Sabtu, 23 Maret 2013

Lari Tersendat Akibat Kampas Sentrifugal Habis

Lari Tersendat Akibat Kampas Sentrifugal Habis - Pada periode tertentu ada masanya bagi motor skutik akan mengejan saat berlari, alias tarikan terasa lambat walau sudah digas. Problem utamanya terletak pada kampas atau sepatu kopling yang sudah habis masa pakainya. Hal ini pun seperti dituturkan mekanik Yamaha yang berlokasi di Jalan Panjang, Jakarta Barat. Kalau tidak mau narik, persoalannya biasanya ada di kampas kopling yang sudah aus. Harus bongkar CVT, dan tinggal buka mangkuknya. Tapi awas, harus dengan alat minimal obeng karena kalau habis dipakai, bagian itu lumayan panas. Kampas itu sendiri bisa diganti tanpa mengharuskan kita membeli satu set kopling sentrifugal. Pembelian satu set memang disarankan agar kerja lebih maksimal, walaupun sebenarnya cukup dengan mengganti bagian itu.
komponen CVT matik
Mengapa kampas kopling bisa aus? Dalam CVT, dengan susunan bak planet mengorbit matahari, gigi-gigi berputar-berhenti-menahan gerak satu sama lain agar mendapatkan tahap gigi satu, dua, tiga, dan mundur atau lebih simpel lagi. Ia menggunakan 'payung' pulley depan-belakang (drive pulley dan driven pulley) yang berputar dan akan menguncup satu sama lain, dan terhubung dengan belt. Saat 'low gear' atau saat baru berjalan, radius drive pulley kecil, sedangkan driven pulley besar. Sementara saat 'high gear' adalah kebalikannya, radius drive pulley jadi membesar, driven pulley jadi mengecil. Gerak pulley ini ditahan oleh kopling yang berpusat di sepatu atau kampas kopling tersebut. Semakin sering dipakai, atau bahkan diajak jalan jauh ataupun sering menanjak dan bawa beban berat, makin cepat habis pulalah kampas kopling tersebut.

Aki Cepat Ngedrop

Aki Cepat Ngedrop - Accu motor cepet sekali ngedrop dan kira-kira tidak sampai satu tahun mati? Penyebabnya bisa dari berbagai hal seperti berikut:
  1. System pengisian tidak normal
  2. Sel-sel aki sudah jelek
  3. Untuk aki basah, air aki sudah jelek
  4. Pemakaian arus listrik berlebihan
  5. Ada kebocoran arus listrik / konsleting
Berikut ini adalah cara pengecekannya;
1. System pengisian tidak normal
Biasanya hal ini bisa di periksa dengan mengecek tegangan yang masuk ke battery menggunakan voltmeter alias AVOmeter, dengan cara colokkan kabel positif AVO ke kabel merah atau kutub (+) positif aki dan kabel negatif AVO ke kabel hijau atau ground alias kutub (-) negatif Aki, normalnya pada kondisi mesin mati tegannya minimal 12 volt, kemudian pada saat motor menyala dan gas ditarik pada AVOmeter akan bergerak naik menjadi 13 volt lebih dan maksimal 15volt. apabila pada saat motor di gas tidak mengalami kenaikan alias malah turun atau justru diatas 15volt, maka ada kerusakan pada system pengisian, jadi harus di periksa lebih lanjut.

