Sabtu, 02 Februari 2013

Fork Brace atau Stabilizer Sokbreaker

Fork Brace atau Stabilizer Sokbreaker - Piranti fork brace mungkin kurang umum didengar. Tapi kalau disebut stabilizer sokbreker depan pasti sudah kenal. Komponen ini dipasang di tabung sokbraker depan, fungsinya agar gerakan tabung kanan dan kiri selalu seirama. Efeknya tentu untuk stabilitas.
fork brace
Ketika suspensi bergerak naik-turun as sokbreker cenderung sedikit melekung yang mengakibatkan ban depan miring kanan-kiri atau floting. Memang tidak terlihat tapi terasa saat melakukan hard braking atau menikung dalam kondisi kencang.


Buat pemilik sepeda motor baru seperti Yamaha New V-Ixion Lightning enggak perlu gigit jari, pasalnya stabilizer sokbreker depannya sudah tersedia. Ternyata kesamaan sokbraker depan V-Ixion lama dan New V-Ixion, membuatnya bisa saling tukar.

Mengaplikasikannya ke New V-Ixion tergolong mudah, tidak sampai 15 menit. Pertama, siapkan dulu stabilizer sokbreker depan berbahan dasar duralium ini. Komponen ini dilengkapi 4 baut L ukuran 10. Sedang untuk memasangnya cukup gunakan kunci L 5.

Urai terlebih dahulu pengait bagian kanan dan kiri stabilizer sokbreker depan, selanjutnya pasang bagian yang paling besar di tengah antara tabung sokbraker kanan dan kiri. Baiknya pasang semakin ke bawah hampir menempel sepatbor, karena bagian bawah tabung sok lebih padat dibanding bagian atas.

Selanjutnya tinggal pasang pengait kanan dan kirinya, lalu kencangkan ke 4 baut secara bertahap dan bergantian agar mencengkram lebih sempurna. Gimana, tampilannya jadi lebih kekar kan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar