Siap Menerima Order Anda

Siap Menerima Order Anda
Jasa modif noken as motor. Domisili di Jember, Jawa Timur.
Home » » 7 Bunyi Aneh pada Mesin

7 Bunyi Aneh pada Mesin

Written By Novanda S.T. on Wednesday, March 20, 2013 | 6:40 PM

Bunyi aneh pada mesin motor 4-tak bisa menjadi pertanda kerusakan. Namun, tidak semua 'noise' berarti kerusakan. Ada motor yang jarak clearance antar metalnya diposisikan maksimum, sehingga berisik. Berikut bagian mesin yang sering menjadi penyebab berisiknya mesin.

1. Klep
Suara 'tik-tik' atau 'tuk-tuk' ringan saat mesin stasioner menandakan setelan katup renggang, sehingga rocker arm memukul kepala katup. Bunyi kian keras saat putaran gas ditinggikan. Selain itu, per katup yang lemah, menimbulkan bunyi yang sama.

2. Rantai Kamprat
Suara seperti 'tok-tok' mungkin akibat karet 'kampret' (terletak antara tensioner dengan rantai keteng) aus, lalu terdorong rantai keteng hingga membentur ujung tensioner. Rantai keteng yang terlalu kencang juga menimbulkan bunyi suing atau dengungan. Sedangkan suara 'sek-sek' terus menerus, biasanya gear atau rantai keteng minta diganti.

3. Piston
Di sektor ruang bakar, bunyi sangat minim. Gejala piston atau ring piston oblak, hampir tidak terdengar. Mudah diketahui bila tenaga motor berkurang dan keluar asap putih dari knalpot. Jika suara ketukan agak berat mulai terdengar, pertanda piston minta diganti.

4. Stang Seher
Terkadang muncul suara gemeretak di putaran bawah sampai menengah yang berangsur hilang di putaran atas. Suara ini muncul dari kaki/stang piston yang menampar dinding silinder saat titik mati bawah. Waspadai bunyi ini dengan memeriksa kondisi mesin.

5. Pin Piston
Bagaimana kalau bunyi dengung muncul saat motor dihidupkan? Bisa berarti setang piston mulai oblak karena pin piston tidak menempel pas di rumahnya. Bila kondisi setang piston sudah parah, bunyinya semakin keras.

6. Bearing Piston
Kondisi sama akan muncul saat bearing metal duduk dan metal jalan di kruk as aus. Biasanya diiringi suara 'ker-ker' dan ketukan berat yang keras. Tak lupa vibrasi mesin meningkat di footstep dan setang. Mencegah kruk as berbunyi, ganti setang piston berikut bearing metal duduk dan jalannya.

7. Kopling
Rumah kopling bermasalah ikut menyumbang suara tidak enak didengar. Bunyi 'srek-srek' secara berkesinambungan atau 'duk' saat motor direm mendadak bisa diakibatkan kopling aus atau sistem otomatisnya mulai merenggang.

103 comments:

  1. gan ane mw tny,
    mtor sya vario techno.
    kalau mesin dingin suara motor halus,
    tpi stlh dipakai muter / saat mesin motor panas ada suara tok tok tok tok tok tok cepet bnget suara.ny ,trus kalau digas suara.ny hilang
    dlu prnh oli brkurang dan knalpot ngebul,
    klau mslh oli brkurang dan knalpot ngebul dah enggak, krna dah dibore up,
    tpi mslh suara kasar trsebut gk ilang"
    kira" thu apa.ny y yg brsuara,?

    ReplyDelete
  2. udah di cek bagian CVT nya?
    sering dari sana tuh..hehe
    terutama kampas ganda nya tuh..
    saat ga di gas kan kampas nya kehilangan kekuatan untuk mekar..
    per nya kalo uda ga beres jadi kembang kempis kampas nya..

    btw sewaktu diem motor nya nyundul2 ga? kalo nyundul2 brarti di kampas ganda tuh masalah nya

    ReplyDelete
  3. kalau nyundul" kgak gan,
    tpi kalau digas wktu mw jalan slalu brgetar, pdhal dah ganti roller 12gram dan v-belt.ny,

    ReplyDelete
  4. kalau putaran bwah bergetar sih jarang2 nih..
    coba cek aja kampas ganda nya..putaran bwah biasanya aneh kalau kampas ganda nya bermasalah
    mungkin selip tuh

    ReplyDelete
  5. tpi, suara kasar.ny bkan dri mesin.ny kan?

