Jumat, 01 Februari 2013

Mesin Bola Hüttlin-Kugel

Mesin Bola Hüttlin-Kugel - Bagi sebagian kalangan peneliti, mesin Otto merupakan mesin usang yang telah berumur 1 abad lebih. Untuk itu para insinyur mesin dari Swiss telah mengevaluasi mesin jenis lama dengan menciptakan jenis mesin baru yang meraka klaim lebih efesien. Jadi sistem kinerjanya berbeda dengan yang kita kenal selama ini dengan jenis mesin cylinder yang mempunyai mekanisme kerja naik turun. Mesin Hüttlin-Kugel motor berbeda namun tetap masi menggunakan pembakaran sebagai tenaga inti pergerakan dari mesin tersebut
Mesin Hüttlin-Kugel motor mesin di buat transparan
Mesin pembakaran internal yang berputar menggunakan sebuah piston jenis baru agak melengkung dan terdapat bola di belakangnya ini, menjanjikan peningkatan kinerja yang signifikan dan dapat di gunakan berbagai macam aplikasi.
Tampak mesin bagian dalam Hüttlin Kugel motor
Setelah beberapa tahun pembangunan secara intensif, Innomot perusahaan Swiss meluncurkan tipe baru mesin, Hüttlin-Kugelmotor (mesin bola Hüttlin) yang kinerjanya mencapai 34% di banding dengan kinerja bensin jenis lainya yang hanya sekitar 24%. Mesin baru ini disajikan dalam bentuk generator (Hüttlin-Range Extender-) yang menghasilkan listrik untuk bahan bakar kendaraan listrik hibrida, memperluas otonomi baterai (sehingga, Mobil di kota dapat menggunakan daya baterai dengan emisi nol, dan pada saat di perjalanan berfungsi sebagai genset). Sistem propulsi yang terdapat listrik baik dibangun ke roda atau mesin yang mendorong sumbu tertentu. 

Mekanisme kerja mesin dalam gambar 3 dimensi
Dalam versi ini Hüttlin-Range Extender-adalah generator yang menggunakan bahan bakar cair, menurut orang-orang Innomot. Jika dibandingkan dengan generator konvensional dengan mesin piston, Mesin ini lebih ringan karna tidak perlu membutuhkan volume yang besar termaksud biaya untuk produksinya

Dasar Kinematika dari motor bola.
Produsen mobil yakin bahwa masa depan milik mobil listrik, dan bukan hybrid-dan untuk itu alasannya mesin ini di buat. Prinsip dasar dari usulan penemu Jerman dari mesin baru, Herbert Hüttlin, adalah konversi awal langsung memungkinan gerak reciprocating dari piston menjadi gerak rotasi. Hal ini di gambarkan oleh Hüttlin pada gambar di atas. Ini terdiri dari kulit bola berisi rotor piston, yang berputar pada dua bantalan bola dan memiliki ruang pembakaran yang menggerakkan piston mesin kembar. Rotor terdiri dari bagian melingkar dengan dua saluran silinder berongga, bentuk arkuata, Dimana bola bergerak/sebagai panduan piston. Piston melakukan melingkar/reciprocating menghapus busur kecil. Sumbu rotasi rotor tegak lurus terhadap sumbu rotasi piston kembar. Energi yang dihasilkan diubah oleh stroke menggunakan piston langsung ke gerakan berputar.Ini merupakan mesin pembakaran internal yang dapat bekerja baik sesuai dengan siklus Otto, seperti bensin atau sesuai dengan siklus Diesel.

Hüttlin-Kugel motor sebagai power train hybrid.
Ini adalah motor yang sama seperti bola, tetapi dirancang sedemikian rupa untuk memberikan gerakan untuk poros, melalui transmisi fisik yang relevan (kopling, gearbox, diferensial). Mesin hybrid ini diperkenalkan tahun lalu, Pada pameran mobil internasional di Jenewa,
mesin bola Huttlin Kugel Motor
Berikut spesifikasinya :
Mesin : 2 × 590 = 1.180 cm3
Power : 78 kw / 100 hp lebih
Ilek daya : 60 kw
Torsi : 160-290 Nm
Rpm : 300 sampai 3.000
Efisiensi : lebih dari 34%
Konsumsi berkurang sebesar 20%
Ext. Diameter : 650 mm
Total berat: 58 kg

Perbandingan dalam hal konsumsi adalah mesin empat silinder 2000 cm3 (telah diuji dalam kondisi nyata), sementara dalam kasus rentang-extender (generator) konsumsi akan lebih sedikit. Bisa di pastikan bahwa Kugel motor Hüttlin dapat diproduksi dalam berbagai ukuran (besar, dan lebih kecil) dan ditempatkan tidak hanya di mobil namun bisa pula di motor atau jenis kendaraan lainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar