Jumat, 01 Februari 2013

YZ Power Tuner For Jupiter Z1

YZ Power Tuner For Jupiter Z1 - Salah satu keunggulan mesin injeksi jika dengan ECU standalone, adalah penyetingan sangat fleksibel dan simpel. Inilah yang akan dituju Yamaha Indonesia bersamaan dengan keluarnya Yamaha Jupiter Z1. Nantinya balap menggunakan Jupiter Z1. Lebih memudahkan mekanik, terutama jika pindah sirkuit, cukup masukkan data setingan lama beres.
YZ Power Tuner
alat setting ECU
Namun bukan berarti ECU bawaan Z1 bisa ditune, melainkan akan ganti ECU standalone yang sedang dikembangkan Yamaha Jepang. Dipimpin langsung oleh Yuichi Takeda. Takeda san merupakan project leader Jupiter Z1, juga pernah menangani YZR-M1 dan YZF-R1.

ECU standalone yang dimaksud terinspirasi dari yang digunakan Yamaha YZ450F, tentu berikut dengan sensor-sensornya. Makanya alat yang digunakan untuk menyeting pun sama, yaitu YZ Power Tuner. Perangkat berbentuk kotak yang bisa digenggam ini, nantinya jadi pegangan mekanik-mekanik balap Yamaha.

Ada 5 keunggulan yang ditawarkan dari pemakaian YZ Power Tuner. Pertama hand held, kedua pemasangan plug n play, ketiga pakai LCD display sehingga mudah dipantau. Keempat bisa custom seting menyesuaikan kebutuhan. Kelima bisa nge-save dan share hasil ubahan ke ECU motor lainnya.

Apa saja yang ada di YZ Power Tuner? Intinya dua, yaitu seting dan monitor. Kita bahas dulu yang monitor, pada mode ini bisa dipantau kondisi mesin dari rpm, intake air temperature, water temperature, tekanan udara, throttle position, engine running time dan error code self diagnostic system.

Sedang pada mode setting ada dua hal yang bisa diatur. Inti dari setingan, yaitu bensin dan pengapian. Setingan fuel tergantung dua hal, bukaan gas dan rpm. Tiap sisi terbagi dalam 3 tingkat; bukaan rendah, sedang dan tinggi. Lalu rpm bawah, tengah dan atas. Makanya 9 kotak yang harus dimainkan angkanya. Bisa naik atau turun 7 angka, tiap naik atau turun satu angka artinya bensin tambah atau kurang 3%. Begitu juga dengan timing ignition ada 9 kotak, bisa diubah maju hingga 4 derajat atau mundur 9 derajat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar