Senin, 06 Januari 2014

Cara Merakit Gearbox Yamaha Jupiter

komponen gearbox Yamaha Jupiter
Cara merakit gearbox pada Yamaha Jupiter sangatlah mudah. Langsung saja, berikut langkah-langkahnya.
1. Kumpulkan komponen gearboxnya
Komponen tersebut antara lain adalah gear pada mainshaft dan layshaft, garpu, pin, clip, ring, dan botol pemindah garpu.
komponen yang terkumpul
2. Letakkan crankcase di tempat yang memudahkan pengerjaan
Sebaiknya crankcase diletakkan di kursi yang dibalik atau sejenisnya, supaya kita mudah memasukkan gearbox ke crankcase nya.
crankcase Jupiter
3. Rakit komponen secara teratur
Komponen yang sudah terkumpul dirakit terlebih dahulu di bawah, dan bukan di crankcase. Ingat! Susunan gear tidak boleh salah. Untuk gigi 1st primer tidak perlu dipasang terlebih dahulu. Untuk motor Jupiter ini sangat terlihat perbedaannya, sehingga sangat mudah menyusun gearboxnya.
gearbox sudah terakit
posisi garpu sejajar
4. Masukkan gearbox ke crankcase
Setelah gearbox tersusun rapi, mulai pas kan as mainshaft dan layshaft pada masing-masing lubang yang sudah ada laher nya. Setelah botol juga terpasang, tonjolan garpu sudah pas, dan gearbox juga pas, silahkan tekan perlahan menggunakan tangan. Jika pemasangan benar, maka gearbox akan masuk sendiri.
paskan as dengan lubangnya
tekan ke bawah secara bersamaan
posisi setelah terpasang benar
5. Pasang gear 1st
Gear kecil yang tadi belum terpasang dapat dipasang sekaran, dan jangan lupa terdapat ring. Cek gambar untuk lebih detailnya.
pasang gear kecilnya
6. Cek kelancaran proses perpindahan gigi
Botol pemindah gigi dapat diputar untuk melihat pergerakan/pergeseran gearbox. Agar mudah, gearbox ikut diputar menggunakan tangan karena sistem presneling motor Jupiter menggunakan sistem constant mesh.
cek kelancaran sistem

Tidak ada komentar:

Posting Komentar