Jenis Cat Kendaraan

Tidak ada salahnya mengetahui jenis-jenis cat untuk kendaraan sebelum kalian mengecat kendaraan teman-teman, selain supaya hasil yang di dapatkan maksimal juga menjadi lebih ekonomis dan efisien. Juga di harapkan ini menjadi modal pengetahuan kita sebagai pengguna kendaraan terlebih itu kendaraan sepeda motor, karena kita ketahui modifikasi area penampilan motor umumnya menonjolkan warna-warna cat motor yang lebih dari satu warna.

Dengan ulasan ini paling tidak kita mengetahui teknis atau mekanisme dari sebuah cat kendaraan, untuk meminimalisir penipuan hasil baik janji tukang cat yang kita oderkan. Berikut macam-macamnya.

1. Cat Polyurethane 2 komponen (2k)
Cat Polyurethane (PU) Solid 2k adalah sistem cat PU tanpa clear coat (vernish) sehingga menghemat waktu dan biaya pengecatan. Cat jenis 2k sudah mampu memberikan lapisan anti gores dengan tingkat gloss yang tinggi sehingga tidak perlu dilapisi clear coat tambahan. Cat Polyurethane 2k diatas biasanya digunakan untuk pengerjaan body repair mobil, karoseri truk / bus, alat berat, industri mebel furniture, dll.

2. Cat Polyurethane 1 komponen (1k)
Cat merk AUTOGLOW, BLINKEN, DUPONT DUXONE, GALAXY, SIKKENS AKZONOBEL, SPIES HECKER sering digunakan untuk pengerjaan body repair mobil, meskipun tidak tertutup kemungkinan untuk digunakan pada pengecatan bidang lainnya selama terbuat dari besi/ plat. Dipercaya oleh kalangan industri pengecatan karena kualitas yang terjamin, awet tahan lama, warna yang tidak mudah pudar, dan variasi warna yang tak terhitung.

Produk cat diatas adalah cat jenis polyurethane yang bersifat “high build”. Cat jenis ini memiliki hasil akhir kilap yang sangat bagus, cepat kering, tahan lama dan warna yang tidak mudah pudar.
Cat polyurethane biasanya digunakan untuk pengecatan ulang pada mobil, minibus, sepeda motor serta pengecatan pada karoseri.

3. Cat Epoxy Primer Surfacer & Filler
Cat Epoxy Primer & filler merupakan cat dasar mobil yg digunakan setelah lapisan dempul mobil (polyester putty) dan berfungsi sebagai perekat antara dempul dan cat mobil. Juga mampu menutup pori-pori kasar yg muncul di permukaan plat yg sudah di dempul.

Epoxy primer 2 komponen yang baik dapat memberikan lapisan tebal yang mudah diamplas sehingga lapisan halus mudah tercapai tanpa membuang waktu dan tenaga sia2. Warna yg terbentuk di atas nya juga terpengaruh oleh warna epoxy filler di bawahnya. Juga berfungsi sebagai anti karat. Berbagai pilihan warna yg tersedia: grey (abu), white (putih), black (hitam), yellow (kuning), blue (biru).

Berikut beberapa merk yg sering ditemui di pasaran:
Epoxy ALFAGLOS PU
Epoxy SB AUTOLUX PU
Epoxy DRASO BLINKEN
Epoxy Filler Nippon
Epoxy Filler SUZUKA
Epoxy RETAN FASTDRY
Cat Duco/ Nitrocellulose (NC)
Cat Duco/ Nitrocellulose (NC) merupakan bahan cat yang murah dan mempunyai beberapa kelemahan mendasar antara lain kurang mengkilat (glossy) dan cepat pudar.

Namun jenis ini memiliki keunggulan yang cukup memikat yaitu sifatnya yang ‘instant’. Tidak perlu menunggu lama, cukup beberapa menit mobil yang dicat bisa dipakai kembali. Oleh karena itu cat ini menjadi pilihan favorit bengkel-bengkel kecil yang biasa menangani kendaraan non-pribadi.

Harga yang relatif murah juga menjadi salah satu faktor utama jenis ini dilirik oleh pembeli yg mengutamakan biaya rendah dalam pengecatan.

