Jumat, 01 Februari 2013

Macam-macam Booster di Sepeda Motor

Macam-macam Booster di Sepeda Motor - Booster = pendorong. Booster merupakan komponen tambahan di mesin motor yang berfungsi buat membantu akselerasi atau top speed. Jadi seperti semacam tenaga ekstra. Motor yang pakai booster biasanya tarikannya enteng atau kalau enggak ya top speednya tinggi. Booster pada motor merupakan part optional, artinya bisa dicopot tanpa mengganggu kinerja mesin. Contoh booster adalah

1. TPFC (Trancient Power Fuel Control)
atau kita kenal dengan pompa akselerasi pada Honda GL series. Fungsinya biar ketika gas dibejek, tarikan nggak telat.

Power Jet TPFC
2. Tabung induksi atau YEIS (Yamaha Energy Induction System) di RX King
Tahu kan kenapa RX King itu akselerasinya gag putus-putus, padahal "cuma" 18,5 dk tapi bisa ngalahin Ninja 150 di 400 meter awal. Ya itu dia, soalnya adanya tabung ini. Fungsi tabung YEIS sebenarnya bukan buat "bikin kenceng" motor 2 tak, tapi buat menyimpan cadangan gas bakar dari karbu, biar ketika kerja mesin tidak berat atau dengan kata lain, biar mesin 2 tak irit, bukan biar kenceng. Tapi malah efek sampingnya bikin maling senang karena tarikanya malah jadi gila. Kalau di Kawasaki Ninja namanya ialah RIS.

RX Series
3. Tabung umpan atau Exhaust TEC (Exhaust Torque Expansion Chamber) di Bajaj Pulsar
Ini adalah komponen berupa "kaleng" atau tembolok di leher knalpot bagian bawah mesin yang punya fungsi sama dengan tabung YEIS di RX King. Cuma letaknya aja yang beda dan jenis gas yang diumpan. Kalau di YEIS gas masuk yang diumpan buat tenaga ekstra. Kalau di Exhaust TEC gas buang yang diumpan buat tenaga ekstra. Motor yang pake teknologi ini biasanya kuat ngangkat beban berlebih.

Exhaust TEC
4. Katup buang di Ninja atau kita kenal dengan Super KIPS di Ninja KRR
Katup ini mirip dengan RC valve kalau di NSR. Kalau pompa akselerator, tabung induksi dan tabung pegumpan meningkatkan tenaga di putaran bawah, maka katup buang meningkatkan tenaga di putaran atas, atau dengan kata lain menambah top speed. Cara kerjanya adalah kalau motor udah lewat 7000 rpm, maka katup tambahan akan membuka, sehingga gas buang plong, ujung-ujungnya putaran atas teriak. Jadi emang wajar kalau Ninja 150, NSR 150, RS 125 itu top speednya tinggi-tinggi.

RC Valve
Super KIPS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar