Senin, 22 Oktober 2012

Cara Mudah Kuras Tangki Bensin, Dibantu Angin Kompresor

Cara Mudah Kuras Tangki Bensin, Dibantu Angin Kompresor - Ketika menguras tangki motor sport, bebek atau matic, biar maksimal wadah bensin mesti dicopot. Agar tangki gampang di bolak-balik dan kotoran mudah keluar. Namun pekerjaan ini bukan perkara gampang. Apalagi harus melepas kabel indikator dan slang bensin. Apalagi sudah teknologi injeksi yang di dalam tangki terdapat pompa bensin.
kuras tangki motor
Untuk menguras tuntas, ada langkah gampang dan sederhana. Tapi, bensin disedot keluar dulu pakai slang bensin sampai benar-benar habis. Lalu sisa bensin yang masih ada dikeluarkan dengan bantuan udara bertekanan dari kompresor.

Caranya masukan slang dulu ke dalam tangki sampai benar-benar di dasar ujungnya. Bersamaan dengan itu, masukan juga kepala kompresor ke lubang tutup tangki. Jika posisinya sudah siap, celah di lubang tutup tangki juga dipampatkan kain sambil angin dikeluarkan. Sisa bensin akan keluar secara otomatis melalui slang sampai habis meskipun udara kompreser tetap kaluar. Bensin terdorong keluar karena tekanan angin.

Tapi, agar enggak merusak komponen di dalam tangki, usahakan tekanan angin nggak mengarah langsung ke komponen.

Bursa Per Kampas Kopling Racing untuk Harian

Bursa Per Kampas Kopling Racing untuk Harian - Penggantian kopling akan lebih baik lagi kalau diikuti oleh penggantian per. Banyak pilihan per untuk mendapatkan power yang lebih baik. Di antaranya ialah :

KTC
Harga per kopling KTC untuk semua motor sama, Rp 55 ribu. Katanya cocok untuk yang sering stop and go, tarikan kopling lebih responsif. Banyak yang cari biasanya untuk up grade performa motor harian.

HRP
Per kopling HRP bisa dijadikan pilihan untuk aplikasi di motor harian. Untuk semua motor harga Rp 100 ribu. Lebih keras dibanding standar. Tinggi pegas dan diameter ulir per lebih besar. Banyak ragam ukuran, mulai untuk motor standar dan full racing.

INSPIRO
Katanya kelebihan pakai per kopling Inspiro jika buka tuas kopling sedikit saja motor langsung ngacir. Untuk Yamaha Byson Rp 160 ribu, F1ZR Rp 85 ribu, Jupiter MX Rp 90 ribu, Jupiter-Z Rp 85 ribu, RX-King Rp 85 ribu. Karisma Rp 85 ribu, Supra Rp 85 ribu, Tiger Rp 90 ribu. KLX 150 Rp 150 ribu. Shogun Rp 125 ribu, Smash Rp 85 ribu. Per ini tersedia di AHRS Depok, Jl. Tole Iskandar No.162, Depok. Telepon (021) 7782-0649

FAITO
Per kopling buatan Malaysia katanya setara produk Jepang. Bukan hanya warna pelangi, melainkan kinerjanya lebih responsif dibanding per kopling standar, serta ketahanannya lebih lama. Umumnya per kopling ini, hanya untuk motor bebek. Di antaranya Supra X-125, Karisma 125, Grand, Jupiter Z, Jupiter MX, Force-1 dan Kaze.

Harga untuk Supra X125 lebih mahal ketimbang yang lain, siapkan budget sekitar Rp 114 ribu. Sedangkan untuk yang lain hanya Rp 108 ribu. Kunjungi Jl. Panjang No. 21, Duri Kepa, Jakarta Barat. Telepon (021) 9951 9252.

TDR RACING
Dari namanya sudah kental dengan aura balap. Bila digunakan untuk motor harian pastinya semakin responsif. Di design lebih keras, dibanding standar. Kebanyakan penggantian per kopling dicari yang lebih keras. TDR Racing tergolong global alias banyak pilihan. Untuk bebek, sport dan motor batangan. Termasuk Karisma serta Ninja 250R dan CBR 250R juga ada. Kisaran harga Rp 85 ribu buat motor bebek dan Rp 150 ribu untuk motor sport. Kalau pengen beli datang Yonk Jaya Motor di Jl. Ahmad Yani No. 358, Bandung. Telepon (022) 7271337.

KAWAHARA
Dengan riset, langsung bikin per kopling untuk Jupiter MX, Jupiter Z, RX King, Satria F, Satria 2-tak, Shogun 125, Smash, Honda CBR150R, CBR250R, Tiger, Karisma, Supra 110, Kawasaki Ninja 150, Ninja 250 dan KLX 150S.

Untuk pemanis, per kopling Kawahara sedikit diberi warna pelangi agar lebih menawan. Dilego kisaran Rp 65 ribu. Yang berminat datang ke bengkel Ultraspeed Racing di Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo No. 42, Ciledug Tangerang. Telepon (021) 7313886.

CLD
Per kopling CLD ada tiga tipe, medium, new kompetisi dan road race.

Medium punya sifat daya pegasnya lebih soft dibandingkan new kompetisi dan road race, per tipe ini terbuat dari baja batang dan diameter pernya lebih kecil. Selain itu daya pegasnya 10% lebih keras dibandingkan standar cocok buat akselerasi. Sementara dari sisi harga per ini dibanderol Rp 70 ribu.

Tipe lainnya yaitu new kompetisi, cocok diaplikasi untuk motor balap dan bisa juga digunakan untuk motor harian. Sekitar 15% lebih keras jika dibandingkan standar ini, entakan motor bisa lebih galak.

Terakhir, tipe road race yang dirancang untuk road race, 20% lebih keras dibandingkan standar. Dilego Rp 85-100 ribu.

BRT-BINTANG RACING TEAM
Kelebihan per kopling asal Cibinong, Bogor ini terbuat dari bahan SWOT. Yaitu, semacam material serat baja yang karbon nya digunakan untuk bahan per klep. Sengaja pakai bahan yang biasanya digunakan untuk per klep, karena jika dilihat dari cara kerjanya per klep 20 kali lipat lebih keras jika dibandingkan dengan per kopling. Jadi, agar bisa lebih kuat.

Per klep yang dirancang 10% lebih keras ini memiliki kandungan serat karbon yang lebih tinggi. Selain itu, per ini juga di-aplikasi untuk motor bebek dan sport. Kisaran harganya Rp 25 ribu untuk satu per. Selain itu, proses harden yang digunakan menggunakan teknologi Jepang dengan nama nitrit proses. Jadi, permukaan kawatnya dicelupkan ke dalam cairan nitride, sehingga pernya bisa lebih lentur.

DAYTONA
Per kopling ini terbuat dari bahan baja. Per kopling ini akan membuat kampas kopling bisa lebih awet. Produk aftermarket ini punya tipe yang bisa digunakan untuk motor bebek dan sport. Seperti Supra, Athlete, Titan, Smash, Jupiter Z dan Yamaha Vega Z. Untuk motor bebek dan sport per ini dirancang lebih kuat 20 % dari standarnya.

Untuk urusan harga, seperti Suzuki Titan dibanderol Rp 225 ribu, sedangkan untuk Honda Supra sama dilego dengan harga Rp 225 ribu. Untuk motor sport seperti Kawasaki KLX 250 seharga Rp 337 ribu, untuk Kawasaski Ninja 250 harganya Rp 300 ribu.

Untuk cara memasangnya silahkan menuju link Memasang Kampas Kopling Sendiri pada Motor Bebek.

Bursa Kampas Kopling Racing untuk Harian

Bursa Kampas Kopling Racing untuk Harian - Merek-merek yang tenar lewat balap terbukti banyak menawarkan komponen fast moving ini. Silahkan disimak.

TDR RACING
TDR Racing punya slogan 'High Performance', didatangkan langsung dari Thailand oleh Mitra2000. Tersedia kampas kopling untuk segala jenis motor. Soal harga dipatok Rp 100–200 ribu. Buat yang minat sambangi Mitra 2000 di Jl. Lodan Raya No.2 Jakarta Utara. Telepon (021) 693 0777.

