Selasa, 06 November 2012

Alasan "Gigi 4" Honda Supra X 125 Standar Kurang Bertenaga


Alasan "Gigi 4" Honda Supra X 125 Standar Kurang Bertenaga - Ini karena perbandingan rasio gigi standar 3 dan 4 Honda Supra X 125 overdrive. Begitu girboks dibongkar, tercatat spek rasio gigi 1 = 35/14, gigi 2 = 31/20, gigi 3 = 23/20, dan gigi 4 = 24/26. Nah, kelemahan terlihat pada rasio gigi 4 yang terlalu overdrive sehingga motorpun ngedrop di gigi 4. Jika tak pintar memainkan putaran mesin, bukannya tambah kencang namun malah drop, bakalan sangat terasa saat berboncengan atau membawa beban berat. kalau pake ukuran gir belakang yang lebih kecil (artinya jadi makin berat) ini justru kontra porduktif dengan kenyataan rasio gigi diatas, jadi butuh modifikasi di sektor mesin untuk menaikkan perfoma motor.
gigi rasio
Melihat kelemahan seperti ini, penyelesaian paling umum adalah dengan ganti rasio atau meningkatkan perbandingan kompresi. Untuk peruntukan harian, pilihan paling rasional adalah dengan meningkatkan rasio kompresi (karena ganti rasio gigi relatif mahal dan musti belah mesin buat masangnya) atau bisa juga dengan sekalian bore up sedikit (manaikkan kapasitas mesin) dengan aplikasi seher Kawasaki ZX130 yang model pistonnya jenong.

Atau yang paling murah adalah justru dengan mengganti gear belakang yang lebih ringan (naik 1 mata, dari 35 jadi 36) mis pake punya Honda New Supra Fit sehingga bisa membantu tarikan motor pada gigi 4.

7 komentar:

  1. dg kelemahan seperti itu,apa berarti penurunan kwalitas performanya,sy sendiri br beli alangka kecewanya dg kwalitas mesin kayak gitu,apa lagi klu kita pakai jarak jauh,waduh ga ada bedanya dg kwalitas mocin.sy anggap benar2 buruk ga sesuai dg harganya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak juga. Cocok buat harian, masuk gigi 4 bisa tambah irit bbm. Cuma kurang pas buat bahan balap

      Hapus
  2. @Nur Asid
    bukan, itu bukan penurunan kualitas..
    tetapi untuk mengejar irit, selain RPM tetap rendah di kecepatan tinggi, motor dibuat agar tidak ngebut2.. demi alasan Safety

    kalau ingin mengejar performa dan menghilangkan Safety nya, coba per kopling aftermarket dengan rumah kopling 6 per..
    lalu gigi 4 rasio nya diperringan agar nafas tersalur baik

    produk ini jauh lebih baik kok daripada generasi sebelumnya
    hanya saja terkendala unsur Safety dan mengejar irit

    BalasHapus
    Balasan
    1. kira kira kalau ganti rasio gear yang bisa meningkatkan top speed yang berapa/berapa ya ?

      Hapus
    2. Menaikkan top speed di Supra X 125 harus dari sektor mesin, rasio kalau ganti yg lebih ringan lebih close top speed tetap sama

      Hapus
  3. Saya rasa ggi 2 pun kurang tepat.
    Karna penurunan rpm dari gigi 1 ke ggi 2 sangat signifikan .
    Jika ingin lebih nyaman ganti rasio after market atau bisa di akali dengan rasio racik tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1 ke 2 masih mending daripada 3 ke 4 ga ada perubahan..

      Kalau uang nya ada nya dikit ya beli gigi 4 saja, kalau ada lebih ya baiknya 1 set menyesuaikan kebutuhan lintas nya juga

      Hapus