Senin, 25 Maret 2013

Ring Piston Tipis Minim Friksi

Ketebalan ring perlu diperhatikan
Ring piston, ada dua model. Maksudnya, ring model tebal dan tipis. Tapi, di engine sekarang ini, lebih banyak aplikasi ring piston tipis. Ambil contoh di Honda Tiger. Generasi awal, motor sport Honda 200cc ini mengadopsi model ring piston tebal. Tapi sudah diubah sejak lama. Ketebalannya memang dikurangi, jadi hampir sama dengan Honda Mega Pro.

Buat generasi ring piston Tiger awal, ketebalannya mencapai 1mm. Tapi, buat engine yang sekarang ini, ketebalan ring piston hanya bermain di angka 0,8mm. Kekerasannya tentu disesuaikan kebutuhan. Pada proses heat treatment dibedakan. Seperti di Honda CBR 150R, ring piston lebih tipis lagi. Padahal diameter piston standar Tiger dan CBR sama-sama 63,5mm. Tapi, ukuran ring piston punya CBR lebih tipis. Pistonnya juga pendek.

Minggu, 24 Maret 2013

Tips Sehabis Ganti Aki Basah ke Aki Kering

Beberapa orang mengeluh setelah beberapa bulan mengganti sepeda motornya dengan aki kering (sebelumnya menggunakan aki basah), mereka mendapati aki keringnya tiba-tiba soak. Digunakan untuk menyalakan motor starter tidak kuat.

Setelah diselidiki dan cari referensi sana-sini akhirnya terjawab sudah masalah tersebut. Ternyata system pengisian pada aki basah dan aki kering berbeda. Permasalahan timbul dikarenakan sama-sama menghasilkan tegangan 12 Volt, tetapi pada aki kering arus pengisian lebih kecil dibandingkan dengan aki basah. Nah jika dipaksakan dengan menggunakan arus yang besar, maka aki kering tersebut lama kelamaan akan jebol. Biasanya orang akan menambahkan tahanan/hambatan, tetapi ini akan mengakibatkan arus akan naik.

Sabtu, 23 Maret 2013

Cara Mengganti Baut Tanam Knalpot Bengkok

Sering saat mengencangkan knalpot ke head bloknya, kita hanya mengencangkan satu sisi terlebih dahulu. Setelah kencang, baru kita pasang satunya. Cara itu salah karena membuat tekanan knalpot berbeda kiri kanannya. Kalau sudah terlanjur tidak menyadari, ya baut tanamnya yang bengkok. Kadang disertai dengan dudukan knalpot yang ikut melengkung.
Baut tanamnya bengkok
Kalau sudah begitu ya harus beli baut tanamnnya lagi di toko baut. Beli yang materialnya baja biar awet dan menggunakan kunci L agar pemasangan mudah. Kalo tidak ada ya tetap beli yang sama dengan standarnya.

Papas Rocker Arm Imitasi Agar Layak Digunakan

Tujuan memapas part penghubung kem dengan klep atau rocker arm imitasi ialah memperbaiki kinerjanya yang kadang desainnya tidak semestinya. Padahal, sepatu klep buatan Indonesia ini dari segi bahan sama kuat dengan orisinal. Kelemahannya ya mencong doang.


Tanda rocker arm yang kurang presisi dapat dilihat dari bekas tabrakan di topi klepnya. Itu bisa diakali sendiri dan layak pakai, bahkan sama kuat dengan barang asli. Tetapi jauh berbeda dari segi harga. Hanya coakan antara as pelatuk dan setelan klepnya yang diperdalam. Pakai gerinda untuk memapasnya.

Periksa Kampas Kopling Matic tiap 5.000 km

Motor bertransmisi CVT akan mulai tidak nyaman ketika memasuki pemakaian 5.000 km. Kondisi seperti ini terjadi pada pemakaian di wilayah dengan iklim tropis. Udara panas dan berdebu mempercepat ketidaknyamanan itu.

Sumber ketidaknyamanan itu terjadi karena penumpukkan debu di clutch carrier (kampas kopling). Akibatnya, ketika peranti ini harus menjalankan fungsinya, yang terjadi adalah daya cengkeram tidak berfungsi secara maksimal alias slip.

Lari Tersendat Akibat Sepatu Sentrifugal Habis

Pada periode tertentu ada masanya bagi motor skutik akan mengejan saat berlari, alias tarikan terasa lambat walau sudah digas. Problem utamanya terletak pada kampas atau sepatu kopling yang sudah habis masa pakainya. Hal ini pun seperti dituturkan mekanik Yamaha yang berlokasi di Jalan Panjang, Jakarta Barat. Kalau tidak mau narik, persoalannya biasanya ada di kampas kopling yang sudah aus. Harus bongkar CVT, dan tinggal buka mangkuknya. Tapi awas, harus dengan alat minimal obeng karena kalau habis dipakai, bagian itu lumayan panas. Kampas itu sendiri bisa diganti tanpa mengharuskan kita membeli satu set kopling sentrifugal. Pembelian satu set memang disarankan agar kerja lebih maksimal, walaupun sebenarnya cukup dengan mengganti bagian itu.

Mengapa kampas kopling bisa aus? Dalam CVT, dengan susunan bak planet mengorbit matahari, gigi-gigi berputar-berhenti-menahan gerak satu sama lain agar mendapatkan tahap gigi satu, dua, tiga, dan mundur atau lebih simpel lagi. Ia menggunakan 'payung' pulley depan-belakang (drive pulley dan driven pulley) yang berputar dan akan menguncup satu sama lain, dan terhubung dengan belt. Saat 'low gear' atau saat baru berjalan, radius drive pulley kecil, sedangkan driven pulley besar. Sementara saat 'high gear' adalah kebalikannya, radius drive pulley jadi membesar, driven pulley jadi mengecil. Gerak pulley ini ditahan oleh kopling yang berpusat di sepatu atau kampas kopling tersebut. Semakin sering dipakai, atau bahkan diajak jalan jauh ataupun sering menanjak dan bawa beban berat, makin cepat habis pulalah kampas kopling tersebut.

Aki Cepat Ngedrop

Accu motor cepet sekali ngedrop dan kira-kira tidak sampai satu tahun mati? Penyebabnya bisa dari berbagai hal seperti berikut:

  1. System pengisian tidak normal
  2. Sel-sel aki sudah jelek
  3. Untuk aki basah, air aki sudah jelek
  4. Pemakaian arus listrik berlebihan
  5. Ada kebocoran arus listrik / konsleting
Berikut ini adalah cara pengecekannya;

Substitusi Karet Vakum Mio

Karburator mio merupakan karburator model Vakum yang mempunyai kelemahan yaitu karet Vakum yang mudah robek, karena sangat tipis dan sensitif terutama terhadap bensin. Kebanyakan karet Vakum Karburator mio rusak karena kesalahan pada saat membongkar karburator.

Untuk para pengguna karburator seperti CBR150, MIO dan NOUVO bisa mengganti dengan karet Vakum punya Satria FU150 karena selain sama juga banyak dijual dan lebih murah serta lebih awet dan lebih tebal. Karet Vakum FU150 dipasaran sekitar RP. 20-30rb Suzuki Genuine Parts alias Sparepart resmi Pabrikan, sedangkan punya NOUVO atau MIO bisa 2-3 kali lipat harganya, belum lagi kadang harus menunggu dulu barangnya ada. Untuk CBR harganya bisa diatas Rp. 100Rb.

Tanda - tanda karet Vakum Karbu sobek terasa pada saat langsam yang tidak stabil/stasioner RPM yang kadang ketinggian atau kadang malah turun secara drastis alias ngaco, mesin saat idle tidak stabil.

Kombinasi Silinder pada Sepeda Motor

Anda punya pilihan. Suara yang nyaring atau performa maksimal – tetapi Anda tidak dapat memilih duaduanya. Silinder yang lebih sedikit, bersuara besar dan berkaitan dengan sikap(atitud) pengendara motor dan budaya cruiser. Tetapi silinder yang sedikit membatasi rpm maksimal sepeda motor.

Ini berdampak pada performa, akselerasi, power dan torsi. Namun pada putaran rendah hanya ada sedikit untuk pilihan antara 2, 3 dan 4 silinder-.. biasanya 2 silinder memberikan torsi lebih pada putaran mesin rendah. Semakin sedikit silinder di mesin, semakin sepeda cocok untuk Trail, off-road dan kondisi MX (ektrim) karena kebutuhan untuk torsi lebih pada putaran rendah.

Semakin banyak Silinder yang ada, semakin sepeda cocok untuk jarak jauh di jalanan karena mesin semakin ‘halus’ . Vibrasi umumnya menurun dengan peningkatan jumlah silinder. Hal ini penting untuk touring jarak jauh. “

Mesin Unik ala Ducati, Hanya 2 Silinder dan Tidak Lebih

Bagi insan roda dua, tentunya tak ada yang perlu ditanyakan tentang desain mesin motor. Semua pasti pada tau akan basis yang dipakai masing-masing motor tersebut. Seperti halnya Yamaha R1, motor ini menggunakan basis desain mesin inline-4, yaitu 4 silinder segaris/ sejajar dengan kapasitas 1000cc.

Beda Yamaha, berbeda pula Ducati. Masih banyak yang belum tahu akan basis mesin yang dipakai oleh motor yang bermarkas di Bologna, Italia ini. Banyak yang beranggapan bahwa meskipun memakai desain L-twin engine, Ducati tetap dibekali 4 silinder, nyatanya ‘TIDAK’.


Rabu, 20 Maret 2013

Apa itu Bahan Bakar

Bahan bakar adalah bahan yang apabila dibakar dapat meneruskan proses pembakaran tersebut dengan sendirinya, disertai dengan pengeluaran panas.

Jenis Bahan Bakar
Bahan bakar fosil, seperti : batubara, minyak bumi, dan gas bumi.
Bahan bakar nuklir, seperti : uranium dan plutonium. Pada bahan bakar nuklir, panas diperoleh dari hasil reaksi rantai penguraian atom-atom melalui peristiwa radioaktif.
Bahan bakar lain, seperti : sisa tumbuh-tumbuhan (biomass), minyak nabati (straight vegetable oil), minyak hewani, biofuel/biodiesel.

Komposisi Bahan Bakar
Bahan bakar umumnya tersusun dari unsur-unsur : C (karbon), H (hidrogen), O (oksigen), N (nitrogen), S (belerang), Abu, dll. Unsur-unsur ini dibedakan menjadi dua jenis, yaitu : Combustible matter adalah unsur-unsur yang jika terbakar akan menghasilkan panas, unsur-unsur kimia tersebut yaitu, C, H dan S. Non-combustible matter adalah unsur-unsur lain yang terkandung dalam bahan bakar namun tidak dapat terbakar, unsur-unsur tersebut yaitu O, N, bahan mineral atau abu dan air.

Melihat Kondisi Mesin Melalui Warna Oli

Mengetahui waktu penggantian oli mesin sangat penting untuk diketahui. Karena jika sampai telat masa penggantian, mesin akan cepat rusak. Secara umum penggantian oli mesin diukur dengan jarak tempuh kendaraan.

Dalam kaitannya dengan jarak tempuh bisa mengikuti buku panduan yang disediakan oleh pembuat produk kendaraan. Tapi di sini juga ada cara unik untuk melihat kondisi mesin dan masa penggantian oli dengan melihat warnanya. Cara sederhana dan hemat biaya ini, bisa kita lakukan sendiri di rumah.

Berikut warna oli mesin yang bisa dijadikan patokan waktu penggantian Oli.

Jenis Cat Kendaraan

Tidak ada salahnya mengetahui jenis-jenis cat untuk kendaraan sebelum kalian mengecat kendaraan teman-teman, selain supaya hasil yang di dapatkan maksimal juga menjadi lebih ekonomis dan efisien. Juga di harapkan ini menjadi modal pengetahuan kita sebagai pengguna kendaraan terlebih itu kendaraan sepeda motor, karena kita ketahui modifikasi area penampilan motor umumnya menonjolkan warna-warna cat motor yang lebih dari satu warna.

Dengan ulasan ini paling tidak kita mengetahui teknis atau mekanisme dari sebuah cat kendaraan, untuk meminimalisir penipuan hasil baik janji tukang cat yang kita oderkan. Berikut macam-macamnya.

Rawat Kampas Rem Cakram Sehabis Hujan

Hujan memang sudah mereda, walau sekali-kali awan mendung masih mengintip. Cuaca yang kerap berubah kadang membawa penyakit malas bagi para pengguna motor, khususnya untuk mencuci tunggangannya. Namun tanpa disadari, komponen yang dekil dan kotor justru membuatnya lekas aus dan habis masa pakainya. Salah satunya adalah komponen fast-moving yang selalu diganti dalam jangka waktu tertentu, seperti kampas rem. Harusnya kalau habis hujan, langsung dibersihin. Pasir-pasir yang nempel di kampas dan piringan cakram bikin kampasnya cepat habis.

Tips Memelihara Rantai dan Gir Set Sepeda Motor

Salah satu komponen sepeda motor yang kerap disepelekan pemotor adalah rantai. Padahal rantai motor memiliki peranan yang sangat penting, jadi tidak bisa diremehkan begitu saja. Apalagi di musim penghujan seperti sekarang, sering-seringlah lebih memperhatikan rantai dan gir set sepeda motor Anda.

Tapi pada dasarnya, rantai bawaan pabrik sudah menggunakan teknologi O-ring yang tidak lagi diberi pelumas tambahan. Karena rantai motor jenis ini telah memiliki pelumas khusus di dalamnya. Namun demikian, dalam perjalanannya tetap diperlukan perawatan dengan pelumas khusus rantai (chain lube) untuk memperpanjang usia pakainya.

7 Bunyi Aneh pada Mesin

Bunyi aneh pada mesin motor 4-tak bisa menjadi pertanda kerusakan. Namun, tidak semua 'noise' berarti kerusakan. Ada motor yang jarak clearance antar metalnya diposisikan maksimum, sehingga berisik. Berikut bagian mesin yang sering menjadi penyebab berisiknya mesin.

1. Klep
Suara 'tik-tik' atau 'tuk-tuk' ringan saat mesin stasioner menandakan setelan katup renggang, sehingga rocker arm memukul kepala katup. Bunyi kian keras saat putaran gas ditinggikan. Selain itu, per katup yang lemah, menimbulkan bunyi yang sama.

2. Rantai Kamprat
Suara seperti 'tok-tok' mungkin akibat karet 'kampret' (terletak antara tensioner dengan rantai keteng) aus, lalu terdorong rantai keteng hingga membentur ujung tensioner. Rantai keteng yang terlalu kencang juga menimbulkan bunyi suing atau dengungan. Sedangkan suara 'sek-sek' terus menerus, biasanya gear atau rantai keteng minta diganti.

3. Piston

Beda Pertamax dengan Pertamax Plus

Selain Pertamax (P) sebagai bahan bakar non subsidi, Pertamina juga menjual Pertamax Plus (PP) yang kastanya tertinggi. Toh, sedikit yang tau bedanya. Kecuali bahwa nilai oktan PP lebih tinggi dari P. Yaitu, 95 untuk PP dan 92 untuk P. Warna P biru dan PP merah. Dan, harga PP lebih mahal.

Namun, sebenarnya gak cuma oktan, warna dan harga pembeda kedua BBM non subsidi ini. Karena, pada dasarnya, keduanya mempunyai kandungan aditif berbeda. Aditif ini untuk meningkatkan mutu bahan bakar tersebut. Dengan angka oktan yang lebih tinggi Pertamax Plus memiliki tingkat pembakaran yang idealnya lebih sempurna untuk menambah tenaga mesin.

Memang energi yang dikeluarkan PP jadi lebih panas dibanding P. Ini dikarenakan nilai oktannya yang lebih tinggi tadi. Kandungan PP 95 persen oktana dan 5 persen heptana, atau campuran molekul lainnya. Sementara P dengan kandungan 92 persen oktana dan 8 persen heptana.

Senin, 18 Maret 2013

Jangan Sembarang Isi Air Radiator

Tak semua air dapat digunakan untuk radiator sebagai pendingin mesin kendaraan Anda. Jika radiator diisi dengan sembarang air, beberapa bagian dari radiator akan mengalami karat dan bisa membuat sirkulasi pada radiator jadi tersumbat.

Jika hal ini dibiarkan, kinerja radiator pun jadi tidak maksimal dan menyebabkan suhu mesin mobil akan naik atau panas. Alhasil, mobil Anda pun akan mogok dalam perjalanan. Dengan mengisi air sembarangan akan membuat kumpulan karat pada selang yang menghubungkan radiator ke mesin. Sehingga suhu mesin akan naik karena tersumbat tumpukan karat.

Kamis, 14 Maret 2013

Dampak Packing Knalpot Rusak

Packing knalpot merupakan bagian yang berfungsi untuk mencegah adanya sambungan yang bocor pada knalpot dan mesin. Ternyata, packing ini juga bisa rusak kalau kelamaan tidak diganti. Efeknya bisa-bisa leher knalpotnya malah patah seperti gambar dibawah.
leher patah
Kalau sudah kejadian seperti ini ya terpaksa membawa knalpot ke tukang las atau ahli knalpot untuk menyambungkannya kembali. Logikanya begini. Ketika mur pengunci menekan leher knalpot ke atas, pack menahan jepitan itu dan menutup celah supaya tidak terjadi kebocoran. Ketika pack sudah aus, maka pack tidak akan menahan jepitan itu dan leher knalpot pun patah karena tekanan yang berlebih.

Untuk cara mengganti pack knalpot tersebut silahkan ikuti langkah berikut.

Sabtu, 09 Maret 2013

Korek Harian Suzuki Satria-FU Agar Kencang

1. Pilot jet ukuran 17.5

Bisa menggunakan milik Jupiter-Z atau Shogun SP. Harga sekitar 30rb. Kalau mau lebih murah bisa menggunakan merek Kitaco atau Extreme, harganya 20 ribuan.

2. Lepas paking kepala silinder
Gunakan 1 lapis aja yang tengah. Langkah ini berarti menaikkan rasio kompresi. Kalau mau menaikkan kompresinya lebih tinggi lagi, paking blok bawah bisa dilepas dan ga usah pake paking. Cukup menggunakan lem paking aja (yang atas tetep pake 1 paking). Trik ini dah dicoba dan terbukti piston gak tabrakan dengan klep ataupun ada kebocoran oli.

Spesifikasi Suzuki FXR150


Engine and transmission
Displacement : 147.00 ccm (8.97 cubic inches)
Engine type : Single cylinder
Stroke : 4
Power : 20.11 HP (14.7 kW)) @ 13000 RPM
Max RPM : 15000
Compression : 10.7:1
Bore x stroke : 62.0 x 48.8 mm (2.4 x 1.9 inches)
Fuel system : Carburettor. Mikuni BS29SS
Valves per cylinder : 4
Fuel control : DOHC
Ignition : CDI, 9 degree BTDC at 1500rpm
Starter : Electric & kick
Lubrication system : Wet sump
Cooling system : Oil & air
Gearbox : 6-speed

Cara Menghitung Gas Speed

Gas Speed = ( stroke x rpm / 30,000 ) x ( piston / porting ) ^ 2

Rumus di atas merupakan cara menghitung kecepatan bahan bakar yang masuk. Stroke merupakan langkah naik turun piston dari TMA ke TMB atau sebaliknya. Piston adalah diameter seher yang digunakan. Porting ialah diameter inlet yang digunakan.

Gas speed berguna sebagai acuan kecepatan bahan bakar yang masuk ke ruang bakar, sehingga kerja mesin dapat lebih optimal. Semakin besar gas speed, maka efisiensi volumetrik semakin tercapai. Akan tetapi mesin lebih cenderung cepat panas karena RPM mesin akan semakin meninggi.

Sabtu, 02 Maret 2013

Meningkatkan Kompresi Primer Piston 2 Tak

Ini hanya bicara seputar korek jalanan pada piston Yamaha RX-King. Yang diulas pun hanya bagian pantat. Korek piston ini referensi, ya digabung-gabung jadi ilmu tambahan. Tambahan untuk melengkapi sebelumnya. Namanya juga korek harian, berarti ringan, hanya mendesain pantat piston seperti ‘M’.

Laher Komstir Yamaha

Hanya laher atau bearing komstir Yamaha Scorpio, Vixion dan Byson yang berbeda. Mulai dari Yamaha RX-Z sampai dengan Jupiter Series menggunakan kode laher komstir (race ball) yang sama. Buktikan saja kodenya pada katalog suku cadang Yamaha.


Intake Manifold Tidak Harus Pendek

Intake manifold pada korek motor memang memberi pengaruh cepat dan lambatnya bensin sampai ke ruang bakar. Tapi, yang lebih penting adalah kecocokan diameter intake dengan mulut karburator dan alur masuk inlet terhadap kepala silinder.

Alat ini juga dikenal sebagai leher angsa, walau bentuk seperti ini adanya hanya di bebek karena mesinnya tidur. Supaya posisi karbu lurus, memaksa intake jadi membengkok seperti leher angsa. Makanya di mesin tegak, ya bentuknya tidak mirip leher angsa.

Korekan pada leher angsa berbicara soal flowbench yang mengukur kecepatan gas speed. Maksudnya, aliran kabut bahan bakar seberapa cepat sampai di ruang bakar. Pengukuran pakai flowbench sebagai patokan menentukkan efesiensi kecepatannya. Itu berhubungan dengan model korekkan pada kepala silinder dan penentuan besarnya diameter karbu.
Disebut efesiensi aliran bahan bakar terlalu cepat, jangan ata terlalu lambat jangan! Tapi alat flowbench ini hanya beberapa bengkel besar yang punya. Nah, untuk korekan harian pakai flowfeeling saja. Ya, ilmu kira-kira. Kira-kira bisa atau kira-kira nggak. Ya, moga-moga pas deh.

Intake bikinan atau dibeli yang bolt on harus pas dulu dengan karbu. Idealnya diameternya berurut. Misalnya karbu diameter direamer jadi 23 mm, nah diameter lubang intake dimulai dari 23,1 mm dan seterusnya sesuai dengan inlet pada kepala silinder. Intinya semua kembali pada riset. Tidak semua didapat sesuai pakem teori, sebagai patokan boleh.

Tinggal mencocokkan posisi atau arahnya. Misal manifold bisa dibelokkan ke kiri atau kanan untuk menghindari tabokan angin. Angin yang tiba-tiba kadang mengacaukan campurannya. Model ubah arah ini korek hariannya sudah aje gile. Balap tidak, tapi mau kebut-kebutan. Tetap hati-hati, bro. Lagian kasihan si angsa lehernya dipelintir, Sekadar korek harian tidak perlu mengubah arahnya. Apalagi sport yang mesinnya tegak, harus di posisi mula.

Pada matik intake manifold bawaan pabrikan lebih pendek dari motor bebek mesin tidur. Sambungan intake menggunakan karet (flens). Prinsipnya sama dengan karburator ‘besar’ macam seri PE, PE, TM dan lainnya yang biasanya diaplikasi pada motor korekan.

Dalam urusan pilih intake manifold yang penting adalah ukuran yang pas. Saluran dari karbu dan inlet kepala silinder seiramana. Karena fungsi manifold hanya pelantara. Kadang ini kurang diperhatikan. Cenderung berpikir intake yang pendek yang bagus. Di mesin grasstrack contohnya, manifold malah dibuat panjang. Agar karbu bisa pas dengan filter udara dari special engine.

Intake pendek identik dengan torsi di putaran atas dan intake panjang identik dengan torsi di putaran bawah. Ini terjadi akibat suhu bahan bakar yang masuk serta faktor homogen bahan bakar itu sendiri.