Minggu, 22 Januari 2012

Menyetel Karburator Honda Tiger Revo

Menyetel Karburator Honda Tiger Revo - Dalam menyetel karburator ada beberapa poin penting yang harus dipahami. Jangan menurunkan langsam hingga rpm sekecil-kecilnya. Alasannya karena mesin membutuhkan sirkulasi pelumasan yang baik. Pelumasan tersebut akan bersirkulasi dengan baik berdasarkan tekanan dari putaran pompa oli yang berputar mengikuti putaran mesin. Jadi jika langsam mesin di bawah ketentuan pabrikan, maka akan memberikan dampak negatif. Pelumas akan kurang tersalurkan ke kepala silinder yang akhirnya dapat merusak komponen.

Berikut cara menyetel karburator Honda Tiger Revo
1. Putar penyetel langsam yang ada di karburator sebelah kiri motor hingga putaran mesin sekitar 2.500 - 3000 rpm


2. Langkah berikutnya menyetel skrup udara yang ada di bagian bawah pada karburator dengan menggunakan alat Obeng (-) kecil. Besarnya stelan angin untuk tipe motor Tiger ini adalah kurang lebih antara 2 – 2,5 putaran. (putar ke kanan mentok dan kembalikan kekiri hingga 2 – 2,5 putaran (sampe ketemu putaran mesin yang paling stabil).


3. Kemudian kecilkan RPM dengan memutar baut penyetel langsam ke kiri hingga ditemukan 1.400 - 1.600 RPM dengan melihat jarum penunjuk pada Tachometer.

Kendala yang dihadapi saat menyetel langsam :

  • Mesin tersendat-sendat (tidak bisa stabil)
  • Periksa lubang main jet dan pilot jet, pastikan tidak tersumbat dan sudah terpasang dengan baik
  • Ukuran Main jet dan slow jet tidak berubah ( sesuai dengan standar ) apabila tidak sesuai, maka bisa susah langsam, karena campuran BB tidak tepat
  • Periksa apakah ada kebocoran udara pada karburator dan intake manifold
  • Putaran mesin turun terlalu lama (nge-gerung)
  • Periksa kemungkinan baut karburator masih kendor, sehingga ada kebocoran udara
  • Periksa kedudukan jarum skep & skep sudah tepat dan tidak macet/seret pada saat balik
  • Periksa per skep mungkin sudah lemah
  • Periksa, kemungkinan BB bercampur dengan air
  • Knalpot nembak-nembak setelah gas ditarik
  • Periksa tidak ada kerusakan pada seal (karet) pada stelan angin, dengan membuka dan melepas skrup stelan -.angin dari karburator.
  • Periksa dan pastikan bahwa skrup stelan angin tidak cacat (ujung yang lancip pada stelan angin tidak patah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar