Home » , » Bagian Dalam Karburator

Bagian Dalam Karburator

Written By Novanda S.T. on Tuesday, July 3, 2012 | 11:22 AM


Bagian-bagian karburator punya kegunaan atau fungsi tersendiri. Bagian bagian ini pun saling berhubungan dan tak bisa dipisahkan satu dengan yang lainnya. seperti tubuh kita mulut tak bisa bergerak tanpa rongga, rongga tak berguna tanpa gigi, gigi tak berfungsi tanpa lidah.

Jadi dalam part-part ini saling terkait dan saling membutuhkan.banyak yang acuh dalam salah satu part karburator dan tahu maksud atau fungsi part itu pada karburator.kesalahan sedikit kadang membuat motor tak enak.karburator bisa di ibaratkan dengan mulut.jadi ketika mulut kita sariawan maka susah untuk memakan sesuatu juga kan.Karburator pun juga sama jika ada error sedikit pun maka akan mbrebet dan efeknya juga kedalam mesin kan .



1. Pelampung

tugas dari pelampung ini adalah menjaga ketinggian bensin dalam mangkuk karburator.jika jumlah bahan bakar melebihi batas efeknya campuran akan menjadi gemuk dan pemakaian bahan bakar akan lebih boros.dalam keadaan ini sebenarnya dapat diatasi dengan menyetel ketinggian pelampung ingin tampungan yang gemuk atau kurus.

2. Jarum Skep


jarum set disini bekerja sama dengan needle jet yaitu mengatur semburan gas yang masuk kedalam ruang bakar.jika part ini aus maka campuran udara dan bahan bakar tidak ideal.needle jet terletak dibawah jarum skep atau bisa dikatakan lubang yang dimasuki jarum skep.untuk mengeluarkanya kadang harus dipukul.

3. Jarum pelampung.




part ini berhubungan langsung dengan pelampung karena letaknya yang beragandengan dengan pelampung.fungsi dari jarum pelampung ini untuk menutup saluran bensin di mangkok karburator ketika pelampung sudah bergerak naik dan membuat jarum pelampung menutup saluran masuk bahan bakar.biasanya bahan ini di ujungnya berupa lapisan karet dan ada juga yang besi.jika ujung jarum pelampung aus atau pun juga saluran nya bisa dipastikan akan mangkok bensin banjir.

4. Pilot jet

part yang berfungsi mengalirkan campuran bahan bakar dengan udara diputaran mesin rendah sampai menengah. part yang paling penting setelah main jet.

5. Main jet


part yang menempel di holder main jet yang letaknya didalam karburator dan di bawah jarum skep. berfungsi mengalirkan campuran bahan bakar dan udara dari putaran mesin menengah sampai putaran atas.

6. Sistem choke

alat untuk memperbanyak campuran bensin ke ruang bakar. ditujukan supaya mesin mudah hidup saat keadaan mesin dingin. part ini menempel di karburator.dan ada juga yang berupa tarikan kabel dari hand grip kiri.

0 comments:

Post a Comment

Label

karburator (104) kelistrikan (52) komponen (234) kopling (55) pelumasan (28) pengapian (38) perawatan (202) produk (169) rem (24) rumus (25) timing (46)