Jumat, 01 Februari 2013

Rangkaian Lampu LED 12V Untuk Motor

Rangkaian lampu LED 12 volt ini ditujukan untuk penggunaan pada kendaraan bermotor. Maksud dari rangkaian lampu LED 12 volt ini adalah untuk membuat lampu variasi pada kendaraan bermotor yang dapat menyala dengan terang dan tahan lama. LED (Light Emithing Diode) adalah dioda yang dapat memancarkan cahaya pada saat mendapat bias maju. Tegangan kerja LED adalah 3 volt DC dan arus maksimal yang dapat mengalir pada LED hanya 20 mA, oleh karena itu untuk aplikasi sebagai lampu variasi pada kendaraan bermotor perlu dirangkai secara khusus agar LED dapat menyala dengan terang dan tahan lama. Berikut adalah cara memasang lampu LED pada kendaraan bermotor atau mobil.

Rangkaian Lampu LED 12V (9 LED)

Untuk Motor Rangkaian kombinasi lampu LED untuk motor diatas adalah salah satu contoh merakit LED yang digunakan pada lampu variasi kendaraan bermotor. 3 buah LED tersebut dirangkai secara SERI kemudian dipasang resistor pembatas arus 80 Ohm. Dengan konfigurasi seperti diatas LED akan menyala dengan terang dan tahan lama karena arus yang mengalir pada LED tidak lebih dari 40 mA dan terbagi ke jaringan lampu LED seri yang lain. Untuk penambahan jumlah LED dapat dilakukan dengan membuat jaringan seperti pada contoh rangkaian lampu LED 12V untuk motor diatas menjadi beberapa unit kemudian merangkai unit-unit rangkaian lampu LED tersebut secara paralel. Misal ingin merangkai lampu LED 12V dengan 21 buah LED maka dapat dirangkai sebagai berikut.

Rangkaian Lampu LED 12V (21 LED)
Rangkaian Lampu LED 12V (21 LED) Untuk Motor,lampu LED untuk motor,lampu LED variasi pada motr,membaut lampu variasi motor,rangkaian lampu motor dengan LED,skeam LED untuk motor,rangkaian LED untuk kendaraan bermotor,cara membuat LED pada motor,cara merangkai LED untuk motor
Untuk Motor Dengan konfigurasi 21 LED yang dirangkai seperti pada gambar diatas maka lampu LED pada lampu variasi motor akan lebih terang dan tahan lama. Arus yang mengalir pada tiap LED pada lampu LED 12V untuk motor diatas tidak melebihi 40 mA baik dirangkai dalam 9 buah LED maupun 21 LED. Untuk hasil yang maksimal dari pembuatan lampu variasi kendaraan bermotor dengan LED sebaiknya digunakan LED jenis “super bright” karena LED jenis ini dapat menyala jauh lebih terang dan kemampuan mengalirkan arus yang lebih besar dari LED standart.

5 komentar:

Kang Misteri mengatakan...

aku sudah praktekkin dan berhasil, mantap gan jangan lupa kunjungi blog saya xmisteri.blogspot.com

Didi Supriadi mengatakan...

mantap gan

nurcoholis majied mengatakan...

thanks gan

sujhons mengatakan...

untuk penggunaan empat lampu led berapa ukuran resistornya dan bagaimana cara pengukurnya

Novanda S.T. mengatakan...

kalau di paralel, masing2 led diberi resistor sekitar 450 ohm
kalau di seri resistor hampir ga pakai.. tergantung jenis led nya dlu hehe
amannya beri 50 - 90 ohm aja