Per Kopling Racing vs Ganjal Per Kopling


Per Kopling Racing vs Ganjal Per Kopling - Selain kompresi, perfoma mesin sangat dipengaruhi kopling. Komponen pemindah daya ini tergantung pada kesempurnaan kampas dan pegas penjepit nya Makanya enggak aneh beberapa mekanik mengakali per kopling dengan produk racing.
per kopling diganjal ring
Sayangnya penggantian per kopling di motor standar kadang tidak selalu berhasil. Apalagi kalau pemilik motor salah membeli produk racing yang tidak jelas. Akibatnya tenaga dan komponen di motor yang dikorbankan. Beberapa konsumen pernah ganti per kopling racing. Awal pengantian memang oke dan tuas kopling sedikit lebih berat. Tapi, kalau dipakai turing, kelamaan malah ngedrop tenaganya.

Ketika di-analisa  per kopling yang kata nya racing-racingan itu memiliki durability rendah. Tidak bisa dipakai jangka waktu lama macam kopling di motor standar harian. Makanya jika dipakai balap yang tempo nya cepat jelas menguntungkan.

Nah, biar kemampuan per kopling motor harian setara motor balap dan memiliki durability baik, biasanya di-ganjal kawat ring 3 mm di pegas berjumlah 4 atau 5 itu di balik ring asli di baut pengikat nya. Ring tipis agar per bisa melar maksimal. Dan biar tuas kopling enggak berat ditariknya, mending pakai pegas lama yang asli lalu di-ganjal ring. Sehingga kemampuannya lebih lebih baik dan tidak mengganggu atau merusak komponen lain. Ayo pilih mana?

Piston Bore Up RX King 171cc TKRJ

Piston Bore Up RX King 171cc TKRJ - Meski Yamaha RX-King sudah stop produksi, namun masih banyak dipakai untuk balap liar. Dipastikan butuh seker bore up edan-edanan untuk mengalahkan lawan. Itu yang membuat pabrikan seker TKRJ kasih terobosan. Meluncurkan untuk bore up RX-King. Tersedia dari diameter 64, 65 dan 66 mm. Untuk seher 64 mm, jika dipadukan dengan stroke standar RX-King yang 50 mm, kapasitas silinder 160,8 cc. Seher 65 mm, volume silinder jadi 165,8 cc. Lebih sangar lagi kalau menggunakan seher 66 mm, bisa mencapai 171 cc. Untuk karter tidak berlu dibubut. Karena lubang karter sudah besar, sehingga masih aman.
piston TKRJ
Bagi yang tertarik, silakan kunjungi Eka Jaya Motor. Alamatnya di Poris Paradise Blok D9 No. 16. Telepon (021) 5570-3814.

Sabtu, 20 Oktober 2012

Jangan Asal Potong Per Skep

Jangan Asal Potong Per Skep - Untuk meringankan putaran grip gas, sering kali kita memotong per skep. Padahal penyebab seret-nya grip gas bisa dari kabel gas yang kotor atau pun dalaman grip gas yang kotor. Per Skep yang dipotong itu berakibat berkurangnya daya tekan per skep ke skep nya sendiri. Akibatntya, saat putaran grip gas langsung di tutup, putaran mesin lama turunnya bahkan tidak bisa turun.
per skep yang akan dipotong
Solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah dengan membersihkan bagian yang kotor tersebut menggunakan cairan pembersih. Jika ingin meringankan putaran grip gas tersebut, dapat dilakukan dengan cara menekuk per skep sebanyak 1cm. Jika ingin mengembalikan ke posisi semula dapat di tekuk kembali. Cara ini lebih baik daripada memotong per skep nya, karena bakal tidak bisa ke posisi semula lagi.

Rabu, 17 Oktober 2012

Korek Drag Yamaha Jupiter-Z 125cc

1. Piston Daytona dengan diameter 55,25mm.
Dengan dome setinggi 2mm dan papas head 0,7mm menjadikan rasio kompresi mesin menjadi 14:1. Dengan stroke standar cc menjadi 125cc.

2. Klep Sonic 28mm (in) 23.5mm (out).
Klep menggunakan klep milik Sonic dikombinasi kan dengan per klep Japan jenis Hard.

