Senin, 20 April 2015

Jenis/Bentuk Ruang Bakar

Jenis/Bentuk Ruang Bakar - Ruang pembakaran mesin bermacam-macam bentuk nya. Fungsi nya berbeda-beda dan menyesuaikan kegunaan mesin tersebut. Berikut klasifikasi dari jenis/bentuk ruang bakar motor bensin.
ruang bakar motor
a. Ruang bakar model Setengah Bulat (Hemispherical Combustion Chamber)
Mempunyai efisiensi panas yang tinggi dibanding model lain karena permukaannya yang kecil sehingga panas yang terbuang sedikit. Efisiensi pemasukan dan pembuangan lebih sempurna. Namun memiliki konstruksi mekanisme katup yang agak rumit dan kurang cocok untuk mesin putaran rendah.
kubah hemispherical
b. Ruang bakar Model Baji ( Wedge type combustion chamber)
Type ini juga memiliki efisiensi panas yang baik seperti type setengah bulat. Konstruksi mekanisme katup lebih sederhana dibanding type setengah bulat. Kelemahannya adalah tekanan pembakaran pada piston kurang merata.
kubah baji
c. Ruang bakar model Bak Mandi ( Bathtup type combustion chamber)
Model ini konstruksi nya paling sederhana dibanding jenis lain, namun memiliki kelemahan efisiensi pemasukan dan pembuangan. Kelebihannya adalah cocok untuk mesin putaran tinggi yang proses pembilasan nya harus cepat.
kubah bak mandi
d. Ruang Bakar Model Pent Roof
Pada jenis ini, terdapat lebih dari 2 katup disetiap silinder. di sebut model pent-roof karena membentuk sebuah sudut. Bila dihubungkan ke titik pusat akan menyerupai atap bangunan. Model ini selain memberikan efek semburan yang lebih baik dan lebih cepat terbakar juga penempatan businya ditengah tengah ruang bakar.
kubah atap

Tidak ada komentar:

Posting Komentar