Ciri Pilot Jet Kebesaran/Kekecilan - Untuk menentukan ukuran spuyer yang pas pada karburator perlu patokan. Jika spuyer terlampau besar, maka bahan bakar hanya terbuang percuma dan power mesin akan ngedrop. Begitu pula jika spuyer terlampau kecil, maka mesin akan cepat panas dan juga performa tidak optimal. Berikut ciri dari setting pilot jet pada karburator motor.
- Mesin susah menyala
- Busi basah bensin
- Karburator dan intake manifold mengembun
- Knalpot berasap hitam
- Brebet ketika grip gas terbuka 0 - ½ putaran
- Angin-angin karburator terbuka penuh, mesin tidak mati
- Mesin susah menyala
- Busi kering
- Mesin menyala saat starter menggunakan choke
- Stationer mesin tinggi walau skep tertutup rapat
- Angin-angin karburator tertutup penuh, rpm tinggi
- Knalpot meledak-ledak
- Putar angin-angin karburator.
Apabila terbuka penuh masih timbul gejala brebet, ganti pilot jet yang lebih kecil. Apabila tertutup penuh mesin lebih teriak (rpm lebih tinggi), ganti pilot jet yang lebih besar. - Cek elektroda busi
Elektroda busi basah dan hitam kering menunjukkan bahwa pilot jet terlalu besar disertai angin-angin karburator yang belum disetting benar. Sebaliknya, elektroda busi putih kering menunjukkan bahwa pilot jet terlalu kecil disertai angin-angin karburator yang terlalu menutup. - Cek bukaan skep
Apabila brebet terjadi pada bukaan skep 0 - ½ putaran, maka benar ukuran pilot jet yang digunakan masih belum tepat. Apabila brebet terjadi pada bukaan skep ½ - 1 putaran, maka bukan pilot jet melainkan jarum skep maupun main jet yang mengalami trouble.
- Angin-angin karburator berada pada bukaan ½ - 2 putaran dari tertutup
- Mesin tidak mengalami gejala bandang (rpm tinggi walau skep menutup)
- Tidak ada ledakan di knalpot
- Elektroda busi samping berwarna merah bata/coklat
NB:
Kondisi di atas merupakan saat dimana mesin dalam kondisi sehat (tidak mengalami kebocoran klep, kompresi, induksi, dsb). Ciri di atas dapat digunakan ketika mengganti karburator maupun ubahan lainnya (knalpot, noken, dsb).
Mas motor saya mio udh 58 klep shogun motor tapi enggak enak , mau nempuh 100kpj ajah susah itu apanya ya mas ? , mohon bantuannya . :)
BalasHapusitu mio udah diubah blm knalpotnya? hehe
BalasHapuskalau belum diubah dlu ya bro, trus setel lg karbu nya
kalau sudah bs coba maen roller yg lebih berat
Mas motor satria fu saya gabisa di gas spontan langsung full harus di urut dulu gas nya kalo di gas langsung malah ngok , apanya ya
HapusMungkin vakum karbu eror, per skep lembek/dipotong, bisa juga ada bocor intake
HapusSudah mas tapi belum enak juga , apa gara2 pj dan mj saya standar ya ? , soalnya saya cari2 yang ukuran enggak ada , pj enaknya pake punya apa ? , dan mj enaknya pake punya apa mas ?
BalasHapusya iyalah kalau pj mj standar ga bakal lari cz kurang suplai bensin hehe
BalasHapussaya pkir diubah haha
pj mj pakai merk sprti Xtreme, kitaco, dll.
pj kira" 40 dan main jet coba 120..
kalau masih putih warna busi berarti blm pas..
Saya udh pake pj yang 45 enak bawahhnya ,tapi atasnya enggak enak enaknya pake ukuran berapa ya mjnya mas ?
BalasHapusya iyalah wong yg diubah biasanya mj nya kok..
BalasHapuspj jrg naik hehe
mnrut saya antara 40/120
tp kalau knalpot nya semakin lepas bisa jg 42/125
pkok ga ada patokan standarnya, jd tiap motor bs beda..
mas c800 Os150 pk win idealnya mj/pj brapa ya knalpot freeflow...tengky mas
BalasHapuspj mj bawaan win udah cocok bro.. hehe
Hapussetting klip jarum nya aja
Mas setelah setel karburator kok motor saya ngebul ya?,ngomong2 saya menggunakan klx cuma ganti knalpot dan KM baru 1400
BalasHapussetel karbu nya ganti spuyer nggk?
Hapusmotor yg ganti knalpot tipe freeflow akan cepat aus pada ring pistonnya..
Halogan...
BalasHapussaya pemilik yamaha scorpio z (juni 2010)
-knalpot standar
-cdi standar
-cc standar
-karburator pe28 thailand (jarum skep jjh, head nosel+nosel pwk #280)
problem :
- dengan klip di tingkat 4 (urutan ke 2 dari bawah), tarikan bawah-menengah "maknyuss", tarikan menengah-atas "flat", tapi busi jadi coklat basah, dan stasioner gak stabil (1400-1800rpm). pilot jet42 main jet115 air screw 1,25putaran.
- dengan klip di tingkat 3 / tengah (urutan ke 3 dari atas), tarikan menengah-atas "cukup berisi", busi jadi coklat, stasioner relatif lebih stabil tapi masih naik turun, tarikan bawah-menengah jadi "kosong". pilot jet42 main jet115 air screw 1,25putaran.
pertanyaan:
apa yang sebaiknya saya lakukan,
supaya stasioner stabil, tarikan bawah-menengah-atas berisi, busi coklat kering ?
menurut penilaian saya dlu ya bro:
Hapus1. warna elektroda busi yg tengah atau yg pinggir itu? yg pinggir buat indikasi PJ, yg tengah indikasi MJ
2. angin2 sudah pas atau hanya dikira2 saja 1.25 putaran? bukan mencari rpm stationer tertinggi? pakai rpm meter kalau ingin akurat..
pendapat saya bro:
1. MJ kurang besar, PJ terlalu besar..
kalau saya pj 38 mj 130
klip jarum di nomer 2 atau 3..
2. setelan angin2 karbu bukan harus 1-2 putaran, melainkan sebagai indikasi pj pas tidak dan setting final dari karburator
oke Gan..
Hapussaya perinci pertanyaannya per tahap ;
1. berapa km ideal pengecekan kondisi elektroda busi ?
