Jumat, 18 Juli 2014

Batas Bore Up Vario 110 Liner/Boring Standar

Batas Bore Up Vario 110 Liner/Boring Standar - Pemilik Vario lawas yang berkapasitas mesin 108 cc pun juga dapat menaikkan cc mesin nya. Beberapa takut kalau nantinya mesin mudah jebol atau cepat panas. Oleh karena nya perlu memikirkan batas maksimal piston bore up jika menggunakan liner/boring vario 110 standar.

Diameter liner standar adalah 57 mm. Agar aman digunakan harian, maka tebal liner/boring adalah 2 mm. Dinding kiri dan kanan berarti 2+2 = 4 mm. Piston yang dapat digunakan berarti adalah 57 - 4 = 53 mm. Apabila lebih dari itu dikhawatirkan akan cepat panas sehingga usia pakai blok dan piston kurang awet. Berikut kapasitas mesin Vario bore up.
blok Vario 110
Diameter piston (mm) || Kapasitas mesin (cc)
             50.0              ||            108.0
             50.5              ||            110.2
             51.0              ||            112.4
             51.5              ||            114.6
             52.0              ||            116.9
             52.5              ||            119.1
             53.0              ||            121.4
             53.5              ||            123.7
             54.0              ||            126.0

75 komentar:

  1. Berap ukuran lubang kerengkes setandar vario karbu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Barusan saya ukur 56,5mm bang

      Hapus
    2. iyaa saya jga ukur 56,5

      Hapus
    3. 56,5 itu boringan nya bang, bukan krangkes nya

      Hapus
    4. Kalo tanem liner ukuran 57 masih boleh masuk kn bang atau coak crankcase dikit

      Hapus
    5. Kalo di korter lagi crankcase mentok dek berapa ya?

      Hapus
    6. bang, vario 110 fi bore up seher 53.4 apa harus bubut krengkas enggak bang

      Hapus
  2. Kalo dibikin diameter 54 aman ga kira kira buat harian?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ganti liner besar dulu dong biar kuat

      Hapus
    2. Kalo 53,5 aman ga bang? Soalnya nyari piston 53 pas susah

      Hapus
    3. 53 mm pas kaze standar pin sama 13

      Hapus
    4. Untuk coakan klepnya apakah sama? Apa perlu ada rubahan

      Hapus
    5. linernya bisa ukuran berapa min biar bisa up piston 54, tanpa bubut crankcase

      Hapus
  3. kalo carter nya di corter smpe 63 bisa buat pario 110?

    BalasHapus
  4. kalo Piston 55mm pake blok standar aman gak mass?

    BalasHapus
  5. 53,5 aman buat harian?

    BalasHapus
  6. 54 aman ga bang Blok std?

    BalasHapus
  7. Bang motor gua vario karbu pengen pake seher 54...nah boring nya gua pengen ganti....kira² kalo yang ga bubut krengkes/masih muat ke krengkes standar pake boring luar yang ukuran brp bang.....yang ga masih bisa pake krengkes standar

    BalasHapus
    Balasan
    1. G ganti, bawaannya dikolter saja dah cukup

      Hapus
    2. Boring diameter luar 57mm tanpa bubut crankcase. Maksimal pake piston diameter 53mm. Sama yg punya blog udah di jelaskan. Kalo pake piston diameter 54mm. Nanti silinder nya ketipisan. Jadi tebalnya 1,5 mm

      Hapus
  8. Ukuran diameter krengkes vario karbu brpa sih mas?

    BalasHapus
  9. Bg motor saya vario110 karbu klo pakai piston 55 harus ganti bambu ngk bg?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sempit posisi nya memang.. sangat terbatas untuk bore up..

      Kalau mau perbesar mau ga mau cangkok blok lain dan ubah baut tusuk..

      Hapus
    2. Kalo mau pake piston 55mm. Linernya harus pake yg 60 mm. Nanti crankcase nya di perbesar 1,5mm

      Hapus
  10. punya saja masih bisa Piston 58 masih bisa pakai liner luar 61 tapi mepet tusuk sate std nya kalo di geser bisa jadi seher 60 liner luar 63/64 semua bisa tergatung cuan sama tukang bubut🥰

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau biaya cuak kerekes berapa biaya nya kira" ya

      Hapus
    2. Kalo tempat ku sini(kaltim) biasanya 250-300 bang

      Hapus
  11. Bg Klo Mau Pakai Piston Diameter 53,0 Harus Konter Os Berapa Ya??

