Kamis, 10 Juli 2014

Ciri Pilot Jet Kebesaran/Kekecilan

Ciri Pilot Jet Kebesaran/Kekecilan - Untuk menentukan ukuran spuyer yang pas pada karburator perlu patokan. Jika spuyer terlampau besar, maka bahan bakar hanya terbuang percuma dan power mesin akan ngedrop. Begitu pula jika spuyer terlampau kecil, maka mesin akan cepat panas dan juga performa tidak optimal. Berikut ciri dari setting pilot jet pada karburator motor.
main jet (kiri)  & pilot jet (kanan)
Ciri Pilot Jet Kebesaran
  1. Mesin susah menyala
  2. Busi basah bensin
  3. Karburator dan intake manifold mengembun
  4. Knalpot berasap hitam
  5. Brebet ketika grip gas terbuka 0 - ½ putaran
  6. Angin-angin karburator terbuka penuh, mesin tidak mati
Ciri Pilot Jet kekecilan
  1. Mesin susah menyala
  2. Busi kering
  3. Mesin menyala saat starter menggunakan choke
  4. Stationer mesin tinggi walau skep tertutup rapat
  5. Angin-angin karburator tertutup penuh, rpm tinggi
  6. Knalpot meledak-ledak
Cara pengecekan & Solusi
  1. Putar angin-angin karburator.
    Apabila terbuka penuh masih timbul gejala brebet, ganti pilot jet yang lebih kecil. Apabila tertutup penuh mesin lebih teriak (rpm lebih tinggi), ganti pilot jet yang lebih besar.
  2. Cek elektroda busi
    Elektroda busi basah dan hitam kering menunjukkan bahwa pilot jet terlalu besar disertai angin-angin karburator yang belum disetting benar. Sebaliknya, elektroda busi putih kering menunjukkan bahwa pilot jet terlalu kecil disertai angin-angin karburator yang terlalu menutup.
  3. Cek bukaan skep
    Apabila brebet terjadi pada bukaan skep 0 - ½ putaran, maka benar ukuran pilot jet yang digunakan masih belum tepat. Apabila brebet terjadi pada bukaan skep ½ - 1 putaran, maka bukan pilot jet melainkan jarum skep maupun main jet yang mengalami trouble.
Ciri Pilot Jet sudah Pas
  1. Angin-angin karburator berada pada bukaan ½ - 2 putaran dari tertutup
  2. Mesin tidak mengalami gejala bandang (rpm tinggi walau skep menutup)
  3. Tidak ada ledakan di knalpot
  4. Elektroda busi samping berwarna merah bata/coklat
NB:
Kondisi di atas merupakan saat dimana mesin dalam kondisi sehat (tidak mengalami kebocoran klep, kompresi, induksi, dsb). Ciri di atas dapat digunakan ketika mengganti karburator maupun ubahan lainnya (knalpot, noken, dsb).

328 komentar:

  1. Mas motor saya mio udh 58 klep shogun motor tapi enggak enak , mau nempuh 100kpj ajah susah itu apanya ya mas ? , mohon bantuannya . :)

    BalasHapus
  2. itu mio udah diubah blm knalpotnya? hehe
    kalau belum diubah dlu ya bro, trus setel lg karbu nya

    kalau sudah bs coba maen roller yg lebih berat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas motor satria fu saya gabisa di gas spontan langsung full harus di urut dulu gas nya kalo di gas langsung malah ngok , apanya ya

      Hapus
    2. Mungkin vakum karbu eror, per skep lembek/dipotong, bisa juga ada bocor intake

      Hapus
  3. Sudah mas tapi belum enak juga , apa gara2 pj dan mj saya standar ya ? , soalnya saya cari2 yang ukuran enggak ada , pj enaknya pake punya apa ? , dan mj enaknya pake punya apa mas ?

    BalasHapus
  4. ya iyalah kalau pj mj standar ga bakal lari cz kurang suplai bensin hehe

    saya pkir diubah haha
    pj mj pakai merk sprti Xtreme, kitaco, dll.
    pj kira" 40 dan main jet coba 120..
    kalau masih putih warna busi berarti blm pas..

    BalasHapus
  5. Saya udh pake pj yang 45 enak bawahhnya ,tapi atasnya enggak enak enaknya pake ukuran berapa ya mjnya mas ?

    BalasHapus
  6. ya iyalah wong yg diubah biasanya mj nya kok..
    pj jrg naik hehe
    mnrut saya antara 40/120
    tp kalau knalpot nya semakin lepas bisa jg 42/125

    pkok ga ada patokan standarnya, jd tiap motor bs beda..

    BalasHapus
  7. mas c800 Os150 pk win idealnya mj/pj brapa ya knalpot freeflow...tengky mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. pj mj bawaan win udah cocok bro.. hehe
      setting klip jarum nya aja

      Hapus
  8. Mas setelah setel karburator kok motor saya ngebul ya?,ngomong2 saya menggunakan klx cuma ganti knalpot dan KM baru 1400

    BalasHapus
    Balasan
    1. setel karbu nya ganti spuyer nggk?
      motor yg ganti knalpot tipe freeflow akan cepat aus pada ring pistonnya..

      Hapus
  9. Halogan...
    saya pemilik yamaha scorpio z (juni 2010)
    -knalpot standar
    -cdi standar
    -cc standar
    -karburator pe28 thailand (jarum skep jjh, head nosel+nosel pwk #280)

    problem :
    - dengan klip di tingkat 4 (urutan ke 2 dari bawah), tarikan bawah-menengah "maknyuss", tarikan menengah-atas "flat", tapi busi jadi coklat basah, dan stasioner gak stabil (1400-1800rpm). pilot jet42 main jet115 air screw 1,25putaran.

    - dengan klip di tingkat 3 / tengah (urutan ke 3 dari atas), tarikan menengah-atas "cukup berisi", busi jadi coklat, stasioner relatif lebih stabil tapi masih naik turun, tarikan bawah-menengah jadi "kosong". pilot jet42 main jet115 air screw 1,25putaran.

    pertanyaan:
    apa yang sebaiknya saya lakukan,
    supaya stasioner stabil, tarikan bawah-menengah-atas berisi, busi coklat kering ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut penilaian saya dlu ya bro:
      1. warna elektroda busi yg tengah atau yg pinggir itu? yg pinggir buat indikasi PJ, yg tengah indikasi MJ
      2. angin2 sudah pas atau hanya dikira2 saja 1.25 putaran? bukan mencari rpm stationer tertinggi? pakai rpm meter kalau ingin akurat..

      pendapat saya bro:
      1. MJ kurang besar, PJ terlalu besar..
      kalau saya pj 38 mj 130
      klip jarum di nomer 2 atau 3..
      2. setelan angin2 karbu bukan harus 1-2 putaran, melainkan sebagai indikasi pj pas tidak dan setting final dari karburator

