Sabtu, 01 Desember 2012

Bikin Sendiri Turbo Cyclone

Bikin Sendiri Turbo Cyclone - Pingin tenaga motor bisa naik tanpa keluar duit banyak dan diakali sendiri? Gampang! Buat Turbo Cyclone sendiri. Ini dia penjelasannya. Prinsip kerjanya kayak turbo cyclone. Jadi angin yang masuk ke karbu dibuat jadi satu pusaran sehingga lebih tertuju pada satu titiki. Kalo sudah seperti ini, pasti sistem pembakaran jadi lebih sempurna. Kira-kira tenaga motor bisa naik sepuluh persen. Sistem ini nggak hanya cocok buat balap, untuk harian juga bagus sekali.
membuat sendiri turbo cyclone
Turbo cyclone hand made ini bisa diaplikasikan pada semua jenis motor, baik itu 4 tak dan 2 tak atau motor jenis bebek atau sport. Dengan modal murah meriah, menghasilkan barang yang multi guna. Pertama, memaksimalkan proses induksi. Kedua, bisa menghasilkan pembakaran yang lebih sempurna.

Bahan dari turbo cyclone bisa memanfaatkan barang limbah atau buangan. Boks (warna biru), kipas angin limbah komputer yang bisanya disebut fan, kawat kasa dan lempengan seng (gb. 1). Untuk boks atau penutupnya, bisa memanfaatkan barang yang udah nggak berguna, asal ukurannya lebih besar dari moncong karburator. Bentuknya bisa bulat ataupun kotak.


animasi turbo cyclone
Setelah bahan penutup udah ketemu, potong kawat kasa dan lempengan seng mengikuti bentuk penutup tersebut (gb. 2). Usahakan buat dua lapis dan tiap lapisnya diisi 7-8 lembar kawat kasa, biar debu nggak mudah masuk. Seng berguna jadi penahannya, gunakan mur baut untuk memasangnya (gb. 3).

Setelah boks tertutup dengan kawat kasa, baru pasang kipas dengan posisi terbalik (gb. 4). Terbalik itu artinya tulisannya menghadap ke dalam atau ke kasa. Biar kipas bisa berputar sendiri saat terhempas angin. Jadi, nggak perlu listrik.

Lantas pasang pada moncong karburator dan manfaatkan dudukan fairing sebagai penopang turbo cyclone jadi-jadian ini. Atau bisa juga dibikinkan dudukan baru, asal menutupi moncong karbu dengan rapi.

16 komentar:

  1. klo uda dibuat ada bunyi blow offnya apa nggak gan?

    BalasHapus
  2. bunyi nggiiing gitu bro ketika kita gas/bleyer" hehe

    BalasHapus
  3. oke gan mkasih
    fan yg aku pakai besaran dikit :D

    BalasHapus
  4. Cara pasang y dibagian krbu mana. Yang tmpat saringan udara itu pa di laen.

    BalasHapus
  5. bikin sendiri bro.. hehe
    open filter..
    kalau ngakali rumit deh

    BalasHapus
  6. bikin sendiri bro.. hehe
    open filter..
    kalau ngakali rumit deh

    BalasHapus
  7. itu buat motor atau mobil bos?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sejatinya buat mobil,, tp bs dimodif ke motor..

      Hapus
  8. om, ada gambar yang lebih jelas gak,, belum pernah liat soalnya,, terus kira2 ada suara blow off nya gak om ? makasih :D hehe

    BalasHapus
  9. kalo pake knalpot airflow bakalan kedengeran ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksud nya?
      turbo ini ada di intake, bkn exhaust

      Hapus
  10. Maaf Gan sebelumnya cuma saran aj, kalau bisa itu kasa kawat diluar fan jangan didalamnya karena putaranangin akan pecah alirannya, perhatikan dinding tabung yang kita masukin fan jangan ada celah antara fan dan tabungnya bisa bikin air flownya gak center jadi harus rapet (air flow benar2 dari fannya) kalau sudah selesai pasti gak sabar nyoba...tapi sabar dulu jngn kaya anak alay,nyalain tuh mesin kondisi diam, coba gas tuh motor sampe njerit klo bisa di bengkel atau di lapangan (dari pada centung sayur mampir ke muka) disini feel pengendara di uji kenali suara brebet, kosong, ngempos, karena instal ini kondisi campuran bahan bakar berubah dengan O2, HARUS setting ulang, walua tidak terlalu terasa tapi HARUS ini untuk kebaikan dan kenyaman motor anda. (saya lupa nulis diatas kalau setting untuk yang motor karburator), klo FI ECU masih tanggulangi range perubahan kondisinya. selamat mencoba

    Indonesia Luar Biasa.

    BalasHapus
  11. Klo pake kipas angin 12" bisa gak...
    (^_-)

    BalasHapus
  12. Perlu dicoba nih..
    Tapi saya ingin kipasnya di aliri listrik..
    Biar putaranya stabil.
    Hhhhh

    BalasHapus