7 Bunyi Aneh pada Mesin

Bunyi aneh pada mesin motor 4-tak bisa menjadi pertanda kerusakan. Namun, tidak semua 'noise' berarti kerusakan. Ada motor yang jarak clearance antar metalnya diposisikan maksimum, sehingga berisik. Berikut bagian mesin yang sering menjadi penyebab berisiknya mesin.

1. Klep
Suara 'tik-tik' atau 'tuk-tuk' ringan saat mesin stasioner menandakan setelan katup renggang, sehingga rocker arm memukul kepala katup. Bunyi kian keras saat putaran gas ditinggikan. Selain itu, per katup yang lemah, menimbulkan bunyi yang sama.

2. Rantai Kamprat
Suara seperti 'tok-tok' mungkin akibat karet 'kampret' (terletak antara tensioner dengan rantai keteng) aus, lalu terdorong rantai keteng hingga membentur ujung tensioner. Rantai keteng yang terlalu kencang juga menimbulkan bunyi suing atau dengungan. Sedangkan suara 'sek-sek' terus menerus, biasanya gear atau rantai keteng minta diganti.

3. Piston
Di sektor ruang bakar, bunyi sangat minim. Gejala piston atau ring piston oblak, hampir tidak terdengar. Mudah diketahui bila tenaga motor berkurang dan keluar asap putih dari knalpot. Jika suara ketukan agak berat mulai terdengar, pertanda piston minta diganti.

4. Stang Seher
Terkadang muncul suara gemeretak di putaran bawah sampai menengah yang berangsur hilang di putaran atas. Suara ini muncul dari kaki/stang piston yang menampar dinding silinder saat titik mati bawah. Waspadai bunyi ini dengan memeriksa kondisi mesin.

5. Pin Piston
Bagaimana kalau bunyi dengung muncul saat motor dihidupkan? Bisa berarti setang piston mulai oblak karena pin piston tidak menempel pas di rumahnya. Bila kondisi setang piston sudah parah, bunyinya semakin keras.

6. Bearing Piston
Kondisi sama akan muncul saat bearing metal duduk dan metal jalan di kruk as aus. Biasanya diiringi suara 'ker-ker' dan ketukan berat yang keras. Tak lupa vibrasi mesin meningkat di footstep dan setang. Mencegah kruk as berbunyi, ganti setang piston berikut bearing metal duduk dan jalannya.

7. Kopling
Rumah kopling bermasalah ikut menyumbang suara tidak enak didengar. Bunyi 'srek-srek' secara berkesinambungan atau 'duk' saat motor direm mendadak bisa diakibatkan kopling aus atau sistem otomatisnya mulai merenggang.

37 Responses to "7 Bunyi Aneh pada Mesin"

  1. gan ane mw tny,
    mtor sya vario techno.
    kalau mesin dingin suara motor halus,
    tpi stlh dipakai muter / saat mesin motor panas ada suara tok tok tok tok tok tok cepet bnget suara.ny ,trus kalau digas suara.ny hilang
    dlu prnh oli brkurang dan knalpot ngebul,
    klau mslh oli brkurang dan knalpot ngebul dah enggak, krna dah dibore up,
    tpi mslh suara kasar trsebut gk ilang"
    kira" thu apa.ny y yg brsuara,?

    ReplyDelete
  2. udah di cek bagian CVT nya?
    sering dari sana tuh..hehe
    terutama kampas ganda nya tuh..
    saat ga di gas kan kampas nya kehilangan kekuatan untuk mekar..
    per nya kalo uda ga beres jadi kembang kempis kampas nya..

    btw sewaktu diem motor nya nyundul2 ga? kalo nyundul2 brarti di kampas ganda tuh masalah nya

    ReplyDelete
  3. kalau nyundul" kgak gan,
    tpi kalau digas wktu mw jalan slalu brgetar, pdhal dah ganti roller 12gram dan v-belt.ny,

    ReplyDelete
  4. kalau putaran bwah bergetar sih jarang2 nih..
    coba cek aja kampas ganda nya..putaran bwah biasanya aneh kalau kampas ganda nya bermasalah
    mungkin selip tuh

    ReplyDelete
  5. tpi, suara kasar.ny bkan dri mesin.ny kan?

    ReplyDelete
  6. menurut agan dari mana?
    kalau saya sih CVT soalnya jarang2 aja sektor mesin rusak..
    oh ya jangan lupa air radiator nya..
    tok tok tok bisa karena panas berlebih akibat air radiator kurang dari batas yg ada..

    cek air radiator dlu ya?

    ReplyDelete
  7. Habis ganti rante ketek. Blum satu tahun masih aja bunyi gan

    ReplyDelete
  8. @Samsul Hadi
    rantai keteng bro..
    cuma ganti rantai nya aja nih?
    ya bunyi lagi kalau pisau tensioner nya ga di ganti.. yang warnanya hitam itu
    asli lumayan mahal sekitar 150rb
    tp awet kok bisa 5 tahunan

    ReplyDelete
  9. kalau mesin cepat panas, suara kasar dan mesin tidak bisa stasioner penyebabnya apa gan?

    ReplyDelete
  10. @Nur Julita
    bisa jadi piston baret kalau kasar bnget..
    kalau bunyi tik tik tik celah klep terlalu renggang..
    semua nya menyebabkan mesin cepat panas

    ReplyDelete
  11. Gan numpang tanya nie....ane ad motor satria fu....kalo nyala aja gk ad kelainan...tapi bgitu msuk gigi mau jlan...ada bunyi dengung...itu penyebabnya apa ya gan....terima kasih..sbelumnya

    ReplyDelete
  12. itu dari sektor kopling bro.. hehe

    ReplyDelete
  13. Ane hbs turun mesin gl pro bozz,ganti per slah yg patah.stlah dah rapi,pas mau nyela kok kadang" kaya ga nyangkut bozz.mohon bantuan nya bozz

    ReplyDelete
  14. kancingan gear nya masih bagus nggk nih? hehe
    yang berupa kawat baja menonjol d gear stater nya.. hehe

    ReplyDelete
  15. kancingan gear nya masih bagus nggk nih? hehe
    yang berupa kawat baja menonjol d gear stater nya.. hehe

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. Masala saya aama kaya punya mas ronny...motor saya juga vartec...asli bikin kesel..suara dari daera meain mas..bukan cvt...kaya piston nyundul blok g braturan..memang buat di naikin gas masi normal...MESIN KAYA G MAU STASIONER..umpama gini sebelum kerja halus banget bunyi g ada..waktu pulang nyalain motor suara dok dok dok ada lagi...pusing tuju kliling...btw saya inget sebelum kluhan ini ada..vartec saya nawa kebengkel...nah tu tukang servic nya kaya ngamplas ( tau amplas yg buat ngalusin kayu kan..na dia pake itu ) karet vakum karbu nya...apakah ini biang kladi nya..

    ReplyDelete
  18. ada kejadian skep nya + membrannya minta ganti jg bunyi glok glok dok gitu..
    hehe

    bisa jg v-belt minta ganti

    ReplyDelete
  19. vega zr habis ganti pelatuk klep+rantai keteng baru suara tetap bunyi kayak klep longgar.tapi stasioner mesin tenang.kira' apanya yang salah ..?

    ReplyDelete
  20. mau nanya motor ane supra x pgm fi (apr 2014), kalo mesin uda panas krn macet banget, ketika di gas dari putaran bawah sampe tengah suka bunyi tek tek tek..itu karena apa ya...herannya kalo mesin dimatikan 3 menit aja mesin balik normal lagi
    bingung karena motor masih baru dan ga pernah ngebut tapi ada masalah kayak gini, ditanya ke beres jg pada ga tau
    hal ini kayaknya bermula karena nerjang banjir...mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. adakah modifikasi?
      itu pengaruh kondisi karbu yg terlalu irit bro settingannya..

      Delete
  21. motornya standar ga ada modifikasi dan motor ane injection bro...bingung nih kenapa kayak begitu motornya...mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. suplai bahan bakar nya mungkin terlalu miskin..
      coba minta setting ulang, atau sekalian reset memory ECU nya supaya normal lagi..
      coba motor Yamaha langsung terdeteksi kalau sistem injeksi nya gagal

      Delete
    2. Ka mau nanya nih kalo bunyi tek tek tek pada klep kenapa ya?

      Delete
    3. suara kalau mirip mesin jahit ya piston/seker nya aus..
      kalau tik tik halus minta setel klep..

      Delete
  22. gan ane mw tx
    motor gue mio soul
    klw di gas tinggi keluar suara seperti suara mesin uap atau suara nyaring gimana tuh gan ?

    ReplyDelete
  23. gann, numpang tny nih,spd mtr gw honda beat pgm fi cbs. sejak pertama beli udh mudah panas,baru jalan 2km aja knlpotnya udh bunyi tek tek tek kalo mesinnya udh berhenti,, apa masalahnya ya gan.. tlg infonya,,hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. normal bro, lama2 hilang jg.. kadang itu terjadi akibat kotoran d dlm knalpot..

      Delete
  24. gan, para master, mau tanya,,, satria fu saya mesinnya udh modif 200cc full dgn spek piston 70mm, klep gede racing, full porting, noken in-in stroke up 3mm, ratio kompresi 13.5, karbu pwk30. awalnya setelah jadi dari bengkel mesinya memang sudah ada suara kasar, tp suara itu kasar normal seperti motor bore up pd umumnya. stelah lama kelamaan jika mesin dimatikan timbul suara KLOTAK!! keras banget sperti ada yg bertabrakan. padahal udh di cek tidak ada yg bertabrakan. kira2 apanya ya?? sya udh tanya ke bengkelnya tp katanya gpp sih. saya jujur suara itu sangat keras dan mengganggu sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya sih stang piston nya bro kalau bunyi klotak..
      cirinya kalau saat netral dibleyer, saat rpm turun dan mau stationer bunyi ctok..

      Delete
  25. gak mau nanya
    saya baru ganti piston
    tapi pas saya oper ke gigi 4 ada suara piston yg kenceng bgt
    itu kenapa ya?
    mohon pencerahan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak mau nanya? :D
      sepertinya ada ubahan pd motornya, kalau boleh detail ubahan motornya gmn ya?
      hehe

      Delete
    2. pertama mesin saya di ganti laher di dalem mesin
      sama piston
      tp setelah beres suara mesen gak galus sama gear 4 bunyi keras bngt

      Delete
    3. berarti setelah bongkar mesin total (pecah mesin) ada yg ga pas masangnya..
      ckck

      Delete
    4. berarti harus di benerin lg
      ato harus ada yg di ganti lg?

      Delete

Novanda_S.T. Powered by Blogger.