      Hapus
    2. oke Gan..
      saya perinci pertanyaannya per tahap ;
      1. berapa km ideal pengecekan kondisi elektroda busi ?
      2. bukankah yang dicek adalah warna elektroda busi yang dibawah kepala busi ? (yang kalau baru, warnanya masih putih kering)..karena saya belum paham maksud jawaban diatas, "warna elektroda busi yg tengah atau yg pinggir itu? yg pinggir buat indikasi PJ, yg tengah indikasi MJ".
      3. apa efeknya ke performa mesin, bila saya bisa memakai settingan klip jarum skep paling bawah/paling boros, tapi elektroda busi tetap coklat ideal ?

      tambahan :
      sekarang saya pakai pj38||mj110||air screw 1,5 putaran||klip jarum skep ke-2 dari bawah||warna elektroda busi ; ujung depan atas coklat kering, ujung belakang dan body elektoda sampai bawah putih kering||stasioner mendekati stabil||starter engkol di pagi hari sangat mudah.

      ^_^

      Hapus
    3. bro,, share aja nih
      saya pakai jarum GL Pro Neo, klip plg bawah
      PJ 45 dan MJ 145 bro... enak bgt, busi coklat mulai dr elektroda dlam sampai yg di ujung luar..

      kalau busi udah coklat ya udah pas bro,, ideal dah atau pas..
      busi kn ada 2 elektroda, yg tengah sama yg melengkung..
      setting pj pada elektroda massa alias yg melengkung,

      Hapus
    4. nah, yang saya maksud adalah elektroda busi yang warna putih di tengah (ini yang coklat cuma ujungnya aja), kalau body nya putih kering .
      giliran pasang pj40 dengan settingan yang sama, warna nya dah mulai kehitaman basah, dan waktu deselerasi malah knalpot nembak.
      kayaknya pj yang pas ya antara 38-40 ini...
      klip paling enak di posisi paling bawah dan kedua dari bawah.
      hehehe...

      Hapus
    5. ciri main jet krg besar,, bukan pilot jet nya lg..

      Hapus
  10. Salam kenal masbro,hehehe...

    Bro gw baru ngangkat grand '97 tapi bingung tipe karbunya.PB tapi di bawah tulisan KEIHINnya ada huruf Tnya.Katanya kw thailand ya?trus kok ukurannya lebih besar daripada punya ori grand ya?

    Cara mengetahui tipe karbu itu gimana si?Apa dari no. seri yang ada di belakang-atas karbu ya?

    Makasih sebelumnya,hehehehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada foto nya nggk?
      yah untuk identifikasi ori nggk dilihat secara fisik terlihat kok..
      body karbu terasa berat, warna gelap, seri PB

      Hapus
  11. Bro..udah tak kirim lewat email gambarnya,tau nyampe atau ga,hehe..

    Gw mo tanya lagi,tuh karbu PJnya 42 MJnya 75,normal ga?Soalnya larinya ndut2an/mbrebet pas gw gas stabil di gigi 3 & 4,bensin boros,meledak2 di knalpot,di selah langsung nyala (mo pagi/mo ga di pake seminggu tetep begitu) sama busi terlihat warna hitam pekat kering.

    Sorry banyak nanya maklum masih newbie,hehehehe...
    Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah saya lihat, ori kok bro hanya sudah reamer hehe

      itu angin2 karburator ketemu berapa putaran settingannya? kn dicari sampai rpm tertinggi nya bro hehe

      menurut analisa saya mah pilot jet kebesaran, main jet kurang besar
      alhasil motor kurang bertenaga sehingga boros bensin

      Hapus
  12. Bos. Mtor ninja saya abis gnti knalpot tp ga da trikannya hrus gnti Pj sm Mj nya ya? Klo iya bgusnya pke ukuran brp? Tolong di bantu ya.hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. tiap knalpot beda lo hasilnya haha
      ini ninja R atau ninja RR? yg karbu keihin apa mikuni?
      keihin coba 50/150
      mikuni coba 25/270

      Hapus
  13. Mas mau nanya dong, motor saya rxz mesin standar memakai knalpot standar racing, tarikan awal enak, tapi ga bisa langsung ngeeeenggg ada angin sedikit, untuk top speed hanya pd kecepatan 120kmpj .
    pj 27.5 mj 210, bagaimana menurut mas? tq .

    BalasHapus
    Balasan
    1. brarti kurang besar main jet nya.. seingat saya standar nya 220?
      coba diakal lewat klip jarum skep dlu

      Hapus
  14. ga mas, standarnya memang 210 .
    males ngakalin langsung ganti 230 aj x ya?
    untuk masalah di tarikan pertama gmn? apa pj trlalu besar? standarnya 22,5 saya pake 27,5 .

    BalasHapus
    Balasan
    1. rata" saya setting karbu motor pj jrg berubah, main jet yg minta berubah
      coba aja dlu pj standar klip jarum ditaruh d posisi plg bwh.. krasa kok beda nya..

      ntar beda lg kalau beli spuyer, cz msh blm pas lg ntar

      Hapus
  15. bro...motor saya mengalami gejala RPM ga mau turun padahal skep kupu2 lancar menutup nya...(mesin sudah mengalami modif klep besar , papas noken , ganti knalpot , porting)

    ukuran pj dan mj sudah naik masing2 1 step dari ori nya
    berarti klo dari pernyataan diatas bener ya bro PJ kurang besar ? ato knalpotnya kurang plong ? (saya pake silencer supertrapp ori u.s.a yg bisa disetel sendiri flow nya)

    BalasHapus
    Balasan
    1. motor apa ya?
      penyebab lain nya bs jg intake bocor..

      Hapus
  16. Gan, motor saya byson, baru ganti karbu mikuni rx king. Masalahnya saat akslerasi normal, bukaan gas dari 1/4 ke 1/2 brebet basah gitu, diatas 1/2 putaran baru yahud. Apa solusinya gan? Pilot jet masih bawaan karbu, kebesaran ya gan? Kalau ganti pilot jet F1ZR gmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hanya pilot jet saja yang kebesaran..
      beda sama fizr
      beli punya rxs sama.. ukuran 17.5 bro..

      Hapus
    2. Masalah yg sama sperti byson sy..pake pj 17,5 mj 115..busi hitam pekat..klo semua normal..busi pakai brisk tetap hitam pekat..klo mau nurunin pj..pake punya motor apa ya yg jenisnya sama..??

