Sabtu, 09 November 2013

Korek Harian Jupiter Z1 130 cc

1. Piston Kaze dengan diameter 53 mm
Piston menggunakan milik Kawasaki Kaze dengan diameter 53 mm. Jika dihitung dengan rumus volume tabung, maka ditemukan hasil 127.8 cc atau masuk di kelas 130 cc. Blok tinggal dikolter saja tanpa ganti liner/boring. Piston dibentuk dome untuk menaikkan kompresi dan deck clearance dibuat 0.7 mm agar aman untuk harian.
model piston kaze untuk Jupiter Z1
2. ECU Dualband - Juken 2 BRT
Ecu menggunakan produksi BRT yang memang khusus diperuntukkan Jupiter Z1. ECU ini programmable dan terdapat layar untuk mempermudah setting. Pokoknya Ecu ini terbukti dan tinggal pasang. Setting ulang CO dari Ecu pun juga bisa.
Ecu Dualband untuk Jupiter Z1
3. Kopling Manual SYS
Agar lari motor lebih responsif, disarankan menggunakan kopling manual tangan SYS yang sudah termasuk rumah kopling pegas. Harga sekitar 775.000 rupiah.
kopling manual SYS for Jupiter Z1
4. Noken costum
Noken haruslah tetap berprofil gendut. Hal ini terjadi karena adanya roller rocker arm alias pelatuk kem roller. Lifter ditambah 1 mm dengan durasi standar agar karakter motor tidak berubah.
ilustrasi noken as costum

Korek Harian Honda CS1 235 cc DOHC

1. Piston Hi Speed dengan diameter 69 mm
Piston Hi Speed dengan diameter pin 15 mm. Harga sekitar 350 ribu rupiah. Untuk blok mesin menggunakan milik CBR 150 dengan proses ganti liner. Rasio kompresi mesin dibuat 11.0 : 1 agar dapat meminum premium.
piston Hi Speed 69 mm
2. Kruk as Tiger
Stroke kruk as Tiger adalah 62,2 mm dengan penyesuaian pada lengan kiri dan kanan. Dengan langkah 62.2 x diameter 69 mm, maka kapasitas mesin didapat 232.7 cc.
kruk as Tiger
3. Blok + Kop Honda CBR 150
Blok mesin menggunakan milik CBR 150 dengan proses ganti liner menyesuaikan diameter piston. Liner menggunakan milik diesel agak tebal agar tidak mudah panas. Selain itu, tebal liner pada bagian atas yang dekat dengan water jacket harus diatur ulang. Liner sedikit lebih tipis agar tetap ada ruangan untuk pendinginan radiator.
tampak kiri
Jangan lupa, piston pasti lebih keluar dan diwajibkan menggunakan paking aluminium. Paking aluminium yang digunakan tebal, sekitar 2.5 cm alias 25 mm dan harus selembar. Silahkan ukur ulang agar paking tidak terlalu tebal maupun terlalu tipis. Kop standar CBR 150 sudah menganut sistem DOHC agar menjamin putaran atas yang lebih maksimal.
tampak kanan
4. Klep 28 mm (in) dan 23 mm (ex)
Klep standar Honda CBR 150 adalah 24/21 mm dengan jumlah klep 2 isap dan 2 buang. Klep diperbesar dengan diameter klep masuk 28 mm agar nafas putaran atas lebih kuat diimbangi dengan klep buang 23 mm.
ilustrasi super head DOHC
5. Karburator PE 28 reamer
Karburator Keihin Pe28 direamer hingga 30 mm agar sanggup menyuplai pasokan bahan bakar ke dalam mesin. Setting karburator harus dicari hingga pembakaran merata hingga busi berwarna merah bata. Kira-kria PJ #48 dan MJ #130.
pe 28 reamer
6. Knalpot Costum
Knalpot diwajibkan lebih lepas dalam proses membuang gas sisa pembakaran. Untuk hal ini dapat langsung menggunakan knalpot aftermarket freeflow atau handmade.
knalpot aftermarket
7. Noken as Costum
Durasi dapat dibuat 270ยบ agar power mesin keluar di RPM tinggi. Spek ini dapat digunakan untuk touring karena nafas tidak habis-habis.
noken as

Menggosok Menggunakan Batu Ijo

Menggosok Menggunakan Batu Ijo - Pasti kalian ingin motor kalian memiliki penampilan yang bersih. Apalagi sekarang lagi marak-maraknya virus chrome. Perlu diketahui bahwa chrome hanya bertahan 2 tahun untuk tipe semprot, sedangkan tipe celup sangat jarang ditemukan. Jika dibandingkan dengan mengkilapkan menggunakan batu ijo, maka hasilnya akan sangat berbeda. Sekarang tinggal cara atau prosesnya saja agar hasil dapat mengkilap mengalahkan chrome semprot.
hasil bak magnet Jupiter
digosok menggunakan batu ijo
Bahan-bahan:
  • Batu ijo
  • Ampelas 400
  • Ampelas 1000
  • Minyak tanah
  • Kain jeans
  • Kain biasa
  • Paint remover
  • Kuas
  • Air
Caranya:
1. Hilangkan kotoran dan cat
Kotoran yang menempel terlebih dahulu disikat hingga mengelupas. Setelah itu keringkan dan beri paint remover (penghilang cat) menggunakan kuas. Hati-hati! Jangan sampai remover cat tersebut mengenai tubuh karena dapat dipastikan iritasi dan gatal - gatal. Diamkan beberapa saat hingga cat terkeluas bersih. Ulangi hingga cat terkelupas sempurna.
proses removing cat
2. Ampelas kasar hingga pori-pori hilang
Setelah cat terkelupas, mulai gosok menggunakan ampelas kasar (ukuran 400 atau 500). Usahakan semua pori-pori yang timbul dapat rata satu sama lain. Pastikan celah dan sudut-sudut sudah diampelas dengan baik.
3. Ampelas halus hingga rata
Setelah pori-pori hilang dan tidak ada bagian yang timbul, lanjut dengan mengampelas menggunakan ampelas halus (ukuran 1000). Haluskan dengan air hingga bekas ampelas kasar menghilang dan permukaan menjadi rata.
4. Gosok menggunakan batu ijo
Setelah rata, campur batu ijo dengan minyak tanah di dalam botol. Caranya dengan menggerus halus batu ijo dan dimasukkan ke dalam wadah yang sudah berisi minyak tanah. Ratakan larutan tersebut dan gosok menggunakan kain jeans atau kertas semen. Pastikan bunyi yang dihasilkan dari gosokan tersebut kian lama kian melembut. Jika sudah tidak berbunyi, coba cek apakah hasil gosokan tersebut sudah mengkilap. Kalau sudah, lanjutkan ke semua bagian yang akan dimengkilapkan.
5. Finishing menggunakan bedak bayi
Setelah mengkilap semua, finishing kan menggunakan kain bersih dan bedak bayi. Taburkan bedak secara merata dan gosok menggunakan kain hingga kotoran bekas batu ijo terangkat. Mengkilap sudah! Sekarang tinggal perawatannya agar hasilnya selalu mengkilap dan motor sedap dipandang mata setiap hari.
lebih mengkilap jika diberi finishing bedak
Lampiran gambar hasil lainnya.

Jumat, 08 November 2013

Cek Kondisi Per Kopling Skutik

Cek Kondisi Per Kopling Skutik - Sama-sama ada di CVT bagian belakang dan berbentuk pegas, namun per CVT lebih beken dari pada per kopling. Itu karena per CVT jadi salah satu yang masuk dalam daftar menu, kalau hendak upgrade performa. Tapi tahu enggak, kalau per kopling skutik yang ada 3 biji itu bisa bikin performa motor jadi loyo. Terutama kalau part tersebut sudah waktunya diganti. 
3 per kopling sentrifugal
Ada hal-hal yang enggak perlu dilakukan agar part tersebut enggak cepat menurun performanya. Selain pemakaian normal, salah perlakukan juga membuat umur pakai per kopling lebih pendek. Buka tutup gas secara mengentak apalagi saat kondisi mesin masih baru menyala, jadi penyebab per kopling cepat loyo.  Sesuai karakternya, skutik buka gasnya mesti diurut. Jadi geber-geber saat kali pertama mesin menyala, enggak disarankan.
kampas kopling skutik
Ada juga cara deteksi kalau per kopling sudah menurun kemampuannya. Pertama adalah dengan merasakan performa skutik itu sendiri dan yang berikutnya melihat secara fisik pada kampas koplingnya. Putaran mesin bawahnya terasa lemot dan performa skutik baru akan terasa pada putaran mesin tengah sampai atas saja.