    Maaf Belum Ada Pengalaman Apa² 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mengacu ukuran Vario 110 standar 50 mm, maka piston 53 mm itu setara os 300

      Karena ga ada, maka kanibal motor lain gan

      Hapus
  12. Bang kalau mau pake piston 55 gak usah coak krengkes apakah bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Resiko banget bore up Honda

      Hapus
    2. Kalok botolan ukuran luar 58 masih bisa masuk di kerengkes yg setadar GK mas apa harus di bubut ?

      Hapus
    3. Lha liner standar aja 57 mm, tanggung ya kalau jadi 58 mm

      Hapus
  13. Ukuran 52 ubah apa aja? Apa cuman blok seher aja

    BalasHapus
  14. bang 58 buat harian racikannya apa ajah, terus aman ga bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Vario piston 58? Ubah jalur oli dulu.. blok standar nya juga habis

      Hapus
  15. Maaf bang dilluar konteks,
    Mio 1kp (soul GT 115),
    Diameter krekes brp mm,
    Ganti liner 55/62 harus bubut krekes ?
    Pakai piston dome atau flat bagusnya ?
    Ukuran pistonnya berapa ?
    Terimakasih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang lebih 65 mm crankcase yamaha matic injeksi 115 cc
      Piston menyesuaikan liner dong
      Dome/flat/dish menyesuaikan kompresi yg diinginkan

      Hapus
    2. Kurang lebih 65 mm crankcase yamaha matic injeksi 115 cc
      Piston menyesuaikan liner dong
      Dome/flat/dish menyesuaikan kompresi yg diinginkan

      Hapus
  16. Kalo mau pake piston vario 125, berapa ukuran yang harus dibubut linernya mas?

    BalasHapus
  17. maaf gan saya pake seher 53,5 apa masih aman buat harian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa tapi butuh pelumasan pendinginan ekstra supaya awet

      Hapus
    2. Bisa tapi butuh pelumasan pendinginan ekstra supaya awet

      Hapus
    3. Aman gan motor saya diameter piston 53,5 full standar Alhamdulillah tahan sampe 1tahun lebih

      Hapus
  18. Bubut krengkess vario 110 paling poll berapa mm ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Punya honda kecil gan
      Paling cuma nambah 2 mm dah mepet banget sama drat tusuk dan jalur oli

      Hapus
  19. Mas ukuran 54,5 tapi boring nya std aman ga ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa" aja si mas, cuma sering" cek temperatur mesin aja. Saya skrg posisi pake ukuran seher 53,8 kode kwn kepunyaan vario 125 oversize 100. Liner boring jadi tipis banget cuma pp malang surabaya aman pol.

      Hapus
  20. Kalo naik stroke 2mm biar nol paking apa harus ganti stang atau pakai stang standar ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Vario naik stroke 2 mm bisa pakai piston Beat dibubut kepala nya.. nanti jadi nol paking..

      Hapus
  21. Bang kan saya punya motor Vario techno diameter piston 53,5 naik ke 54 aman ga ya kira" bg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asal kolter bagus, oli bagus, radiator bagus bisa kok 54 mm

      Hapus
  22. Bang saya pake blok moto1 diameter piston 54,5 bisa dinaiki lagi gk ya bang???

    BalasHapus
  23. Liner std seher 54 aman gk bg buat harian

    BalasHapus
  24. bang kalo misalnya bore up ke 54,5 trs linner luar nya 57 harus bubut krengkes ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah liner 57 ya blok standar nya dong..
      Ori pabrik emang ukuran segitu..

      Hapus
  25. Pakek piston 53mm ads coak2 yang lain lagi ga mas? 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung pakai apa piston nya.. setiap ubahan harus dicek..

      Hapus
  26. Spek skrng 53,8 ,kalo mau naek 54,5 kudu rubah apa aja ya biar safe buat semi harian (bukan buat balap)

    BalasHapus
  27. Bang minta info dong bengkel boreup buat Vario 110 karbu di Jaksel yg di rekomen

    BalasHapus
  28. Permisi bang saya rencana mau ganti linner karna linner bawaan pabrik saya sudah tipis apa bisa ganti linner yang lebih besar tapi tanpa coak krengkes dan ukuran yang cocok tanpa harus coak krengkes ukuran brpa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wajib coak jika ganti liner besar
      Dan crankcase Honda ini sempit, cukup susah kena jalur oli

      Hapus
  29. Bang blok std liner std mentok os brp ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Disediakan pabrik sampai os 100. Piston non ori sampai os 200

      Hapus