Batas Bore Up Vario 110 Liner/Boring Standar - Pemilik Vario lawas yang berkapasitas mesin 108 cc pun juga dapat menaikkan cc mesin nya. Beberapa takut kalau nantinya mesin mudah jebol atau cepat panas. Oleh karena nya perlu memikirkan batas maksimal piston bore up jika menggunakan liner/boring vario 110 standar.
Diameter liner standar adalah 57 mm. Agar aman digunakan harian, maka tebal liner/boring adalah 2 mm. Dinding kiri dan kanan berarti 2+2 = 4 mm. Piston yang dapat digunakan berarti adalah 57 - 4 = 53 mm. Apabila lebih dari itu dikhawatirkan akan cepat panas sehingga usia pakai blok dan piston kurang awet. Berikut kapasitas mesin Vario bore up.
50.0 || 108.0
50.5 || 110.2
51.0 || 112.4
51.5 || 114.6
52.0 || 116.9
52.5 || 119.1
53.0 || 121.4
53.5 || 123.7
54.0 || 126.0
Berap ukuran lubang kerengkes setandar vario karbu
BalasHapus58 mm
HapusBarusan saya ukur 56,5mm bang
Hapusiyaa saya jga ukur 56,5
Hapus56,5 itu boringan nya bang, bukan krangkes nya
HapusKalo tanem liner ukuran 57 masih boleh masuk kn bang atau coak crankcase dikit
HapusKalo di korter lagi crankcase mentok dek berapa ya?
Hapusbang, vario 110 fi bore up seher 53.4 apa harus bubut krengkas enggak bang
HapusKalo dibikin diameter 54 aman ga kira kira buat harian?
BalasHapusGanti liner besar dulu dong biar kuat
HapusKalo 53,5 aman ga bang? Soalnya nyari piston 53 pas susah
Hapus53 mm pas kaze standar pin sama 13
HapusUntuk coakan klepnya apakah sama? Apa perlu ada rubahan
Hapuslinernya bisa ukuran berapa min biar bisa up piston 54, tanpa bubut crankcase
Hapuskalo carter nya di corter smpe 63 bisa buat pario 110?
BalasHapuskalo Piston 55mm pake blok standar aman gak mass?
BalasHapusLangsung ga awet rawan jebol
Hapus53,5 aman buat harian?
BalasHapusAman mas saya pake 53.5
Hapus54 aman ga bang Blok std?
BalasHapusBang motor gua vario karbu pengen pake seher 54...nah boring nya gua pengen ganti....kira² kalo yang ga bubut krengkes/masih muat ke krengkes standar pake boring luar yang ukuran brp bang.....yang ga masih bisa pake krengkes standar
BalasHapusG ganti, bawaannya dikolter saja dah cukup
HapusBoring diameter luar 57mm tanpa bubut crankcase. Maksimal pake piston diameter 53mm. Sama yg punya blog udah di jelaskan. Kalo pake piston diameter 54mm. Nanti silinder nya ketipisan. Jadi tebalnya 1,5 mm
HapusUkuran diameter krengkes vario karbu brpa sih mas?
BalasHapus58 mm
HapusBukan nya 56,5 mm mas?
HapusLiner nya aja 57 mm, masa crankcase nya lebih kecil? Waduh
Hapus58mm
HapusBg motor saya vario110 karbu klo pakai piston 55 harus ganti bambu ngk bg?
BalasHapusSempit posisi nya memang.. sangat terbatas untuk bore up..
HapusKalau mau perbesar mau ga mau cangkok blok lain dan ubah baut tusuk..
Kalo mau pake piston 55mm. Linernya harus pake yg 60 mm. Nanti crankcase nya di perbesar 1,5mm
Hapuspunya saja masih bisa Piston 58 masih bisa pakai liner luar 61 tapi mepet tusuk sate std nya kalo di geser bisa jadi seher 60 liner luar 63/64 semua bisa tergatung cuan sama tukang bubut🥰
BalasHapusKalau biaya cuak kerekes berapa biaya nya kira" ya
HapusKalo tempat ku sini(kaltim) biasanya 250-300 bang
HapusBg Klo Mau Pakai Piston Diameter 53,0 Harus Konter Os Berapa Ya??
BalasHapusMaaf Belum Ada Pengalaman Apa² 🙏
Kalau mengacu ukuran Vario 110 standar 50 mm, maka piston 53 mm itu setara os 300
HapusKarena ga ada, maka kanibal motor lain gan
Bang kalau mau pake piston 55 gak usah coak krengkes apakah bisa?
