Minggu, 09 Juni 2013

Mengencangkan Baut Tutup Kopling Jangan Terlalu Keras

tutup kopling
Mengencangkan Baut Tutup Kopling Jangan Terlalu Keras - Tutup kopling berfungsi sebagai komponen yang ditahan per kopling dan sebagai plat yang yang menghubungkan/memutus putaran mesin ke gearbox. Kalau proses mengencangkan nya sembarangan ya power mesin tidak tersalurkan dengan baik ke roda.

Mengencangkan baut tutup kopling hanya diputar searah jarum jam sampai mentok tanpa dikencangkan lagi. Hati - hati! Jangan menggunakan obeng ketok untuk mengencangkan, apalagi dipukul palu sekeras-kerasnya. Efeknya membuat patah tutup kopling. Kalau sudah patah, per tidak dapat menekan plat dan kampas kopling. Indikasi yang muncul adalah:
  1. Proses pemindahan gigi ringan akibat per tidak menekan kopling lagi
  2. Pada putaran tinggi, motor seakan-akan meraung-raung seperti bleyer
  3. Lari motor tidak maksimal di putaran bawah dan atas
bagian yang menahan per patah
Kalau sudah patah tidak dapat disatukan kembali. Beli saja, murah kok! Sekitar 30rb untuk Yamaha Jupiter. Tetapi cari stok barangnya agak sulit karena part ini jarang rusak.
tutup koplingnya patah 2 buah

Sabtu, 08 Juni 2013

Kepala Leher Knalpot Patah Akibat Packing Knalpot Penyet

kepala leher knalpot patah
Kepala Leher Knalpot Patah Akibat Packing Knalpot Penyet - Beberapa saat yang lalu saya mengalami kebocoran proses exhaust. Hal ini dapat diketahui dari adanya bunyi pada blok mesin dan suara knalpot melemah, serta akselerasi bertambah.Ketika tangan kita dekatkan pada manifold knalpot dapat kita rasakan adanya angin hangat. Kalau dapat kita rasakan, berarti terjadi kebocoran. Kalau tidak diatasi, ring piston bisa aus akibat panas berlebihan di ruang bakar.
penyebab kepala leher knalpot patah
ditambah proses pengencangan mur berlebihan
Kebocoran ini bisa akibat packing atau gasket knalpot yang sudah buruk atau lama tidak diganti. Kalau rusak ya harus ganti. Tetapi seperti pengalaman saya, ketika lupa untuk menggantinya, knalpot lah yang malah patah. Kalau sudah patah ya harus ke tukang knalpot untuk menyambung kembali.
patah
Penyambungnya usahakan digabung dari luar knalpot. Kalau dari dalam, hasil las-las an dapat leleh dan akhirnya knalpot bocor lagi. Kalau knalpot milik saya langsung saya minta untuk dibesarkan diameter leher nya.

Kamis, 06 Juni 2013

CDI RX-King di Honda Supra X 100

CDI King
CDI RX-King di Honda Supra X 100 - Untuk CDI RX-King memiliki input output yang sama dengan CDI Honda Supra X atau sejenisnya. Tetapi untuk kabel memiliki arti yang berbeda tiap warna kabel. Jangan sampai salah pasang! Kalau salah ya langsung korslet. Kalau cuma CDI yang mati tidak apa-apa. Tapi kalau seluruh kelistrikan, mulai spul, kiprok, koil. dan aki, ya jadi masalah serius. Apalagi rentan terbakar kabelnya akibat korsleting.

Untuk hasil performa kurang tahu karena belum mencoba. Hehe.. Tapi ini bisa sebagai cadangan darurat kalau CDI asli eror dan tidak ada part pengganti nya.