2. Sel-sel Aki sudah jelek
Untuk aki basah mendeteksi sel aki jelek biasanya nampak banyaknya endapan kotoran dari sel aki di dlm aki itu sendiri, sedangkan utk aki kering tidak bisa diketahui karena terbungkus rapat dan tertutup di dalam aki. kerusakan sel aki biasanya terjadi apabila; aki tidak di gunakan terlalu lama dan atau usia aki yang sudah tua.
Sel  aki yang rusak
bentuknya tidak teratur
3. Air Aki sudah jelek
Untuk ngecek ini mesti pake alat ukur namanya Hydrometer, ini adalah alat yg digunakan untuk mengukur berat jenis air aki, untuk aki normal berat jenis air aki harus mencapai 1,27 – 1,29kg/cm3. apabila di bawah itu maka harus di cas ulang atau di ganti air aki.
Alat Hydrometer
4. Pemakaian arus berlebihan
Hal ini hanya di ketahui oleh si pemakai, biasanya komponen yang menyedot arus besar itu pada Klakson dan Lampu.
Aksesoris lampu dan klakson
merupakan penyebab arus dari aki cepat drop
5. Kebocoran Arus listrik
Kebocoran arus listrik bisa di analisa dengan cara menggunakan AmpereMeter atau AVO meter, cara ngeceknya dlm kondisi mesin mati lepaskan kabel negatif dari baterai. Hubungkan jarum (+) amperemeter ke kabel massa dan jarum (-) amperemeter ke terminal (-) baterai.

Sementara kunci kontak pada posisi off, kemudian baca pada layar AVOmeter, maksimal kebocoran yang diperbolehkan adalah 0,1mA, bila melebihi itu maka kemungkinan ada hubungan singkat atau ada arus yang keluar secara diam-diam sehingga dlm keadaan mati arus listrik terus kesedot, biasanya ini terjadi bila Anda menggunakan lampu variasi, klakson variasi atau bisa juga alarm, solusinya ya di lepas saja tuh aksesoris yang bikin Aki tekor.

Substitusi Karet Vakum Mio

Substitusi Karet Vakum Mio - Karburator mio merupakan karburator model Vakum yang mempunyai kelemahan yaitu karet Vakum yang mudah robek, karena sangat tipis dan sensitif terutama terhadap bensin. Kebanyakan karet Vakum Karburator mio rusak karena kesalahan pada saat membongkar karburator.
karet vakum karburator
Untuk para pengguna karburator seperti CBR150, MIO dan NOUVO bisa mengganti dengan karet Vakum punya Satria FU150 karena selain sama juga banyak dijual dan lebih murah serta lebih awet dan lebih tebal. Karet Vakum FU150 dipasaran sekitar RP. 20-30rb Suzuki Genuine Parts alias Sparepart resmi Pabrikan, sedangkan punya NOUVO atau MIO bisa 2-3 kali lipat harganya, belum lagi kadang harus menunggu dulu barangnya ada. Untuk CBR harganya bisa diatas Rp. 100Rb.

Tanda - tanda karet Vakum Karbu sobek terasa pada saat langsam yang tidak stabil/stasioner RPM yang kadang ketinggian atau kadang malah turun secara drastis alias ngaco, mesin saat idle tidak stabil.

Cara pemasangannya gampang kok, tinggal copotin karburator, copot membrannya, yang perlu diperhatikan saat pemasangan yaitu hindari dari Bensin yang bisa menyebabkan membran jadi melar dan lama kelamaan bisa tipis dan bikin sobek, juga hindari dari debu.

Bagi para pengguna MIO, NOUVO, CBR150 ada 3 keuntungan yang bisa didapat dari substitusi di atas :
  • Lebih murah Harganya.
  • Lebih Awet, karena lebih tebal.
  • Mudah didapat, karena banyak tersedia dibengkel resmi Suzuki.

Kombinasi Silinder pada Sepeda Motor

Kombinasi Silinder pada Sepeda Motor - Anda punya pilihan. Suara yang nyaring atau performa maksimal – tetapi Anda tidak dapat memilih duaduanya. Silinder yang lebih sedikit, bersuara besar dan berkaitan dengan sikap(atitud) pengendara motor dan budaya cruiser. Tetapi silinder yang sedikit membatasi rpm maksimal sepeda motor.

Ini berdampak pada performa, akselerasi, power dan torsi. Namun pada putaran rendah hanya ada sedikit untuk pilihan antara 2, 3 dan 4 silinder-.. biasanya 2 silinder memberikan torsi lebih pada putaran mesin rendah. Semakin sedikit silinder di mesin, semakin sepeda cocok untuk Trail, off-road dan kondisi MX (ektrim) karena kebutuhan untuk torsi lebih pada putaran rendah.

Semakin banyak Silinder yang ada, semakin sepeda cocok untuk jarak jauh di jalanan karena mesin semakin ‘halus’ . Vibrasi umumnya menurun dengan peningkatan jumlah silinder. Hal ini penting untuk touring jarak jauh. “

Berikut kombinasi yang ada pada mesin sepeda motor.
1. Silinder tunggal/satu
Yang paling dasar dari desain mesin sepeda motor yaitu dengan 1 piston, 1 silinder untuk bergerak ke atas dan ke bawah dan 1 busi. Mudah untuk memperbaiki, ringan, mudah untuk perawatan dan murah.
Terutama digunakan di sepeda motor kecil di mana torsi lebih penting dari power dan top speed. Karena menggunakan karburator tunggal, tidak pernah ada kebutuhan untuk melakukan “sinkronisasi karburator ” dan dengan demikian menghemat biaya.

Kelemahan Engine Silinder Tunggal adalah: ketidakmampuan untuk memiliki yang lebih. Karena hanya ada satu silinder itu sangat sulit untuk membuat mesin merasa halus saat berjalan dan karena tunggal memiliki getaran yang tinggi.

2. The In-Line Motorcycle Engine:
Konfigurasi di mana semua silinder dalam satu baris. Sebuah Paralel-Twin adalah sebuah mesin yang memiliki dua silinder ditempatkan sejajar satu sama lain dan vertikal. Sebuah Triple adalah mesin sepeda motor 3-silinder. Tata letak mesin di mana silinder tersebut diatur dalam sebaris, dan in-line dengan roda mesin.

a. In-Line Parallel Twin
In-Line Parallel Twin mesin motor dua silinder desain sejajar satu sama lain . Saat ini, mesin Twin paralel adalah tidak sepopuler dulu, tapi menghasilkan torsi seperti tunggal, namun ringan dan menghasilkan hampir dua kali lipat RPM dan memiliki tenaga kuda dan topspeed yang baik. Motor yang menggunakan desain ini memiliki keuntungan ringan, cepat, dan gesit. Karena mereka memiliki komponen hampir dua kali dan menggunakan karburator laras ganda pemeliharaannya lebih tinggi tapi tidak setinggi mesin In-line yang lain . Berkat memiliki dua piston dan dengan penggunaan counter balancers untuk melawan efek dari kekuatan piston mesin kembar paralel jauh lebih halus daripada tunggal.

Kelemahan dari kembar In-line Paralel adalah getaran lebih, RPM lebih rendah dan tenaga kuda lebih rendah dari mesin In-line lainnya.

b. In-Line Triple Cylinder :
Mesin In-LineCylinder Triple semakin sulit ditemukan saat ini. Keuntungan dari Triple Inline adalah: Mereka mampu menghasilkan RPM jauh lebih tinggi dan memiliki torsi lebih seperti desain In-Line four. Bobot lebih ringan dari In-Line four dan menggunakan part lebih sedikit. Selain itu getarannya berkurang karena piston dapat lebih mudah seimbang.

Kekurangan konfigurasi ini adalah part yang lebih mahal karena “kelangkaan” nya.

c. In-Line Four Cylinder :
Mesin raja kecepatan hari ini untuk tenaga kuda atas, kehalusan dan kecepatan tertinggi. Banyak sepeda menawarkan mesin ini karena fitur-fitur seperti ZX1200R, CB900F, GSXR750. The In-Line four diperkenalkan pada tahun 1968 pada CB750 Honda dan tidak ada mesin lain yang bisa menyamai itu pada saat pada strip drag. Sebagian besar ditemukan dalam kapasitas lebih besar dari 500cc karena ada kompleksitas dan ukuran piston diperlukan.