Untuk deteksi berikutnya, tentu harus bongkar CVT dulu dan lihat langsung ke kampas kopling yang terdiri dari 3 bagian. Bila per kopling sudah waktunya ganti, biasanya ada perbedaan ketebalan pada masing-masing kampas nya.

Kamis, 07 November 2013

Korek Harian Honda Absolute Revo dan Blade 125 cc

1. Piston FIM BRT dengan diameter 53.4 mm
Ganti liner dengan yang lebih tebal milik Honda karisma, polesan liner masih menyerupai standard nya dengan alur menyilang namun ketika diraba dengan tangan sangat smooth licin. Kemudian piston dijejali dengan diameter 53.4 mm FIM BRT, ring piston mengandalkan milik Suzuki Shogun 110. Kepala piston mentah dibubut ulang, hingga disisakan dum piston 1,5 mm saja meniru dum piston Smash masuk ke ruang bakar.
saat piston terpasang di blok mesin
2. Noken as custom
Dengan rocker arm roller dan rasio rocker arm 1 : 1,5 mm, menjadikan noken as Honda Blade/Absolute Revo lebih efisien dengan pinggang gemuk. Lift cam yang masih bermain di 5,5 mm sudah mampu mengangkat katup setinggi 8mm lebih.
noken dipapas
3. Per Klep Racing
Overlaping klep tinggi membutuhkan pir klep dengan kekenyalan teruji. Terbukti pir klep mampu mendongkrak putaran mesin yang standard nya mentok di 9,000an rpm, kini bisa melengking 12,000 rpm.
per klep racing
4. Klep Sonic dengan diameter 26 mm (in) 23 mm (ex)
Konfigurasi dirubah menjadi katub masuk diameter 26 mm, buang 23 mm. Diambil dari katub Honda sonic, dikecilkan ulang. Sudut derajat ditata ulang, sekaligus menggeser lubang porting, didesain semi down draught. Terus terang nge-porting head itu lebih banyak main feel.
klep Sonic di blok kop Blade/Absolute Revo
5. Karburator RX King
Pengabut bahan bakar dipercayakan dari karburator Mikuni VM26. Intake manifold TDR yang diperpendek. Ukuran pilot jet ketemu di angka 22.5, main jet 125. Setting ulang hingga didapatkan hasil yang maksimal.
intake manifold TDR custom
6. CDI BRT
Pengapian menggunakan CDI dari BRT yang tinggal PnP saja. Magnet masih menggunakan standard, koil standard, dan busi standard. Tidak ada hal yang istimewa di pengapian, hanya butuh untuk membuka limitasi, dan derajat titik ledak sedikit lebih advance. Terlalu memajukan waktu penyalaan akan meningkatkan kecendurangan detonasi/knocking yang akan menghancurkan mesin. Namun pengapian yang terlalu mundur akan menyebabkan tenakan maksimum pada langkah tenaga menurun. Jadi yang baik tetaplah yang PAS.
CDI BRT Maxtronic
7. Rumah Kopling Kharisma SYS
Sistem transfer daya dibuat ringkas, melengserkan bak kopling standard, diganti dengan aplikasi kit dari SYS racing. Jedek rumah kopling sentrifugal dimatikan. House kopling mengandalkan milik Honda Karisma/Honda Supra X 125, pir kopling racing, kampas kopling racing.
sektor kopling

Berat Rumah Kampas Kopling Ganda/Sentrifugal Yamaha Jupiter

ilustrasi berat rumah kopling
Berat Rumah Kampas Kopling Ganda/Sentrifugal Yamaha Jupiter - Untuk membuat balancer kopling manual Yamaha Jupiter atau Vega pasti membutuhkan data mengenai berat rumah kampas kopling ganda/sentrifugalnya. Biasanya orang langsung menerapkan trik las titik langsung. Jika ingin membuat balancer, pasti membutuhkan bobot yang pas bagi kruk as agar dapat berputar dengan baik. 
rumah kopling Jupiter standar
rumah kopling 1 set
Berat rumah kopling sentrifugal nya sendiri adalah 500 gram. Berat 1 set rumah kopling, kampas kopling adalah 1,2 kg atau 1200 gram. Jadi jika ingin membuat balancer dapat dibuat dengan berat maksimal 1,4 kg agar kruk as tidak melintir. Hitungan yang pas untuk harian jarak jauh adalah 1200 - 1300 gram, sedangkan daerah perkotaan cukup 900 - 1000 gram saja.