    ReplyDelete
  6. menurut agan dari mana?
    kalau saya sih CVT soalnya jarang2 aja sektor mesin rusak..
    oh ya jangan lupa air radiator nya..
    tok tok tok bisa karena panas berlebih akibat air radiator kurang dari batas yg ada..

    cek air radiator dlu ya?

    ReplyDelete
  7. Habis ganti rante ketek. Blum satu tahun masih aja bunyi gan

    ReplyDelete
  8. @Samsul Hadi
    rantai keteng bro..
    cuma ganti rantai nya aja nih?
    ya bunyi lagi kalau pisau tensioner nya ga di ganti.. yang warnanya hitam itu
    asli lumayan mahal sekitar 150rb
    tp awet kok bisa 5 tahunan

    ReplyDelete
  9. kalau mesin cepat panas, suara kasar dan mesin tidak bisa stasioner penyebabnya apa gan?

    ReplyDelete
  10. @Nur Julita
    bisa jadi piston baret kalau kasar bnget..
    kalau bunyi tik tik tik celah klep terlalu renggang..
    semua nya menyebabkan mesin cepat panas

    ReplyDelete
  11. Gan numpang tanya nie....ane ad motor satria fu....kalo nyala aja gk ad kelainan...tapi bgitu msuk gigi mau jlan...ada bunyi dengung...itu penyebabnya apa ya gan....terima kasih..sbelumnya

    ReplyDelete
  12. itu dari sektor kopling bro.. hehe

    ReplyDelete
  13. Ane hbs turun mesin gl pro bozz,ganti per slah yg patah.stlah dah rapi,pas mau nyela kok kadang" kaya ga nyangkut bozz.mohon bantuan nya bozz

    ReplyDelete
  14. kancingan gear nya masih bagus nggk nih? hehe
    yang berupa kawat baja menonjol d gear stater nya.. hehe

    ReplyDelete
  15. kancingan gear nya masih bagus nggk nih? hehe
    yang berupa kawat baja menonjol d gear stater nya.. hehe

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. Masala saya aama kaya punya mas ronny...motor saya juga vartec...asli bikin kesel..suara dari daera meain mas..bukan cvt...kaya piston nyundul blok g braturan..memang buat di naikin gas masi normal...MESIN KAYA G MAU STASIONER..umpama gini sebelum kerja halus banget bunyi g ada..waktu pulang nyalain motor suara dok dok dok ada lagi...pusing tuju kliling...btw saya inget sebelum kluhan ini ada..vartec saya nawa kebengkel...nah tu tukang servic nya kaya ngamplas ( tau amplas yg buat ngalusin kayu kan..na dia pake itu ) karet vakum karbu nya...apakah ini biang kladi nya..

    ReplyDelete
  18. ada kejadian skep nya + membrannya minta ganti jg bunyi glok glok dok gitu..
    hehe

    bisa jg v-belt minta ganti

    ReplyDelete
  19. vega zr habis ganti pelatuk klep+rantai keteng baru suara tetap bunyi kayak klep longgar.tapi stasioner mesin tenang.kira' apanya yang salah ..?

    ReplyDelete
  20. mau nanya motor ane supra x pgm fi (apr 2014), kalo mesin uda panas krn macet banget, ketika di gas dari putaran bawah sampe tengah suka bunyi tek tek tek..itu karena apa ya...herannya kalo mesin dimatikan 3 menit aja mesin balik normal lagi
    bingung karena motor masih baru dan ga pernah ngebut tapi ada masalah kayak gini, ditanya ke beres jg pada ga tau
    hal ini kayaknya bermula karena nerjang banjir...mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. adakah modifikasi?
      itu pengaruh kondisi karbu yg terlalu irit bro settingannya..

      Delete
  21. motornya standar ga ada modifikasi dan motor ane injection bro...bingung nih kenapa kayak begitu motornya...mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. suplai bahan bakar nya mungkin terlalu miskin..
      coba minta setting ulang, atau sekalian reset memory ECU nya supaya normal lagi..
      coba motor Yamaha langsung terdeteksi kalau sistem injeksi nya gagal

      Delete
    2. Ka mau nanya nih kalo bunyi tek tek tek pada klep kenapa ya?

      Delete
    3. suara kalau mirip mesin jahit ya piston/seker nya aus..
      kalau tik tik halus minta setel klep..

