Selasa, 01 Januari 2013

Setting Karbu Seusai Reamer (VM16 Skep GL100)

Reamer dengan Skep GL100
Setting Karbu Seusai Reamer (VM16 Skep GL100) - Sehabis reamer karburator, setting harus di setel ulang agar performa maksimal dan bahan bakar tetap irit. Sebagai contoh adalah karbu bawaan Jupiter dengan kode VM16 yang sudah di reamer skep GL100. Yang diubah adalah Pilot Jet, Main Jet, Setelan AFR (air-fuel screw), Jarum Skep, Klip Jarum, dan penambahan Dial Jet Custom.
persiapkan bahan untuk setting
Berikut panduan nya:
1. Pilot Jet dan Main Jet
Jetting di set 15/120 dari standar nya 15-90. Pilot standar Jupiter dan Main 90 → 120, naik 12 step. Cutaway custom 3.5 mm, intake manifold custom, dan jarum skep klip paling atas.
main jet & pilot jet Mikuni VM16
2. Jarum Skep & Klip Jarum
Jarum skep menggunakan milik standar Mikuni VM16SH. Klip di posisi kan di paling atas.
skep GL100 custom
3. Pasang Dial Jet Custom
Dial Jet, sering disebut power jet. Sudah tahu kah kalian apa itu dial jet? Silahkan klik di sini untuk mempelajarinya.
terdapat dial a jet
4. Intake Manifold Custom
Intake manifold / Leher angsa sudah di pendek kan dan sedikit tengadah dan jetting jadi lebih mudah. Kondisi intake ini mampu membuat komposisi bahan bakar dan udara tetap pekat dan torsi mulai muncul di putaran atas. Nafas motor jadi panjang dan tidak cepat habis.
intake manifold tengadah
5. Air-Fuel Screw 1.5 putaran
Setelan udara diputar 1.5 putaran dan didapat putaran mesin tertinggi. Setelan ini tergantung pada lingkungan jadi tidak pasti.

6 komentar:

  1. gan ane mau tanya katanya ngegedein PJ/MJ gak boleh lebih dari 10 angka.

    nah 10 angka ini 10 step atau 10 angka dari ukuran spuyer ???

    - misalkan 15 menjadi 25
    - atau 15 + (2,5 x 10) = 40

    BalasHapus
  2. wah tergantung bro..
    boleh2 aja kalau permintaan mesin nya memang btuh seperti itu..

    yang di maksud untuk spuyer itu step nya
    jadi 10 step mikuni adalah 2,5 x 10 = 25 angka
    ga ada kan kejadian melebihi 25 angka?
    spuyer standar misal 15, ada kah motor dengan karbu yg sama pj pake 40?
    wong yg jualan spuyer aja maksimal ukuran 30 ahahaha

    kalo spuyer itu trial error sampe dapet setting pas..hehe

    BalasHapus
  3. Halo kak novanda...saya mau tanya..
    Karbu vega r habis di reamer full dan sudah pakai skep gl 100..
    Yg mau di tanya apakah bisa pakai jarum bawaan vega r dan di setting tingkat brl..secara cuma ada 3 tingkat saja..

    Dan ukuran pj mj yg pas brp..
    Pj mj sekarang 20/120..
    Kondisi busi bagian melengkung hitam dan bagian keramik agak coklat..
    Bukaan angin 1 1/4..
    Mohon bantuan nya gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. lari motor gimana?
      hehe
      itu brarti pilot jet pakai standar aja 17.5
      main jet sudah pas dilihat dari keramik tengah jd coklat.

      Hapus
    2. Lari sih ok gan..
      Cuma saat gigi 4 nambah speed agak lama seperti nya pengaruh dari gear 14-35..
      Misal saat saya buka gas langsung full..
      Mesin tidak langsung teriak..itu gmn ya gan..
      Bukaan gas 1/2 mesin tidak langsung teriak sih gan..

      Oh iy gan..bisa gk sih kita bikin tabokan karbu sendiri..secara dah gk bisa pakai box filter bawaan motor..
      Model tabokan nya bingung..hahahhaha
      Gmn ya gan..bingung tabokan nya..

      Hapus
    3. tabokan itu apa?
      knalpot jgn standar biar ga ketahan

      Hapus