3. Karburator PE28.
Karbu PE28 direamer hingga 30mm dan PJ 65 MJ 116.

4. CDI BRT 24 step.
CDI BRT dianggap mampu meningkatkan pengapian.

5. Koil Special Engine YZ.
Koil YZ dipakai agar percikan api mampu membakar bahan bakar yang padat.

6. Gigi Rasio diubah.
Gigi rasio I = 36-13; II = 29-16 agar tarikan lebih cepat.

7. Noken As custom.
Noken as di costum dengan desain gemuk dan lift lebih pendek dari orsi nya. Bagian in dan out di kepras sebesar 1,5mm.

Selasa, 16 Oktober 2012

Jangan Salah Memasukkan Filter Oli Suzuki Shogun FL125

Jangan Salah Memasukkan Filter Oli Suzuki Shogun FL125 - Filter oli Suzuki Shogun FL125 punya desain berbeda dengan Smash atau Shogun 125 lama. Bukan hanya lebih kecil, tapi sisi luar punya bentuk lubang sama dengan bagian dalam (gbr. 1). 
filter oli FL125
Berbeda dengan bagian luar desain lama pada Smash dan Shogun 125 lama, bentuknya rapat (gbr. 2). Kalau ditekan masuk, jalur by pass filter mudah kotor dan bumpet. Keuntungan lainnya, mekanik atau bikers yang pasang dijamin tidak akan terbalik. Karena, kalau terbalik tidak akan bisa ditutup. 
filter oli Smash & FD125
Sementara, pada Shogun baru tidak demikian. Meski berbeda, lubang bagian luar dan dalam sama-sama bisa masuk ke dudukan filter oli dan bisa ditutup. Itu yang memungkinkan dipasang terbalik tanpa terasa karena bisa pas dan bisa ditutup. Kalau sampai itu terjadi, maka fungsi filterisasi tidak berjalan. Karena, lubang yang harusnya berada di bagian luar buntu. Jadi, tidak akan terjadi sirkulasi ke filter dan aliran oli berhenti. Bisa macet mesinnya karena kurang pelumasan. 

Biar tidak salah masuk, perhatikan seksama bentuknya, baru dimasukan. Bagian yang harusnya di dalam atau masuk duluan, pasti lubangnya tidak buntu. Terlihat kasat mata. Kalau mau cara paling mudah, perhatikan kedua sisi. Lihat bagian yang ada lapisan karet berwarna hitam. Itu bagian yang harus masuk duluan. Sedang bagian yang tidak ada karet, itu untuk bagian luar. (gbr. 3).
posisi masuk filter oli

Jumat, 12 Oktober 2012

Cara Membersihkan Karburator

Cara Membersihkan Karburator - Mesin tersendat-sendat bisa jadi dari busi atau bahan bakar nya. Kalau problem nya busi, pada rpm tinggi mesin baru tersendat-sendat. Jika problem nya dari bahan bakar, mesin tersendat-sendat mulai dari rpm menengah hingga puncak. Problem bahan bakar ini bisa jadi terdapat kotoran pada karburator atau memang bahan bakar yang digunakan berkualitas di bawah standar. Berikut cara membersihkan karburator dari kotoran yang menggangu kerja karburator tersebut.

1. Lepas karburator dari dudukan nya.
Lepaskan karbu dari manifold / dudukannya.
karburator Yamaha V80
2. Buka mangkuk karbu dan bersihkan.
Buka mangkuk karbu dan lihat endapan yang terbentuk atau ada kontaminasi air di dalam mangkuk. Bersihkan menggunakan kuas dan bilas dengan bensin kembali agar mangkuk menjadi bersih.
air di mangkuk karburator
3. Lepas pilot jet dan bersihkan.
Lepaskan pilot jet dan bersihkan dengan cara meniup lubang sekuat-kuatnya. (gunakan kompresor)
posisi pilot jet
4. Lepas main jet dan bersihkan.
Lepaskan main jet dan bersihkan dengan cara meniup lubang sekuat-kuatnya. (gunakan kompresor)
tempat main jet
5. Lepas needle jet dan bersihkan.
Lepaskan needle jet dan bersihkan dengan cara meniup lubang sekuat-kuatnya. Bersihkan badan karburator dan tiup lubang-lubang pada moncong karburator agar tidak ada kotoran yang menyumbat aliran udara. (gunakan kompresor)
letak needle jet
6. Rakit kembali dan pasangkan ke dudukannya.
Semua telah selesai dan saatnya merakit kembali karburator. Jangan lupa menyetel setelan campuran bahan bakar kembali.