      Hapus
    3. Coba turunkan jarum skep nya dulu dengan cara memindahkan klip jarum lebih ke atas

      Hapus
  17. bro mo tanya motor ane nouvo z seher 54 knalpot standar bobok adem cam make after market merk qtt step 1 karbu make copotan ninja r 150(pwl)klip jarum d tengah pilot 38 main jet 105 seting angin2 ktemu 3/4 puteran udh teriak tinggi rpm.mtor larinya nga maksimal top speed cuma sanggup 100 mpe 110 dan itu pun lama nyampenye ane make roller 11 ma 8 gram..mo tanya MJ ma PJ yg pas dan puteran bawah nga galak atas juga lemot atau lama naeknya mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau elektroda busi sudah coklat bata brarti sudah pas setting karbu nya.
      itu pilot jet udah pas bro.
      roller lbh ringan dr standar top speed turun.
      juga roller nggk seragam bobotnya bikin getar. 3-3 gitu yg bekerja cm 11 gram nya saja.
      noken as qtt blm tahu karakter nya bro.

      Hapus
  18. kalau ninja r pke pj 50 gmna om

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau di perbesar tnpa ada modifikasi ya jd brebet. nggk nyaman

      Hapus
  19. Tolong pencerahannya mas Novanto, motor saya (satria 2 tak) waktu masih pake knalpot standar (bobokan) tenaganya udh cukup ukuran spuyer pj 20/ mj 100... Tapi Setelah ganti knalpot samping merek ahrs scorpion ko atas nya jadi ngempos..... grip gas di tarik tapi tenaga atas kaya nahan, ngga keluar jambakannya mas... untuk penyelesaiannya, sya harus nambah mj ukuran brapa kira2 ? trims sebelumnya mas Novanda

    BalasHapus
    Balasan
    1. main jet jelas kurang, tepat nya kurang tahu.. coba aja langsung 110

      Hapus
    2. mas bro,mau nanya dong,,,mtr ane byson,ane coba ganti karbu pe 28 biar bisa greng gitu,,,,masalahnya kalau open filter enak tu tarikannya pj mj 115/42,,,tapi pas pasang filter datang tu penyakit brebet di putaran menengah ke atas,,,,langsung gembos gt,,,minta pencerahannya dong mas bro

      Hapus
    3. hahaha penyakit karbu pe28 tuh.
      untuk mengakali hal tersebut dulu saya pakai jarum skep GL Pro. main jet disetting lg.

      Hapus
    4. Itu jarum skep gl pro merk apa gan ?

      Hapus
  20. Gan,minta tolong...
    Motor saya vega r new
    Seher kaze os 100 , karbu reamer full..
    Pj 20 mj 120
    Kondisi motor kalo dingin susah nyala..di gas dikit mati mesin nya..
    Kalo dah normal..kadang gas dari 0 - 1/2 putaran mesin mau mati..
    Itu kenapa ya gan..mohon bantuan nya..
    Tq

    BalasHapus
  21. reamer nya seperti apa?
    skep pakai apa?
    jarum nya?

    coba lihat busi nya berwarna apa elektroda nya.
    ntar aku tarik kesimpulan

    BalasHapus
  22. Reamer lonjong,skep GL dan cuteaway ikutin blog agan novanda..
    Jarum skep pake bawaan vega r posisi tengah...
    Busi hitam pekat...
    Angin di buka 1/2 bisa jalan..tapi atas nya serasa ngambang dan naik nya lama..

    BalasHapus
  23. terlalu boros itu.
    malah nggk lari lah..
    coba klip jarum taruh lebih ke atas.

    nggk tepat ngreamer km.. punya ku staioner enak
    nyala enak
    atasnya mantep.
    tengahnya kurang boros dkit cz jarumnya nggk aku rubah haha :D

    BalasHapus
  24. Udah di rubah gan...
    Knalpot standar soal nya...
    Skrng pake bobokan fu...
    Enak atas bawah nya..kadang suka meleduk knalpot nye...takut nya enchant nya nih..mau di bongkar dah males..hahahahahah bsok aj dah..
    Tq gan novanda..

    BalasHapus
  25. Om aku punya Vega Zr 2011, Problem kalau pagi susah sekali nyala. Kalaupun nyala saat gas di tarik sedikit mbrebet,
    Saya dah cek Kelistrikan Ok
    Selang bahan bakar Ok
    Karburator juga dah q bersihin.
    Semua msh standar pabrik.
    Kira2 apanya yg rusak dan mesti ganti ya?

    Warna Busi Hitam kering :-(

    Nb : Saya sempat tanya bengkel katanya Pj bawaan pabrik dah melar,haru ganti yg baru.apakah demikian om?

    Di tuggu jwbnnya
    Bs lgsg sms ke no q 087888375287

    Makasih sebelumnya.

    BalasHapus
  26. angin2 nya kurang terbuka mgkn..
    pj standar e 17.5 dan jarang rusak kok
    coba dicek jg kondisi membran ACV (karet hitam)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ukuran angin berapa om, q pake 1 1/2 puteran bener ga?
      Membran ACU yg ad di karburator bkn om? Sebelah mananya

      Hapus
  27. membran hitam di sisi kanan..
    standar e sekitar an segitu to lebih baik lg dicari yg suara mesin plg enteng dan tinggi

    BalasHapus
  28. Q dah set angin hampir 2 puteran itu suara mesin plg enteng om. Q bw jalan, trz q diemin sm mesin hangat,dan sat q mw jalan lg gejalan mesin g mw hidup kambuh lg, q cek busi hitam basah, dan q cium bau bensin.
    Kira2 masalahnya apa y om?

    Oy q pernah stel klep in 0.05 dan ex 0.06 sesuai standar. Karena slma 3tahun blm stel klep.

    BalasHapus
  29. setel 0.08 dan 0.10 mm lebih nyaman..
    busi hitam basah bisa jd klep IN bocor dan gak bisa stationer mesin nya..
    kalau membran ACV rusak juga gejala nya gini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Q msh blm paham sm yg namanya Membran ACU di vega zr aku om, baru dger soalnya, bentuk dan letaknya dimana?
      Biar q lihat msh ok p ga

      Hapus
  30. ACV itu di body karbu nya, yg ada per nya di dlm.. cover nya plastik hitam. baut + 2 an

    BalasHapus
  31. Om mw nanya dong, motor ane thunder 125, udah ganti karbu PE28 settingan pertama pjmj 110/35 oke, pas ane make sebulan enak, pas blakangan ini motor tiba ngegerung ga karuan, intek dah ane bli yg baru sama jh motor ane ngegerung ga karuan..tapi klo motor di gas langsung mati to motor

    BalasHapus
  32. karbu baru atau bekas nih?
    memang kurang bagus performa pe28 itu, tp sprti nya kendala di karbu yg agak soak.
    mgkn masih bisa dibeneri dibeneri..

