lancar tapi efeknya motor susah nyala ditambah rpm ketahan di tengah setelah di geber sehingga terkadang ngegerung saat turun gas serta motor sering mati

    kira kira kurang diapanya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kembali ke jarum awal, posisi klip nomor 2 bukan mengiritkan melainkan memindahkan posisi ketirusan jarum lebih ke bawah

      Kalau posisi tirus tidak pas, maka bukaan gas tengah akan brebet (terlalu cepat mengecil tuh jarum), atau ngok (terlalu gendut si jarum)

      Jika diganti jarum tiger sendiri yg lebih kecil diameter dari bawaan PWK, maka bensin sudah kaya dari bukaan separuh.. makanya MJ minta turun, tp resiko bukaan full malah kering = tiada tenaga

      Saran sih kembali ke setelan yg enak tapi boros itu.. nanti main main jet beli angka lebih kecil
      (38/120 coba ke 38/115 atau dikecilkan lagi sampai pas)
      NB: PJ jarang minta dikecilkan, terlalu kecil PJ ya gerung ga jelas dikira angin palsu masuk

      Hapus
  102. Mas, kalau motor di rom 8rb an seperti mau mati, kurangi gas terus naik lagi itu mj kegedean atau kekecilan ya ? Ada nembak jg sedikit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Busi hitam? Kalau iya main jet terlalu besar atau jarum terlalu cepat meruncing, ganti yg lebih gendut/tirus bertahap

      Hapus
  103. gan motor saya Vega cerypton menggunakan karbu pwk 28 , masalah nya , ketika rpm bawa di enak tapi sampai di rpm tengah dia berebt dan rpm atas nya enak , tapi gan ketika di rpm bawa nya saya gentak gas sekaligus diya berebt dulu , kira kira apa masalah nya ya tolong bantu jawab ?dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jarum skep bagian tengah terlalu cepat mengecil.. beli yg gendut seperti honda gl, nanti diampelas menyesuaikan kebutuhan mesin.. pj mj setting lagi..

      Hapus
  104. Mas novanda, ijin bertanya. Tiba-tiba motor saya jadi kurang enak dipakai, setting2 karburator gak dapet2. Busi selalu hitam terus, saya pakai pe 28 brt. Setting pj kecil 35 motor susah nyala. Mainjet kecil 108 motor kurang tenaga. Tapi busi selalu saja hitam walaupun pj mj kecil. Motor saya tiger 200cc. Sampai ganti nozzle lubang banyak, head nozzle baru & jarum jjh baru. Sudah upgrade cdi, busi iridium, sempat ganti koil juga pakai std baru. Apakah ini ciri2 kerusakan klep/ring piston? Bukan dari karburator? Mohon pencerahannya, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba busi pakai standar aja, dalam setting biasanya pakai part standar agar ga ngaco duluan sebelum setting

      Kalau ciri klep bocor alus, klep in itu ga bakal ketemu setelan angin2. Ga ada perubahan walau ditutup atau dibuka sampai lepas tetap hitam busi. Kalau klep ex busi putih dan nembak" knalpot

      Bocor besar ya loss kompresi mogok

      Ring piston aus cuma berasap aja sih sama loss kompresi

      Hapus
  105. Motor crypton saya posisi mesin std dipakein pj 15 dan mj 92.5 ngebul asap hitam ya? Kira kira permasalahannya dimana mas? Pusing saya otak atik tu karbu ori jupiter z rubah isiannya pake uk 15 dan mj 92.5

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah ga sesuai tuh setelan nya..
      Karbu ori Jupiter z harusnya keborosan ke crypton standar..

      Karbu ori Jupiter z punya pj mj 17.5/105 dengan jarum skep model gendut meruncing klip di tengah dengan ganjalan plastik bawaan

      Kalau ga ngerti mending kembali karburator standar saja
      Klip jarum tengah, jarum meruncing perlahan, pj mj 15/90

      Hapus
  106. Mas kalau gl max piston Tiger langkah 70 kalau di kasih karbu PWK 35 Jarum dgl PJ MJ ukuran berapa ya?

