Senin, 14 Oktober 2013

Slipper Clutch Kawasaki New Ninja 250

Slipper Clutch Kawasaki New Ninja 250 - Kawasaki New Ninja 250Fi di luar negeri dibekali mesin 300 cc, makanya jadi Ninja 300. Tak hanya kapasitas naik dengan memperpanjang stroke, Ninja 300 juga mengaplikasi slipper clutch (SC), sistem di kopling bertujuan untuk memberi efek selip saat deselerasi. Engine brake jadi enggak berlebihan. 
perangkat slipper clutch
Karena engine brake mengecil, roda belakang enggak mudah mengunci sehingga lebih safety, terutama di lintasan basah. Kelebihan lain dengan minimnya engine brake, stress rantai, gir dan ban berkurang jadi lebih awet.
detail slipper clutch
Slipper clutch cara kerjanya enggak terlalu rumit. Rangkaiannya ada di rumah kopling bagian luar. Cover kopling modelnya dibikin bisa mengembang dengan cara bergeser, makanya ada semacam alur miring yang bekerja satu arah (gbr.2), termasuk juga lubang per kopling yang hanya 3 juga panjang (gbr.3), sehingga bisa bergeser. Saat deselerasi kala kopling dapat tenaga dari roda, cover akan bergeser mengembang sehingga gesekan kampas dan plat kopling berkurang, beban putaran roda ke kruk as jadi berkurang. 

Enggak semua kampas dan plat yang bekerja saat SC mengembang, hanya 2 kampas dan 1 plat yang ukuran lebih kecil dan posisi paling luar (gbr.4). Sistem SC milik Ninja 300 ini bisa dipasang ke Ninja 250Fi secara plug n play. Anjany Racing yang beralamat di Jl. Arteri Kelapa Dua No. 21 Kebon Jeruk, Jakbar ini menjualnya satu set Rp 2,5 juta, berikut kampas dan plat kopling (gbr.5). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar