Minggu, 16 September 2012

Spesifikasi Yamaha Touch 125


MESIN
Tipe Mesin : 2 Langkah, Pendingin Cairan
Diameter x Langkah : 54.0 x 54.7 mm
Kopling : Manual, Basah, Multiplat
Gigi transmisi : 6 Kecepatan
Pola pergantian gigi : 1-N-2-3-4-5-6
Karburator : VM 24 SS MIKUNI
Baterai : GM3-3B
Busi : BR – 8ES

Sabtu, 15 September 2012

Spesifikasi Yamaha Scorpio-Z

Mesin
Engine Type : Air-cooled, 4-stroke, 2-valve, SOHC
Volume Silinder : 223 cc
Bore x Stroke : 70.0 x 58.0 mm
Compression Ratio : 9.5:1
Maximum Power : 19 RPM PS/8.000
Maximum Torque : 1.86 kgf.m/6.500 RPM
Karburator : BS30 MIKUNI

Membuat Sendiri Tabung Y.E.I.S

Pada topik sebelumnya sudah dijelaskan tentang Tabung Yeis. Tabung Yeis berfungsi untuk menyimpan devisa gas dan mengirimkannya kembali ke dalam intake manifold. Cara kerjanya mudah. Yeis itu akan dihisap hingga vakum dan ketika gas ditutup tiba-tiba, kevakuman tersebut akan menghisap kabut bensin. Kabut bensin akan di hisap kembali ketika gas dibuka.

Keuntungan menggunakan YEIS adalah efisiensi bahan bakar walaupun relatif kecil sekali dampaknya. YEIS sendiri diciptakan untuk mesin 2 tak, namun pada perkembangannya juga dapat diaplikasi ke motor 4 tak.

Yuk kita buat sendiri tabung Yeis untuk sepeda motor kita!

1. Siapkan bahan yang akan digunakan
  • Botol kaca dengan volume minimal sama dengan CC sepeda motor (ukuran lebih besar untuk putaran rendah dan ukuran lebih kecil/sama untuk putaran atas)

Jumat, 14 September 2012

Alasan Ninja 250R Karbu dan Ninja 250 Injeksi Gak Bisa Saling Tukar Knalpot

Setelah resmi dipasarkan dan langsung booming, pemilik Ninja 250 injeksi agak kelimpungan saat hendak ganti knalpot. Pasalnya, knalpot full system-nya tidak bisa saling tukar Ninja 250 injeksi enggak bisa langsung pasang knalpot racing milik Ninja 250R karburator.

Apes-nya lagi, Ninja 250 injeksi terbaru baru pertama kali diluncurkan di Indonesia. Wartawan Jepang aja sampai datang ke Indonesia untuk secara eksklusif mencicipi motor baru Kawasaki ini. Mau tahu kenapa, knalpot keduanya tidak bisa saling tukar? Kita tanya pada salah satu produsen knalpot lokal.

Bahan Bakar Racing for Competition Only

Motor road race dengan kompresi tinggi, butuh nenggak bahan bakar dengan oktan tinggi. Bahan bakar berkategori racing fuel dengan penggunaan For Competition Only alias untuk kompetisi.

Di Indonesia ada beberapa produsen yang menyediakan bahan bakar khusus ini. Yakni Pertamina dan Elf. Keduanya menjual dengan eceran. Bahkan Pertamina menjual lewat SPBU alias pengisian bahan bakar biasa. Yuk lihat spesifikasi bahan bakar ini, berapa harganya dan cara membelinya.

Lubang Napas Mampu Membuang Tekanan dan Panas

 

Panas pelumas atau oli di dalam mesin harus dibuang. Supaya suhu mesin tidak overheat. Itu yang membuat semua mesin dikasih lubang napas. Bahkan kalau dipakai balap konon lubang napas tambahan bisa meningkatkan power.

Lubang napas letaknya berbeda-beda. Di motor sport atau bebek, lubang napas terpasang di karter. Tapi, di motor matik lubang napas terpasang di kepala silinder. Misalnya di Yamaha Mio, lubang napas terpasang di tutup rantai keteng.

Di motor zaman dulu, lubang napas langsung dibuang ke udara bebas. Panas atau uap panas dari oli langsung terbuang ke lingkungan. Namun uap panas ini dianggap berbahaya. Karena mencemari udara dan dampak buruknya terhadap manusia.