Rabu, 06 November 2013

Mengganti Air Radiator Honda Vario

Vario sudah memiliki radiator sebagai pendingin mesin
Mengganti Air Radiator Honda Vario - Sebagaimana mesin yang berpendingin air tentunya radiator vario perlu dilakukan perawatan, salah satunya adalah penggantian air radiator. Cara penggantian nya pun cukup mudah, bisa dilakukan sendiri di rumah. Alat yang kita perlukan cukup sederhana:
  • Kunci T 8 mm
  • Kunci L 8 mm
  • Nampan
Sebelum dibongkar pastikan suhu mesin dalam keadaan dingin. Berikut urutan pembongkaran :
1. Buka cover radiator.
Cover ini diikat 3 buah baut 6 mm.gunakan kunci T 8 mm untuk membukanya
membuka cover radiator
2. Buka baut pembuangan.
Gunakan kunci L 8 mm untuk membuka baut ini. Diputar berlawanan arah jarum jam. Sebelumnya siapkan dahulu nampan untuk menampung air radiator bekas
letak baut pembuangan di bawah
3. Setelah air radiator terkuras habis tutup kembali lubang pembuangan.
Perlu diperhatikan disini untuk torsi pengencangan secukupnya karena bahan dari plastik jadi rawan patah.
air radiator yang dikuras
4. Tuang radiator coolant melalui lubang radiator sampai penuh. 
Mengisi air radiator yang telah disediakan. Perlu diingat, air radiator harus murni aquades atau lebih baik menggunakan coolant.
mengisi air lewat tutup radiator
5. Tutup kembali lubang pengisian radiator.
Setelah terisi pastikan tertutup dengan rata dan rapat agar tidak ada air radiator yang muncrat.
tutup radiator Vario
6. Cek volume coolant radiator .
Caranya dengan menghidupkan mesin sekitar 5 sampai 10 menit. Jika tidak turun,berarti sudah mengisi ke mesin. Kemudian barulah mengisi tabung cadangan (reservoir) melalui lubang yang terdapat di bawah jok.

7. Rakit kembali cover radiator.
Cukup mudah kan.selamat mencoba.

Selasa, 05 November 2013

Kampas Kopling Satria FU Menggunakan Milik Thunder 125

Kampas Kopling Satria FU Menggunakan Milik Thunder 125 - Berikut merupakan tips motor untuk korek harian Suzuki Satria FU. Kampas kopling dapat menggunakan milik Thunder 125. Tips ini langsung dicoba di arena balap, yang kasih ilmu juga terbukti jawara. Jadi bukan cerita dan teori, ada buktinya. Itu tuh Suzuki Satria FU 150 yang dikorek oleh Wawan Kristiarto dari tim Abakura Ditra Jaya, Solo. FU yang dijuluki FU Solo itu kampiun di bebek 200 cc pada Pertamina Enduro Drag Bike (PEDB) Kenjeran lalu.
kampas kopling Suzuki Satria FU
So, sing so, hehe, layak dicoba untuk harian. Kan balap awalnya untuk ‘laboratorium’ harian, brosist. Kampas koplingnya pakai Suzuki Thunder 125, akselerasi lebih tetap mantap harga lebih murah. Di bengkel saya juga banyak FU harian sudah menggantinya.
kampas kopling Thunder 125
Disebut lebih murah pasti ada pembanding. Misalnya, ganti pakai kampas kopling Suzuki RGR emang udah umum, punya Thunder lebih murah lagi tuh. Thunder Rp 165 ribu dan RGR 285 ribu, lumayan kan selisih harganya. Bisa beli bensin untuk sebulan.

Pemasangan juga tidak ribet, lantaran ukuran dan ketebalannya sama. Tinggal pasang gitu. Meski ukuran dan ketebalan sama, ada beda di permukaan kampas. Punya Thunder 125 lebih lebar hampir dua kali lipat kontak grip kampasnya dibanding FU.

Untuk FU lovers yang sudah tahu duluan, kini semakin yakin, pilihannya ternyata dipakai di balap resmi. Lebih enak lagi bila dipasang pada FU yang telah korek harian, misalnya sudah ganti knalpot racing.

