Home » » 7 Bunyi Aneh pada Mesin

7 Bunyi Aneh pada Mesin

Written By Novanda S.T. on Wednesday, March 20, 2013 | 6:40 PM

7 Bunyi Aneh pada Mesin - Bunyi aneh pada mesin motor 4-tak bisa menjadi pertanda kerusakan. Namun, tidak semua 'noise' berarti kerusakan. Ada motor yang jarak clearance antar metalnya diposisikan maksimum, sehingga berisik. Berikut bagian mesin yang sering menjadi penyebab berisiknya mesin.

1. Klep
Suara 'tik-tik' atau 'tuk-tuk' ringan saat mesin stasioner menandakan setelan katup renggang, sehingga rocker arm memukul kepala katup. Bunyi kian keras saat putaran gas ditinggikan. Selain itu, per katup yang lemah, menimbulkan bunyi yang sama.

2. Rantai Kamprat
Suara seperti 'tok-tok' mungkin akibat rantai yang sudah kendor sehingga terdapat bagian yang kendor. Rantai keteng yang terlalu kencang juga menimbulkan bunyi suing atau dengungan. Sedangkan suara 'sek-sek' terus menerus, biasanya gear atau rantai keteng minta diganti.

3. Piston
Di sektor ruang bakar, bunyi sangat minim. Gejala piston atau ring piston oblak, hampir tidak terdengar. Mudah diketahui bila tenaga motor berkurang dan keluar asap putih dari knalpot. Jika suara ketukan agak berat mulai terdengar, pertanda piston minta diganti.

4. Stang Seher
Terkadang muncul suara gemeretak di putaran bawah sampai menengah yang berangsur hilang di putaran atas. Suara ini muncul dari kaki/stang piston yang menampar dinding silinder saat titik mati bawah. Waspadai bunyi ini dengan memeriksa kondisi mesin.

5. Pin Piston
Bagaimana kalau bunyi dengung muncul saat motor dihidupkan? Bisa berarti setang piston mulai oblak karena pin piston tidak menempel pas di rumahnya. Bila kondisi setang piston sudah parah, bunyinya semakin keras.

6. Bearing Piston
Kondisi sama akan muncul saat bearing metal duduk dan metal jalan di kruk as aus. Biasanya diiringi suara 'ker-ker' dan ketukan berat yang keras. Tak lupa vibrasi mesin meningkat di footstep dan setang. Mencegah kruk as berbunyi, ganti setang piston berikut bearing metal duduk dan jalannya.

7. Kopling
Rumah kopling bermasalah ikut menyumbang suara tidak enak didengar. Bunyi 'srek-srek' secara berkesinambungan atau 'duk' saat motor direm mendadak bisa diakibatkan kopling aus atau sistem otomatisnya mulai merenggang.

251 komentar:

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 251   Newer›   Newest»
ronni kristianto said...

gan ane mw tny,
mtor sya vario techno.
kalau mesin dingin suara motor halus,
tpi stlh dipakai muter / saat mesin motor panas ada suara tok tok tok tok tok tok cepet bnget suara.ny ,trus kalau digas suara.ny hilang
dlu prnh oli brkurang dan knalpot ngebul,
klau mslh oli brkurang dan knalpot ngebul dah enggak, krna dah dibore up,
tpi mslh suara kasar trsebut gk ilang"
kira" thu apa.ny y yg brsuara,?

Novanda S.T. said...

udah di cek bagian CVT nya?
sering dari sana tuh..hehe
terutama kampas ganda nya tuh..
saat ga di gas kan kampas nya kehilangan kekuatan untuk mekar..
per nya kalo uda ga beres jadi kembang kempis kampas nya..

btw sewaktu diem motor nya nyundul2 ga? kalo nyundul2 brarti di kampas ganda tuh masalah nya

ronni kristianto said...

kalau nyundul" kgak gan,
tpi kalau digas wktu mw jalan slalu brgetar, pdhal dah ganti roller 12gram dan v-belt.ny,

Novanda S.T. said...

kalau putaran bwah bergetar sih jarang2 nih..
coba cek aja kampas ganda nya..putaran bwah biasanya aneh kalau kampas ganda nya bermasalah
mungkin selip tuh

ronni kristianto said...

tpi, suara kasar.ny bkan dri mesin.ny kan?

Novanda S.T. said...

menurut agan dari mana?
kalau saya sih CVT soalnya jarang2 aja sektor mesin rusak..
oh ya jangan lupa air radiator nya..
tok tok tok bisa karena panas berlebih akibat air radiator kurang dari batas yg ada..

cek air radiator dlu ya?

Samsul Hadi said...

Habis ganti rante ketek. Blum satu tahun masih aja bunyi gan

Novanda S.T. said...

@Samsul Hadi
rantai keteng bro..
cuma ganti rantai nya aja nih?
ya bunyi lagi kalau pisau tensioner nya ga di ganti.. yang warnanya hitam itu
asli lumayan mahal sekitar 150rb
tp awet kok bisa 5 tahunan

Nur Julita Ginting said...

kalau mesin cepat panas, suara kasar dan mesin tidak bisa stasioner penyebabnya apa gan?

Novanda S.T. said...

@Nur Julita
bisa jadi piston baret kalau kasar bnget..
kalau bunyi tik tik tik celah klep terlalu renggang..
semua nya menyebabkan mesin cepat panas

Dimz Aza said...

Gan numpang tanya nie....ane ad motor satria fu....kalo nyala aja gk ad kelainan...tapi bgitu msuk gigi mau jlan...ada bunyi dengung...itu penyebabnya apa ya gan....terima kasih..sbelumnya

Novanda S.T. said...

itu dari sektor kopling bro.. hehe

lutfi ryo said...

Ane hbs turun mesin gl pro bozz,ganti per slah yg patah.stlah dah rapi,pas mau nyela kok kadang" kaya ga nyangkut bozz.mohon bantuan nya bozz

Novanda S.T. said...

kancingan gear nya masih bagus nggk nih? hehe
yang berupa kawat baja menonjol d gear stater nya.. hehe

Novanda S.T. said...

kancingan gear nya masih bagus nggk nih? hehe
yang berupa kawat baja menonjol d gear stater nya.. hehe

lutfi ryo said...
This comment has been removed by the author.
Anonymous said...

Masala saya aama kaya punya mas ronny...motor saya juga vartec...asli bikin kesel..suara dari daera meain mas..bukan cvt...kaya piston nyundul blok g braturan..memang buat di naikin gas masi normal...MESIN KAYA G MAU STASIONER..umpama gini sebelum kerja halus banget bunyi g ada..waktu pulang nyalain motor suara dok dok dok ada lagi...pusing tuju kliling...btw saya inget sebelum kluhan ini ada..vartec saya nawa kebengkel...nah tu tukang servic nya kaya ngamplas ( tau amplas yg buat ngalusin kayu kan..na dia pake itu ) karet vakum karbu nya...apakah ini biang kladi nya..