    BalasHapus
  33. Mas mau tanya donx..motor saya satria f saya pake karbu pe28 knalpot freeflow,cdi brt,open filter,mesin masih standar smua cma ganti kampas n per kopling racing ajh..kira" setting pj mj yg pas d ukuran brpa y

    BalasHapus
  34. 38 115 aja dah
    itu tergolong setting basah.
    ga enak pe28 itu haha

    BalasHapus
  35. Misi om...ane pengguna Gl pro neo.abis os dr 50 ke 75.karbu bawaan gl.pj/mj standar.awalnya udh langsam.tp stelah shari di pake,karbu gak mau respon. .stelan gas gak mau kecil..di gedein mau,tp di kecilin gak mau.kira2 apanya ya gan..

    BalasHapus
  36. ga mslah spuyer kok
    mgkn karet intake ada yg bocor
    atau angin2 kurang tepat.

    BalasHapus
  37. bang.. saya mau nanya. sya punya mikuni TM 24. pj sma mj nya yg tepat ukuran berapa ya..?
    buat jalan pelan pd gigi 1 & 2 kok kya brebet2, tp buat gigi 3 smpai 4 enak.
    spek motor supra x 125 piston kaze oz 100, noken kepras, CDi BRT, koil kwahara.
    mohon pencerahannya bang

    BalasHapus
  38. pilot jet terlalu besar.. sekarang spuyer pakai brapa?
    busi warna apa?
    noken kepras lek jelek bisa jadi penyebab juga

    BalasHapus
  39. awalnya stelah upgred mesin pake karbu PE 24 enakan bang. toop speed juga enakan. tp stelah beberapa bulan PE nya soak. trus sya beli bekas road race Mikuni TM 24. tp setingnya blum cocok bang. blum ketemu wktu di buat pelannya. soalnya kya mau mati gitu.
    busi hitam basah. pj ukuran 25 tp ada 1 helai lilitan di lobang, mj nya tulisannya hilang bang, pinggiran mj nya ky krepes.
    terus harus gimana nih bang ngatasinnya

    BalasHapus
  40. ganti pilot jet nya.. ukuran 17.5 saja..
    main jet nya ini yg susah, hahaha
    enakan TM drpd pe.. trust me

    BalasHapus
  41. trus mj nya harus pakei berapa bang klo gitu ..?

    BalasHapus
  42. yg sekarang pakai brapa aja nggk jelas..
    saya bukan dukun ini yg bisa nerawang..
    kecuali sekarang saya pegang itu karbu dan motor, saya set kan, tentu bisa ketemu

    BalasHapus
  43. Bos mau tanyak king saya pakai karbu pe 28 tapi kok setiap pagi di nyalain mesin suka teriak sendiri ia..?tolong infonya bos..

    BalasHapus
  44. lah karbu nggk enak kok dipake.
    ya karena setting spuyer blm tepat dan juga ada kebocoran saluran masuk.

    BalasHapus
  45. Bos mau tanyak kalu karbu berembun itu karena apa ia bos

    BalasHapus
  46. -bisa jadi setelan angin2 ga pas
    -klep IN bocor (membran di 2 tak)
    -spuyer sudah diganti yg lebih besar

    BalasHapus
  47. Bro motor syaa satria fu baru ganti karbu pe 28 pj/mj 35/110 stel angin 2putaran di gas ngok gt gas kosong.. klo dstel angin 1-1 1/2 di gas full kluar asap hitam pas saya coba tenaga dbawah itu enk pas menenga sma di atas datar gk ad tenaga dan jg rpm ny tdk tinggi sktr 6000 smpai 7000 dgass full itu mesin triak tp rpm naeik nya lambat.. solusi ny gmna bro? Asal bs langsam ,irit tp bertenaga di bawah mngh smpai atas

    BalasHapus
  48. biasa dah.. karbu pe28 itu ga enak
    mau setting model apa aja percuma lek ga ganti jarum :D
    hahaha

    rata2 terlalu basah masih..
    cek busi nya, hitam nggk tuh? kalau iya mending ganti jarum GL Pro lah yg plg mudah.. kw gpp.
    ntar setting spuyer lg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blom cek busi ny c...spti ny c hitam bos..soal nya liad dr angin knalot itu bau ny boros bgd ...brti gnti jarum nya dlo ya?bru nti spuyer ny dgnti lg....gl pro yg lama apa yg baru?

      Hapus
  49. Boss.. jarum ny dgnti gl pro it kncing ny yg urutan brp?

    BalasHapus
  50. Uda pake jarum gl pro..pake clip no 2 dr yg atas stel langsam 2 putaran gk bs dgas lgsg mati..clip no 3 dr atas stel langsam pas panas aj bru bs dgas..ud gnti main jet 120 dstel langsam putaran 2.5 gk bs dgas lgsg mati...busi item kering.. kendala ny apa lg bro?mohon solusi ny donk thx..

    BalasHapus
  51. ya belum pas..
    setting terus dah..
    busi hitam kering brarti masih ada yg terlalu besar antara pj atau mj.
    kalau elektroda busi samping/atas yg hitam pj
    yg tengah ya mj
    jangan langsung gas mendadak, ya mati..

    BalasHapus
  52. Misi om, mau nanya nich,, ukuran pj dan mj karbu keihin pe 28 ori japan,,untuk klx standar brp pas ny om?

    BalasHapus
  53. coba 35 dan 108. itu aja terasa basah

    BalasHapus
  54. Mau tanya mas bro.... motor saya megapro primus.... piston oversize 125... knalpot glpro bobokan.... pj 38 mj 110... gas dilepas terdengar letupan.... kira2 apa sebabnya.... mohon pencerahannya...

    BalasHapus
  55. @unknown
    meletup bisa jadi terlalu miskin bensin/terlalu banyak
    coba cek busi, kalau putih brarti kurang.
    1. angin2 terlalu menutup = miskin
    2. spuyer tidak pas, pilot jet krg besar (cirinya busi pinggir/atas putih), main jet mgkn kurang besar (tengah busi putih)

    kalau hitam tinggal kecilkan

    BalasHapus
  56. Saya punya karbu mikuni 28.pkean ninja
    Nah saya coba pkek ke gl pro neo
    ,tenyata settingnya basah.dan ad yang kopong.
    Mj 150 pj 27.5
    Bgusnya pkek mj smo pj brpa y?
    Tlong informasinya

    BalasHapus
  57. kopong dimana nya?
    brarti setting blm tepat. busi warna apa?

    BalasHapus
  58. Misi suhu motor saya jupiter mx lama.
    Bor up vixion karbu pe28 cdi brt dual band.pj/mj yg pas ukuran berapa ya.
    Mohon pencerahannya suhu

    BalasHapus
  59. Misi om ,, motor ane kawasaki klx, udah di bor up, noken as nya udah di ganti, karbu pe 28, kira2 main jet dan pilot jet ukuran brp yg pas om? Tolong masukannya..