2. bukankah yang dicek adalah warna elektroda busi yang dibawah kepala busi ? (yang kalau baru, warnanya masih putih kering)..karena saya belum paham maksud jawaban diatas, "warna elektroda busi yg tengah atau yg pinggir itu? yg pinggir buat indikasi PJ, yg tengah indikasi MJ".
3. apa efeknya ke performa mesin, bila saya bisa memakai settingan klip jarum skep paling bawah/paling boros, tapi elektroda busi tetap coklat ideal ?
tambahan :
sekarang saya pakai pj38||mj110||air screw 1,5 putaran||klip jarum skep ke-2 dari bawah||warna elektroda busi ; ujung depan atas coklat kering, ujung belakang dan body elektoda sampai bawah putih kering||stasioner mendekati stabil||starter engkol di pagi hari sangat mudah.
^_^
bro,, share aja nih
Hapussaya pakai jarum GL Pro Neo, klip plg bawah
PJ 45 dan MJ 145 bro... enak bgt, busi coklat mulai dr elektroda dlam sampai yg di ujung luar..
kalau busi udah coklat ya udah pas bro,, ideal dah atau pas..
busi kn ada 2 elektroda, yg tengah sama yg melengkung..
setting pj pada elektroda massa alias yg melengkung,
nah, yang saya maksud adalah elektroda busi yang warna putih di tengah (ini yang coklat cuma ujungnya aja), kalau body nya putih kering .
Hapusgiliran pasang pj40 dengan settingan yang sama, warna nya dah mulai kehitaman basah, dan waktu deselerasi malah knalpot nembak.
kayaknya pj yang pas ya antara 38-40 ini...
klip paling enak di posisi paling bawah dan kedua dari bawah.
hehehe...
ciri main jet krg besar,, bukan pilot jet nya lg..
HapusSalam kenal masbro,hehehe...
BalasHapusBro gw baru ngangkat grand '97 tapi bingung tipe karbunya.PB tapi di bawah tulisan KEIHINnya ada huruf Tnya.Katanya kw thailand ya?trus kok ukurannya lebih besar daripada punya ori grand ya?
Cara mengetahui tipe karbu itu gimana si?Apa dari no. seri yang ada di belakang-atas karbu ya?
Makasih sebelumnya,hehehehe....
ada foto nya nggk?
Hapusyah untuk identifikasi ori nggk dilihat secara fisik terlihat kok..
body karbu terasa berat, warna gelap, seri PB
Bro..udah tak kirim lewat email gambarnya,tau nyampe atau ga,hehe..
BalasHapusGw mo tanya lagi,tuh karbu PJnya 42 MJnya 75,normal ga?Soalnya larinya ndut2an/mbrebet pas gw gas stabil di gigi 3 & 4,bensin boros,meledak2 di knalpot,di selah langsung nyala (mo pagi/mo ga di pake seminggu tetep begitu) sama busi terlihat warna hitam pekat kering.
Sorry banyak nanya maklum masih newbie,hehehehe...
Makasih
sudah saya lihat, ori kok bro hanya sudah reamer hehe
Hapusitu angin2 karburator ketemu berapa putaran settingannya? kn dicari sampai rpm tertinggi nya bro hehe
menurut analisa saya mah pilot jet kebesaran, main jet kurang besar
alhasil motor kurang bertenaga sehingga boros bensin
Bos. Mtor ninja saya abis gnti knalpot tp ga da trikannya hrus gnti Pj sm Mj nya ya? Klo iya bgusnya pke ukuran brp? Tolong di bantu ya.hehe
BalasHapustiap knalpot beda lo hasilnya haha
Hapusini ninja R atau ninja RR? yg karbu keihin apa mikuni?
keihin coba 50/150
mikuni coba 25/270
Mas mau nanya dong, motor saya rxz mesin standar memakai knalpot standar racing, tarikan awal enak, tapi ga bisa langsung ngeeeenggg ada angin sedikit, untuk top speed hanya pd kecepatan 120kmpj .
BalasHapuspj 27.5 mj 210, bagaimana menurut mas? tq .
brarti kurang besar main jet nya.. seingat saya standar nya 220?
Hapuscoba diakal lewat klip jarum skep dlu
ga mas, standarnya memang 210 .
BalasHapusmales ngakalin langsung ganti 230 aj x ya?
untuk masalah di tarikan pertama gmn? apa pj trlalu besar? standarnya 22,5 saya pake 27,5 .
rata" saya setting karbu motor pj jrg berubah, main jet yg minta berubah
Hapuscoba aja dlu pj standar klip jarum ditaruh d posisi plg bwh.. krasa kok beda nya..
ntar beda lg kalau beli spuyer, cz msh blm pas lg ntar
thx deh mas .
BalasHapusbro...motor saya mengalami gejala RPM ga mau turun padahal skep kupu2 lancar menutup nya...(mesin sudah mengalami modif klep besar , papas noken , ganti knalpot , porting)
BalasHapusukuran pj dan mj sudah naik masing2 1 step dari ori nya
berarti klo dari pernyataan diatas bener ya bro PJ kurang besar ? ato knalpotnya kurang plong ? (saya pake silencer supertrapp ori u.s.a yg bisa disetel sendiri flow nya)
motor apa ya?
Hapuspenyebab lain nya bs jg intake bocor..
Gan, motor saya byson, baru ganti karbu mikuni rx king. Masalahnya saat akslerasi normal, bukaan gas dari 1/4 ke 1/2 brebet basah gitu, diatas 1/2 putaran baru yahud. Apa solusinya gan? Pilot jet masih bawaan karbu, kebesaran ya gan? Kalau ganti pilot jet F1ZR gmn?
BalasHapushanya pilot jet saja yang kebesaran..
Hapusbeda sama fizr
beli punya rxs sama.. ukuran 17.5 bro..
Masalah yg sama sperti byson sy..pake pj 17,5 mj 115..busi hitam pekat..klo semua normal..busi pakai brisk tetap hitam pekat..klo mau nurunin pj..pake punya motor apa ya yg jenisnya sama..??
HapusCoba turunkan jarum skep nya dulu dengan cara memindahkan klip jarum lebih ke atas
Hapusbro mo tanya motor ane nouvo z seher 54 knalpot standar bobok adem cam make after market merk qtt step 1 karbu make copotan ninja r 150(pwl)klip jarum d tengah pilot 38 main jet 105 seting angin2 ktemu 3/4 puteran udh teriak tinggi rpm.mtor larinya nga maksimal top speed cuma sanggup 100 mpe 110 dan itu pun lama nyampenye ane make roller 11 ma 8 gram..mo tanya MJ ma PJ yg pas dan puteran bawah nga galak atas juga lemot atau lama naeknya mohon pencerahannya
BalasHapuskalau elektroda busi sudah coklat bata brarti sudah pas setting karbu nya.