Berikut jalur per-kabel-an pada CDI RX-King untuk Honda Supra X 100cc.
  1. koil : supra hitam-kuning → king orange
  2. massa : supra hijau → king hitam
  3. kunci kontak : supra hitam → king hitam/merah
  4. input spul : supra hitam-merah → hitam/putih
  5. pulser : supra biru-kuning → king putih/hijau

Membuat HCS Sendiri Model II

Membuat HCS sendiri model kedua juga tidak terlalu sulit. Mari disimak cara kerja nya.
Bahan:
  1. Wadah keras, misal: termos stainless, tabung power steering, reservoir radiator kecil Suzuki Katana, dsb.
  2. Selang tahan panas
  3. Kran, bisa kran angin atau kran bensin
  4. Pipa tembaga, dapat dicari di toko servis AC atau kulkas
  5. Modif intake manifold
  6. Braket botol untuk sepeda gunung/variasi sepeda motor
  7. Cairan sebagai isi wadah (alkohol, etanol, spiritus, premium, pertamax, pertamax plus, dsb.)
Cara Kerja:
1. Modif wadah
Wadah tetap dilubangi pada bagian atasnya sebanyak 2 lubang. Lubang pertama untuk saluran masuk (in) udara luar dan diberi selang hingga dasar wadah. Lubang kedua sebagai saluran keluar (out) uap cairan dan hanya berhenti tepat di puncak tutup wadah. Usahakan wadah tertutup rapat dan tidak mudah pecah. Gunakan lem besi atau lem bakar sebagai tambalan lubang tadi.
menggunakan lem silikon tembak
2. Pemasangan pipa tembaga
Pipa dapat dililitkan di leher knalpot atau ditempelkan memanjang mengikuti leher. Kalau dililitkan, kesusahannya ialah saat melilitkan karena pipa tembaga rawan tertekuk, patah dan penyet. Namun pelilitan ini akan mendapatkan panas lebih maksimal. Cara kedua adalah ditempelkan dan diikat menggunakan klem. Cara ini lebih murah karena pipa yang dibutuhkan lebih pendek dan tidak usah khawatir pipa patah maupun rusak. Namun, panas yang ditangkap kurang maksimal dibandingkan cara melilitkan pipa.
lilitan pipa tembaga di leher knalpot
3. Modif intake manifold
Jika sepeda motor Anda tidak ada nippel di intake manifoldnya, maka Anda harus memodif nya di tukang las aluminium. Minta tambahan nipple lagi di tempat yang Anda sekira nya nyaman dalam proses bongkar pasang.
terdapat lubang tambahan
4. Memberi selang
Setiap saluran diberi selang secukupnya. Saluran in menggunakan selang pendek saja dan diberi spuyer pilot jet agar udara masuk dapat terhambat. Maksud udara dihambat di sini adalah agar uap cairan lebih pekat dibandingkan tanpa spuyer. Kalau tanpa spuyer, udara luar malah yang sering terhisap. Campuran malah semakin kering dan rawan! Selain itu, spuyer dapat diubah sesuai angka nya dan ibarat pilot jet di karburator. Jetting ulang spuyer selang ini sampai mendapat hasil yang maksimal.
spuyer Jupiter ukuran 15
Untuk saluran out, selang dihubungkan ke katalis pipa tembaga di leher knalpot dan tambahkan kran terlebih dahulu. Selang kemudian ditambahkan lagi antara katalis pipa tembaga menuju intake manifold.
jalur selang
5. Beri braket botol
Braket tidak diperlukan jika wadah dapat disembunyikan di tempat aman, seperti bekas box filter untuk motor yang open filter, bagasi yang luas apalagi Helm-in, maupun di panel body/cover sepeda. Untuk sepeda motor yang tidak menemukan tempat menyembunyikan botol, Anda dapat menggunakan braket botol minum variasi atau milik sepeda gunung. Harga bervariasi tergantung model, bahan, dan ukuran.
braket diberi baut panjang agar masuk ke sepeda motor
6. Mengisi wadah
Sebelum mengisi wadah, pastikan wadah sudah tertutup rapat. Cek dengan meniup botol di dalam air agar muncul gelembung yang merupakan tanda kebocoran. Jika bocor pada lubang port, beri lem lagi hingga tertutup rapat. Jika bocor pada tutup wadah, beri selotip pipa air yang berwarna putih hingga tidak bocor. Jika sudah tidak bocor, isikan wadah menggunakan cairan yang digunakan. Milik saya, wadah saya isi dengan Etanol 97% sekitar ½ wadah.
1 liter Rp. 40.000
7. Setting ulang kran, karburator, dan spuyer di saluran in.
Kran milik saya terbuka penuh, spuyer saluran in ukuran 15, dan angin-angin karburator dari 1 putaran menjadi 2.5 putaran. Busi berwarna merah bata bersih tanpa kerak.

Tampilan motor dengan wadah HCS:

Karburator SupraX 125R/Kharisma di Honda Legenda2

karbu SupraX 125R di Legenda
Karburator SupraX 125R/Kharisma di Honda Legenda2 - Sekerdar share aja. Karburator Honda SupraX 125 atau milik Kharisma dapat digunakan ke Honda Legenda, Supra, maupun Grand. Pemasangannya pun tidak ribet dan dapat menggunakan box filter standar nya. Untuk gasket antara intake manifold dengan karburator tinggal dibalik posisi atas dan bawahnya. Baut diganjal ring tebal agar baut tidak mentok ke karburator. Selang bensin tidak menggunakan kran lagi. Kalau berkenan ya beli saja kran manual seharga 25rb. Untuk kabel gas, selongsong harus dipotong alias cover kawat kabel dikurangi. Sekitar 2cm lah. Coba saja sampai tuas gas ada jarak main bebasnya atau beli kabel gas baru kalau eman sama yang asli.
TPS dilepas saja
Untuk karburator SupraX 125 atau milik Kharisma memliki TPS (Throtle Position System). TPS ini dilepas saja karena akan berhimpit dengan box filter standar. Kalau open filter sebaiknya dipasang saja. Penyetelan karburator akan bertemu di sekitar 2-2.5 putaran. Pilot jet dan main jet standar (35-75) dapat digunakan. kalau Anda mau ya turun 1 step pilot jet nya menjadi 32.
filter masih dapat digunakan.
Untuk yang masih mengandalkan box filter, karet joint ke box filter harus diganti dengan milik Honda SupraX 125R sendiri. Untuk yang biasa dapat dibeli seharga 5.000 rupiah saja. Kalau standar nya kekecilan, namun dapat dipaksakan dengan mengikis karetnya menggunakan bor tune.

Senin, 03 Juni 2013

Korek Harian Satria FU Standar

1. Pilot jet ukuran 17.5
Bisa menggunakan milik Jupiter-Z atau Shogun SP. Harga sekitar 30rb. Kalau mau lebih murah bisa menggunakan merek Kitaco atau Extreme, harganya 20 ribuan.

2. Lepas paking kepala silinder
Gunakan 1 lapis aja yang tengah. Langkah ini berarti menaikkan rasio kompresi. Kalau mau menaikkan kompresinya lebih tinggi lagi, paking blok bawah bisa dilepas dan ga usah pake paking. Cukup menggunakan lem paking aja (yang atas tetep pake 1 paking). Trik ini dah dicoba dan terbukti piston gak tabrakan dengan klep ataupun ada kebocoran oli.

3. Porting polish
Lubang in dan out masing-masing di gedein diameternya 1 mm. Biaya termasuk servis besar. Di bengkel resmi paling mahal 125rb. Kalau di bengkel umum top bisa 300rb.

4. Ganti karbu RX King
Berarti langkah nomor 1 tidak perlu. Saran pakai punya RX King karena murah dan cocok. Bisa langsung pasang ke intake manifold dan filter udara standar. Spuyer bisa coba PJ 20 MJ 150. Setelan udara 1,5 putaran berlawanan arah jarum jam (note tiap motor bisa berbeda). Posisi klip jarum skep di ulir nomor 2 dari atas.

5. Gigi TOP 1 mata
Ini berarti memajukan waktu buka tutup katup masuk dan buang. Kalo mau lebih advance lagi setinggannya adalah klep masuknya dimajuin 1 mata trus buangnya dimundurin 1 mata. Istilah teknisnya buat nyempitin LSA-nya (Lobe Separation Angle. Buat optimalkan proses pembilasan di putaran tinggi Hasilnya juga mantap tapi kerenggangan klep harus dibikin lebih sempit (jadi in 0,07 mm dan out 0,1 mm) dari ukuran standarnya dengan cara mainin tebal shim-nya.