4. Clear Coat/ Vernis Cat Mobil atau motor
Clear coat/ Vernis berfungsi sebagai anti gores yang melindungi permukaan lapisan cat. Juga mempunyai daya kilap yang bagus utk menambah nilai estetika bidang yg sudah di cat. Terutama vernis cat mobil dicari karena ketebalan lapisan mikron utk melindungi cat dibawahnya, dan juga menghasilkan efek gloss yang tinggi. Merk yang banyak di pasaran :

AUTOGLOW 4010 4:1
BLINKEN MS 3300
BLINKEN GTX 4001
DANA X2 9:1
DANA FLASH CLEAR 9:1
DANA CLEAR SP 9:1
GALAXY QDS 9:1
NIPPON HIGHT GLOS 9:1
SIKKENS HS 1:0.5
SPIES HECKER KLARLACK
STEELGLOSS BLINKEN 9:1
Thinner Cat Duco Mobil
Thinner A biasa :

A biasa ALFAGLOS
A biasa AVIA
Thinner A Special
A Spesial AVIA
A Spesial Tunggal Djaja
Thinner Polyurethane (PU)
AUTOGLOW Thinner
BLINKEN Thinner
PENTA Thinner
SPIES HECKER Thinner
APSARA Thinner

Jenis merk cat produksi Nippon Paint
Nippe 2000 - 260 Primer
Deskripsi: NIPPE 2000 - 260 PRIMER terbuat dari nitro selulosa dan resin sintetis. Produk ini berisi pigmen oksida besi anti karat. Kegunaan: Diformulasikan khusus untuk pengecatan di seluruh permukaan besi untuk mencegah karat.

Nax Besta
Deskripsi: NAX BESTA adalah cat polyurethane yang telah dimodifikasi. Cat ini memiliki kualitas premium. Kegunaan: NAX BESTA sesuai untuk kebutuhan industri. Cat ini bisa diaplikasikan sebagai pelapis bagian atas pada baja, mobil dan lain-lain.

Nax Besta Surfacer
Deskripsi: NAX BESTA SURFACER merupakan cat polyurethane yang telah dimodifikasi. Produk ini telah dikembangkan menjadi cat berkualitas tinggi. Kegunaan: NAX BESTA SURFACER sesuai untuk kebutuhan industri. Produk ini bisa diaplikasikan sebagai pelapis bagian atas pada baja dan bahan lainnya.

NIPSEA AUTOLUX 66
Deskripsi: NIPSEA AUTOLUX 66 adalah pernis nitro selulosa dengan kelebihan-kelebihan sebagai berikut: kilap dan retensi kilap yang baik, berkualitas tinggi, waktu pengeringan lebih cepat, tahan lama, lebih keras dan warnanya tidak mudah pudar. Kegunaan: NIPSEA AUTOLUX 66 digunakan untuk pemberian finishing ulang pada mobil sedan, minibus dan pengecatan baru untuk minibus di Karoseri.

Nipsea Autolux 66
Deskripsi: NIPSEA AUTOLUX 66 adalah pernis nitro selulosa dengan kelebihan-kelebihan sebagai berikut: kilap dan retensi kilap yang baik, berkualitas tinggi, waktu pengeringan lebih cepat, tahan lama, lebih keras dan warnanya tidak mudah pudar. Kegunaan: NIPSEA AUTOLUX 66 digunakan untuk pemberian finishing ulang pada mobil sedan, minibus dan pengecatan baru untuk minibus di Karoseri.

Nipsea Autolux 66 EP Primer
Deskripsi: NIPSEA AUTOLUX 66 EP PRIMER adalah produk berbasis resin epoxy-polyamide dalam kemasan ganda. Produk ini memiliki karakteristik anti korosif, adesifitas dan tingkat ketahanan yang sangat baik. Kegunaan: NIPSEA AUTOLUX 66 EP PRIMER digunakan sebagai pengontrol anti korosi pada sedan, bus, minibus dan pengecatan baru untuk minibus di Karoseri.

2 Responses to "Jenis Cat Kendaraan"

  1. Pengen tanya nie mas bro..
    Kemaren ane ngcat, trus ane ada krjaan dluar kota..
    Ane biarin deh tuw catan sampe 2 minggu dgudang, eh pas mau dpasang dmotor trnyata catan ade ngak rata alias ngak rapi..
    Kira" solusi nya apa yaa mas.?
    Apa mesti d'ulang dari tahap epoksiannya.?
    Maaf nie, baru blajar ngcat..

    ReplyDelete
  2. namanya ngecat kalau gagal harus diulang lg bro.. sama kyk gulung spul/stator haha

    ReplyDelete

Novanda_S.T. Powered by Blogger.