Hapusitu pilot jet udah pas bro.
roller lbh ringan dr standar top speed turun.
juga roller nggk seragam bobotnya bikin getar. 3-3 gitu yg bekerja cm 11 gram nya saja.
noken as qtt blm tahu karakter nya bro.
kalau ninja r pke pj 50 gmna om
BalasHapuskalau di perbesar tnpa ada modifikasi ya jd brebet. nggk nyaman
HapusTolong pencerahannya mas Novanto, motor saya (satria 2 tak) waktu masih pake knalpot standar (bobokan) tenaganya udh cukup ukuran spuyer pj 20/ mj 100... Tapi Setelah ganti knalpot samping merek ahrs scorpion ko atas nya jadi ngempos..... grip gas di tarik tapi tenaga atas kaya nahan, ngga keluar jambakannya mas... untuk penyelesaiannya, sya harus nambah mj ukuran brapa kira2 ? trims sebelumnya mas Novanda
BalasHapusmain jet jelas kurang, tepat nya kurang tahu.. coba aja langsung 110
Hapusmas bro,mau nanya dong,,,mtr ane byson,ane coba ganti karbu pe 28 biar bisa greng gitu,,,,masalahnya kalau open filter enak tu tarikannya pj mj 115/42,,,tapi pas pasang filter datang tu penyakit brebet di putaran menengah ke atas,,,,langsung gembos gt,,,minta pencerahannya dong mas bro
Hapushahaha penyakit karbu pe28 tuh.
Hapusuntuk mengakali hal tersebut dulu saya pakai jarum skep GL Pro. main jet disetting lg.
Itu jarum skep gl pro merk apa gan ?
HapusGan,minta tolong...
BalasHapusMotor saya vega r new
Seher kaze os 100 , karbu reamer full..
Pj 20 mj 120
Kondisi motor kalo dingin susah nyala..di gas dikit mati mesin nya..
Kalo dah normal..kadang gas dari 0 - 1/2 putaran mesin mau mati..
Itu kenapa ya gan..mohon bantuan nya..
Tq
reamer nya seperti apa?
BalasHapusskep pakai apa?
jarum nya?
coba lihat busi nya berwarna apa elektroda nya.
ntar aku tarik kesimpulan
Reamer lonjong,skep GL dan cuteaway ikutin blog agan novanda..
BalasHapusJarum skep pake bawaan vega r posisi tengah...
Busi hitam pekat...
Angin di buka 1/2 bisa jalan..tapi atas nya serasa ngambang dan naik nya lama..
terlalu boros itu.
BalasHapusmalah nggk lari lah..
coba klip jarum taruh lebih ke atas.
nggk tepat ngreamer km.. punya ku staioner enak
nyala enak
atasnya mantep.
tengahnya kurang boros dkit cz jarumnya nggk aku rubah haha :D
Udah di rubah gan...
BalasHapusKnalpot standar soal nya...
Skrng pake bobokan fu...
Enak atas bawah nya..kadang suka meleduk knalpot nye...takut nya enchant nya nih..mau di bongkar dah males..hahahahahah bsok aj dah..
Tq gan novanda..
Om aku punya Vega Zr 2011, Problem kalau pagi susah sekali nyala. Kalaupun nyala saat gas di tarik sedikit mbrebet,
BalasHapusSaya dah cek Kelistrikan Ok
Selang bahan bakar Ok
Karburator juga dah q bersihin.
Semua msh standar pabrik.
Kira2 apanya yg rusak dan mesti ganti ya?
Warna Busi Hitam kering :-(
Nb : Saya sempat tanya bengkel katanya Pj bawaan pabrik dah melar,haru ganti yg baru.apakah demikian om?
Di tuggu jwbnnya
Bs lgsg sms ke no q 087888375287
Makasih sebelumnya.
angin2 nya kurang terbuka mgkn..
BalasHapuspj standar e 17.5 dan jarang rusak kok
coba dicek jg kondisi membran ACV (karet hitam)
Ukuran angin berapa om, q pake 1 1/2 puteran bener ga?
HapusMembran ACU yg ad di karburator bkn om? Sebelah mananya
membran hitam di sisi kanan..
BalasHapusstandar e sekitar an segitu to lebih baik lg dicari yg suara mesin plg enteng dan tinggi
Q dah set angin hampir 2 puteran itu suara mesin plg enteng om. Q bw jalan, trz q diemin sm mesin hangat,dan sat q mw jalan lg gejalan mesin g mw hidup kambuh lg, q cek busi hitam basah, dan q cium bau bensin.
BalasHapusKira2 masalahnya apa y om?
Oy q pernah stel klep in 0.05 dan ex 0.06 sesuai standar. Karena slma 3tahun blm stel klep.
setel 0.08 dan 0.10 mm lebih nyaman..
BalasHapusbusi hitam basah bisa jd klep IN bocor dan gak bisa stationer mesin nya..
kalau membran ACV rusak juga gejala nya gini
Q msh blm paham sm yg namanya Membran ACU di vega zr aku om, baru dger soalnya, bentuk dan letaknya dimana?
HapusBiar q lihat msh ok p ga
ACV itu di body karbu nya, yg ada per nya di dlm.. cover nya plastik hitam. baut + 2 an
BalasHapusOm mw nanya dong, motor ane thunder 125, udah ganti karbu PE28 settingan pertama pjmj 110/35 oke, pas ane make sebulan enak, pas blakangan ini motor tiba ngegerung ga karuan, intek dah ane bli yg baru sama jh motor ane ngegerung ga karuan..tapi klo motor di gas langsung mati to motor
BalasHapuskarbu baru atau bekas nih?
BalasHapusmemang kurang bagus performa pe28 itu, tp sprti nya kendala di karbu yg agak soak.
mgkn masih bisa dibeneri dibeneri..
Mas mau tanya donx..motor saya satria f saya pake karbu pe28 knalpot freeflow,cdi brt,open filter,mesin masih standar smua cma ganti kampas n per kopling racing ajh..kira" setting pj mj yg pas d ukuran brpa y
BalasHapus38 115 aja dah
BalasHapusitu tergolong setting basah.
ga enak pe28 itu haha
Misi om...ane pengguna Gl pro neo.abis os dr 50 ke 75.karbu bawaan gl.pj/mj standar.awalnya udh langsam.tp stelah shari di pake,karbu gak mau respon. .stelan gas gak mau kecil..di gedein mau,tp di kecilin gak mau.kira2 apanya ya gan..
BalasHapusga mslah spuyer kok
BalasHapusmgkn karet intake ada yg bocor
atau angin2 kurang tepat.
bang.. saya mau nanya. sya punya mikuni TM 24. pj sma mj nya yg tepat ukuran berapa ya..?
BalasHapusbuat jalan pelan pd gigi 1 & 2 kok kya brebet2, tp buat gigi 3 smpai 4 enak.
spek motor supra x 125 piston kaze oz 100, noken kepras, CDi BRT, koil kwahara.
mohon pencerahannya bang
pilot jet terlalu besar.. sekarang spuyer pakai brapa?
BalasHapusbusi warna apa?
noken kepras lek jelek bisa jadi penyebab juga
awalnya stelah upgred mesin pake karbu PE 24 enakan bang. toop speed juga enakan. tp stelah beberapa bulan PE nya soak. trus sya beli bekas road race Mikuni TM 24. tp setingnya blum cocok bang. blum ketemu wktu di buat pelannya. soalnya kya mau mati gitu.
BalasHapusbusi hitam basah. pj ukuran 25 tp ada 1 helai lilitan di lobang, mj nya tulisannya hilang bang, pinggiran mj nya ky krepes.
terus harus gimana nih bang ngatasinnya
ganti pilot jet nya.. ukuran 17.5 saja..
BalasHapusmain jet nya ini yg susah, hahaha
enakan TM drpd pe.. trust me
trus mj nya harus pakei berapa bang klo gitu ..?
BalasHapusyg sekarang pakai brapa aja nggk jelas..
BalasHapussaya bukan dukun ini yg bisa nerawang..
kecuali sekarang saya pegang itu karbu dan motor, saya set kan, tentu bisa ketemu
Bos mau tanyak king saya pakai karbu pe 28 tapi kok setiap pagi di nyalain mesin suka teriak sendiri ia..?tolong infonya bos..
BalasHapuslah karbu nggk enak kok dipake.
BalasHapusya karena setting spuyer blm tepat dan juga ada kebocoran saluran masuk.
Bos mau tanyak kalu karbu berembun itu karena apa ia bos
BalasHapus-bisa jadi setelan angin2 ga pas
BalasHapus-klep IN bocor (membran di 2 tak)
-spuyer sudah diganti yg lebih besar
Bro motor syaa satria fu baru ganti karbu pe 28 pj/mj 35/110 stel angin 2putaran di gas ngok gt gas kosong.. klo dstel angin 1-1 1/2 di gas full kluar asap hitam pas saya coba tenaga dbawah itu enk pas menenga sma di atas datar gk ad tenaga dan jg rpm ny tdk tinggi sktr 6000 smpai 7000 dgass full itu mesin triak tp rpm naeik nya lambat.. solusi ny gmna bro? Asal bs langsam ,irit tp bertenaga di bawah mngh smpai atas
BalasHapusbiasa dah.. karbu pe28 itu ga enak
BalasHapusmau setting model apa aja percuma lek ga ganti jarum :D
hahaha
rata2 terlalu basah masih..
cek busi nya, hitam nggk tuh? kalau iya mending ganti jarum GL Pro lah yg plg mudah.. kw gpp.
ntar setting spuyer lg
Blom cek busi ny c...spti ny c hitam bos..soal nya liad dr angin knalot itu bau ny boros bgd ...brti gnti jarum nya dlo ya?bru nti spuyer ny dgnti lg....gl pro yg lama apa yg baru?
HapusBoss.. jarum ny dgnti gl pro it kncing ny yg urutan brp?
BalasHapusya dicari toh yg pas dmna
BalasHapusUda pake jarum gl pro..pake clip no 2 dr yg atas stel langsam 2 putaran gk bs dgas lgsg mati..clip no 3 dr atas stel langsam pas panas aj bru bs dgas..ud gnti main jet 120 dstel langsam putaran 2.5 gk bs dgas lgsg mati...busi item kering.. kendala ny apa lg bro?mohon solusi ny donk thx..
BalasHapusya belum pas..
BalasHapussetting terus dah..
busi hitam kering brarti masih ada yg terlalu besar antara pj atau mj.
kalau elektroda busi samping/atas yg hitam pj
yg tengah ya mj
jangan langsung gas mendadak, ya mati..
Misi om, mau nanya nich,, ukuran pj dan mj karbu keihin pe 28 ori japan,,untuk klx standar brp pas ny om?
BalasHapuscoba 35 dan 108. itu aja terasa basah
BalasHapusMau tanya mas bro.... motor saya megapro primus.... piston oversize 125... knalpot glpro bobokan.... pj 38 mj 110... gas dilepas terdengar letupan.... kira2 apa sebabnya.... mohon pencerahannya...
BalasHapus@unknown
BalasHapusmeletup bisa jadi terlalu miskin bensin/terlalu banyak
coba cek busi, kalau putih brarti kurang.
1. angin2 terlalu menutup = miskin
2. spuyer tidak pas, pilot jet krg besar (cirinya busi pinggir/atas putih), main jet mgkn kurang besar (tengah busi putih)
kalau hitam tinggal kecilkan
Saya punya karbu mikuni 28.pkean ninja
BalasHapusNah saya coba pkek ke gl pro neo
,tenyata settingnya basah.dan ad yang kopong.
Mj 150 pj 27.5
Bgusnya pkek mj smo pj brpa y?
Tlong informasinya
kopong dimana nya?
BalasHapusbrarti setting blm tepat. busi warna apa?
Misi suhu motor saya jupiter mx lama.
BalasHapusBor up vixion karbu pe28 cdi brt dual band.pj/mj yg pas ukuran berapa ya.
Mohon pencerahannya suhu
Misi om ,, motor ane kawasaki klx, udah di bor up, noken as nya udah di ganti, karbu pe 28, kira2 main jet dan pilot jet ukuran brp yg pas om? Tolong masukannya..
BalasHapusMisi om novandan, sya mau nanya, motor saya megapro 2005, udh papas noken as. Pas abis papas noken motor pake karbu standar ori nya, pj 40 mj 110 tarikan enak tapi pas lepas gas nembak2, terus sya ganti mj 112 motor udh gak nembak2 tapi pas gas setngah puteran trus sya gas lagi mau ngebut agak ngok kaya gas kosong, setelah itu baru ngacir om. Itu masalahnya apa ya om
BalasHapuskira2 38 dan 108 bisa jadi. setting lg aja cari yg sesuai kebutuhan mesin
BalasHapus@MP 2005
BalasHapusbisa jadi setting karbu nggk pas
bukan hanya spuyer tp angin2 bro
Terimakasih masukkannya om, sekarang pakai 48 dan 115, apa kegedean tu ya om?
BalasHapusKalo setel gas pada karbu standar mp itu berapa puteran om
BalasHapusbyuh kebesaran pake banget nget bro..
BalasHapusPJ jarang banget naik, paling cuma maks 42. naik nya MJ 2-4 step
standar e ae 38 dan 108.
angin nya kira2 1,5-2 putaran, gmpgnya cari rpm tertinggi tanpa merubah bukaan skep.
Om kalo fu 65.5 + stroke up 3mm yamg pas pj mj pe 28 brp om skarg pake 120 38(belom diganti dr naek mesin)
BalasHapuslah hasil nya gimana? ada gejala jeda nggk?
BalasHapusbusi kalau sudah merah/coklat sudah pas
Om saya mau tanya...
BalasHapusSaya penqquna mx, mesin udab 150cc an
Dan saya pake pwk, standar pj mj nya 40/142 enak di putaran bawah, tpi atas nya enqok, trus saya qanti mj nya menjadi 122 pj nya masih 40, di bawah enqok, tpi atas nya enak, yq jadi pertanyaan, pake pj mj ukuran brapa, biar atas bawah enak.? Di bikin setinq basah.?
coba pj nya naik jadi 45 atau 48 dengan main jet tetap 122
BalasHapusmasbro, motor mx saya pakai pwk 28 setting pj 55/ mj 115, jarum klip yang tengah
BalasHapuskalau habis deselrasi skep tertutup, saya buka tiba2 masih ada jeda telat
kalau habis digeber top speed warna pinggiran busi hitam, yang tengah putih
ada saran mas??
itu sepertinya PJ terlalu besar, MJ terlalu kecil.
BalasHapushaha
Mas bro minta sarannya motor sy F1zr 2003 standart cma dpt topspeed 90 kmh pakai PJ 22,5 n MJ 110 KTC tarikan pd gigi 1 pendek bgt, cek busi dah merah bata, knalpot standar bedel, kira2 perlu PJ/MJ berapa yg pas? dan kalau ganti pakai busi NGK GPower (platinium) cocok n bagus ngk?
BalasHapusMJ standar e 130.
BalasHapusjadi kurang bisa main waktu gas pol
Mau nanya nih om . Saya punya mio mesin 58 trus kok kalo pas brenti brebet dan pas jalan diturunin gasnya mledak . Itu apanya ya om . Minta solusinya
BalasHapusspuyer pake berapa? karbu apa?
BalasHapusbusi hitam terlalu bnyak bensin yg masuk, kalau putih kurang bos
Maaf mas mau tanya,mtr sy scorpio standart sy pakai karbu pe 28 jarum scep gl pro neo posisi di clip no 4 dari ats mj 118 pj 45,kendala nya pada waktu jalan pelan di km 40-60 terasa tersendal sendal dan knalpot kadang nembak( knalpot msh standart) tp pas waktu buat kebut2an gak ada ada msl,bukaan angin 1 1/2 putaran,itu kenapa ya mas mohon pencerahanya.terimakasih
BalasHapusbang motor saya beat bor up 125cc knalpot aftrmarkt
BalasHapusklo pakai karbu pe24 , spuyr yg cocok ukuran brp..?
busi hitam ga? pertanda kebanyakan bensin kalau hitam
BalasHapuskalau putih kurang besar main jet
scorpio temen pakai pe28 jarum std e. pj 42 std, mj nya lupa.
memang kurang mantep pe28 itu
@beat 125
BalasHapuskira" 38 dan 108
Gan, klo Scorpio th 2013 pake karbu PWK 28 MJ n PJ buat Patokan brp ya?? Mohon pencerahanya
BalasHapusgan
BalasHapussatria fu saya udah korkan lobang in outnya
karbu pe tpi brebet trus
ukuran main jet sma pilot jet yg pas brapa ya gan
mohon bantuannya
Mas mau tanya ini...
BalasHapusmotor sya stria f 150
spek cdi brt hypermax karbu pe 28 pj/mj 38/118 knlpot stndar
tp top speed ko ga nambah ya mentok di 135 aja...misal gigi 5 bisa 125kpj tp gigi 6 nya biasanya mntok 130 itu pun susah payah bgt
itu ngaruh di pj/mj atau apabya..?
dr pengalaman all standart (bawaan pabrik)
Hapusoli pake motul
premium : 135
pertamax: 139
pertamax plus : 143
shell : 146
itu udah gas mentok gan
Gan mau nanya ukuran yg pas buat PJ sm MJ di byson ane, untuk specs nya hanya baru ganti knalpot R9, Cdi BRT sm ganti karbu PE 28 thailand punya.
BalasHapusKarena saat ini knalpot mengeluarkan asap hitam dan agak brebet jika di tahan gas nya di rpm rendah..
Makasih sebelumnya
terlalu besar pilot jet nya itu..
BalasHapusbiasa nya di satria F 38/110
bisa" lebih kecil dr itu di byson
Om mohon pencerahan nya , motor saya satria fu 2013 ,spek seher 0 cuma main porting, champ main drajat , karbu saya pakai koso 28, pj 50 mj 128 , kendala nya di gigi 5 motor selalu brebet , apa pj / mj nya yg kurang besar ya...
BalasHapusGan mau tanya nihh,saya punya cb 100 mesin orisinil cdi rc 100.
BalasHapusMau pake karbu pe 28 enaknya pake mj/pj berapa yahh ?.
Makasih
mas mtor sy vega zr,kalau lg jalan plan tiba2 gas ditutup mlh kenalpotnya nembak2 itu gmn ya? apa masalah ada pd pilot jet? mkch
BalasHapusbukan bro..
BalasHapusAIS nya dimatikan aja..
caranya disumbat selang dr filter ke alat AIS..