6. Lepas saringan udara
Kalau sudah ganti karbu, yang dilepas hanya elemen saringan udaranya aja. Itu tuh yang ada ada kertas saringannya. Sedangkan boksnya masih terpasang dan tersambung ke karbu. Kalau masih tetap mau andalkan karbu standar maka saringan satndar masih dapat dipakai/dipasang tapi kertasnya di lubangi dibeberapa tempat, guntingin aja, palingan 3 lubang ukuran 0,5 x 4 cm (panjang x tinggi). Bisa dilakuin sendiri

7. Potong kabel koil 2 cm
Resistensi kabel berkurang sekitar 10%. Ingat memasang kabelnya lagi harus benar-benar kuat, caranya ditusukkan dan diputar hingga ngedrat.

8. Busi Iridium
Saran yang agak murah pake merek Sindengen/SDG 30rb. Hasilnya lumayan. Kalau mau tetap pakai busi standar juga bisa. Atur lagi celahnya jadi 0,9 – 1 mm.

9. Oli SAE 10W40
Pakai yang khusus motor (merek apa aja yang penting asli) dengan SAE 10W40.

10. Knalpot free flow
Knalpot standar dicustom atau beli knalpot di toko.

11. Posisi as roda pada penyetel kekencangan rantai diusahakan pada posisi se depan mungkin
Kalau perlu potong 2 mata rantainya. Keuntungannya, jarak poros roda depan belakang makin pendek jadi motor lebih lincah bermanuver. Khasiat lainnya buat mengurangi bunyi-bunyian dirantai karena rantai beradu dengan lengan ayun.

12. Per kopling di ganjel kurang lebih 1 mm
Bisa pakai potongan per kopling atau beli ring per (biasanya 2mm ketebalannya). Terus di ujung kabel kopling yang di atas bak mesin, di ujungnya dipakai kan per yang sering dipakai di rem teromol untuk mengembalikan tuas pengungkit kopling dengan cepat. Hasilnya kopling jadi cepat baliknya dan motor langsung loncat begitu kopling dilepas. Kedua langkah ini bisa juga diganti dengan pasang per kopling racing seharga 100 – 150rb. Tetapi awas! Beberapa pemakai per kopling racing mengeluh motornya cuman enak 3 bulan, abis itu per jadi lembek dan kurang nendang lagi. Per kopling standar terutama yang CBU kayak nya lebih durable dan dengan diganjel. Kekerasan nya akan setara dengan per racing. Tapi perhitungkan efek sampingnya yakni jari tangan kiri jadi pegal kalau lewat jalan macet.

13. Pulser digeser 1-2 mm
Pulser digeser agar waktu busi memercikkan api lebih maju. Power akan terasa bertambah.

14. Kombinasi final gear
Untuk akselerasi pakai yang 13 mata (standarnya 14 mata) dari Yamaha Crypton atau F1ZR. Beli aja yang buatan Aspira atau Indopart cuma 30 ribuan. Hasilnya motor lebih narik lagi ampe gigi 6 sekalipun. Langkah ini tidak mengurangi Top Speed secara signifikan. Kalau di perkotaan atau jalanan macet, malahan justru bikin motor lebih cepat menggapai top speed. Untuk Top speed mata depan ganti yang ukuran 15 mata. Bisa ambil milik Yamaha Jupiter.

Bila dana masih ada
Langkah lanjutan adalah mengganti CDI, koil dan camshaft racing. Untuk 3 item ini butuh 1,5 juta. Tapi sangat setimpal bila dilakukan. Saran pake CDI XP Andrion HP 7 (400 ribu) dipadu ama koil andrion juga (170 ribu). Sebagai informasi, CDI BRT sebenarnya bagus juga, hanya saja menurut produsen nya dan dari hasil test, BRT hanya cocok bila koil masih pake yang standar. Kalau koilnya racing malah kadang drop tenaganya atau CDI-nya cepet mati.