Novanda S.T. said...

ada kejadian skep nya + membrannya minta ganti jg bunyi glok glok dok gitu..
hehe

bisa jg v-belt minta ganti

jamz til said...

vega zr habis ganti pelatuk klep+rantai keteng baru suara tetap bunyi kayak klep longgar.tapi stasioner mesin tenang.kira' apanya yang salah ..?

Novanda S.T. said...

piston ga beret/aus??
hhehe

Anonymous said...

mau nanya motor ane supra x pgm fi (apr 2014), kalo mesin uda panas krn macet banget, ketika di gas dari putaran bawah sampe tengah suka bunyi tek tek tek..itu karena apa ya...herannya kalo mesin dimatikan 3 menit aja mesin balik normal lagi
bingung karena motor masih baru dan ga pernah ngebut tapi ada masalah kayak gini, ditanya ke beres jg pada ga tau
hal ini kayaknya bermula karena nerjang banjir...mohon bantuannya

Novanda S.T. said...

adakah modifikasi?
itu pengaruh kondisi karbu yg terlalu irit bro settingannya..

Anonymous said...

motornya standar ga ada modifikasi dan motor ane injection bro...bingung nih kenapa kayak begitu motornya...mohon bantuannya

Novanda S.T. said...

suplai bahan bakar nya mungkin terlalu miskin..
coba minta setting ulang, atau sekalian reset memory ECU nya supaya normal lagi..
coba motor Yamaha langsung terdeteksi kalau sistem injeksi nya gagal

Anonymous said...

Ka mau nanya nih kalo bunyi tek tek tek pada klep kenapa ya?

Novanda S.T. said...

suara kalau mirip mesin jahit ya piston/seker nya aus..
kalau tik tik halus minta setel klep..

Anonymous said...

gan ane mw tx
motor gue mio soul
klw di gas tinggi keluar suara seperti suara mesin uap atau suara nyaring gimana tuh gan ?

Novanda S.T. said...

emg suara nya drmn? hehe

Anonymous said...

gann, numpang tny nih,spd mtr gw honda beat pgm fi cbs. sejak pertama beli udh mudah panas,baru jalan 2km aja knlpotnya udh bunyi tek tek tek kalo mesinnya udh berhenti,, apa masalahnya ya gan.. tlg infonya,,hehe

Novanda S.T. said...

normal bro, lama2 hilang jg.. kadang itu terjadi akibat kotoran d dlm knalpot..

Anonymous said...

gan, para master, mau tanya,,, satria fu saya mesinnya udh modif 200cc full dgn spek piston 70mm, klep gede racing, full porting, noken in-in stroke up 3mm, ratio kompresi 13.5, karbu pwk30. awalnya setelah jadi dari bengkel mesinya memang sudah ada suara kasar, tp suara itu kasar normal seperti motor bore up pd umumnya. stelah lama kelamaan jika mesin dimatikan timbul suara KLOTAK!! keras banget sperti ada yg bertabrakan. padahal udh di cek tidak ada yg bertabrakan. kira2 apanya ya?? sya udh tanya ke bengkelnya tp katanya gpp sih. saya jujur suara itu sangat keras dan mengganggu sekali.

Jaka Rizky said...

gak mau nanya
saya baru ganti piston
tapi pas saya oper ke gigi 4 ada suara piston yg kenceng bgt
itu kenapa ya?
mohon pencerahan nya

Novanda S.T. said...

gak mau nanya? :D
sepertinya ada ubahan pd motornya, kalau boleh detail ubahan motornya gmn ya?
hehe

Novanda S.T. said...

biasanya sih stang piston nya bro kalau bunyi klotak..
cirinya kalau saat netral dibleyer, saat rpm turun dan mau stationer bunyi ctok..

Jaka Rizky said...

pertama mesin saya di ganti laher di dalem mesin
sama piston
tp setelah beres suara mesen gak galus sama gear 4 bunyi keras bngt

Novanda S.T. said...

berarti setelah bongkar mesin total (pecah mesin) ada yg ga pas masangnya..
ckck

Jaka Rizky said...

berarti harus di benerin lg
ato harus ada yg di ganti lg?

Anonymous said...

Mkasih gan, ternyata stang piston yg oblak karena pen stroke yg melesat gk center.

Hendy Setyoputro said...

Permisi gan..
ane punya motor Honda Revo 2008..
>Modif :
- Kopling manual (Supra XX)
- Piston Daytona 126,9 CC
- Per Kopling TDR
- Yg lain asli HONDA
>Masalah :
BUNYI KLETEKAN.. TEK..TEK..TEK.. NYARING BGT PADA MESIN...
>Keluhan :
Sdh pernah di service sbelumnya sampe 4x dgn masalah yg sama,.
Singkat cerita, karna motor bila dibawa keluar kota, dalam kecepatan diatas 100KM slama -+3menit pasti mesin pelan2 melemah dan akan mati mendadak (keadaan kopling ditarik) dalam keadalan sdg berjalan sambil digas..
Service sbelumnya menghabiskan biaya sgt banyak (bagi ane yg hidup dgn kesederhanaan) skitar -+4juta dgn perbaikan pembelian Piston baru (Yamaha Jupiter Z 110CC, Yamaha Jupiter Z 110CC, Honda Revo 99,6CC+rumah piston baru, Daytona 129,6CC)
DAN INI TERJADI LAGI UNTUK KE 5X NYA..!
ane minta SOLUSI MURAH gan untuk perbaikan motor ane???soalnya ane sdg terkendala biaya WISUDA DLL..?
Ditunggu dgn sgt jawabannya gan + doa pahala terindah untuk agan Novanda,S.T yg siap menghiasi kehidupan agan :')

Novanda S.T. said...

bro.. suara kletek nyaring adalah piston yg aus lg..
itu terjadi akibat oli yg tidak naik, shg piston cepat rusak..
cek dlu pompa oli bekerja nggk? cek naik apa nggk?
kalau ga naik, piston cepat memuai sehingga bergesekan keras dengan liner/rumah piston.. akhirnya mogok deh motor..

skrng piston pakai ukuran brapa ya? apakah 55 mm?
wajib dikolter kalau ketebalan liner mencukupi, kalau tidak ya gnti liner lg sekaligus piston kitnya..
pakai merk NPP aja bro biar murah.. 110rb sudak lengkap

andika akmal said...

motor satria 2 tak ane kok suara mesinya berisik banget yaaa.. padahal udh gi ganti piston stang seher dan udh di ovebooss
karena waktu itu pernah di over size karena baret maka saya ganti semua.. tapi ko masih berisik jga ya kasar banget lagii..
mohon penjelasanya.. trma kasihh

Novanda S.T. said...

ada indikasi piston aus lg..
atau kalau tidak kompresi terlalu tinggi, jd detonasi

rahman masyhadi said...

Motor fu suara dug dug dug bagian tengahnya! Padahal sudah ganti stang seher! Kira"apanya ya?

Novanda S.T. said...

ada kemungkinan setelan noken as ga pas..

Anonymous said...

Gan ane mau tanya.
Motor ane Jupiter Z 2004. Ada suara bunyi ketukan di mesin kalo pas lagi diem atau gigi netral. Entah itu motor masih dingin atau udah panas sama aja. Tapi kalo udah masuk gigi, bunyi ketukan ilang gan. Itu kenapa ya?

Novanda S.T. said...

itu gejala dr sisi kopling bro.. cek di bagian ganda aja,,
atau bs jg girboks lg ada mslah

Anonymous said...

Gan mau tanya,
Motor Ane mio, kemaren sempet bunyi keras kaya mesin jahit cuma sebentar trus hilang ketika goncangan polisi tidur,.. tapi tenaga putaran bawahnya kaya keslec gitu... udah di plintir gas nya naiknya jadi lama walaupun tetep bisa nyentuh angka 90
jadi waktu awal gas di puntir kaya ga ngerespon gitu
kira2 masalah nya di mana ya gan? thanks., sebelumnya...

Novanda S.T. said...

karbunya sedang ga sehat bro..

Anonymous said...

setingan karbunya gitu gan?
Tarikanya sekarang rada berat kayak ada yg nahan, rpmnya udah teriak tapi naiknya lama berasa di tahan, ga ada masalah di bagian mesin ya gan?

Novanda S.T. said...

ya harus dicek bro.. speda std nggk nih?

Anonymous said...

habis service besar skir klep di bengkel resmi yamaha

Anonymous said...

Saya habis bongkar silinder blok sama kopling. Karna sebelumnya suara kasar banget. Tapi setelah saya cek kok tidak ada masalah di keduanya. Minta bantuanya gan. Motornya rxz. Hehe terimakasih

Novanda S.T. said...

bisa jadi dr yg lain.. emg kasar sprti apa?

Anonymous said...

met siang gan nanya nih,jupiter mx bunyi dengung di gigi 3 tp saat ke gigi 4 agak pelan suaranya.apanya ya gan? trims

Novanda S.T. said...

damper rumah kopling udah mengeras.. jd rumah kopling ga stabil lg..

Anonymous said...

Gan mw nanya nih, motor ane supra x 125 PGM-FI dari awal beli sampe sekarang (+/- 1bulan) selalu ada suara berdengung "ngggikk. . .ngggikkk" tp cmn di kecepatan 20-50 KM/J diatas kecepatan itu suaranya hilang sendiri. . .mohon pencerahannya gan, apakah ini ada masalah dengan sistem PGM-FInya? terimakasih sebelumnya gan. . .

Novanda S.T. said...

bukan dr laher roda? dicek dlu suara timbul dr mana bro..

Anonymous said...

Permisi gan ane numpang tanya.motor ane smash 2005.motor udah ane pakein kopling manual (bukan kopling suntikan),knalpot racing SKR,piston udah ane naikin oversize nya dari 50 ke 125.keluhan ane.motor kalo di ajak ngebut tiba tiba nyundul tapi cuma sekali gak berkali kali sebelum kayak gitu giginya sempet slip.slipnya parah udah masuk kr gigi selanjutnya tiba tiba mundur ke gigi sebelumnya.mohon pencerahannya gan.thanks


By : iki

Anonymous said...

Motor sy jupiter z 2004, keluhan pas gigi 2 kec -+30km/jam ada bunyi dengungan yg cukup keras. Sedangkan gigi 1,3,4 tdk terdengar bunyi demikian. Kira kira apa ya? Trima kasih

Novanda S.T. said...

selip bisa dr pemasangan kurang tepat, kampas aus, per kopling lembek..
gigi loncat bisa dr pemasangan botol pemindah kurang pas..

Novanda S.T. said...

apakah diubah rasio gigi 2 nya?
apabila tidak berarti gigi mulai mengalami keausan..

Anonymous said...

kalo nyundul itu dari mananya ya?

by:iki

Novanda S.T. said...

maksud nya dr kata nyundul ini apa? apanya?

Adi Nugraha said...

Motor ane New shogun sp 2008 msh tingting, mau tanya nh om
1. kalo mesin uda panas terdengar suara "dek dek dek" di bagian head blok itu knpa ya?
2. saat di ajak ngebut ko ada suara mendengun kira2 apa nya ?
3. ni motor uda 6th kira2 apa aja yang harus diganti ? Thank's om

solikin b said...

bang novan
ane solikin_cibitung

honda hsx125 ane ndut2an diputaran bawah trus ada suara nembak, trus ada suara srek2
mohon solusi, thxs

Novanda S.T. said...

kira" kopling uda dicek atau servis?
minta cek kondisi rumah kopling dan kampas kopling nya..
suara dek dek dan dengun biasa nya dari rumah kopling oblak yg minta ganti damper nya..

Novanda S.T. said...

sepertinya nembak akibat setting karbu ga pas atau kurang servis..
srek2 apa saya ga paham >.<

Adeeka Putra said...

Siang gan...ane mo nanya ane punya motor jupiterz klo lg boncengan setelah masuk gigi 2 pas mo di gas kok motor nya begetar..kira2 yg rusak apanya gan ya?tks

Novanda S.T. said...

rumah kopling dkk perlu dicek tuh bro..
kondisi karet damper kopling jg mungkin aus

Nanunk Deska said...

Kopling new vega r setelah pasang kopling x1, pada 10-20 kpj bunyi grooook ntu dari apanya bro?
Balancer beli jadi merek sys yang dimasukin ke rumah kopling tanpa ada las lasan. Tinggal masukin dan pas plek.berat sekitar 600 gram ditambah mangkok ganda.

Novanda S.T. said...

rumah kopling nya ga aus bro? hehe
biasa nya kalau udah kopling manual harus sehat karet rmg kopling nya.. alias ga boleh oblak

Dimas Wahyu said...

Gan knpa Motor Supra X 125 Saya Berdengung
Mesinnya Saat gigi netral kalau di masukkin ke gigi
1 dengungannya hilang kira kira itu apanya?

Novanda S.T. said...

biasa nya dengung akibat rumah kopling yg oblak.. alias karet nya minta ganti..

Muhamad INDARyatno said...

ane pnya satria f 2010 nie gan tp suaranya dah berubah ga kyak satria pd umumnya yg nyaring nd ngebass suaranya. udah ane check dr knalpotnya jg ga ada yg brmasalah. kira2 apanya ya gan ??

Novanda S.T. said...

ngebass? rpm bisa tinggi nggk ya?
knalpot ubhan nggk? heehe

Widodo Atbakker said...

Vario 125 bulan mei 2014. Ada suara kerrrr kerrrr dari bawah jok. Makin kencang seiring putaran gas. Apakah masalah ada di bearing piston. Suara ada ketika kesin kondisi sudah panas. Tks.

Anonymous said...

saya baru beli vario fi 110.KM baru 500 an. diwaktu mulai jalan ada terdengar suara plak-plak di bagian Cvt, namun suara itu hilang sendirinya setelah kecepatan di atas 40 Km/h. Jika di hidupkan tanpa dikendarai suara itu tidak ada.. mohon pencerahannya..?

Novanda S.T. said...

kalau motor masih baru n ada mslah langsung claim ke jaringan resmi Honda bro..
daripada merambat kemana-mana kasihan km sebagai pemilik merasa kecewa..
sblm terjadi apa2 segera lapor ke dealer biar ada penanganan langsung..

Novanda S.T. said...

wah macam-macam kalau di vario..
lmyan jg..
monggo pasti nya di Honda lansung kan masih ada garansi, jd bs ngajukan claim kalau trnyta mslh dr pabrik..

biasa nya ya laher as kruk, pulley, roller, dll..

Ical Irawan said...

Gan motor ane mio .. ane suka risih kalau bawa motor lagi lampu merah pas jalan tuh bunyi kenceng berulang kali seperti benda keras saling bertabrakan .. itu kenapa ya ? Mohon solusinya ?

Novanda S.T. said...

kampas kopling nya biasa nya aus..
silahkan dicek bagian CVT nya di dealer Yamaha

Anonymous said...

Gan kalo vario esp 125 ada getaran kaya"greg greg greg" si kecepatan 40 -60 kpj kenapaaa yaaa?padahal cvt satu set dah diganti semuaaa kayaaa roller,pully vbelt dll udah digantii,mohon pencerahan

Novanda S.T. said...

kalau jalan konstan ya?
matik Honda rata" gitu semua..

wildan virdinan said...

Gan mau nanya motor ane satria 2 tak masalahnya kalo motor dinyalain ada suara berisik dari blok sebelah kanan tapi kalo kopling ditarik suara berisik itu ilang kira" kenapa yaa?

Novanda S.T. said...

damper rumah kopling udah aus..
lepas rumah kopling dan bnerkan d tkg bubut..

kusman hidayat said...

gan mau nanya motor ane smash 2005,suaranya kasar tok,tok,tok,tenaga lelet,gigi susah masuk

Novanda S.T. said...

piston udah aus mgkn..

Deddy Prasetyo said...

motor ane shogun 125R gan,
ada suara "tok" pada saat beberapa detik mesin dimatikan (suaranya seperti suara piston memukul bagian blok mesin depan/kop depan)
rumah kopling/automatisnya juga sudah aus gan

sarannya ya gan
heheeh
terima kasih sebelumnnya

Novanda S.T. said...

rata" seperti itu di motor suzuki karena kopling otomatis nya aus bro

Djastian Muhtadiansyah said...

bro gini ane.. ane punya motor suzuki arashi kopling otomatis dan baru ane ganti jd kopling manual di BeRes hari ini, trus ane pke.. nah bbrapa jam kmudian ane nyalain lagi tuh motor,
tau2 kok ada bunyi "klotokklotok..." dari bak kopling sbelah knan ..
bunyi gtu mncul kalo ggi dalam keadaan netral, tapi kalo dah masuk ga ada lagi..
kira2 knpa itu ya gan ??

Novanda S.T. said...

ada baut yg ga kencang.. itu ganda di las nggk?

agung said...

klo setelah ganti stang masih bunyi tu tuk dalam kondisi rpm rendah dan panas mesin sedang apa itu piston kena mas padahala sudah cek rumh kopling tidak oblak n dari knalpot jug tidak ngebul

Novanda S.T. said...

loh waktu di bongkar apa piston tdk dicek?
kalau stang nya parah biasanya piston jg kena..

fersi melati said...

mas saya punya motor smash 110 cc tahun 2004 ,,tuh mottor kalau pagi kok susah bget ya ngidupinya ,,ntar kalau da hidup ,,n mesin da panas ,,,,,hidupnya gampang,,apanya itu mas ya

Novanda S.T. said...

setelan karbu terlalu kering.. di choke enak biasa nya

Renaldy Aldy said...

Gan motor ane revo fi 110 udh jalan 1 thn klo lg stasioner ada bunyi tik tik tik. Udh sering stel klep tp tetep sama bunyi nya gk ilang. Dan juga kalau lg jalan di bwah 20 km suka nyundul dan bnyi bletak di mesin.
Masalah nya apa ya gan dan harus ganti apa.
Thx gan

Novanda S.T. said...

seperti nya rantai timing nya itu bro.
tp nggk sampai bletak gitu, cm ser ser tek tek aja

Bambang Dewantowo said...

motor smash 2003 diganti kampas kopling baru kok malah ada suara duk duk duk kira2 apa ya gan mohon pencerahan

Novanda S.T. said...

antara pemasangan nggk tepat dan setelan kopling nggk pas.

Gunawan Gunawan said...

bro nova mo tanya, motor saya supra x 125 pgm fi helm in. km baru 17ribu km. motor terawat service rutin, ganti oli setiap bulan, oli spx 1. belum pernah dimodif atopun dimacem2in. full ori. akhir2 ini jika mesin panas ada suara tik tik ato tek tek di bak sebelah kanan motor blok kopling, kurang bisa memastikan telatnya dimana tpk disekitar itu, tp jika mesin sudah panas saja klo dingin mesin halus. kira2 suara apa y bro nova? terima kasih sebelumnya

Novanda S.T. said...

wah untuk seperti itu saya blm memahami dengan baik gejala nya.
setelan karburator mgkn blm pas jg bisa, akhirnya pengaruh ke lain2 akibat panas.
konsultasi kan ke bengkel resmi saja dlu supaya ada tindak lanjut nya

budybeo said...

bro ninja mono 250 saya baru hampir mau setahun masi standard sekarang muncul suara tektektek.tiktiktik saat mesin dingin saja dan ketika sudah panas mesinnya suraranya normal itu apa nya bro klep atau tensionernya?

Novanda S.T. said...

wah motor baru loh padahal. apa pemakaian sering dibuat tarik"an gas?
kalau klep jarang berubah setelannya. kalau tensioner ada kemungkinan agak kendur, tp walau mesin panas biasa nya tetap bunyi.
setelan bahan bakar dicek lg saja. kan mesin dingin butuh campuran yg kaya. mgkn terlalu miskin setting bahan bakar nya

jjono dua said...

Master....
Mohon minta waktunya..
Motor sy Fu,
Mtor saya bru bongkr mesin bulan maret kmrin,
Part yg diganti :
-Blok deksel
-paking Blok
-rantai timing
-rol teming
-paking magnet
-paking deksel
-ring klep
-klep
Singkatnya...
Keadaan mesin smenjak sebulan trakhir,
Ketika dimatikan,
1.Trkadang bunyi "Kletak" (sprti piston nyundul)
2.Trkadang ktika mesin dimatikan reaksi mesin sperti kehabisan minyak,
3.Dan ketika kita engkol trkadang "membal" (sperti GL Pro)
Mohon pencerahannya,

Salam,,
Dari medan
Thankz

Novanda S.T. said...

mungkin top noken as tidak pas.
performa motor pun beda pasti nya

budybeo said...

iya bro bisa di bilang hampir sering sih. ngejar waktu disaat trek lurus.. apa pengaruh dari itu ya... sebelumnya normal ga bunti seperti itu. klo pompa oli lambat naik nya ngaruh juga ga bro?

Novanda S.T. said...

pompa oli lambat naik pasti aus semua komponen di silinder head.
kalau sering geber" gas biasa nya kalah piston hahaha

imam aji satrio said...

Min
motor saya satri f.
motor saya dalma keadaan hidup, jika saya mereng ke kanan motor bunyi kasar2
kalau kekiri tidk bunyi
Mohon bantuannya. .

Novanda S.T. said...

brarti oli mesin kurang bnyak bisa jadi. jd saat miring ada bagian yg kekurangan pelumas

budybeo said...

sudah clear bro ane coba stel tensionernya ternyata sembuh.. tanks

andi mayang said...

gan smash pas gigi 3 suara nya kasar kayak rante kenceng kendor tpi buksn rante kira" knp yac gan mohon pencerahan ny

smadbp sidomulyo said...

Om mau tanya nih... motor ane mio.. abiganti blok std n perangkatnya... platuk klep juga gnti krna bunyi.. karna masih baru gnti selama smnggu lebih ane cuma pke santai skitar kcptn 40 km/jm... blum ada bunyi.. tpi munggu kedua ane pke di kcptn 50 - 60 km.... eh ternyata ada bunyi nglitik di blok klepnya... trus ane gas lagi tu sampe 70 km.. suara ilang... jadi bunyi keluar pas kcptn 50 ajj om... tu apanya ya om yg bunyi.. padahal semua partnya ganti baru... kecuali bagian rante keteng nya...

Novanda S.T. said...

cuma di gigi 3?
gigi 4 nya gmn?

Novanda S.T. said...

cuma speed 50 kpj?
cek bagian cvt nya bro.

Anonymous said...

gan ane ane mau tanya nih, motor ane mio soul karbu tahun 2012, motor ane kok kalo pas di gas baru mau jalan smuanya geter lumayan parah ya? tapi setelah jalan ngga geter, nah tapi setelah kecepatan diatas 60 baru dah tu getar lagi, makin tinggi sepeednya, makin tinggi juga getarannya gan, itu kira kira apanya ya gan?
ane udah ganti:
Vbelt
Pully
Roler & mounting yang di sasis juga udah di ganti
tapi tetep aja masih geter geter gan
mulai geter gitu semenjak ganti mounting nya gan, apa karna pasang mountingnya ngga bener atau apanya gan?
dan sekarang abis ganti pully eh malah kalo setiap mau tarikan awal dan di gas spontan ada bunyi kaya curut gitu gan, nah itu apanya juga ya gan? mohon pencerahannya gan, dan kalo sekiranya ada kenalan atau agan sendiri bisa mengatasi masalah seperti yang saya bilang tadi, mohon bantuannya gan, masalah harga nanti bisa di diskusikan, hehe

Novanda S.T. said...

mohon di cek kampas kopling nya udah aus atau tidaknya
juga stang piston berikut piston nya.
bunyi curut bisa jadi kurang nya grease pada pulley nya.

Gilang Permana said...

kang sepeda ku vega r new 2006, aku mau tnya' knapa yah saat brjalan gigi 2 mesty bengung keras dan gigi 1.3.4 tidak
apakah itu yg aus ring rasionya ya kang

Novanda S.T. said...

bisa jadi..
kalau menurutku rasanya dari sektor kopling deh hehe

Anonymous said...

Permisi gan mau tanya, sepeda motor ane supra fit th 2006, awalnya klep sengaja agak di kendorin selang beberapa bulan saat di pakai dari gigi 2-3 normal pas ane naikin lagi rpmnya ke 4 langsung down dan bunyi kenceng pada mesin dan permanen,mohon pencerahan gan...

Novanda S.T. said...

bunyi kenceng sprti apa?
setelan standar coba, 0.05 mm
kalau masih berisik ada kemungkinan piston aus, rantai kamprat berkurang kekencangannya

Luck Nut said...

Om suhu, vega r 2008 saya, mesin bunyi " kretek2 !! " keras dan kasar banget, tapi pas jalan pelan pake gigi bawah..klo buat ngebut suara ilang..1 bulan yg lalu pnh ganti ring seher..Tolong dibantu ya om harus piye iki..thx

Novanda S.T. said...

ketegangan rantai timing mohon dicek..

Andrew Setyawan said...

Met siang salam kenal Mas Novanda....Mf menganggu, Sy bingung nich krn sebelumnya tdk pernah pake Yamaha....Krn dr awal mengenal motor slalu Honda. Kemarin sy beli Jupiter new z 2010 ( Motor kakal sy sndri & gk prnah dimodofikasi dll ) Dr baru hny kkk sy yg pake makane q mau beli...Tp masalahnya Tarikan motor berat....Saat stasioner ...ada suara Geluduk...Geluduk....pd mesin....kira2 apanya ya mas? Motor msih km :23.000 n terawat...makasih mas

Novanda S.T. said...

silahkan servis kembali supaya performa segar kembali
kemungkinan filter, karbu, ruang bakar sudah kotor walau terawat sekalipun.
busi dibaru i saja

ST-25 said...

selamat makam bos noivanda, sy mau nanya nih , motor saya Suprax125, pake seker Kaze OS 0, nah kalo mesin panas n Rpm tinggi, motor tina2 buyi "crrrrrr" "clek" trus mesin motor mati deh , harus di kontak off, lalu kontak on ban stater legi baru bisa hidup n jalan .. tp kalodipake rpm tinggi lagi sama kejadiannya , sampe 2x akhirnyz ane jalan santai aja deh , trus malah bunyi "kletek2" waktu digas ..

kira2 apanya yah ?

Novanda S.T. said...

mana makam? malam.
siapa noivanda? saya novanda :p
haha
setting karbu sudah pas blm?
rasio kompresi diukur nggk? hehe
kekencangan rantai kamprat?

ST-25 said...

sorry typo mulu bos... hahaha

kalo itu sih udah pas semua, ane tanya beberaps temen ane, katanya problemnya ada di pengapian (cdi), tp waktu tanya mekanik ane, katanya olinya ga naik.... main bingung ane nih . hehehe

Novanda S.T. said...

sekarang brarti kondisi motor sudah kletek" yah?
pasti oli tidak naik. jadi dibawa ngebut macet, nyala lg eh berisik suara nya.
cdi gangguan motor mati total alias ga bakal hidup.

ST-25 said...

udah sih , kemarin sempet sedikit emosi juga sih , wkwk langsung ane tambahin aja oli 1 liter, ane diemin sampe mesin dingin, trus ane pake lagi udah ga bunyi lagi, tp kalo mesin udah panas, baru tuh bunyi kletek2 ada lsgi tp ga sampe mesin mati ... klep nya kali yah ?

Novanda S.T. said...

percuma kamu masukkan oli 1 liter lagi
soalnya dari cerita di atas piston sudah aus :D
harusnya dibenahi dlu problem oli tidak naik sambil piston dicek.
baru deh aman tanpa mslah suara maupun performa.

blogpeace.org said...

Bang ane punya supra x 2005 ngluarin buyi tek tek trus klu nanjak gak kuat dan sering nembak

Novanda S.T. said...

sepertinya setting sudah melenceng dari standar ya? :D
karburator perlu disetting dengan benar, dicek kondisi membran ACV rusak tidaknya.
intake manifold diusahakan tidak mengalami kebocoran
klep IN EX tidak ada yang bocor
piston bebas dari kerak
AIS tidak rusak/bocor

Anonymous said...

Gan ane baru beli motor vario 2010,pas baru beli suara mesin alus tapi pas di pake 2 hari ada bunyi tik tik tik di mesin kalo mesin dingin,tapo kalo pas mesin panas suaranya tetep bunyi cuma agak kecil bunyinya... terus sekarang udah di pake 10hari bunyinya agak keras tek tek tek kalo mesin dingin... tapi agak hilang kalo mesin panas... kenapa ya gan ? Mohon bantuanya...

soalnya takut di bohngin sama bengkel ... dulu pernah mx cuma ngebul dikit... eh pas di bawa ke bengkel abis 1,4 juta.. malah tambah parah... dan akhirnya moto ane jual...

Novanda S.T. said...

pake pertalite atau pertamax udah coba?
standar nggk nih? setting karbu dah bner blm? vario sering kali tek tek kalau setting karbu nggk pas

bener2 di bohongi MX km itu. kasihan -_-

reflex photography said...

Mau tanya ...motor vega 2005
Mesin kondisi mati
Gigi netral
Standart tengah
Ban belakangnya saya putar pelan2 pake tangan, terdengar suara kletok.kletok keras bgt di dlm mesin,
Akhirny rantai saya lepas, cuma gear depan saya putar pakai tangan pelan2, msh aj kedengeran keras....itu knp y..???
Apalagi klo habis buat muter2 lama, trus buat jalan pelan2, suaranya tambah keras bgt.

Novanda S.T. said...

suara keras sprti gmn ini? :D
kemungkinan di bagian kopling ini. mengingat usia motor udah 10 tahun

Riyad Zamhur said...

mas kenapa ya motor jupi saya waktu netral suara deg deg keras di tengah tersendat2 juga pas suara deg keluar kalo lamsam kecil, kalo masuk gigi sama tarik kopling suara nya rubah jadi heong makin di gas makin kenceng, itu daro mana ya?

Novanda S.T. said...

rumah kopling e di cek..

Anonymous said...

gan mau nanya motor ane scoopy fi 2014 beli bln agustus dari awal beli klo dipakai jalan terdengar bunyi gemericik dikecepatan 0-20km/jam kalo motor dah dipakai jalan 1km tapi klo motor stationer bunyi tersebut tidak ada, bunyinya terdengar dri blkng cuma ga tau dari mesin, cvt apa gear transmisi, yg ane dah lakuin ganti, rmh roler, roler, bosh rmh roler, vbelt, laher bambu, as + laher (tmpt kampas ganda, percvt, laher bambu), laher dimangkok cvt, laher yg as roda belakang tapi bunyi tersebut tetep ada.. ane udeh coba klaim cuma tetep aja hasilnya nihil.. mohon solusinya gan?

Novanda S.T. said...

gemercik kurang pelumas?
atau gmn aku nggk pham?
dicek aja kode2 part nya scoopy atau tertukar dr motor lain?

Fahra Nuni said...

Gan motor ane revo 2010 mau tanya dong kenapa ya gan intinya tuh saat mesin dingin suara halus begitu ane ajak muter ane matiin terus ane nyalahin tuh bunyinya tektektek kenceng gan tapi begitu jalan lamalama ilang tuh bunyi itu kenapa ya gan ?

Novanda S.T. said...

kurang tahu juga ya hehe

Unknown said...

Gan saya punya mtr jupitr z habis turun mesin ko kalo dari gigi4 bisa langsung netral padahal lg jln. Mohon penjelasnya.

Novanda S.T. said...

penahan gir 4 nya kali nggk bener pasang nya..
turun mesin lg bro hehe

Dk Vin said...

Mas Novanda , saya punya motor FU,
keluhan nya kalo mesin dingin suaranya mulus banget, tapi kalo udah panas, ada kluar bunyi duk duk duk dek dek gtu dari tengah mesin.
kira2 tu apa ya...
tks

dari BATAM.
WA(085760094009)

Novanda S.T. said...

mgkn rantai timing nya mulai kendor bro..

Dk Vin said...

otomatis rantai timing ny udah aku pasang baut... mungkin ga stang seher??


mesin panas aja kasar..'

Novanda S.T. said...

terlalu kencang mgkn.. biasa nya gitu..
kalau stang aus motor bunyi ctak waktu selesai bleyer

Lucky Laki said...

Halo mas mohon bantuan neh, karisma 2004 habis oz 75 tp ketka diajak jalan posisi kec 10km/jam gitu suara kayak kebentur klep pistonnya, padal dicek jg udah ga ada bks kebentur,

Novanda S.T. said...

piston standar oversize atau oversize jenong?

Gaib Sulanjari said...

Gan tanya donk kl jupiter z burhan kl buat jalan gigi 3 saja suara dengung ky mesin bus apanya ya gan? Dann jupiter z 2008 bagus premium/pertamax

Novanda S.T. said...

premium aja soalnya rasio kompresi statis ga sampe 7 : 1.
jauh dari 9 : 1 hahaha

dengung? kisah motornya apa aja? pernah bongkar mesin?
mgkn gir nya menglami keausan

Anonymous said...

gan, ane mau tanya kenapa ya mesin motor supra 100cc ane kalo dihidupin keluar suara "cess-cess" dan ada angin yg keluar itu apanya ya?
sudah di cek businya tp tidak bermasalah.
mohon bantuanya gan.

Novanda S.T. said...

cek knalpot nya
pak nya mgkn minta ganti

Nurpin Purba said...

Klo mesin panas kletek juga,,,
Skrg klo tarik2 gas suaranya drek drek gtu.. mcm cc besar,,,
Speed nya klo kcepatn 70- 80km/h dah ga kuat lgi, dger bunyi drek srasa gak narek. Tenaga juga ga da, pdahl tdak ngebul.

Novanda S.T. said...

cek saja kondisi rantai timing dan karburator

Alex said...

Mau tanya, motor saya Jupiter MX tahun 2005, kemarin2 sempat mengalami overheat gara2 air radiator, lampu sering nyala merah, tetep saya pakai jalan. Sekarang udah hilang overheatnya. Udah ganti air radiator.
Yang jadi masalah, sekarang motor kalo udah dipake jalan lama (20 menitan), suaranya jadi kasar, kalo di posisi netral itu ada suara2 nguk2, padahal kalo mesin dingin suaranya normal.
Kemarin juga kalo mesin panas, gigi masuk 1, gak di gas bisa jalan sendiri motor. Dioper ke netral jg susah, Udah dibawa ulang ke SC, disetting ulang gas sama kopling nya udah lumayan, gas nya dikecilin, cuma kalo pas mesin panas gitu, rasanya gasnya lemah gitu, kaya mau mogok, kalo awal2 pas mesin dingin rasanya normal & enak gasnya. Kemarin sih sempat disaranin coba ganti kampas koplingnya. Lom pernah ganti dari beli kayanya. Apa performa mesin udah turun yah, apa gara2 pas overheat kemarin saya paksakan jalan ?
Thanks.

