Selasa, 15 Juli 2014

Perhitungan Dasar Oprek Mesin Motor ala Freecharz

Perhitungan Dasar Oprek Mesin Motor ala Freecharz 

perhitungan mesin di excel
Gambar di atas merupakan contoh perhitungan excel untuk memudahkan pencarian data yang nantinya digunakan sebagai acuan dasar modifikasi mesin motor. Dengan perhitungan yang matang, kita dapat menentukan arah modifikasi motor dengan baik dan benar. Seperti pada program excel yang telah saya bangun, terdapat berbagai perhitungan untuk motor 2 tak maupun 4 tak. Perhitungan yang ada pada program excel saya adalah sebagai berikut.
  • perhitungan kapasitas mesin
  • penentuan diameter klep SOHC & DOHC
  • piston speed
  • venturi karbu
  • batas maksimum piston
  • rasio gearbox
  • top speed teoritis
  • rasio kompresi statis
  • rasio kompresi dinamis 2 tak & 4 tak
  • durasi mesin 2 tak
  • squish
  • batas lebar exhaust 2 tak
Mudah-mudahan dengan program ini, saya dapat mengajarkan bahwa modifikasi mesin bukanlah suatu kebiasaan mengganti part yang tidak ada dasarnya, melainkan suatu karya seni yang berbeda di tiap pencipta nya.

11 komentar:

  1. om boleh dong bagi perhitungan excelnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe jngan bro..
      ga akurat msh, hanya sebagai patokan agar tdk meleset..
      dasar2 rumusnya dari e-book dan rumus umum yg akurat

      Hapus
  2. Bagi via inbox dong om lagi belajar teorinya nih ga akurat juga gpp biar jadi bahan pelajaran om

    BalasHapus
  3. Bang kalo supri 2002 ku udah ideal blum ?
    Diameter Piston : 52mm (jupie os 100 jenong)
    Langkah Piston : 55mm (Kruk as garuda)
    Volume Silinder : 116,7cc
    Diameter Liner : -Dalam = 52mm, -Luar = 54,2
    Klep : -In = 21 -Ex = 19
    Gear : 33-15
    Nafas gear :
    1st -> 40kpj
    2nd -> 70kpj
    3rd -> 90kpj
    4th -> 110kpj
    Kompresi : Cara hitungnya gimana ??? Volume Kubah / R.Bakar ttep, tp paking tengah 3 lembar
    Karbu : HSX 125
    Knalpot : Vega R (leher tetap) saringan udh bobokan freeflow

    Mohon jawabannya bang Novanda :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. liner e tipis bener 1 mm? masih standar ya? awas rawan panas..
      klep standar nya 23/20 mm. harusnya biar enak pakai smash 25/22
      untuk rasio kompresi bnyak artikel nya bisa di baca2 lg..
      kasihan ini mesin.

      Hapus
  4. Linernya msh sisa 2,2mm, 54,2 - 52, klep std grand / supra 21-19 legenda/sufit 23-20
    Ganti klep brp ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu artinya sisa 1 mm broh -_-
      wong std e cuma bisa piston 51 mm
      yo piston 52 klep 26/22

      Hapus
  5. Ha kok sisa 1 mm ? Bisa mas, sumpah ini pake piston jupie os 100, kan datar, trus aku bawa ke tukang kolter ditipisin pinggirnya, tp tghnya ttep + dibuatin lg coakan klepnya.
    Klep segitu buat touring aman gk bang ?
    soalnya sering buat jalan jauh,
    oh iya, pake koil hsx 125 jd irit, mau coba buat HCS kyk punya ente bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. sumpah km ngukur kan selisih diameter luar dan dalam liner kan?
      itu dibagi 2 = sisa tebal liner
      jadi 2.2 itu artinya tebal linermu 1.1 mm
      tak jamin rawan panas/pecah aplg touring'an..
      standar bloknya cuma tahan os 100 itupun dah rawan panas
      hahaha

      iya pistonnya udah bener itu.. :p

      Hapus
    2. Owh gitu ya bang,
      makanya aku pake karbu hsx 125, soalnya pake std nya cpet panas, kering.
      Karbu hsx 125 lumayan boros karena main jetnya digedein biar gk terlalu cpet panas,
      trus jalur cdi ke koil aku pasang kapasitor 12V (4700) hasilnya dr Petalite 20rb 3hari jadi bisa dipake 5hari
      Kalo dikasih HCS perlukah menyesuaikan lg PJ MJ nya ???

      Hapus