Minggu, 05 Agustus 2012

Kode Pelumas


Fungsi dari pelumasan:
Mengurangi gesekan antara bagian mesin bergerak
Mendinginkan dan memindahkan panas keluar dari mesin
Mengendalikan contaiminants atau kotoran guna memastikan mesin berjalan dengan lancar.

SAE (Society of Automotive Engineers) :
Menetapkan standar viskositas/kekentalan (ukuran dari tebal lapisan oli serta mampu alir oli) pada suhu 1000 C dan -180C. Jenis SAE yang umum digunakan di negara tropis adalah 10W-30 dan 20W-50
Angka di depan menunjukkan tingkat viskositas/kekentalan saat suhu dingin (sebelum kendaraan dihidupkan)
W menunjukkan jenis oli ini dapat digunakan di daerah yang memiliki musim dingin
- Angka di belakang menunjukkan tingkat viskositas saat suhu panas (saat kendaraan beroperasi)


API (American Petrolium Institute) Service :
Mengeluarkan standar grading oli Service Clasification untuk mesin bensin. Standar grading didasarkan kepada proteksi oksidasi, proteksi keausan, high temperature engine deposit, foaming, pembentukan asam, pembentukan kerak, perlindungan korosi yang berujung kepada bahan bakar yang efisien serta emisi yang rendah.
SA ~ SF : Oli ini sudah tidak diproduksi lagi, karena menyesuaikan teknologi yang ada saat ini.
SG, SJ, SL, SM : Untuk mesin keluaran setelah tahun 1994.

JASO :
Mengeluarkan standar grading oli yang didasarkan terhadap kandungan phospor dalam oli (standar ini dibuat khusus untuk memenuhi tuntutan di Sepeda Motor yang ada didalamnya terdapat Clutch / kopling)
- JASO MA (Higher Friction)
Oli yang khusus digunakan pada mesin yang tidak memiliki Friction Modifier
(kopling basah, seperti sepeda motor cub dan sport yang ada)
- JASO MB (Low Friction)
Oli yang khusus digunakan pada mesin yang memiliki Friction Modifier
(kopling kering, seperti sepeda motor matic)

3 komentar:

  1. Gan, saya eko.
    Saya mw tanya.,, motor saya honda Supra X 125 tahun 2007 yg lampu depan satu bohlam.
    1. Sebelumnya dulu saya pnya Vega R 110cc thn 2006, saya pake oli shell advance Ax5 smpe motor tu di bore up 128cc ovrsize 100 en akhirnya laku karna boros bensin. Motor tu rasanya enteng en ngacir bngt en ga ada selip kopling. Tp ga lama, saya pk Enduro Racing en saya pk Enduro biasa, Repsol en Castrol en Yamalube, kok mlh susah tarikan jd berat dan selip kopling gtu, akhirnya saya balik lg pake Shell. Nah tu masalahnya knapa, gan?

    2. Skrng udh pke SUPRA X 125 2007, kemaren saya sempat pake Shell Advance AX5 di supra, tp koq knapa tarikannya ga enak alias berat en susah ngacir,,, trus saya pake oli Enduro Racing kok tarikannya jd enteng juga lumayan ngacir.

    #Kenapa dua motor ini olinya cocok2an alias milih2 gtu?
    #Apa karna setingan mesinnya berbeda2?

    Salam dr eko (fb Cowo Ciwa)

    BalasHapus
  2. Gan, saya eko.
    Saya mw tanya.,, motor saya honda Supra X 125 tahun 2007 yg lampu depan satu bohlam.
    1. Sebelumnya dulu saya pnya Vega R 110cc thn 2006, saya pake oli shell advance Ax5 smpe motor tu di bore up 128cc ovrsize 100 en akhirnya laku karna boros bensin. Motor tu rasanya enteng en ngacir bngt en ga ada selip kopling. Tp ga lama, saya pk Enduro Racing en saya pk Enduro biasa, Repsol en Castrol en Yamalube, kok mlh susah tarikan jd berat dan selip kopling gtu, akhirnya saya balik lg pake Shell. Nah tu masalahnya knapa, gan?

    2. Skrng udh pke SUPRA X 125 2007, kemaren saya sempat pake Shell Advance AX5 di supra, tp koq knapa tarikannya ga enak alias berat en susah ngacir,,, trus saya pake oli Enduro Racing kok tarikannya jd enteng juga lumayan ngacir.

    #Kenapa dua motor ini olinya cocok2an alias milih2 gtu?
    #Apa karna setingan mesinnya berbeda2?

    BalasHapus
  3. hehe
    tergantung kondisi kampas masing" speda bro
    yg jelas kalau oli semakin encer, semakin enak performa tp cpet panas..
    kalau oli kental mesin dijaga tetap dingin tp kopling emg sering selip..
    lihat SAE masing" oli dan rekomendasi pabrik gmn, baru pakai oli yg cocok hehe

    dr pabrik sendiri kan riset berbeda bro..

    BalasHapus