Bila CDI telah diganti racing maka sebaiknya per klep juga diganti yang lebih keras, bisa pake merek2 racing seperti WRD, CLD, TK, dll. Atau bisa juga pake aslinya tapi diganjal 1 mm (ini lebih recommended karena kasusnya sama dengan per kopling, yang racing kadang jadi lembek lama-lama. Untuk camshaft/noken as bisa pake WRD, CLD, Kawahara, Akutagawa.

Sabtu, 01 Juni 2013

Korek Road Race Yamaha Fino 150cc

1. Piston FIM dengan diameter 57.25mm
Piston diameter 57,25 mm punya FIM Piston dengan sroke tetap standar, 57,9 mm menghasilkan volume silinder sebesar 149.1cc. Kemudian biar power tetap galak, rasio kompresi mesin dibuat jadi 12,9 : 1 dengan cara papas head 0,25 mm.

2. Klep Honda Sonic dengan diameter 28mm (in) dan 24mm (out)
Klep standar yang tadinya berdiameter 23 mm (in) dan 19 mm (ex) diganti klep Honda Sonic. Kini diameter payung klep jadi 28 mm buat klep isap dan 24 mm buat klep buang.

3. Pelatuk roller CLD
Pelatuk roller alias rocker arm CLD minim friksi sehingga meringankan kerja mesin dalam buka tutup klep.

4. Kem standar dicustom
Durasinya dibuat 269 derajat untuk in dan 263 derajat untuk ex-nya. Sedikit harus mengakali ubahan ini,  yaitu memaksimalkan nya dengan lift klep in 9,1 mm dan ex 9,4 mm.

5. CDI Predator
CDI dari Predator. Timing pengapian dibikin 34 derajat di 8.000 rpm. Dengan begitu, power mesin dari putaran bawah sampai putaran atas bisa ngisi terus.

Korek Road Race Suzuki Nex 150cc

1. Piston Kawasaki Blitz Joy oversize 100 dengan diameter 57 mm
Nex dijejali piston Kawasaki Blitz Joy 125 diameter 57 mm. Lalu, diikuti naik stroke 1,5 mm. Agar kuat, boring standar diganti produk aftermarket. Kapasitas engine naik jadi 148,4 cc dengan perbandingan kompresi 13,6 : 1. Bahan bakar, pakai Pertamax Plus.

2. Porting polish
Selain porting polish, klep ikut dirubah menjadi 28mm (in) dan 24mm (out). Klep bisa mengadopsi milik Honda Sonic.

3. Karburator TM28
Karbu menggunakan venturi ukuran 28mm.

4. Noken as custom
Untuk mengatur buka-tutup klep, durasi kem dibikin 272 derajat (in) dan 273 derajat buat out.

5. Roller 8 gram
Enteng agar akselerasi didapat.

6. Per CVT 2000rpm
Per cvt 2000rpm agar nafas tidak cepat habis dan power bawahnya tidak liar.

Substitusi Relay Starter Honda Vario Memakai Yamaha Mio

relay starter
Substitusi Relay Starter Honda Vario Memakai Yamaha Mio - Relay starter rusak pasti bikin ruwet. Kita harus menggunakan kick starter dulu agar mesin menyala. Mendorong kick starter di matik jauh lebih susah dibandingkan dengan motor bebek. Mengapa? Karena di motor matik, tuas kick starter baru bisa dipakai saat motor sedang standar tengah. Ditambah lagi sistem starter di dalam boks CVT memang memiliki konstruksi berat kerjanya.

Saat relay starter ngambek, biasanya terdengar bunyi tek.. tek.. Kalau sudah begini dapat di tes dengan menggunakan obeng dan kedua baut relay langsung dihubungkan. Kalau langsung bisa menyala saat menggunakan electric starter, berarti relay sedang bermasalah. Part ini dapat langsung diganti yang baru.

Ketika sulit mencari ori Honda Vario, ada substitusi nya. Yaitu milik Yamaha Mio. Tinggal plek pasang dan electric starter kembali normal.

Bak Kopling Alfa/F1Z di Yamaha V80

Bak Kopling Yang Dapat Digunakan di Yamaha V80 - Ingin sekali mengubah Yamaha V80 berkopling manual. Hanya saja rumah kopling nya masih merupakan teknologi lama dan tidak ada penutup kopling nya, tanpa kopling sentrifugal terpisah. Rumah kopling nya sudah tersusun atas kopling sentrifugal (diwakili bola baja) dan kopling multiplat.
beda posisi antara crankcase V80 dengan bak kopling F1ZR
Ingin mencoba apakah bak kopling F1Z-R itu dapat masuk ke Yamaha V80. Jadi saya membeli packing bak kopling F1Z-R dan mencoba memasangnya di Yamaha V80. Sekilas melihat motor F1ZR teman sih memang sama.

Untuk rumah kopling F1Z-R 1 set dapat digunakan di Yamaha V80 karena model gigi sama dan jumlah mata nya juga sama. Namun harus mengakali main axle atau poros input gearbox terlebih dahulu.
Sama sama menganut model scissor gear
main axle ori v80 dipotong dan ditambah las
URL modifikasi main axle: http://freecharz.blogspot.co.id/2014/03/modifikasi-main-shaft-v80-kopling-manual.html atau klik di sini.

Mur Bos Kopling Yamaha V80 Rawan Merusak Kampas Kopling

mur terdapat di tengah
Mur Bos Kopling Yamaha V80 Rawan Merusak Kampas Kopling - Mur bos kopling Yamaha V80 terdapat di tengah rumah kopling yang fungsinya sebagai pengunci rumah kopling agar tidak bergerak kemana - mana. Nama nya pengunci, jadi harus kencang mengunci. Namun, ketika di Yamaha V80, baut tidak boleh terlalu keras mengunci nya. Rawan membengkokkan dudukan kampas kopling. Kalau sampai terjadi, kopling tidak akan free / bebas saat posisi idle / langsam. Akibatnya, motor langsung mati ketika menginjak gigi 1. Ibaratnya pada motor kopling, kita tidak menarik tuas kopling dan langsung memindahkan ke gigi 1. Langsung mati kan mesin nya?
bagian yang berwarna hijau jadi melengkung
timbul bekas gesekan di sekeliling nya
Solusi nya ya ganti kampas kopling dengan yang baru. Atau kalau masih tersimpan kampas yang sudah aus masih bisa digunakan sementara.

Cara mengencangkan nya sendiri ada teknik nya. Caranya yaitu dengan memutarkan mur hingga bos kopling ikut berputar. Jadi hanya kunci yang digunakan untuk mengencangkan. Rumah kopling tidak usah diganjal maupun di tahan alat. Lalu dengan mengencangkan lagi ¼ putaran agar mur benar-benar kencang. Kita tidak perlu khawatir mur lepas karena terdapat sil bak kopling yang akan menahan nya agar tidak terlepas.
seal bak kopling beserta dudukannya
berfungsi menahan mur bos kopling pada tempatnya

Seal Karet Mangkuk Karburator yang Baik

yang atas jelek
sedangkan yang bawah baik
Seal Karet Mangkuk Karburator yang Baik - Seal karet pada mangkuk karburator penting fungsinya agar bahan bakar tidak merembes keluar dari karburator. Bahannya biasanya karet. Sifat karet sendiri ketika terkena bensin kelamaan akan mengeras. Kalau sudah keras, bensin biasanya sudah mulai bisa menerobos seal dan badan karburator biasanya basah dan tercium bau bensin.

Seal karet mangkuk karburator yang baik adalah karetnya masih kenyal dan garis pada sealnya teratur. Ketika membeli seal satuan, biasanya kualitas ada yang kurang baik. Seal yang baik dapat dibeli dalam satu repair kit karburator. Namun, tidak selalu seal eceran berkualitas buruk. Yang perlu dilihat adalah seal nya harus lunak dan garis yang terbentuk harus teratur. Coba lihat kembali pada gambar di atas.