    BalasHapus
  60. Misi om novandan, sya mau nanya, motor saya megapro 2005, udh papas noken as. Pas abis papas noken motor pake karbu standar ori nya, pj 40 mj 110 tarikan enak tapi pas lepas gas nembak2, terus sya ganti mj 112 motor udh gak nembak2 tapi pas gas setngah puteran trus sya gas lagi mau ngebut agak ngok kaya gas kosong, setelah itu baru ngacir om. Itu masalahnya apa ya om

    BalasHapus
  61. kira2 38 dan 108 bisa jadi. setting lg aja cari yg sesuai kebutuhan mesin

    BalasHapus
  62. @MP 2005
    bisa jadi setting karbu nggk pas
    bukan hanya spuyer tp angin2 bro

    BalasHapus
  63. Terimakasih masukkannya om, sekarang pakai 48 dan 115, apa kegedean tu ya om?

    BalasHapus
  64. Kalo setel gas pada karbu standar mp itu berapa puteran om

    BalasHapus
  65. byuh kebesaran pake banget nget bro..
    PJ jarang banget naik, paling cuma maks 42. naik nya MJ 2-4 step
    standar e ae 38 dan 108.
    angin nya kira2 1,5-2 putaran, gmpgnya cari rpm tertinggi tanpa merubah bukaan skep.

    BalasHapus
  66. Om kalo fu 65.5 + stroke up 3mm yamg pas pj mj pe 28 brp om skarg pake 120 38(belom diganti dr naek mesin)

    BalasHapus
  67. lah hasil nya gimana? ada gejala jeda nggk?
    busi kalau sudah merah/coklat sudah pas

    BalasHapus
  68. Om saya mau tanya...
    Saya penqquna mx, mesin udab 150cc an
    Dan saya pake pwk, standar pj mj nya 40/142 enak di putaran bawah, tpi atas nya enqok, trus saya qanti mj nya menjadi 122 pj nya masih 40, di bawah enqok, tpi atas nya enak, yq jadi pertanyaan, pake pj mj ukuran brapa, biar atas bawah enak.? Di bikin setinq basah.?

    BalasHapus
  69. coba pj nya naik jadi 45 atau 48 dengan main jet tetap 122

    BalasHapus
  70. masbro, motor mx saya pakai pwk 28 setting pj 55/ mj 115, jarum klip yang tengah
    kalau habis deselrasi skep tertutup, saya buka tiba2 masih ada jeda telat
    kalau habis digeber top speed warna pinggiran busi hitam, yang tengah putih
    ada saran mas??

    BalasHapus
  71. itu sepertinya PJ terlalu besar, MJ terlalu kecil.
    haha

    BalasHapus
  72. Mas bro minta sarannya motor sy F1zr 2003 standart cma dpt topspeed 90 kmh pakai PJ 22,5 n MJ 110 KTC tarikan pd gigi 1 pendek bgt, cek busi dah merah bata, knalpot standar bedel, kira2 perlu PJ/MJ berapa yg pas? dan kalau ganti pakai busi NGK GPower (platinium) cocok n bagus ngk?

    BalasHapus
  73. MJ standar e 130.
    jadi kurang bisa main waktu gas pol

    BalasHapus
  74. Mau nanya nih om . Saya punya mio mesin 58 trus kok kalo pas brenti brebet dan pas jalan diturunin gasnya mledak . Itu apanya ya om . Minta solusinya

    BalasHapus
  75. spuyer pake berapa? karbu apa?
    busi hitam terlalu bnyak bensin yg masuk, kalau putih kurang bos

    BalasHapus
  76. Maaf mas mau tanya,mtr sy scorpio standart sy pakai karbu pe 28 jarum scep gl pro neo posisi di clip no 4 dari ats mj 118 pj 45,kendala nya pada waktu jalan pelan di km 40-60 terasa tersendal sendal dan knalpot kadang nembak( knalpot msh standart) tp pas waktu buat kebut2an gak ada ada msl,bukaan angin 1 1/2 putaran,itu kenapa ya mas mohon pencerahanya.terimakasih

    BalasHapus
  77. bang motor saya beat bor up 125cc knalpot aftrmarkt
    klo pakai karbu pe24 , spuyr yg cocok ukuran brp..?

    BalasHapus
  78. busi hitam ga? pertanda kebanyakan bensin kalau hitam
    kalau putih kurang besar main jet

    scorpio temen pakai pe28 jarum std e. pj 42 std, mj nya lupa.
    memang kurang mantep pe28 itu

    BalasHapus
  79. Gan, klo Scorpio th 2013 pake karbu PWK 28 MJ n PJ buat Patokan brp ya?? Mohon pencerahanya

    BalasHapus
  80. gan
    satria fu saya udah korkan lobang in outnya
    karbu pe tpi brebet trus
    ukuran main jet sma pilot jet yg pas brapa ya gan
    mohon bantuannya

    BalasHapus
  81. Mas mau tanya ini...
    motor sya stria f 150
    spek cdi brt hypermax karbu pe 28 pj/mj 38/118 knlpot stndar
    tp top speed ko ga nambah ya mentok di 135 aja...misal gigi 5 bisa 125kpj tp gigi 6 nya biasanya mntok 130 itu pun susah payah bgt
    itu ngaruh di pj/mj atau apabya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dr pengalaman all standart (bawaan pabrik)
      oli pake motul
      premium : 135
      pertamax: 139
      pertamax plus : 143
      shell : 146
      itu udah gas mentok gan

      Hapus
  82. Gan mau nanya ukuran yg pas buat PJ sm MJ di byson ane, untuk specs nya hanya baru ganti knalpot R9, Cdi BRT sm ganti karbu PE 28 thailand punya.
    Karena saat ini knalpot mengeluarkan asap hitam dan agak brebet jika di tahan gas nya di rpm rendah..
    Makasih sebelumnya

    BalasHapus
  83. terlalu besar pilot jet nya itu..
    biasa nya di satria F 38/110
    bisa" lebih kecil dr itu di byson

    BalasHapus
  84. Om mohon pencerahan nya , motor saya satria fu 2013 ,spek seher 0 cuma main porting, champ main drajat , karbu saya pakai koso 28, pj 50 mj 128 , kendala nya di gigi 5 motor selalu brebet , apa pj / mj nya yg kurang besar ya...

    BalasHapus
  85. Gan mau tanya nihh,saya punya cb 100 mesin orisinil cdi rc 100.
    Mau pake karbu pe 28 enaknya pake mj/pj berapa yahh ?.
    Makasih

    BalasHapus
  86. mas mtor sy vega zr,kalau lg jalan plan tiba2 gas ditutup mlh kenalpotnya nembak2 itu gmn ya? apa masalah ada pd pilot jet? mkch

    BalasHapus
  87. bukan bro..
    AIS nya dimatikan aja..
    caranya disumbat selang dr filter ke alat AIS..