Mas motor saya ninja rr karbu mikuni. Blok ama head udah di korek. Pake main jet 260 tapi saat di gas di tempas saat putaran gas full rpm atasnya gak capai 13. Suara rpm atasnya kayak kehilangan tenaga. Minta saran.
BalasHapuslimit nya apa ga 12rb rpm?
BalasHapusGan mau nanya. Motor saya honda beat. Piston opersia 100 punya vario. Karbu punya mio. Pj 40 mj 108. Kendalanya kalau gas fulll diturunin di gaa lagi ada bunyi ceess(angin) kaya bengsin telat. Itu apanya yaa gan???
HapusMas bro mau nanya saya pnya mio soul 2009.kalo knalpot saya suka nembak2 knp ya?pdahal sudah pake spuyer ukuran standar 110.dan tarikannya agak nahan?
BalasHapusBos motor saya force one pj 17,5 gigi 1 gerebet gigi dua dan seterusnya g ada tenaga harus pake pj ukuran berapa
BalasHapus@avrian virgo
BalasHapusblok mesin nya ganti dengan yg porting standar.. itu blok km sudah salah pengerjaan
@chamben
BalasHapuspj mj kembali ke standar nya saja 35/100
selain itu mungkin fungsi AIS rusak. dimatikan saja
Motor supra saya 125cc. Karbu pwl remer 32. Kalo tarik gas pelan motor berebet. Tapi kalo di gas langsung lancar. Karbu suka ngembun. Busi cepet mati. Solusinya apa ya..
BalasHapusRumus menghitung ukuran spuyer gimana ya gan
BalasHapusMas minta solusi dong .. Motor saya grand mesin udah pake seher kaza os100 klep sonic kubah klep oval tp buat lari ngejer absolute revo standar susah banget .. Terus karbu pe28 nya juga malah berembun
BalasHapusmas bro motor saya suzuki matik hayate pake karbu standar mikuni BS26 pj 12,5 dan mj 130, sampai saat ini tidak ada masalah tapi bisa gak supaya di kecepatan rendah dibawah 40km/j putaran mesin bisa lebih rendah dari 4500an rpm dengan mengganti pj dr 12,5 naik 1 step jadi 15, ngaruh gak dengan menaikan pj saja ?
BalasHapusbusinya hitam ya?
BalasHapuspilot jet ganti yg lebih kecil lg..
@hayate
BalasHapusmalah menaikkan pj bisa meninggikan rpm drpd itu untuk lari segitu.
karena tenaga nya malah turun akibat kebanyakan bb
gan motor saya kok pas di gas bunyi nguoookkk gtu yaa?? ? Posisi filter dibuka.
Hapuskemasukan udara dr tanpa box filter bisa.
BalasHapusilang pengapian jg bisa
min mau tanya nih
BalasHapusmotor saya satria fu (2013)
karbu ori udah soak skrng ganti pke punya king.
kata mbah gugel ukuran pj mj pke punya tiger.
lha pas saya ganti ternyata bentuk pj beda.
pertanyaannya pj punya motor apa yg bentuk na sama tp ukuran 38????
trus setting angin" brpa putaran ya????
matur nuwun
"Mohon Ijin" bro Novan
BalasHapusMotor saya megapro th 2007..mesin udah up.dan knalpot bedelan..sebelumnya pake karbu standart normal. Busi merah bata..setelah ganti karbu Tiger revo yang udah rubahan SKEPAN...mj/pj 115/38...angin2 3 putaran lebih kalo di bawahnya itu brebet..mesin mudah hidup..
Yang jadi pertanyaan.
1.busi hitam basah
2.knalpot kluar asap putih tipis.
Busi baru ganti beberapa jam ..hitam lagi..
Mohon Sarannya bro.
TerimaKasih.
gan mau tanya nih.
BalasHapusmotor satria fu standart pake karbu king ukuran pj/mj 22,5/130 setelan klip jarum d no 2 dr bawah.
bawah n atas udah enak tp d rpm 5000-7000 mesti brebet.
kira" apanya ya gan????
@MP 2007
BalasHapusspuyer terlalu besar. jd hitam dan knalpot berasap tanda bensin tidak terbakar
angin2 terbuka lebar jg indikasi terlalu bnyak bensin yg masuk
coba main jet 108 saja
@FU karbu king
setara pj 17,5 RXS. bentuk sama. atau jupiter z (drat nya masih sama jadi masuk walau beda bentuk)
38 itu pj keihin, mikuni tidak ada segitu
Om minta sarannya
HapusBeat aku pke pe24 . Pj 102 mj 35 knlapot tsukigi
Tapi knpa knalpot nmbak nmbak tpi tdk trlalu kncang sekali kencang nmbaknya di serati api biru om
Apa pjnya kurang trun atau mj nya kurang naik
Tlg om pencerahannya
Dan saran yg pas buat harian dan perjlanan jauh
Trmksh
Mas mau nanya niih, anr punya mio sporty udah bote up 150cc, pengapian sdah oke smua. Trus pas tiba pakai karbu pe28 kok gk mau di gas secara spontan y? Sdah gonta ganti pj mj ny, msih blum ktmu, mhon pencerahannya y...
BalasHapusTrims....
Motor digas mendadak ada gejala ngok sesaat itu kenapa bos,,,warna busi normal,,,
BalasHapusTulisan yang bermanfaat dan menginspirasi, berbagi ulasan tentang perbaikan mobil dan motor Tutorial mengenai Ukuran PJ MJ Karburator
BalasHapusPak mw tanya...motor saya fu
BalasHapusBoreup+stroke,cdi brt,karbu pwk28 pj/mj 50/125
Klo pagi susah idup..klo mesin panas gampang idup
Klo pagi kadang agak di tutup venturi karbu suka nyala...itu knapa ya...
Pengapian habis digeser maju? Kalau iya efeknya seperti itu.. kalau misal pengapian standar, bisa jadi kurang banyak bensin yg masuk, cek dulu dari warna busi dan setelan angin"
Hapusmaaf mau nanya ,, motor saya kalau habis di gas full terus gas di turunin dikit kog ada bunyi brebet ya ( waktu jalan), karbu pwk 28, pilot 38, main jet 115
BalasHapusWarna busi gimana? Kalau Tengah nya hitam ya mj kebesaran
HapusBro beat karbu gak bisa langsam,ada asap hitam tp gak tebel,busi hotam tdk basah,yang harus di ganti pj nya atau mj nya biar bisa langsam lagi
BalasHapusPakai karburator apa tuh? Sudah yakin setelan top timing benar, celah busi sesuai standar, posisi angin" berapa putaran?
HapusKalau sepeda motor crypton main jet dan pilot jet yang standart ukuran berapa
BalasHapusPJ 15, MJ 90
HapusAda kok d posting saya yg lain
Apa kabar mas?sy punya f1zr 2005. Knalpot bobok, porting sendiri.pengapian semua standar. Klau pake PJ 32,5 enak tapi klau mau hidupin motor harus di choke, MJ 130.klau pake PJ selain angka tsb gk enak gk ktmu motor kadang di gas sprti kehabisan benin.kira2 gmn y bosku?
BalasHapusSepertinya ada penyakit lain tuh misal membran sudah ga rapat..
HapusJauh banget jetting nya...
Atau klip jarum skep tidak pas juga pengaruh
Mas motor saya honda blade.
BalasHapusSaya sdh reamer kok tarikan nya kurang pas.
Pertanyan saya g mna cara mengatasinya mas
Yang jadi pertanyaan reamernya seperti apa dulu itu?
HapusCek warna busi apakah bisa coklat atau yg lain
Putih kurang besar spuyer, hitam kebesaran.. selain spuyer juga perlu main jarum skep..
Jika warna elektroda samping/atas berarti PJ nya, kalau yg tengah/dalam berarti MJ nya.. reamer memang ga simpel
Mas motor saya F1Z 95 os 150,saat di geber 100km/h terus gas saya turunin malah mati sendiri padahal oli udah di borosin, mirip foging 🤣 kira kira pengaruh dari mj/pj b
BalasHapusPadahal dulu waktu masih os 125 ga pernah mati tiba" begitu
Main jet kurang besar, atau coba main klip jarum skep diturunkan 1 tingkat.. percuma oli diborosi malah ga lari motor
HapusNumpang tanya om, motor ane smash sr 110, seher oversize 50, porting, open filter, pj mj nya kira kira yang pas berapa ya? Soalnya kalo aali bawaan nya napas nya pendek banget terus cepet panas
BalasHapusSmash seingat saya 15/92.5 dan motor anda masih standar paling" naik 15/95 alias main jet 1 step.. cek warna busi bisa merah/coklat nggak
HapusOm mau tanya motr satria fu karbu stndar pj make 15 mj standar kalo mesin dinyalain awal gas besar sendiri trus brpa detik normal lagi.itu kira2 kurang apanya ya ?makasih
BalasHapusMirip motor matik honda yg pakai choke otomatis dong hehehe
HapusKalau normal aja gpp, kemungkinan dari PJ naik step dan angin" kurang pas jadi gitu
Mas motor saya megapro 2001
BalasHapusSpeck halusi lubng karbu dan knalpot
Pakai pe 28
Pjmj 40 105 klok langsam nya gk pas klok dintinggiin trun gas agaknlambat trut gas, klok di rendahka mati mati, putaran atas bawah tengah gk enk, saran pjmj yg pas
Biasa nya sih 38/110 enak.. kecuali dari karbu nya yg ga enak.. biasa diakali dari jarum
HapusGan satria fu saya kan pake karbu rx king. Saat rpm kecil brebet tpi pas ditarik normal. Itu apanya ya gan
BalasHapusAntara angin2 kurang terbuka atau PJ terlalu besar
HapusGa izin bertanya,motor GL100 modif jd trail & daleman udah dirombak makai karbu PE,yg jadi masalah jika gas full suara ngok..ngok...,kalau rpm bawah enak,warna busi hitam basah,trm kasih
BalasHapusKarbu yg saya tidak suka, pe28
HapusItu kebanyakan bensin yang masuk
Mohon pencerahan,
BalasHapusSaya pakai PE 26 (PJ=40 , MJ = 108 ) utk mio sporty 130 cc.Kendala yang saya hadapi :
1. Busi hitam kering
2. RPM tinggi tidak bisa dipanteng gas, karena ada gejala sperti kehabisan bensin , kadang plus ndut2 an
Atas pencerahannya saya ucapkan terimakasih.
Antara kebesaran spuyer atau klep bocor
HapusMhn pencerahan
BalasHapusScorpio 2004.. karbu atandar jarum pjmj standar angin di 3putaran, pas standby langsam digeber gas juga enak, giliran jalan buka gas 1/2 langsung drop kaya bensin habis, busi hitam semua
Vakum nya sudah lemah mungkin? Karetnya ada bocor gitu misal
HapusMas klo ukuran pj,mj udah tepat tp saat mesin dingin susah nyala kira2 apanya,??busi udah merah bata,t terima kasih sebelumnya
BalasHapusBusi/pengapian jelek atau kompresi banyak bocor
HapusOm mau tanya mio saya pake karbu pe 28 tp qlo dingin susah hidup , bisa hidup tp pas distart gk boleh digas penyebabnya apa yah
BalasHapusCek dari busi sebagai patokan.. hitam kebanyakan bensin, spuyer minta turun.. dan putih sebaliknya
HapusMau tanya bang.
BalasHapusSaya skrg pakai PJ 40 sudah enak, pas mesin dingin hanya sekali engkol mesin langsung hidup
Nah trus saya mau eksperimen, kecilin lagi PJ nya, nyoba PJ 38, siapa tau bisa lebih irit kan.
Kalau pakai PJ 38, ketika mesinnya panas normal saja,
tapi ketika mesin dingin, hidupnya susah sekali. Harus dibantu chooke dan engkol 2-3x
Jadi, sebenarnya tanda kalau pilot jet yang sudah pas itu kaya gimana ya?
Yang saat dingin harus dichooke kalau dihidupkan.
Atau yang saat dingin harus bisa diengkol tanpa di chooke?
Kalau mesin dingin semisal 1 minggu tidak digunakan itu wajar pakai choke
HapusKalau cuma semalam saja dan suhu udara tidak terlalu dingin (misal bukan pegunungan) tanpa choke harus sudah hidup agar nyaman digunakan
Sebaiknya PJ 40 saja sesuai kriteria yg disebutkan tadi
Oke siap bang..
HapusOhya bang mau nanya lagi, saya baca2 katanya PJ ukuran 38S itu lebih boros ya dibanding dgn PJ ukuran 38(tanpa S)?
Apa bener?