      Delete
  22. gan ane mw tx
    motor gue mio soul
    klw di gas tinggi keluar suara seperti suara mesin uap atau suara nyaring gimana tuh gan ?

    ReplyDelete
  23. gann, numpang tny nih,spd mtr gw honda beat pgm fi cbs. sejak pertama beli udh mudah panas,baru jalan 2km aja knlpotnya udh bunyi tek tek tek kalo mesinnya udh berhenti,, apa masalahnya ya gan.. tlg infonya,,hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. normal bro, lama2 hilang jg.. kadang itu terjadi akibat kotoran d dlm knalpot..

      Delete
  24. gan, para master, mau tanya,,, satria fu saya mesinnya udh modif 200cc full dgn spek piston 70mm, klep gede racing, full porting, noken in-in stroke up 3mm, ratio kompresi 13.5, karbu pwk30. awalnya setelah jadi dari bengkel mesinya memang sudah ada suara kasar, tp suara itu kasar normal seperti motor bore up pd umumnya. stelah lama kelamaan jika mesin dimatikan timbul suara KLOTAK!! keras banget sperti ada yg bertabrakan. padahal udh di cek tidak ada yg bertabrakan. kira2 apanya ya?? sya udh tanya ke bengkelnya tp katanya gpp sih. saya jujur suara itu sangat keras dan mengganggu sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya sih stang piston nya bro kalau bunyi klotak..
      cirinya kalau saat netral dibleyer, saat rpm turun dan mau stationer bunyi ctok..

      Delete
    2. Mkasih gan, ternyata stang piston yg oblak karena pen stroke yg melesat gk center.

      Delete
  25. gak mau nanya
    saya baru ganti piston
    tapi pas saya oper ke gigi 4 ada suara piston yg kenceng bgt
    itu kenapa ya?
    mohon pencerahan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak mau nanya? :D
      sepertinya ada ubahan pd motornya, kalau boleh detail ubahan motornya gmn ya?
      hehe

      Delete
    2. pertama mesin saya di ganti laher di dalem mesin
      sama piston
      tp setelah beres suara mesen gak galus sama gear 4 bunyi keras bngt

      Delete
    3. berarti setelah bongkar mesin total (pecah mesin) ada yg ga pas masangnya..
      ckck

      Delete
    4. berarti harus di benerin lg
      ato harus ada yg di ganti lg?

      Delete
  26. Permisi gan..
    ane punya motor Honda Revo 2008..
    >Modif :
    - Kopling manual (Supra XX)
    - Piston Daytona 126,9 CC
    - Per Kopling TDR
    - Yg lain asli HONDA
    >Masalah :
    BUNYI KLETEKAN.. TEK..TEK..TEK.. NYARING BGT PADA MESIN...
    >Keluhan :
    Sdh pernah di service sbelumnya sampe 4x dgn masalah yg sama,.
    Singkat cerita, karna motor bila dibawa keluar kota, dalam kecepatan diatas 100KM slama -+3menit pasti mesin pelan2 melemah dan akan mati mendadak (keadaan kopling ditarik) dalam keadalan sdg berjalan sambil digas..
    Service sbelumnya menghabiskan biaya sgt banyak (bagi ane yg hidup dgn kesederhanaan) skitar -+4juta dgn perbaikan pembelian Piston baru (Yamaha Jupiter Z 110CC, Yamaha Jupiter Z 110CC, Honda Revo 99,6CC+rumah piston baru, Daytona 129,6CC)
    DAN INI TERJADI LAGI UNTUK KE 5X NYA..!
    ane minta SOLUSI MURAH gan untuk perbaikan motor ane???soalnya ane sdg terkendala biaya WISUDA DLL..?
    Ditunggu dgn sgt jawabannya gan + doa pahala terindah untuk agan Novanda,S.T yg siap menghiasi kehidupan agan :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. bro.. suara kletek nyaring adalah piston yg aus lg..
      itu terjadi akibat oli yg tidak naik, shg piston cepat rusak..
      cek dlu pompa oli bekerja nggk? cek naik apa nggk?
      kalau ga naik, piston cepat memuai sehingga bergesekan keras dengan liner/rumah piston.. akhirnya mogok deh motor..

      skrng piston pakai ukuran brapa ya? apakah 55 mm?
      wajib dikolter kalau ketebalan liner mencukupi, kalau tidak ya gnti liner lg sekaligus piston kitnya..
      pakai merk NPP aja bro biar murah.. 110rb sudak lengkap