    BalasHapus
  88. Mas motor saya ninja rr karbu mikuni. Blok ama head udah di korek. Pake main jet 260 tapi saat di gas di tempas saat putaran gas full rpm atasnya gak capai 13. Suara rpm atasnya kayak kehilangan tenaga. Minta saran.

    BalasHapus
  89. Balasan
    1. Gan mau nanya. Motor saya honda beat. Piston opersia 100 punya vario. Karbu punya mio. Pj 40 mj 108. Kendalanya kalau gas fulll diturunin di gaa lagi ada bunyi ceess(angin) kaya bengsin telat. Itu apanya yaa gan???

      Hapus
  90. Mas bro mau nanya saya pnya mio soul 2009.kalo knalpot saya suka nembak2 knp ya?pdahal sudah pake spuyer ukuran standar 110.dan tarikannya agak nahan?

    BalasHapus
  91. Bos motor saya force one pj 17,5 gigi 1 gerebet gigi dua dan seterusnya g ada tenaga harus pake pj ukuran berapa

    BalasHapus
  92. @avrian virgo
    blok mesin nya ganti dengan yg porting standar.. itu blok km sudah salah pengerjaan

    BalasHapus
  93. @chamben
    pj mj kembali ke standar nya saja 35/100
    selain itu mungkin fungsi AIS rusak. dimatikan saja

    BalasHapus
  94. Motor supra saya 125cc. Karbu pwl remer 32. Kalo tarik gas pelan motor berebet. Tapi kalo di gas langsung lancar. Karbu suka ngembun. Busi cepet mati. Solusinya apa ya..

    BalasHapus
  95. Rumus menghitung ukuran spuyer gimana ya gan

    BalasHapus
  96. Mas minta solusi dong .. Motor saya grand mesin udah pake seher kaza os100 klep sonic kubah klep oval tp buat lari ngejer absolute revo standar susah banget .. Terus karbu pe28 nya juga malah berembun

    BalasHapus
  97. mas bro motor saya suzuki matik hayate pake karbu standar mikuni BS26 pj 12,5 dan mj 130, sampai saat ini tidak ada masalah tapi bisa gak supaya di kecepatan rendah dibawah 40km/j putaran mesin bisa lebih rendah dari 4500an rpm dengan mengganti pj dr 12,5 naik 1 step jadi 15, ngaruh gak dengan menaikan pj saja ?

    BalasHapus
  98. businya hitam ya?
    pilot jet ganti yg lebih kecil lg..

    BalasHapus
  99. @hayate
    malah menaikkan pj bisa meninggikan rpm drpd itu untuk lari segitu.
    karena tenaga nya malah turun akibat kebanyakan bb

    BalasHapus
    Balasan
    1. gan motor saya kok pas di gas bunyi nguoookkk gtu yaa?? ? Posisi filter dibuka.

      Hapus
  100. kemasukan udara dr tanpa box filter bisa.
    ilang pengapian jg bisa

    BalasHapus
  101. min mau tanya nih
    motor saya satria fu (2013)
    karbu ori udah soak skrng ganti pke punya king.
    kata mbah gugel ukuran pj mj pke punya tiger.
    lha pas saya ganti ternyata bentuk pj beda.
    pertanyaannya pj punya motor apa yg bentuk na sama tp ukuran 38????
    trus setting angin" brpa putaran ya????
    matur nuwun

    BalasHapus
  102. "Mohon Ijin" bro Novan

    Motor saya megapro th 2007..mesin udah up.dan knalpot bedelan..sebelumnya pake karbu standart normal. Busi merah bata..setelah ganti karbu Tiger revo yang udah rubahan SKEPAN...mj/pj 115/38...angin2 3 putaran lebih kalo di bawahnya itu brebet..mesin mudah hidup..

    Yang jadi pertanyaan.
    1.busi hitam basah
    2.knalpot kluar asap putih tipis.

    Busi baru ganti beberapa jam ..hitam lagi..

    Mohon Sarannya bro.

    TerimaKasih.

    BalasHapus
  103. gan mau tanya nih.
    motor satria fu standart pake karbu king ukuran pj/mj 22,5/130 setelan klip jarum d no 2 dr bawah.
    bawah n atas udah enak tp d rpm 5000-7000 mesti brebet.
    kira" apanya ya gan????

    BalasHapus
  104. @MP 2007
    spuyer terlalu besar. jd hitam dan knalpot berasap tanda bensin tidak terbakar
    angin2 terbuka lebar jg indikasi terlalu bnyak bensin yg masuk
    coba main jet 108 saja

    @FU karbu king
    setara pj 17,5 RXS. bentuk sama. atau jupiter z (drat nya masih sama jadi masuk walau beda bentuk)
    38 itu pj keihin, mikuni tidak ada segitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Om minta sarannya
      Beat aku pke pe24 . Pj 102 mj 35 knlapot tsukigi
      Tapi knpa knalpot nmbak nmbak tpi tdk trlalu kncang sekali kencang nmbaknya di serati api biru om
      Apa pjnya kurang trun atau mj nya kurang naik
      Tlg om pencerahannya
      Dan saran yg pas buat harian dan perjlanan jauh
      Trmksh

      Hapus
  105. Mas mau nanya niih, anr punya mio sporty udah bote up 150cc, pengapian sdah oke smua. Trus pas tiba pakai karbu pe28 kok gk mau di gas secara spontan y? Sdah gonta ganti pj mj ny, msih blum ktmu, mhon pencerahannya y...
    Trims....

    BalasHapus
  106. Motor digas mendadak ada gejala ngok sesaat itu kenapa bos,,,warna busi normal,,,

    BalasHapus
  107. Tulisan yang bermanfaat dan menginspirasi, berbagi ulasan tentang perbaikan mobil dan motor Tutorial mengenai Ukuran PJ MJ Karburator

    BalasHapus
  108. Pak mw tanya...motor saya fu
    Boreup+stroke,cdi brt,karbu pwk28 pj/mj 50/125

    Klo pagi susah idup..klo mesin panas gampang idup

    Klo pagi kadang agak di tutup venturi karbu suka nyala...itu knapa ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengapian habis digeser maju? Kalau iya efeknya seperti itu.. kalau misal pengapian standar, bisa jadi kurang banyak bensin yg masuk, cek dulu dari warna busi dan setelan angin"

      Hapus
  109. maaf mau nanya ,, motor saya kalau habis di gas full terus gas di turunin dikit kog ada bunyi brebet ya ( waktu jalan), karbu pwk 28, pilot 38, main jet 115

    BalasHapus
    Balasan
    1. Warna busi gimana? Kalau Tengah nya hitam ya mj kebesaran

      Hapus
  110. Bro beat karbu gak bisa langsam,ada asap hitam tp gak tebel,busi hotam tdk basah,yang harus di ganti pj nya atau mj nya biar bisa langsam lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai karburator apa tuh? Sudah yakin setelan top timing benar, celah busi sesuai standar, posisi angin" berapa putaran?