Karena uap panas dari oli mengandung polutan, akhirnya tidak boleh dibuang sembarangan. Apalagi setelah aturan Euro berlaku. Uap panas oli harus didaur ulang. Harus dibakar dulu di dalam silinder dan terbuang bersama gas buang lewat knalpot.

Atas dasar itu, di motor-motor sekarang uap panas oli disalurkan menuju filter udara. Dari filter akan terisap oleh mesin dan masuk ke dalam silinder. Bersama udara dan bensin akhirnya uap panas oli terbakar di dalam silinder. Kemudian keluar bersama asap knalpot. Membuat uap panas yang asalnya beracun jadi lebih aman untuk lingkungan.

Karena panas pelumas dibuang membuat suhu oli jadi lebih adem. Tekanan di ruang karter juga jadi lebih rendah. Membuat sil oli tidak mudah jebol karena tekanan oli yang berlebihan. Para mekanik biasanya memasang lubang napas tambahan. Biasanya lubang napas tambahan selain dari karter ditambah dari tutup klep dan dari tutup lubang pemasukan oli.

Itu yang membuat lubang napas tambahan di motor dibilang menambah power. Karena suhu mesin stabil lantaran panas pelumasnya berkurang. Jadi mesin lebih awet dan powernya keluar. Ada yang bilang di motor  bisa naik 0,5 hp.

Selain karena panas yang tidak berlebih, power mesin bisa bertambah memang masuk akal. Ketika seher naik-turun di ruang karter jadinya tidak berat. Ketika seher turun, tekanan di karter mesin jadi tinggi karena tertekan seher. Tekanan tinggi bisa mengurangi laju piston. Itu makanya kalau ditambah lubang napas tambahan membuat seher jadi lancar naik-turun dan powernya naik.

Di motor, hawa panas dari oli disalurkan menuju tabung. Biasa disebut oil cat tank. Di tabung terdapat 4 lubang. Satu lubang napas dari tutup klep, satu dari karter dan satu lagi dari tutup lubang oli. Lubang yang ke-4 disalurkan menuju udara bebas.

Fungsi tabung ini tidak semata sebagai penampung hawa panas. Tapi, juga sebagai safety, ketika motor jatuh membuat oli dari lubang napas tidak keluar dan tak menggenang di aspal, melainkan ditampung dulu di dalam tabung.

Beda Kampas Kopling Vega ZR Lama dan Baru

VegaZR lawas (atas) baru (bawah)
Jangan keliru kalau ganti kampas kopling Yamaha VegaZR. Karena beda tipe antara VegaZR tahun 2009 dengan tahun selanjutnya. Kalau tidak hati-hati dan teliti, bisa salah tuh.

Sekilas seperti tidak ada perbedaannya. Apalagi bentuk kampas koplingnya hampir mirip, bahkan kode partnya juga nyaris sama pula. Tapi kalau dijejerkan, baru ketahuan bedanya. Kampas kopling VegaZR yang baru lebih rapat jarak gigi luarnya dibanding VegaZR tahun 2009. Supaya jelas, pelototin tuh fotonya.

Perbedaan lain di kode partnya. VegaZR lama kode partnya 5D9-E6321-00. Yang baru 5D9-E6321-20. Beda di dua angka terakhir! Bisa bikin bingung orang khan. Apalagi secara harga juga sama. HET nya sama-sama 31 ribu per biji.

Supaya tidak salah, sebaiknya kalau beli kampas kopling VegaZR bawa kampas bekasnya sebagai contoh buat tokonya. Kalau masih salah, kebangetan tuh tokonya.

Jumat, 07 September 2012

Porting & Polish

Porting & polish merupakan modifikasi jalur lalu lintas gas bakar dan gas buang pada kepala silinder, yang jika diperhitungkan secara teliti dapat meningkatkan tenaga dengan cukup signifikan sehingga selain sebagai pendukung ubahan bore-up dan ubahan klep, porting & polish juga dapat dipraktekkan dalam spek motor standar, tentunya dengan hitungan yang disesuaikan, namun masih tetap menggunakan rumus yang serupa.