Senin, 04 November 2013

Tips Performa Untuk Karburator Vakum

Tips Performa Untuk Karburator Vakum - Trik ini agar skep terbuka lebih tinggi dan lebih menyuplai bensin di putaran tinggi. Jarum skep vakum pada karbu vakum akan terangkat lebih. Caranya menghilangkan ‘ganjalan’ bagian vakum yang saling mendekap. Kata mekanik ‘penemu’-nya sih, tarikan atas lebih tajem. Tidak perlu oprak-oprek mesin. Spuyer pada karbu pun biarkan saja standar. Hanya mengampelas karet skep yang menonjol. Tonjolan ini kira-kira 3 mm dan harus rata dengan selongsong skepnya.
perbedaan tinggi skep standar dengan yang diampelas
Caranya pun mudah. Hanya modal kartas ampelas. Untuk awal gunakan dulu ampelas yang kasar, lalu diakhiri dengan ampelas yang halus. Ya, pokonya halus. Saat mengampelas-nya perlu hati-hati, agar karet vakum tidak ikut tergosok. Ya, kalau bolong, percuma dan mesin sulit langsam.
mengampelas skep
Sebaiknya lebih bagus diiringi memotong sedikit per skep. Tetapi, pengaruhnya sangat sedikit. Artinya, nggak dipotong juga. Dengan trik sederhana ini, lebih cepat mencapai 80 km/jam untuk matik. Semua karbu vakum model begini bisa menirunya.
lihat beda tinggi skep nya
Lebih pas lagi, cara ini juga dipakai pada korek harian yang telah ganti kenalpot racing misalnya. Nah nafas motor lebih jalan, karena jarum skep lebih tinggi angkatannya. Bahan bakar jelas lebih deras. Ya, boros-boros dikitlah. Namanya juga mau kencang.

Sabtu, 02 November 2013

Tips Menambal Karet Vakum Secara Darurat

Tips Menambal Karet Vakum Secara Darurat - Setiap komponen punya batas pakai atau umur. Sama dengan manusia, ada batas umurnya juga kan. Macam karet vakum karburator, umurnya sekitar dua tahun setelah selama itu hidup terus melayani ruang bakar. Apalagi, karet ini sering dibongkar untuk diutak-atik, ya cepat bocor.
plester luka untuk karet vakum
Bisa saja karet ini bocor tiba-tiba dalam perjalan jauh misalnya. Atau sampeyan sedang dalam keadaan kanker alias kantong kering. Maklum harga karet vakum ini lumayan antara Rp 250 – 350 ribu. Belum lagi bersamaan dengan bayar cicilalan motor yang karet karbu vakumnya sudah bocor itu, wah barabe.

Tenang, tenang brosist, jangan panik. Caranya mudah cukup beli hansaplast atau plester luka model plastik. Ini hanya keadaan darurat. Ya, cukuplah saat dana untuk beli karet vakumnya sudah terkumpul ulang. Sebulan sih lebih.
digunting kecil lebih lebar dari lubangnya
Plester tersebut dipotong secukupnya. Pastilah, plesternya harus lebih lebar dari area bocorannya. Tapi jangan terlalu besar-besar nanti malah mengganggu kinerja vakum. Ya, sudah tinggal ditempel seperti menempel plester pada luka.

Efek dari bocornya karet vakum adalah tidak akan terjadi sedotan yang berlawanan dengan angkatan kabel gas alias hilang kevakumannya. Mesin tidak enak di putaran langsamnya, karena memang tak mau stansioner. Digas awal juga ndut-ndutan. Maka obatnya ya obat luka ini, hehe. Ingat ya setelah kantongnya sembuh mendingan lembiru, lempar yang lama beli baru.

Jumat, 01 November 2013

Korek Drag Yamaha RX Z

1. Perbesar kompersi primer
Memperbesar kompresi primer bisa dilakukan dengan cara menambal bandul kruk as dengan timah hitam. Ubahan yang dilakukan pada bagian kruk as, bertujuan untuk memperkecil ruangan di bagian bawah piston. Sehingga kompresi bawah bisa semakin dipadatkan. 
tambal timah hitam
Perlu diingat, pada motor 2-tak, kompresi tidak hanya terjadi pada ruang bakar yang ada di atas piston. Tetapi, kompresi terjadi juga di bagian bawah piston.

2. Porting
Lubang-lubang pada silinder di desain ulang. Tujuannya untuk lebih memperlancar jalannya bahan bakar. Terutama bentuk dari lubang exhaust didesain lebih menyerupai lubang exhaust dari motor Special Engine. Tinggi lubang exhaust disunat menjadi 26,5 mm. Itu setelah diukur dari ujung silinder atas setelah kepala silinder dilepas. Sedangkan untuk lubang transfer, dibuat setinggi 43 mm.
porting blok
3. Pengapian Yamaha YZ 125
Untuk mengimbangi bagian mesin yang telah mengalami koreksi, komponen pengapian juga coba disempurnakan. Memanfaatkan sistem pengapaian dari Yamaha YZ 125, dirasa mampu memberikan pembakaran yang lebih sempurna. Komponen pengapian seperti koil dan magnet pengapian diambilkan dari YZ 125. Itu karena part ini mempunyai pengapian yang lebih stabil. Untuk pemasangan sepul YZ 125, tidak serta merta bisa dipasang langsung. Perlu terlebih dahulu membuatkan adaptor dari plendes sebagai dudukan sepul di kalter. Terakhir, rotor magnet dibubut untuk menyesuaikan derajatnya dengan kruk as. Timing pengapian disetting di 14 derajat.
set pengapian YZ
4. Karburator Keihin PWK Sudco
Karburator Sudco memiliki kelebihan yang bagus untuk performa motor. Cocok untuk mengejar akselerasi dengan baik.
karburator Keihin Sudco
RX Z drag bike

Cara Indentifikasi Busi Palsu Ala NGK

Cara Indentifikasi Busi Palsu Ala NGK -- Konsumen motor kerap kali dirugikan dengan maraknya penjualan busi palsu. Hal tersebut tak hanya mempengaruhi performa mesin, kerusakan komponen juga bisa menjadi dampak lebih jauh dari penggunaan busi abal-abal. Nah, edukasi mengenai bahaya dan cara mengidentifikasi busi palsu coba dilakukan produsen busi NGK di ajang IIMS 2013.
contoh busi asli (kiri) dan palsu (kanan)
Buat merek NGK, yang paling kentara adalah penggunaan tutup plastik di bagian ulir busi. Itu jelas produk palsu. Sebab semua busi yang kami produksi tak ada yang menggunakan tutup plastik pada ulirnya. Kalaupun ada bahannya kertas itupun buat tipe Iridium, bukan standar.

Selain itu, ciri lain yang dapat dibedakan adalah sisi kehalusan bentuknya. Diantaranya:

  1. Terminal nutPada terminal nut, ulir pada busi asli lebih halus dan rapi ketimbang yang palsu.
  2. Part numberPenulisan part number pada busi asli rapi teratur. Sedangkan yang palsu tulisan bisa lebih tebal, atau tipis dan posisi tidak rapi.
  3. Nomer di hexagonalBusi NGK asli selalu memiliki nomor lot produksi di bagian hexagonal yang tak ditemui di busi palsu.
  4. Bahan busiMetal Shell busi asli terbuat dari bahan besi baja yang kuat dan tahan panas. Dengan proses pengerjaan plating Cr3, busi asli tahan akan korosi dan warna tidak pudar meski disimpan lama.
  5. Ring gasket busiKarena desainnya asal, gasket/ring busi palsu mudah terlepas. Sementara posisi ring di busi asli dirancang agar lebih susah terlepas. Kalau terlepas, pihak NGK mengklaim jika ring tersebut tak akan bisa dipasang kembali pada busi.
  6. Elektroda busiKonstruksi ujung elektroda, gap dan penyambungan pada busi asli sangat rapi. Sehingga kemungkinan untuk patah dan merusak mesin tak akan ada.
Lebih lanjut, pria ramah ini juga menjelaskan secara singkat mengenai bahaya aplikasi busi palsu. Penggunaan busi palsu sangat merugikan, bahkan bisa merusak mesin. Sebagai contoh, bahan logam pada ujung elektroda busi palsu gampang patah. Patahan tersebut dapat masuk ke ruang bakar dan ikut terhantam piston. Hasilnya, piston bisa rusak, bahkan merembet ke komponen lain seperti klep dan lainnya.