Rabu, 10 Oktober 2012

Korek Road Race Yamaha Jupiter-Z 110 cc

1. Piston Izumi jenis dome dengan diameter 51 mm.
Crown piston dibuat model flat dengan rasio kompresi 12.7:1. Dengan rumus volume silinder, dapat diketahui bahwa volume mesin didapat sebesar 110cc.

2. Karburator Shogun 125.
Karbu Shogun 125 di reamer hingga venturi karbu menjadi 17.5 dan reamer skep menjadi 19.4mm. Pilot jet menggunakan ukuran 28 dan main jet 122 agak pasokan bahan bakar menjadi pekat. Jarum skep menggunakan milik Shogun SP. 


3. Kampas Kopling FR-80.
Agar torsi yang besar efek langkah yang panjang, kampas kopling menggunakan milik FR-80 yang memiliki permukaan kampas lebih lebar dan tebal. Untuk per kopling di aplikasi kan per kopling aftermarket dengan profil spiral 3.1mm.

kiri FR-80 - kanan Jupiter
4. Magnet di bubut.
Flywheel poros kruk-as tidak digunakan. Magnet di bubut untuk mengimbagi poros kruk-as yang tidak diberi flywheel. Ini berguna agar tidak terjadi wheelie atau ban depan terangkat. Rotor di bubut keliling 2.5mm.

5. Sudut Squish 12º.
Karena piston model flat, maka squish di rubah menjadi 12º agar pembakaran pada piston lebih merata.


6. Noken As Orsi diracik ulang.
Noken as dijadikan 272º (in) dan 274º (ex) dengan celah klep 0.12mm pada kedua klep. Lubang buang dapat di reamer sebesar 2mm.



7. Knalpot Custom.
Knalpot freeflow dengan diameter leher 22mm dengan bafel 24mm, serta sarangan sebesar 32mm yang terbuat dari stainless steel.


8. CDI Rextor.
CDI menggunakan Rextor Monster dengan pengapian adjust 22º sebelum TMA saat RPM 3000.

Selang PAIR Satria-F Sobek Susah Langsam

PAIR merupakan teknologi yang bertujuan untuk mengurangi emisi dan menyeimbangkan kompisi udara di ruang bakar. Kerusakan Pulse Secondary Air Injection System alias PAIR yang diaplikasi Suzuki Satria F-150 biasanya bermasalah saat mesin disetel langsam dan di putaran bawah. Gejalanya seperti komposisi udara dan bahan bakar enggak ideal.

Cop Busi Tembaga Lebih Baik

Cop Busi Tembaga Lebih Baik - Sistem pengapian, jelas enggak sendiri. Lha wong namanya aja sistem! Jadi, harus ada peranti pendukung lain dong. Makanya, selain CDI dan koil, kepala atau cup busi juga jadi penentu besarnya api yang menuju busi. 
cop busi
Selama ini banyak orang yang berpikir setelah CDI dan koil, ujung tombak terakhir ya busi. Enggak sedikit, orang menyepelekan peran kepala busi. Padahal, asal tahu saja, kepala busi di pasaran itu terdiri dari berbagai macam. Misal, yang penghantarnya (bagian dalamnya) dari logam besi biasa. Nah yang ini, biasanya diadopsi di motor standar bawaan pabrik. 

Selain kepala busi dari logam biasa, ada juga nih yang dibuat dari tembaga. Katanya sih ini yang terbaik di pasaran. Tembaga merupakan bahan penghantar listrik yang bagus setelah besi. 

Memakai tembaga, arus yang dihasilkan dari CDI yang diteruskan koil dan busi jadi lebih stabil alias konstan. Ini terbukti saat Em-Plus lakukan uji coba antara kepala busi biasa dan tembaga. Ketika pakai kepala busi biasa, api yang dihasilkan busi berwarna sedikit kemerahan. Tapi ketika dicoba pakai kepala busi tembaga, api berubah menjadi lebih biru dan arus-nya agak lebih besar.