      Hapus
  111. Kalau sepeda motor crypton main jet dan pilot jet yang standart ukuran berapa

    BalasHapus
    Balasan
    1. PJ 15, MJ 90
      Ada kok d posting saya yg lain

      Hapus
  112. Apa kabar mas?sy punya f1zr 2005. Knalpot bobok, porting sendiri.pengapian semua standar. Klau pake PJ 32,5 enak tapi klau mau hidupin motor harus di choke, MJ 130.klau pake PJ selain angka tsb gk enak gk ktmu motor kadang di gas sprti kehabisan benin.kira2 gmn y bosku?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya ada penyakit lain tuh misal membran sudah ga rapat..
      Jauh banget jetting nya...
      Atau klip jarum skep tidak pas juga pengaruh

      Hapus
  113. Mas motor saya honda blade.
    Saya sdh reamer kok tarikan nya kurang pas.
    Pertanyan saya g mna cara mengatasinya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang jadi pertanyaan reamernya seperti apa dulu itu?
      Cek warna busi apakah bisa coklat atau yg lain
      Putih kurang besar spuyer, hitam kebesaran.. selain spuyer juga perlu main jarum skep..

      Jika warna elektroda samping/atas berarti PJ nya, kalau yg tengah/dalam berarti MJ nya.. reamer memang ga simpel

      Hapus
  114. Mas motor saya F1Z 95 os 150,saat di geber 100km/h terus gas saya turunin malah mati sendiri padahal oli udah di borosin, mirip foging ๐Ÿคฃ kira kira pengaruh dari mj/pj b
    Padahal dulu waktu masih os 125 ga pernah mati tiba" begitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Main jet kurang besar, atau coba main klip jarum skep diturunkan 1 tingkat.. percuma oli diborosi malah ga lari motor

      Hapus
  115. Numpang tanya om, motor ane smash sr 110, seher oversize 50, porting, open filter, pj mj nya kira kira yang pas berapa ya? Soalnya kalo aali bawaan nya napas nya pendek banget terus cepet panas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Smash seingat saya 15/92.5 dan motor anda masih standar paling" naik 15/95 alias main jet 1 step.. cek warna busi bisa merah/coklat nggak

      Hapus
  116. Om mau tanya motr satria fu karbu stndar pj make 15 mj standar kalo mesin dinyalain awal gas besar sendiri trus brpa detik normal lagi.itu kira2 kurang apanya ya ?makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mirip motor matik honda yg pakai choke otomatis dong hehehe
      Kalau normal aja gpp, kemungkinan dari PJ naik step dan angin" kurang pas jadi gitu

      Hapus
  117. Mas motor saya megapro 2001
    Speck halusi lubng karbu dan knalpot
    Pakai pe 28
    Pjmj 40 105 klok langsam nya gk pas klok dintinggiin trun gas agaknlambat trut gas, klok di rendahka mati mati, putaran atas bawah tengah gk enk, saran pjmj yg pas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasa nya sih 38/110 enak.. kecuali dari karbu nya yg ga enak.. biasa diakali dari jarum

      Hapus
  118. Gan satria fu saya kan pake karbu rx king. Saat rpm kecil brebet tpi pas ditarik normal. Itu apanya ya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Antara angin2 kurang terbuka atau PJ terlalu besar

      Hapus
  119. Ga izin bertanya,motor GL100 modif jd trail & daleman udah dirombak makai karbu PE,yg jadi masalah jika gas full suara ngok..ngok...,kalau rpm bawah enak,warna busi hitam basah,trm kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karbu yg saya tidak suka, pe28
      Itu kebanyakan bensin yang masuk

      Hapus
  120. Mohon pencerahan,
    Saya pakai PE 26 (PJ=40 , MJ = 108 ) utk mio sporty 130 cc.Kendala yang saya hadapi :
    1. Busi hitam kering
    2. RPM tinggi tidak bisa dipanteng gas, karena ada gejala sperti kehabisan bensin , kadang plus ndut2 an

    Atas pencerahannya saya ucapkan terimakasih.

    BalasHapus
  121. Mhn pencerahan
    Scorpio 2004.. karbu atandar jarum pjmj standar angin di 3putaran, pas standby langsam digeber gas juga enak, giliran jalan buka gas 1/2 langsung drop kaya bensin habis, busi hitam semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Vakum nya sudah lemah mungkin? Karetnya ada bocor gitu misal

      Hapus
  122. Mas klo ukuran pj,mj udah tepat tp saat mesin dingin susah nyala kira2 apanya,??busi udah merah bata,t terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Busi/pengapian jelek atau kompresi banyak bocor

      Hapus
  123. Om mau tanya mio saya pake karbu pe 28 tp qlo dingin susah hidup , bisa hidup tp pas distart gk boleh digas penyebabnya apa yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek dari busi sebagai patokan.. hitam kebanyakan bensin, spuyer minta turun.. dan putih sebaliknya

      Hapus
  124. Mau tanya bang.

    Saya skrg pakai PJ 40 sudah enak, pas mesin dingin hanya sekali engkol mesin langsung hidup

    Nah trus saya mau eksperimen, kecilin lagi PJ nya, nyoba PJ 38, siapa tau bisa lebih irit kan.
    Kalau pakai PJ 38, ketika mesinnya panas normal saja,
    tapi ketika mesin dingin, hidupnya susah sekali. Harus dibantu chooke dan engkol 2-3x

    Jadi, sebenarnya tanda kalau pilot jet yang sudah pas itu kaya gimana ya?
    Yang saat dingin harus dichooke kalau dihidupkan.
    Atau yang saat dingin harus bisa diengkol tanpa di chooke?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mesin dingin semisal 1 minggu tidak digunakan itu wajar pakai choke

      Kalau cuma semalam saja dan suhu udara tidak terlalu dingin (misal bukan pegunungan) tanpa choke harus sudah hidup agar nyaman digunakan

      Sebaiknya PJ 40 saja sesuai kriteria yg disebutkan tadi

      Hapus
    2. Oke siap bang..

      Ohya bang mau nanya lagi, saya baca2 katanya PJ ukuran 38S itu lebih boros ya dibanding dgn PJ ukuran 38(tanpa S)?

      Apa bener?

      Hapus
  125. Mas mau ikut bertanya, motor saya mp 2011 saya ganti pakai karbu pe28 pakai mj/pj 115/38 jarum punya gl pro klip paling bawah.ketika digas spontan gitu brebet sampai mati tapi kalo digas pelan2 sampai full ok.kira2 ukuran mj/pj berapa ya mas yang sesuai untuk mp standar?

    BalasHapus
  126. Bang saya mau nanya.. Saya pakek satria fu standar., pakek karbu PE 28 BRT , pilot jet 48 MJ 125.. Penyebabnya lansamnya gak normal..sebelum d pakek lansangnya normal.. Habis d pakek lansung mati.. Ndak lansam lagi.. Mohon masukannya๐Ÿ™

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bongkar" lagi dulu
      Liat busi hitam nggak, kalau hitam spuyer terlalu besar..
      Setau saya jarang PJ MJ besar untuk Satria F standar

      Hapus
  127. Halo gan mau nanya nihh , ane pake f1zr os 175 , trus pasang karbu pe 24, setingannya belum nemu yg pas ,
    -sekarang pake pj 25 , mj 105
    -putaran angin 1/4 lebih dikit rpmnya baru naik, lebih dari itu rpmnya turun lagi
    -kalo motor kondisi dingin nyala agak susah harus dichoke dulu, lalu kalo pas langsam di lampu merah agak lama motor suka tiba tiba mau mati ,kalo mau start digas jalan berat.

    Kalo udah jalan di pantengin trus lepas gas , rpm turun kayak ga bersih ada teng teng tengnya , padahal setelan langsam udah di kecilin ,berarti seharusnya gimana ya setingannya? makasih gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu ciri pilot jet terlalu kecil.. naik 1 step lagi sepertinya dapat.. atau sekalian 2 step..

      Lepas gas ga bersih itu nembak nembak kekurangan bahan bakar

      Hapus
  128. Klok honda gl max mau xa di coke terus itu knpa ya pas di titup mati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi klep bocor, pilot screw d bawah kurang terbuka, atau pilot jet kekecilan

      Hapus
  129. Mas mau tanya, smash 110 oversize 175, pke karbu pe 24 pj mj yang enak kira kira berapa ukuran nya? Terus kan busi standar smash itu kode nya c6hsa, diganti jadi c7hsa itu efeknya apa mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dicari sendiri kombinasi pj mj nya.. tantangan nyetel karbu harus banyak stok pj mj
      Ganti busi c7hsa hampir tidak ada perubahan, hanya suhu pembakaran saja yang berbeda

      Hapus
    2. Kalau mesin pas dingin gas nya gede sendiri, pas panas langsam nya normal, itu kenapa mas?

      Hapus
    3. Bocor bisa, akibat angin palsu..
      Kalau busi warna apa? Indikasi bisa dilihat dari busi..
      Coba mainkan angin" karbu

      Hapus
    4. Kalau nanti di cek masih hitam juga, mau coba pj 34 mj 100. Menurut mas kekecilan atau engga? Soalnya busi nya hitam...

      Hapus
  130. Sblm nya pj pakai rojokan, mj 108, jarum skep bawaan posisi tengah

    Kondisi busi hitam legam

    Sekarang lagi coba pj 34 mj 108, busi belom sempet cek lagi warna nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hitam legam, pantes.. spuyer rojokan juga ga tau ukuran nya berapa
      Dicari aja kombinasi yang pas
      Harus stok spuyer banyak

      Hapus
    2. Update mas, saya coba pakai pj 38 mj 100, pas busi di buka, samping nya masih hitam dan ada kerak sisa pembakaran, tapi pas di bersihin kelihatan elektroda tengah nya kecoklatan, tapi sampingnya pas dibersihin masih hitam, berarti pilot nya kegedean ya mas?

      Saya sekarang coba pake pj 34, moga moga busi bisa coklat

      Hapus
    3. Silahkan dicoba saja..
      Kalau tengah sudah coklat, MJ kurang lebih sudah pas

      Kalau pj kebesaran terlihat dari angin" terbuka lebar sampai lepas pun ga ketemu rpm tinggi nya..

      Hapus
  131. Mas saya mau tanya, motor saya Jupiter MX new, blok BRT 62mm, noken as BRT type T2. Knalpot standar. Karbu saya pakai pe 26, cuma motor di gas g lgsg melesit, pakai jeda dulu baru naik. Pj/MJ nya ukuran bawaan.. pakai ukuran PJ dan MJ yg pas? Ada saran dr teman pj 38 MJ 90 ini kira2 gmn mas? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek busi warna apa.. kalau putih pj atau mj kekecilan..
      Kalau hitam kebesaran..
      Artikel saya dibaca lagi sebagai panduan
      Dan harus punya stok spuyer banyak kalau setting karbu

      Hapus
  132. Halo gan salam kenal, mau tanya, dulu satria f 150 ganti karbu pe 28 jarum jjh pj 38 mj 118 knalpot racing udah pas enak banget, nah stelah servis besar skalian porting polish, modif noken as, piston ukuran std tapi jenong, cdi brt, knalpot dan karbu msih sama tpi pj 42 mj 125, tarikan udah ngisi dri bawah ke menengah, menengah keatas ngisi tpi datar sprti nahan, apalagi pas masuk gigi 6 malah drop, mohon pencerahannya gan, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Busi coklat nggak? Kalau hitam main jet kebesaran

      Hapus
  133. Tanya Gan, saya KLX150 standar pakai PWL26 ori, PJMJ dan jarum skep pakai neotech. PJMJ gagda angkanya, tp hasil googling standar neotech PJ38 MJ108. Jarum skep di tengah2. Dipakai enak biasa, cuma ketika digas kontan mendadak gitu ngempos, dan stelan angin maunya cuma ¼ putaran. Ditutup penuh angin2nya mesin tidak begitu pengaruh/mati. Mohon pencerahannya. Trmksh. Oh iya, kalau punya channel youtube saya minta Gan, buat belajar. Trmksh

    BalasHapus
  134. Mas,,mohon pencerahan nya,,,punya fizr fullclucth,,tp karbu nya punya force one,,,atas nya nahan,,,kalo MJ nya diganti punya fullclucth,apakah PJ nya juga diganti,, trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dicoba saja.. memang yg bawaan pabrik paling pas untuk mesin standar ๐Ÿ˜‚

      Hapus
  135. Salam bang,
    Apresiasi banget abang masih rajin balesin pertanyaan2 pembaca sejak taun 2014 hingga skrg ๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    Sebenernya cara baca busi gimana sih bang? Kalo lingkarannya hitam, lalu bagian ujung dilengkungan putih itu artinya apa ya? Pj atau mj atau jarumnya yg kekeringan?

    BalasHapus