Porting merupakan proses modifikasi jalur gas bakar dan gas buang yang meliputi perubahan ukuran, bentuk, dan sudut jalur gas, sementara polish bisa diartikan sebagai proses pembersihan dinding jalur gas. Keduanya berperang penting untuk menentukan optimalisasi lalu lintas gas bakar dari karburator dan gas buang menuju knalpot. Ukuran port yang ideal dijelaskan dalam rumus sederhana berikut :

Inlet Port = 0,75 to 0,8 * inlet valve

Exhaust port = 0,8 to 1,0 * exhaust port

Perubahan port, selain mendukung kelancaran aliran gas bakar juga menciptakan flow dan swirl gas bakar yang masuk ke ruang bakar, tergantung dari bentuk port dan arah intake karburator.

Penggantian Klep In/Out

Penggantian klep biasa dilakukan untuk optimalisasi perubahan spesifikasi ruang bakar dan porting. Ukuran klep in dan out yang ideal sangat tergantung besarnya nilai bore suatu mesin. Dipaparkan dalam rumus sederhana berikut :


Inlet Valve = 0,55 to 0,57 * bore (berlaku untuk ruang bakar berbentuk hemisphere)

Inlet Valve = 0,5 * bore (berlaku untuk ruang bakar berbentuk bathtub)


Exhaust Valve = 0,8 * inlet valve


Konsekuensi dari penggantian klep ini adalah, apabila perubahan diameter klep melebihi batas aman dari spesifikasi yang dianjurkan, maka harus dilakukan perubahan posisi klep, entah dilakukan dengan cara memendam posisi klep lebih dalam, atau merubah sudut dudukan klep, dan lain-lain, yang tentunya juga akan mengubah kondisi kepala silinder menyesuaikan dengan perubahan posisi klep.

Minggu, 02 September 2012

Y.E.I.S dan Sejenisnya

user posted image

Tulisan dibawah ini saya dedikasikan kepada para Motorist Indonesia untuk menghindari terjadinya kesalahpahaman dalam pemahaman tentang YEIS. Banyak motorist yang menghabiskan banya uangnya untuk "guessing" perihal penggunaan YEIS dan Intake chamber. Semua informasi yang saya tuliskan dibawah adalah valid dan bisa dipertanggung-jawabkan. Bukti dan dokumentasi dari tulisan dibawah dapat anda cari pada SAE (Society of Automotive Engineering, Inc.).

Senin, 27 Agustus 2012

Membuat Kotak Filter Udara dari Barang Bekas

Share saja..
Sesuai judul di atas, kalian bisa kok membuat kotak saringan udara sendiri tanpa keluar biaya lebih. Memang lumayan jelek hasil milik saya, tetapi sangat berfungsi jika dilihat dari manfaatnya. Pada dasarnya kotak saringan udara beserta filter nya digunakan untuk menyaring partikel-partikel selain udara. Bisa berkurang durability mesin jika open filter. Jika ingin membuatnya, yuk disimak cara nya!

1. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan.
Bahannya bisa baru maupun bekas. Lebih bagus kalo pakai bekas.
  • Paralon yang besar
  • Sandal
  • Plastik air kemasan
  • Pipa air sesuai dengan besar karburator
  • Solder
  • Kalau ada karet bekas filternya

Rumus Bikin Knalpot Racing

Ketika timing camshaft dan periode overlapping meningkat maka kebutuhan akan dimensi leher knalpot yang lebih spesifik menjadi suatu kebutuhan. Cam durasi tinggi akan menyebabkan beberapa hal yang tidak diharapkan pada RPM tertentu, dan desain knalpot yang tepat akan meminimalisir masalah ini. Kita tentu menginginkan exhaust bekerja harmonis dengan noken as, terutama pada kecepatan mesin tinggi, untuk memaksimalkan pelepasan gas buang dari silinder.

Berarti bukan hanya kita harus menghubungkan bibir knalpot memiliki sudut yang pas terhadap porting exhaust, tetapi juga kita harus pandai menentukan diameter dan panjang dengan pas. Tentu saja tempat terbaik untuk melakukan eksperimentasi ini adalah dengan menaikkan motor pada mesin Dynotest. Bagaimanapun juga, ada kemungkinan untuk menghasilkan knalpot sesuai harapan kita jika kita memahami prinsip ‘exhaust tuning’ dan aturan-aturan dasar tentang knalpot ber-performa tinggi.