    BalasHapus
  107. Maaf mas mau tanya, motor saya satria Fu baru ganti karburator PE 28, kalok buat jalan di rpm atas brebet, apakah Main jet kebesaran atau kekecilan, maaf masih awam🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya jarum nya ga sesuai permintaan mesin, main jet menyesuaikan jarum

      Hapus
  108. Maaf mas mau tanya, saya pake pe 26 TK racing di motor nouvo z mesin std. Sebelum nya pj 35 MJ 110 klip jarum paling atas normal ga ada kendala. Kemudian 2 minggu ga dihidupkan sama sekali, setelah dihidupkan mesin malah tinggi rpm nya, setelan angin ditutup malah masih tinggi padahal sebelum nya normal. Itu kenapa ya?🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin karbu nya kebanjiran bensin, ada bocoran udara palsu, atau yg lain.. coba diteliti

      Hapus
  109. Bang. Motor sya Supra x lama pake karburator Revo absolute pj/mj standar. Ketika d rpm atas itu ngepos. Terus klau jln laju gas pool pas turunin gasnya meledak. Kira2 apanya d besarin pj/mj nya bang?

    Terima kasih!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya pj mj std bawaan revo sudah pas
      Cek kondisi membran karet nya dulu
      Nembak kemungkinan ada kebocoran

      Hapus
    2. Thank you sob 👌. Infonya lgi bang ketika angin tertutup rapat brebet bang. Terus klau terbuka bnyak normal bang. Kira2 karburatornya keborosan atau gmna bang? Terus klau keborosan apanya yg d kecil kan mj/pj nya ??

      Hapus
    3. Ya normal kan kalau ditutup brebet, dibuka 2 putaran dapat rpm tinggi

      Hapus
  110. Bang motor mio saya udah naik 54 trus porting sama papras noken, nah saya pakek karbu pwk26 stelnya susah bang saya coba 105/35 enak tp habis buat keceng besok ya brebet saya kasih 38/108 juga nggak enak di oplos 38/105 nggak enak bang enaknya gimana bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau noken papasan saya ga bisa nebak profil nya..
      Overlap yg tidak pas akan menyebabkan brebet di pagi hari..

      Untuk pj mj pas jika busi bisa merah/coklat bata keseluruhan..

      Hapus
  111. Mio soul mesin 59mm free pake karburator PWK KOSO uk.33mm. Main jet dan pilot jet pake ukuran berapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus riset. Jarumnya pakai yg bagaimana juga pengaruh penting daripada PJ MJ saja.

      Sekarang pakai berapa? Umumnya PWK PJ 38-42 dan MJ bisa variasi 115-130 tergantung kebutuhan mesin

      Hapus
  112. Mas,berapa ukuran main jet pwk yang diameter lubangnya sama dengan ukuran main jet rx king standar pabrik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Main jet RX king #150, jika main jet keihin gunakan #178

      Hapus
  113. Bang mau nanya MTR rc100 saya pake pe26 itu di tengahnya ngok itu yg lebaran apanya ya pilotzet atau mainzet?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hisapan kurang kuat, terlalu besar karburator nya

      Hapus
  114. mas, ikut nanya motor mio karbu saya 54 noken custom pake pe 24 untuk putaran bawah 0-40 enak gaada ngok tapi dari 40 naik ke 60 dan seterusnya kalo di sentak gas dia brebet permasalahanya dimana ya apa mainjet yg kebesaran atau apa saya pake 40/115 terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jarum skep ga cocok, terlalu runcing
      Keborosan itu

      Hapus
  115. Permisi mas vanda
    Saya punya unit satria cbu
    Spek noken as in in
    Piston 64(OS 200)
    Karbu pwk 30 with power jet
    Cdi non limiter
    Knalpot R9
    PJ 40 MJ 115 noZel 8 power jet pakai spuyer PJ 30
    Jarum bawaan karbu pwk jjh
    Angin 1.5 lebih dikit
    Kira kira PJ MJ yg cocok brp yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah rasanya gimana? Kalau busi sudah coklat rata ya pas

      Hapus
  116. supra 125 54 porting noken pe24, 42/128 klip 2 jarum kron92. bawah tengah enak tapi atasanya nahan knp ya mas? busi bawah hitam cuma tengahnya merah bata dikit campur hitam

    BalasHapus