Mas mau ikut bertanya, motor saya mp 2011 saya ganti pakai karbu pe28 pakai mj/pj 115/38 jarum punya gl pro klip paling bawah.ketika digas spontan gitu brebet sampai mati tapi kalo digas pelan2 sampai full ok.kira2 ukuran mj/pj berapa ya mas yang sesuai untuk mp standar?
BalasHapusBang saya mau nanya.. Saya pakek satria fu standar., pakek karbu PE 28 BRT , pilot jet 48 MJ 125.. Penyebabnya lansamnya gak normal..sebelum d pakek lansangnya normal.. Habis d pakek lansung mati.. Ndak lansam lagi.. Mohon masukannya🙏
BalasHapusBongkar" lagi dulu
HapusLiat busi hitam nggak, kalau hitam spuyer terlalu besar..
Setau saya jarang PJ MJ besar untuk Satria F standar
Halo gan mau nanya nihh , ane pake f1zr os 175 , trus pasang karbu pe 24, setingannya belum nemu yg pas ,
BalasHapus-sekarang pake pj 25 , mj 105
-putaran angin 1/4 lebih dikit rpmnya baru naik, lebih dari itu rpmnya turun lagi
-kalo motor kondisi dingin nyala agak susah harus dichoke dulu, lalu kalo pas langsam di lampu merah agak lama motor suka tiba tiba mau mati ,kalo mau start digas jalan berat.
Kalo udah jalan di pantengin trus lepas gas , rpm turun kayak ga bersih ada teng teng tengnya , padahal setelan langsam udah di kecilin ,berarti seharusnya gimana ya setingannya? makasih gan...
Itu ciri pilot jet terlalu kecil.. naik 1 step lagi sepertinya dapat.. atau sekalian 2 step..
HapusLepas gas ga bersih itu nembak nembak kekurangan bahan bakar
Klok honda gl max mau xa di coke terus itu knpa ya pas di titup mati
BalasHapusBisa jadi klep bocor, pilot screw d bawah kurang terbuka, atau pilot jet kekecilan
HapusMas mau tanya, smash 110 oversize 175, pke karbu pe 24 pj mj yang enak kira kira berapa ukuran nya? Terus kan busi standar smash itu kode nya c6hsa, diganti jadi c7hsa itu efeknya apa mas?
BalasHapusDicari sendiri kombinasi pj mj nya.. tantangan nyetel karbu harus banyak stok pj mj
HapusGanti busi c7hsa hampir tidak ada perubahan, hanya suhu pembakaran saja yang berbeda
Kalau mesin pas dingin gas nya gede sendiri, pas panas langsam nya normal, itu kenapa mas?
HapusBocor bisa, akibat angin palsu..
HapusKalau busi warna apa? Indikasi bisa dilihat dari busi..
Coba mainkan angin" karbu
Kalau nanti di cek masih hitam juga, mau coba pj 34 mj 100. Menurut mas kekecilan atau engga? Soalnya busi nya hitam...
HapusSblm nya pj pakai rojokan, mj 108, jarum skep bawaan posisi tengah
BalasHapusKondisi busi hitam legam
Sekarang lagi coba pj 34 mj 108, busi belom sempet cek lagi warna nya
Hitam legam, pantes.. spuyer rojokan juga ga tau ukuran nya berapa
HapusDicari aja kombinasi yang pas
Harus stok spuyer banyak
Update mas, saya coba pakai pj 38 mj 100, pas busi di buka, samping nya masih hitam dan ada kerak sisa pembakaran, tapi pas di bersihin kelihatan elektroda tengah nya kecoklatan, tapi sampingnya pas dibersihin masih hitam, berarti pilot nya kegedean ya mas?
HapusSaya sekarang coba pake pj 34, moga moga busi bisa coklat
Silahkan dicoba saja..
HapusKalau tengah sudah coklat, MJ kurang lebih sudah pas
Kalau pj kebesaran terlihat dari angin" terbuka lebar sampai lepas pun ga ketemu rpm tinggi nya..
Mas saya mau tanya, motor saya Jupiter MX new, blok BRT 62mm, noken as BRT type T2. Knalpot standar. Karbu saya pakai pe 26, cuma motor di gas g lgsg melesit, pakai jeda dulu baru naik. Pj/MJ nya ukuran bawaan.. pakai ukuran PJ dan MJ yg pas? Ada saran dr teman pj 38 MJ 90 ini kira2 gmn mas? Thanks
BalasHapusCek busi warna apa.. kalau putih pj atau mj kekecilan..
HapusKalau hitam kebesaran..
Artikel saya dibaca lagi sebagai panduan
Dan harus punya stok spuyer banyak kalau setting karbu
Halo gan salam kenal, mau tanya, dulu satria f 150 ganti karbu pe 28 jarum jjh pj 38 mj 118 knalpot racing udah pas enak banget, nah stelah servis besar skalian porting polish, modif noken as, piston ukuran std tapi jenong, cdi brt, knalpot dan karbu msih sama tpi pj 42 mj 125, tarikan udah ngisi dri bawah ke menengah, menengah keatas ngisi tpi datar sprti nahan, apalagi pas masuk gigi 6 malah drop, mohon pencerahannya gan, terima kasih
BalasHapusBusi coklat nggak? Kalau hitam main jet kebesaran
HapusTanya Gan, saya KLX150 standar pakai PWL26 ori, PJMJ dan jarum skep pakai neotech. PJMJ gagda angkanya, tp hasil googling standar neotech PJ38 MJ108. Jarum skep di tengah2. Dipakai enak biasa, cuma ketika digas kontan mendadak gitu ngempos, dan stelan angin maunya cuma ¼ putaran. Ditutup penuh angin2nya mesin tidak begitu pengaruh/mati. Mohon pencerahannya. Trmksh. Oh iya, kalau punya channel youtube saya minta Gan, buat belajar. Trmksh
BalasHapusMas,,mohon pencerahan nya,,,punya fizr fullclucth,,tp karbu nya punya force one,,,atas nya nahan,,,kalo MJ nya diganti punya fullclucth,apakah PJ nya juga diganti,, trims
BalasHapusDicoba saja.. memang yg bawaan pabrik paling pas untuk mesin standar 😂
HapusSalam bang,
BalasHapusApresiasi banget abang masih rajin balesin pertanyaan2 pembaca sejak taun 2014 hingga skrg 👍👍
Sebenernya cara baca busi gimana sih bang? Kalo lingkarannya hitam, lalu bagian ujung dilengkungan putih itu artinya apa ya? Pj atau mj atau jarumnya yg kekeringan?