BalasHapusResiko banget bore up Honda
HapusKalok botolan ukuran luar 58 masih bisa masuk di kerengkes yg setadar GK mas apa harus di bubut ?
HapusLha liner standar aja 57 mm, tanggung ya kalau jadi 58 mm
HapusUkuran 52 ubah apa aja? Apa cuman blok seher aja
BalasHapusTinggal kolter aja beres
Hapusbang 58 buat harian racikannya apa ajah, terus aman ga bang
BalasHapusVario piston 58? Ubah jalur oli dulu.. blok standar nya juga habis
HapusMaaf bang dilluar konteks,
BalasHapusMio 1kp (soul GT 115),
Diameter krekes brp mm,
Ganti liner 55/62 harus bubut krekes ?
Pakai piston dome atau flat bagusnya ?
Ukuran pistonnya berapa ?
Terimakasih banyak
Kurang lebih 65 mm crankcase yamaha matic injeksi 115 cc
HapusPiston menyesuaikan liner dong
Dome/flat/dish menyesuaikan kompresi yg diinginkan
Kurang lebih 65 mm crankcase yamaha matic injeksi 115 cc
HapusPiston menyesuaikan liner dong
Dome/flat/dish menyesuaikan kompresi yg diinginkan
Kalo mau pake piston vario 125, berapa ukuran yang harus dibubut linernya mas?
BalasHapusmaaf gan saya pake seher 53,5 apa masih aman buat harian
BalasHapusBisa tapi butuh pelumasan pendinginan ekstra supaya awet
HapusBisa tapi butuh pelumasan pendinginan ekstra supaya awet
HapusAman gan motor saya diameter piston 53,5 full standar Alhamdulillah tahan sampe 1tahun lebih
HapusBubut krengkess vario 110 paling poll berapa mm ya
BalasHapusPunya honda kecil gan
HapusPaling cuma nambah 2 mm dah mepet banget sama drat tusuk dan jalur oli
Mas ukuran 54,5 tapi boring nya std aman ga ya mas?
BalasHapusGa awet
HapusBisa" aja si mas, cuma sering" cek temperatur mesin aja. Saya skrg posisi pake ukuran seher 53,8 kode kwn kepunyaan vario 125 oversize 100. Liner boring jadi tipis banget cuma pp malang surabaya aman pol.
HapusKalo naik stroke 2mm biar nol paking apa harus ganti stang atau pakai stang standar ya mas
BalasHapusVario naik stroke 2 mm bisa pakai piston Beat dibubut kepala nya.. nanti jadi nol paking..
HapusBang kan saya punya motor Vario techno diameter piston 53,5 naik ke 54 aman ga ya kira" bg
BalasHapusAsal kolter bagus, oli bagus, radiator bagus bisa kok 54 mm
HapusBang saya pake blok moto1 diameter piston 54,5 bisa dinaiki lagi gk ya bang???
BalasHapusBlok bore up biasa nya ga bisa naik lagi
HapusLiner std seher 54 aman gk bg buat harian
BalasHapusbang kalo misalnya bore up ke 54,5 trs linner luar nya 57 harus bubut krengkes ga?
BalasHapusLah liner 57 ya blok standar nya dong..
HapusOri pabrik emang ukuran segitu..
Pakek piston 53mm ads coak2 yang lain lagi ga mas? 🙏
BalasHapusTergantung pakai apa piston nya.. setiap ubahan harus dicek..
HapusSpek skrng 53,8 ,kalo mau naek 54,5 kudu rubah apa aja ya biar safe buat semi harian (bukan buat balap)
BalasHapusBang minta info dong bengkel boreup buat Vario 110 karbu di Jaksel yg di rekomen
BalasHapusKe bsd ada gan tmpt ane
HapusPermisi bang saya rencana mau ganti linner karna linner bawaan pabrik saya sudah tipis apa bisa ganti linner yang lebih besar tapi tanpa coak krengkes dan ukuran yang cocok tanpa harus coak krengkes ukuran brpa?
BalasHapusWajib coak jika ganti liner besar
HapusDan crankcase Honda ini sempit, cukup susah kena jalur oli
Bang blok std liner std mentok os brp ya
BalasHapusDisediakan pabrik sampai os 100. Piston non ori sampai os 200
Hapus