Jumat, 07 Desember 2012

Tips Membuat Karbu Vakum Jadi Kontan

Karburator vakum (CV) tidak sereponsif karburator konvesional. Masalahnya karburator tipe CV kerjanya berdasarkan kevakuman di ruang bakar sehingga irit bahan bakar. Tetapi, gara-garanya lagi karburator vakum banyak diaplikasikan ke motor keluaran terbaru. Inilah yang menjadi kendala bagi yang memiliki idola kebut-kebutan dijalanan.

Opsi terakhir biasanya orang akan mengganti karbu CV dengan karbu konvesional agar bisa mendapat akselerasi yang di inginkan, contohnya Suzuki Satria FU mengadopsi karburator Keihin PE28 kepunyaan Honda NSR-SP. Namun imbalannya berefek pada konsumsi BBM. Tetapi jangan khawatir, masih ada alternative lain dibanding harus mengganti karburator yaitu dengan memaksimalkan kinerja karburator CV. Caranya cukup dengan membesarkan lubang main air jet yang ada di corong depan, dijamin cara tersebut dapat merespon mesin lebih bagus.

Berikut langkah-langkahnya :

1. Perbesar Lubang Main Air Jet
Main air jet itu mirip spuyer. Lubangnya punya ukuran tertentu, tempatnya berada di corong depan. Akan tetapi main air jet ini tak bisa dilepas seperti main jet ataupun pilot jet. Karena itu jalan satu satunya untuk membesarkan adalah dengan mengebor. Pengeboran cukup menggunakan mata bor 1 mm. Perlu diperhatikan untuk melakukan pekerjaan ini nosel alias needle jet harus dilepas lebih dulu. Lantas, Lakukan pengeboran hingga tembus ke ruang nosel tadi.(Coba perhatikan skema 1)

Memperbesar lubang main air jet perlu sekali untuk dilakukan, karena lubang main air jet berfungsi sebagai pengontrol udara pada pencampuran bahan bakar + udara baik di putaran menengah dan tinggi. Dengan membesarkan lubang main air jet maka suplai udara ke needle jet alias nosel lebih lancar. Proses pencampuran udara dan bahan bakar dari main jet bisa berlangsung lebih sempurna. Sehingga respon mesin tidak dirasa lelet karena tidak terlambatnya skep piston naik lantaran suplai udara sudah besar. (Coba perhatikan skema 2)

2. Seting Spuyer
Setelah lubang main air jet diperbesar, secara tidak langsung lubang main air jet tersebut sudah tak standart maka takaran campuran udara dan bahan bakar wajib dirubah. Ukuran spuyer harus direvisi. Ukuran pilot jet dipastikan turun Sementara main jet naik. Perkiraannya Pilot jet turun satu step. Jadi jika sebelumnya 15, turunkan jadi 12,5. Sedang Main Jet bisa naik banyak, semisal dari 120, naik kan hingga sekitar 150, Untuk kenaikan Main Jet ini paling sip cek kondisi Elektrode busi. Naik kan hingga warna busi muncul kecokelatan.

5 komentar:

Anonim mengatakan...

mas,motor sy vega r 2004,dan dah bore up pake daleman mesin jupi z. masalahnya,mesin motor sy cepat panas bngt,dan begitu panas,motor ngelitik. contohnya,kalo seumpama ada tanjakan dikit,kecepatan 30 km/pj,begitu putar gas agak dalem agar kecepatan naik,langsung ngelitik parah,dan mesti sy trn gigi 1. kadang gigi satu pun kalo buat akselerasi nglitik jg.
sy dah coba turunin kompresi,pake pertamax, dan borosin bbm nya serta dah cek klep plus keteng. hasilnya tetep nihil. sy dah frustasi bngt neh. mohon jalan kluarnya dong,... tengkyu masbro.....
nb. knalpot std dan smua part ori dan stdmas,motor sy vega r 2004,dan dah bore up pake daleman mesin jupi z. masalahnya,mesin motor sy cepat panas bngt,dan begitu panas,motor ngelitik. contohnya,kalo seumpama ada tanjakan dikit,kecepatan 30 km/pj,begitu putar gas agak dalem agar kecepatan naik,langsung ngelitik parah,dan mesti sy trn gigi 1. kadang gigi satu pun kalo buat akselerasi nglitik jg.
sy dah coba turunin kompresi,pake pertamax, dan borosin bbm nya serta dah cek klep plus keteng. hasilnya tetep nihil. sy dah frustasi bngt neh. mohon jalan kluarnya dong,... tengkyu masbro.....
nb. knalpot std dan smua part ori dan std

Anonim mengatakan...

mas,motor sy vega r 2004,dan dah bore up pake daleman mesin jupi z. masalahnya,mesin motor sy cepat panas bngt,dan begitu panas,motor ngelitik. contohnya,kalo seumpama ada tanjakan dikit,kecepatan 30 km/pj,begitu putar gas agak dalem agar kecepatan naik,langsung ngelitik parah,dan mesti sy trn gigi 1. kadang gigi satu pun kalo buat akselerasi nglitik jg.
sy dah coba turunin kompresi,pake pertamax, dan borosin bbm nya serta dah cek klep plus keteng. hasilnya tetep nihil. sy dah frustasi bngt neh. mohon jalan kluarnya dong,... tengkyu masbro.....
nb. knalpot std dan smua part ori dan std

Novanda S.T. mengatakan...

oli sudah ganti mas bro?
jupiter z oz 0? diameter seher 51mm, asal dome nya ga lebih dari 2mm kompresi g gede amat..
udah pernah hitung rasio kompresi?

mungkin timing pengapian motor anda terlalu maju sehingga ngelitik walau sudah turun kompresi, diborosin, n pakek pertamax..
cek top magnet dan top noken nya harus lurus ke arah depan
untuk gambar yang noken klik di sini http://adf.ly/Fz6pP di nomer ke-10. kebetulan gambar punya jupiter jadi mirip lah
untuk magnet itu ada sepi (spi) yang buat ganjel magnet di batang kruk as juga harus lurus ke arah top noken.
cara nya buka magnet pakek tracker magnet vega

klo top udah di cek ganti ke celah klep. coba 0.07mm in 0.10mm out
servis sendiri atau bengkel? coba dealer resmi cz gw kejadian gitu karena
1. pengapian terlalu advance/maju
2. kompresi bocor, minta ganti pack nya

tyo ndeso mengatakan...

tengkyu atas masukannya. motor yg ngerjain bengkel. dan udah di ulang 3kali tp blm beres jg. oke deh,coba sy ke dealer aja. tengkyu masbro....
eh,maaf skalian nanya,sy br 2 bulan pake mio j,kalo di ajak lari,tenaganya kaya nahan trus ngelos,nahan ngelos,gitu dah. sy dah cek busi sama filter bgs. kira kira apanya ya mas bro,

Novanda S.T. mengatakan...

MIO-J
karakter kuat di RPM bawah
kaya akan torsi di putaran bawah!!
haha memang seperti nyangkut2 lari nya >80kpj
itu motor jangan di geber2 dlu bawa 60kpj aja biar awet kan bru 2 bulan..
biar komponen yang bergesekan adaptasi dulu
nanti klo da 1 tahun siap kebut dah bro..
tetap ikuti petunjuk servis nya ya?