Novanda S.T. said...

overheat ada kemungkinan piston atau ring nya aus..
aplg mesin panas, tmbh keras suara nya..
susah pindah presneling antara setting kopling nggk tepat atau kampas nya aus

Unknown said...

Gan saya mau nanya,motor saya ninja 150 kemarin pas mesin dingin kaya ada suara "tek..tek..tek" tapi setelah digeber* setelah panas suaranya hilang gann,mohon pencerahanya gan..??

Novanda S.T. said...

standar nggk nih?
mgkn setting karburator nya saja kurang tepat hehe

Anonymous said...

Salam kenal mas novanda, mau tanya ni vega sy thn 2001 br bore up 54mm pake piston tdr jenong kira2 1 mm, setelah dipasang mesin komplit, kok pas diselah berat bgt saat kompresi apa krn kompresi ketinggian( deck clearence jd 1mm) atau gmana? Sm satu lagi ada suara spt kerr kerr di head sblh kiri apa rantai kamratnya? Padahal dah ganti baru...thx masbro

Novanda S.T. said...

awas klep e nabrak :D

Anonymous said...

Wahh udah tak cek klep ga nabrak piston masbro:D
Lha trus masalah kompresi sm bunyi kerr kerr py mas novanda? Mohon pencerahannya...hehehe soale sy baca2 artikel e mas novanda byk memberikan pencerahan eksperimen2 motor sy :D

Novanda S.T. said...

nyoba pakek pertalite atau pertamax..
bisa jadi ngelitik karena detonasi
biasa nya waktu klep standar dan noken standar sering gitu

Anonymous said...

Saya dah pake pertamax mas :D
Dah ketemu masalahe mas hehehe, ternyata tensioner kamrat salah masang jd pas masang blum sy putar ke kanan jd kyknya terlalu kencang setelannya...skrg dah haluuusss..wuusss wuuuzzz malah kampas koplingnya skrg slip minta ganti krn tenaga melimpah hehehe :D btw noken dah pake brt s1 & rocker roller terima kasih pencerahannya mas Novanda sukses selalu

muh eizzar said...

Mau tanya om mtr saya jupiter z 2008 kmaren baru tutun mesin.setlah selesai saya pake jaklan pelan gigi 1,2 normal masuk gigi 3 mesin langsung berdengung pindah gigi 4 normsl lg suara.a kira2 apa.a ya om pdahal kmareb cman ganti stang seher sama bearing bekhend doang.

Novanda S.T. said...

wah kurang tahu juga bro.. tanya kan ke yg kerja
mnrut aku sih jarang2 kalau cuma di salah satu presneling kalau ga dibongkar transmisi nya
kan bawaan jupiter z ga lepas, turun mesin pun masih utuh..
mgkn ring terluar dari transmisi lupa

biasa nya mekanik yg kerja kalau ada kembalian ring, baut, dsb kan hafal

febri yanto said...

Permisi bos numpang nanya,,
Ane punya motor yamaha kebo ( byson ) kondisi motor sudah di oversize pake piston'y macan ( tiger ), awalya sih nrmal2 aj, tp setlh selang beberapa bulan muncullah suara tek-tek-tek, ane kira rantainya yang udah molor tp ane cek rantainy normal2 aj, setlah ane teliti, bunyi itu muncul kalo kebo dah jalan, tap kalo ane tarik kopling suara itu leyap, lah ane coba lagi tes mesin hidup trs ane standar 2'n ane masukin gigi suara tu nggk ada,, berart suara itu bersal dari mana ya gan,,,?
Mohon pencerahanya gan,,,
Tanks,,,!!

Novanda S.T. said...

monggo dicek kondisi rantai motor dan house kopling nya..
rantai motor kendor dkit aja di motor kopling memang terasa tek tek
juga damper kopling bs jadi penyebab

febri yanto said...

Matur suwun gan, ntar cek lgi kebo ane,,,

aji joni said...

Mau nanya gan motor saya scoopy fi ada bunyi dengung di daerah cvtnya kira" apa ya itu, mohon pencerahannya

Sultan Kautsar said...

gan motor saya astrea grand habis di oversize sudah di reyen 2 mgg dngn baik kok belakangan ini masih nihil alias masih ngebull ya?? solusinnya trmksh

Novanda S.T. said...

ya kalau dari kolter nya yg jelek?
atau sil klep yg aus
atau ring piston nggk tepat

Novanda S.T. said...

dengung gmn?
ngorok?
jgn2 suara normal matik?

Alfian Al Lazares said...

Gan... Mau tanya ni...
Saya punya yamaha force fi.
Di bagian bag kanan kopling kok berbunyi tek tek tek ya.... Padahal rumah kampas kopling, sudah saya ganti 1 set yg ori..... Masih juga berbunyi...
Tolong infonya gan...

Novanda S.T. said...

motor mumpung masih baru dikonsultasikan ke dealer aja..
tentu rumah kopling nggk bakal rusak/kocak dalam waktu 2 tahun..
tek tek mungkin dari area blok/kop. bisa rantai timing atau celah klep

fahri joker said...

gan mau nanya say punya yamaha scorpio saya sudah ganti pelatuknya trus sudah diganti juga nokenya + rantai keteg trus mesinya masih bunyi tek tek tek

Novanda S.T. said...

soal nya yg aus bukan pelatuk, noken, dan keteng..
bisa jadi piston atau stang nya.. salah satu
noken as dan pelatuk bekas nya nggk dijual?

tiger tigor said...


Motor saya tiger 2002 kendalanya di gigi3 bunyi berisik banget kayak rantay loncat2..keras banget.gigi 1.2lancar456 lancar gigi 3 jalannya lancar aja cuman bising...kenapa ya gan?

Novanda S.T. said...

bisa jadi di gigi 3 itu:
1. rasio gir 3 di dlm mesin itu sudah aus.
2. penahan/stopper presneling di gigi 3 bergesekan dengan part lain
3. bearing/laher as gir aus

muhamad ilham said...

gan numpang tanya nih
motor ane mio 2010, kalo nyala suara knalpotnya rada aneh, suaranya keluar kaya bukan dari knalpotnya. kirakira itu kenapa ya gan?
makasih sebelumnya

tiger tigor said...

Oh..kira kira kalo mu di betulin biayanya gede ga tuh..?

Novanda S.T. said...

@ilham
kemungkinan paking/gasket knalpot bocor.. atau ada knalpot yg lubang/retak

@tigor
biaya sih mahal gara2 pecah mesin..
total bongkarnya
dan blm tahu pasti yg mana yg aus
tahu setelah di bongkar total

Rio said...

permisi gan, mau tanya beat fi saya th 2014, kalo mesin dingin atau baru nyala suaranya halus sekali..tapi kalau sudah dibuat jalan dan panas ada suara " tek tek tek " dari arah mesin dkt kipas dan cvt disaat posisi idle/stationer. dan ada suara "kretek kretek " di cvt kalau jalan pelan atau lwt jln yg lg padat .tapi kalau jalan kencang suaranya agak hilang gitu lebih halus. saya sudah pernah ke ahass katanya cuma ganti roller aja . dan suaranya masih ada. mungkin bisa di bantu analisa masalahnya ada dimana ? . saya blm mau ke ahass lg soalnya takut main tembak aja masalah dimana, tp tidak menyelesaikan masalah malah nambah biaya. terima kasih atas perhatianya

Novanda S.T. said...

ya harus dicek dlu.. ga boleh asal..
motor masih baru tentunya garansi..

Rio said...

iya gan ane ngerti. tp waktu ane ke ahass udah nyampein keluhanya,.tp cuma bilang masalahnya ada di roller..dan sialnya motor ane udah dingin duluan pas udah di ditanganin sama mekaniknya..(biasa,. ngantri dulu). Dan padahal masalah motor ane baru keliatan/kedengeran pas mesin udah panas..kalo dingin mah halus suaranya ..hehehe..ane udah dihubungin juga sama ahass wahana , disuruh dateng lagi ke bengkel ahass yg servis motor ane. tp ane blm mau dateng soalnya udah cari2 informasi sama yg beat fi-nya punya keluhan sama kayak ane nya kalo biayanya bakalan besar..dan blm tentu bisa sembuh juga.hehehe..ane gak pake garansi soalnya ribet birokrasinya bisa makan waktu bulanan baru acc, malah belom tentu juga di acc dgn alasan rusak karena kesalahan ane dlm pemakaian ..jadi ane mau nabung dulu buat biaya servis hehehe..sedikit penyesalan,,ane udah punya "BPKB-nya"..huhuhu..kalo masih kredit mah ane pulangin aja gak usah dibayar lagi..hehehe. sorry gan jadi curhat disini...

Novanda S.T. said...

di motor Honda nih penekan tensioner nya biasa mudah kendor..
waktu panas cek cek cek haha
tp belum tentu juga nih

Satria Pribadi said...

Kak novanda curhat dong :D, saya baru beli cb150r facelift, saat kilometer baru 400an udah saya ajak gaspol, apakah berbahaya kak buat mesin?

Terus kalo mesin panas, ada suara teketeketek di daerah mesin, tapi kalau mesin baru diidupin bunyinya gak terlalu kedengaran

Mohon bantuannya kak, saya awam tentang mesin :(

Novanda S.T. said...

sebaiknya jangan digeber dulu.. walau efek di mesin nggk bnyak tp bikin masalah di kemudian hari..
oli mengikuti km mesin ya

Satria Pribadi said...

Kilometer baru 600 an kak,oli mau ganti pas 1000 kak

tapi kalo di bawa di cuaca panas, setelah berhenti di daerah mesin berbunyi teketektek itu bunyi apaan ya kak?

Novanda S.T. said...

oli AHM kurang bagus..
bisa dicek dari API dan JASO nya..
biasa dah Honda,, gara2 terlalu encer oli nya.. saat panas tek tek tek..
tp saat dingin biasa aja

Anonymous said...

Permisi om novanda..ane punya motor mio sporty kalo di hidupin ada suara tek-tek-tek gitu trus selama mesin hidup..kalo kata org bengkel itu krn klep nya . kira2 bener ga analisanya ? Dan apa aja yg harus dilakukan kalo itu memang benar..
Terimakasih..

Novanda S.T. said...

mio yg sering di cvt nya..
entah roller nya, karetnya, pulley nya..
tek tek dr klep jarang kok kecuali nyetel nya nggk sesuai standar pabrik 0.05-0.10 mm
selain itu piston aus jg timbul bunyi2an

Hamid Triwahdianto said...

Gan,numpang tanya nih.ane pnya motor mio soul,waktu ane standar miring,trus ane nyalain mesinnya,ada bunyi kletek2 gtu dari daerah sekitar kick starternya.tpi begitu ane lurusin motornya,suar
anya ilang.ane miringin bunyi kletek2 lgi.kira2 apanya itu ,gan?
Terima kasih.

Novanda S.T. said...

dari cvt nya itu..
bisa jadi mur ganda lepas,
roller,
dicek aja

Jaka Indra said...

gan motor saya smash 2004 habis turun mesin dan sekarang kondisi masih ngreyen, yang diganti piston sama ringnya dan kampas ganda, nah pas mesin panas kog ada suara klotok klotok pas stasioner tp pas digas ilang, mesin dingin juga gak kedengeran. solusinya gan hehehe

ondi satria said...

Biasanya api busi melemah bisa jg gan.. Aq dulu pernah gitu njmx. Tp setelah ganti busi standar normal lagi.

Novanda S.T. said...

@Jaka
lah itu ganti piston dan ring nya, kondisi boring bgmn? :D
rantai timing dan tensioner dicek lg kondisi nya..

teguh winata said...

Gan sy teguh mau tanya, sy beli motor secon honda blade thn 2011 keadaanya mesin suaranya kasar kletak kletak tak tak tak dn kluar asap putih kt org pertama br ganti ring+seher br sebulan tp msh kluar asap putih. Trs sy bengkelin kt mekaniknya hrs turun mesin ganti seher+ring+sm rantai keteng, trs dipasang itu spart part tp msh suaranya ksar tak tak tak dibok mesin oli sama bok diatas, tp asap putih sdh ga ad, kt mekaniknya reyen dulu sebulan lalu kebengkel lg di cek service, Kt mekaniknya hrs ganti noken as tetapi msh bunyi kasar trs dibongkar lg mesin (belah mesin) dicek semua ternyata didlm mesin oli ad baut tau dtgnya dr mana untung saja keburu kedeteksi , dicek partnya ad yg hrs diganti lg.
stang seher + laker as yg buat kampas kopling+ sama kampas kompling + karet kmpas kompling sdh diganti smua dan dipasang tp msh bunyi kasar pd mesin bok yg di atas deket busy bunyinya tak tak tak keltuk kletuk. Dan bok mesin oli sdh tdk bunyi. dan klau tanjakan g kuat naik, minta solusinya sy bnerin motor dh abis byk krg lbh 3juta bongkar mesin dh 3 kali tp msh bgtu penyakitnya. Sebelumnya trmksh byk gan

Jaka Indra said...

boringnya normal, saya ralat ternyata pas gas kecil juga masih bunyi tapi samar2 klo pas stasioner mesti bunyi keras mas, saya bingung dari bengkel blngnya stang sekernya bisa gak kuat pas reyen jadi gitu

«Oldest ‹Older   1 – 200 of 251   Newer› Newest»
Custom Search