      Delete
  27. motor satria 2 tak ane kok suara mesinya berisik banget yaaa.. padahal udh gi ganti piston stang seher dan udh di ovebooss
    karena waktu itu pernah di over size karena baret maka saya ganti semua.. tapi ko masih berisik jga ya kasar banget lagii..
    mohon penjelasanya.. trma kasihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada indikasi piston aus lg..
      atau kalau tidak kompresi terlalu tinggi, jd detonasi

      Delete
  28. Motor fu suara dug dug dug bagian tengahnya! Padahal sudah ganti stang seher! Kira"apanya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kemungkinan setelan noken as ga pas..

      Delete
  29. Gan ane mau tanya.
    Motor ane Jupiter Z 2004. Ada suara bunyi ketukan di mesin kalo pas lagi diem atau gigi netral. Entah itu motor masih dingin atau udah panas sama aja. Tapi kalo udah masuk gigi, bunyi ketukan ilang gan. Itu kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu gejala dr sisi kopling bro.. cek di bagian ganda aja,,
      atau bs jg girboks lg ada mslah

      Delete
  30. Gan mau tanya,
    Motor Ane mio, kemaren sempet bunyi keras kaya mesin jahit cuma sebentar trus hilang ketika goncangan polisi tidur,.. tapi tenaga putaran bawahnya kaya keslec gitu... udah di plintir gas nya naiknya jadi lama walaupun tetep bisa nyentuh angka 90
    jadi waktu awal gas di puntir kaya ga ngerespon gitu
    kira2 masalah nya di mana ya gan? thanks., sebelumnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. setingan karbunya gitu gan?
      Tarikanya sekarang rada berat kayak ada yg nahan, rpmnya udah teriak tapi naiknya lama berasa di tahan, ga ada masalah di bagian mesin ya gan?

      Delete
    2. ya harus dicek bro.. speda std nggk nih?

      Delete
    3. habis service besar skir klep di bengkel resmi yamaha

      Delete
  31. Saya habis bongkar silinder blok sama kopling. Karna sebelumnya suara kasar banget. Tapi setelah saya cek kok tidak ada masalah di keduanya. Minta bantuanya gan. Motornya rxz. Hehe terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi dr yg lain.. emg kasar sprti apa?

      Delete
  32. met siang gan nanya nih,jupiter mx bunyi dengung di gigi 3 tp saat ke gigi 4 agak pelan suaranya.apanya ya gan? trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. damper rumah kopling udah mengeras.. jd rumah kopling ga stabil lg..

      Delete
  33. Gan mw nanya nih, motor ane supra x 125 PGM-FI dari awal beli sampe sekarang (+/- 1bulan) selalu ada suara berdengung "ngggikk. . .ngggikkk" tp cmn di kecepatan 20-50 KM/J diatas kecepatan itu suaranya hilang sendiri. . .mohon pencerahannya gan, apakah ini ada masalah dengan sistem PGM-FInya? terimakasih sebelumnya gan. . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan dr laher roda? dicek dlu suara timbul dr mana bro..

      Delete
  34. Permisi gan ane numpang tanya.motor ane smash 2005.motor udah ane pakein kopling manual (bukan kopling suntikan),knalpot racing SKR,piston udah ane naikin oversize nya dari 50 ke 125.keluhan ane.motor kalo di ajak ngebut tiba tiba nyundul tapi cuma sekali gak berkali kali sebelum kayak gitu giginya sempet slip.slipnya parah udah masuk kr gigi selanjutnya tiba tiba mundur ke gigi sebelumnya.mohon pencerahannya gan.thanks


    By : iki

    ReplyDelete
    Replies
    1. selip bisa dr pemasangan kurang tepat, kampas aus, per kopling lembek..
      gigi loncat bisa dr pemasangan botol pemindah kurang pas..

      Delete
  35. Motor sy jupiter z 2004, keluhan pas gigi 2 kec -+30km/jam ada bunyi dengungan yg cukup keras. Sedangkan gigi 1,3,4 tdk terdengar bunyi demikian. Kira kira apa ya? Trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah diubah rasio gigi 2 nya?
      apabila tidak berarti gigi mulai mengalami keausan..

      Delete
  36. kalo nyundul itu dari mananya ya?

    by:iki

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksud nya dr kata nyundul ini apa? apanya?

      Delete
  37. Motor ane New shogun sp 2008 msh tingting, mau tanya nh om
    1. kalo mesin uda panas terdengar suara "dek dek dek" di bagian head blok itu knpa ya?
    2. saat di ajak ngebut ko ada suara mendengun kira2 apa nya ?
    3. ni motor uda 6th kira2 apa aja yang harus diganti ? Thank's om

    ReplyDelete
    Replies
    1. kira" kopling uda dicek atau servis?
      minta cek kondisi rumah kopling dan kampas kopling nya..
      suara dek dek dan dengun biasa nya dari rumah kopling oblak yg minta ganti damper nya..

      Delete
  38. bang novan
    ane solikin_cibitung

    honda hsx125 ane ndut2an diputaran bawah trus ada suara nembak, trus ada suara srek2
    mohon solusi, thxs

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya nembak akibat setting karbu ga pas atau kurang servis..
      srek2 apa saya ga paham >.<

      Delete
  39. Siang gan...ane mo nanya ane punya motor jupiterz klo lg boncengan setelah masuk gigi 2 pas mo di gas kok motor nya begetar..kira2 yg rusak apanya gan ya?tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. rumah kopling dkk perlu dicek tuh bro..
      kondisi karet damper kopling jg mungkin aus

      Delete
  40. Kopling new vega r setelah pasang kopling x1, pada 10-20 kpj bunyi grooook ntu dari apanya bro?
    Balancer beli jadi merek sys yang dimasukin ke rumah kopling tanpa ada las lasan. Tinggal masukin dan pas plek.berat sekitar 600 gram ditambah mangkok ganda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. rumah kopling nya ga aus bro? hehe
      biasa nya kalau udah kopling manual harus sehat karet rmg kopling nya.. alias ga boleh oblak

      Delete
  41. Gan knpa Motor Supra X 125 Saya Berdengung
    Mesinnya Saat gigi netral kalau di masukkin ke gigi
    1 dengungannya hilang kira kira itu apanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasa nya dengung akibat rumah kopling yg oblak.. alias karet nya minta ganti..

      Delete
  42. ane pnya satria f 2010 nie gan tp suaranya dah berubah ga kyak satria pd umumnya yg nyaring nd ngebass suaranya. udah ane check dr knalpotnya jg ga ada yg brmasalah. kira2 apanya ya gan ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngebass? rpm bisa tinggi nggk ya?
      knalpot ubhan nggk? heehe

      Delete
  43. Vario 125 bulan mei 2014. Ada suara kerrrr kerrrr dari bawah jok. Makin kencang seiring putaran gas. Apakah masalah ada di bearing piston. Suara ada ketika kesin kondisi sudah panas. Tks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah macam-macam kalau di vario..
      lmyan jg..
      monggo pasti nya di Honda lansung kan masih ada garansi, jd bs ngajukan claim kalau trnyta mslh dr pabrik..

      biasa nya ya laher as kruk, pulley, roller, dll..

      Delete
  44. saya baru beli vario fi 110.KM baru 500 an. diwaktu mulai jalan ada terdengar suara plak-plak di bagian Cvt, namun suara itu hilang sendirinya setelah kecepatan di atas 40 Km/h. Jika di hidupkan tanpa dikendarai suara itu tidak ada.. mohon pencerahannya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau motor masih baru n ada mslah langsung claim ke jaringan resmi Honda bro..
      daripada merambat kemana-mana kasihan km sebagai pemilik merasa kecewa..
      sblm terjadi apa2 segera lapor ke dealer biar ada penanganan langsung..

      Delete
  45. Gan motor ane mio .. ane suka risih kalau bawa motor lagi lampu merah pas jalan tuh bunyi kenceng berulang kali seperti benda keras saling bertabrakan .. itu kenapa ya ? Mohon solusinya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kampas kopling nya biasa nya aus..
      silahkan dicek bagian CVT nya di dealer Yamaha

      Delete
  46. Gan kalo vario esp 125 ada getaran kaya"greg greg greg" si kecepatan 40 -60 kpj kenapaaa yaaa?padahal cvt satu set dah diganti semuaaa kayaaa roller,pully vbelt dll udah digantii,mohon pencerahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau jalan konstan ya?
      matik Honda rata" gitu semua..

      Delete
  47. Gan mau nanya motor ane satria 2 tak masalahnya kalo motor dinyalain ada suara berisik dari blok sebelah kanan tapi kalo kopling ditarik suara berisik itu ilang kira" kenapa yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. damper rumah kopling udah aus..
      lepas rumah kopling dan bnerkan d tkg bubut..

      Delete
  48. gan mau nanya motor ane smash 2005,suaranya kasar tok,tok,tok,tenaga lelet,gigi susah masuk

    ReplyDelete
  49. motor ane shogun 125R gan,
    ada suara "tok" pada saat beberapa detik mesin dimatikan (suaranya seperti suara piston memukul bagian blok mesin depan/kop depan)
    rumah kopling/automatisnya juga sudah aus gan

    sarannya ya gan
    heheeh
    terima kasih sebelumnnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. rata" seperti itu di motor suzuki karena kopling otomatis nya aus bro

      Delete
  50. bro gini ane.. ane punya motor suzuki arashi kopling otomatis dan baru ane ganti jd kopling manual di BeRes hari ini, trus ane pke.. nah bbrapa jam kmudian ane nyalain lagi tuh motor,
    tau2 kok ada bunyi "klotokklotok..." dari bak kopling sbelah knan ..
    bunyi gtu mncul kalo ggi dalam keadaan netral, tapi kalo dah masuk ga ada lagi..
    kira2 knpa itu ya gan ??

    ReplyDelete
  51. ada baut yg ga kencang.. itu ganda di las nggk?

    ReplyDelete
  52. klo setelah ganti stang masih bunyi tu tuk dalam kondisi rpm rendah dan panas mesin sedang apa itu piston kena mas padahala sudah cek rumh kopling tidak oblak n dari knalpot jug tidak ngebul

    ReplyDelete
    Replies
    1. loh waktu di bongkar apa piston tdk dicek?
      kalau stang nya parah biasanya piston jg kena..

      Delete
    2. mas saya punya motor smash 110 cc tahun 2004 ,,tuh mottor kalau pagi kok susah bget ya ngidupinya ,,ntar kalau da hidup ,,n mesin da panas ,,,,,hidupnya gampang,,apanya itu mas ya

      Delete
    3. setelan karbu terlalu kering.. di choke enak biasa nya

      Delete
  53. Gan motor ane revo fi 110 udh jalan 1 thn klo lg stasioner ada bunyi tik tik tik. Udh sering stel klep tp tetep sama bunyi nya gk ilang. Dan juga kalau lg jalan di bwah 20 km suka nyundul dan bnyi bletak di mesin.
    Masalah nya apa ya gan dan harus ganti apa.
    Thx gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. seperti nya rantai timing nya itu bro.
      tp nggk sampai bletak gitu, cm ser ser tek tek aja

      Delete
  54. motor smash 2003 diganti kampas kopling baru kok malah ada suara duk duk duk kira2 apa ya gan mohon pencerahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. antara pemasangan nggk tepat dan setelan kopling nggk pas.

      Delete
  55. bro nova mo tanya, motor saya supra x 125 pgm fi helm in. km baru 17ribu km. motor terawat service rutin, ganti oli setiap bulan, oli spx 1. belum pernah dimodif atopun dimacem2in. full ori. akhir2 ini jika mesin panas ada suara tik tik ato tek tek di bak sebelah kanan motor blok kopling, kurang bisa memastikan telatnya dimana tpk disekitar itu, tp jika mesin sudah panas saja klo dingin mesin halus. kira2 suara apa y bro nova? terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah untuk seperti itu saya blm memahami dengan baik gejala nya.
      setelan karburator mgkn blm pas jg bisa, akhirnya pengaruh ke lain2 akibat panas.
      konsultasi kan ke bengkel resmi saja dlu supaya ada tindak lanjut nya

      Delete
  56. bro ninja mono 250 saya baru hampir mau setahun masi standard sekarang muncul suara tektektek.tiktiktik saat mesin dingin saja dan ketika sudah panas mesinnya suraranya normal itu apa nya bro klep atau tensionernya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah motor baru loh padahal. apa pemakaian sering dibuat tarik"an gas?
      kalau klep jarang berubah setelannya. kalau tensioner ada kemungkinan agak kendur, tp walau mesin panas biasa nya tetap bunyi.
      setelan bahan bakar dicek lg saja. kan mesin dingin butuh campuran yg kaya. mgkn terlalu miskin setting bahan bakar nya

      Delete

Custom Search