Kelemahan dari gaya ini adalah berat, kompleksitas, kurangnya torsi pada rentang RPM yang lebih rendah. Karena sebagian besar mesin in-line four menggunakan empat bank karburator biaya pemeliharaannya tertinggi untuk mesin in-line. Kehalusan mesin sangat bagus meski tidak sebagus gaya mesin Boxer.

d. In-Line Six Cylinder :
Sebuah mesin yang sangat kompleks diproduksi terutama pada akhir 70 dan awal 80-an. The In-line six dirancang baik dalam perang tenaga kuda, ukuran dan multi-silinder dan menjadi raja dari semua mesin. Hanya ditemukan dalam sepeda motor cc terbesar (seperti Z1300, CBX1000) dan menawarkan kecepatan akhir lebih besar, tenaga kuda dan kehalusan dari in-line four.

Sayangnya kelemahannya melebihi sebagian besar keuntungannya : Terlalu banyak bagian yang bergerak (moving parts), terlalu rumit untuk saat itu, terlalu mahal untuk perawatan dan terlalu berat. Sementara karburatornya sangat sulit untuk maintenance-nya. . Sayangnya, pasar tidak siap untuk mesin kompleks pada saat itu.

3. The V-Twin Cylinder Motorcycle Engine:
Tata letak Dua silinder di mana silinder membentuk “V” pada suatu sudut dengan blok transmisi.
Mesin V Twin dirancang dalam jumlah yang berbeda derajat (diukur dari tengah setiap piston untuk piston), semakin jauh terpisahkan sudut mesin semakin halus daripada menjadi tanpa kehilangan keuntungan atas desain V Kembar yang sempit. Tentu saja, semakin besar sudut V-Twin semakin panjang (dan besar) dalam ukuran (tetapi tidak semakin melebar).

Mesin V-Twin memiliki banyak keuntungan seperti: berat rendah, kesederhanaan, torsi tinggi, dan mampu memberikan rentang RPM yang baik. V-Twin juga memiliki beberapa kelemahan juga seperti: tenaga kuda dan kecepatan puncak lebih rendah dibandingkan dengan mesin multi-silinder lebih dari 3 , dan pada sudut V tertentu dapat memiliki vibrasi yang tinggi. Sudut 90 derajat memiliki vibrasi terendah.

V4 (Four) Cylinder Motorcycle Engines:
Sebuah kemajuan pada desain V-Twin untuk menghapus kekurangan yang melekat seperti getaran, kecepatan dan tenaga kuda. V-Empat adalah mesin yang baru dikembangkan (awal 1980-an) dan keuntungan yang ditawarkan sendiri seperti pengendaraan lebih halus, lebih banyak torsi dan tenaga kuda, dan kompleksitas sedikit daripada Line In-4/6 dan mesin Boxer.

4. Boxer Two Cylinder :
Dua-silinder mesin Boxer Twin menawarkan tingkat yang jauh lebih baik dari kehalusan selama mesin 45o Twin V-Twin dan Paralel, dan kompromi antara keduanya dalam hal RPM tinggi dan torsi kurang.
Kerugian adalah kedua kepala silinder menonjol di kedua sisi mesin, sehingga jarak cornering berkurang dan jauh lebih rentan terhadap kerusakan.
a. Boxer Four Cylinder :
Sejak tahun 1950-an, Boxer Empat adalah penerus Twin Boxer dalam kinerja dan kehalusan yang lebih ditingkatkan. Dengan 2 silinder menentang di kedua sisi mesin desain yang jauh lebih cocok untuk touring daripada sport (karena batas-batasnya menikung) tapi digunakan untuk keduanya. Empat Boxer menawarkan banyak keuntungan dari In-Line tetapi mengorbankan RPM yang lebih tinggi dan sempitnya desain untuk kelancaran. Lebih kompleks, sulit untuk menemukan aftermarket parts dan mahal untuk perawatan , sehingga popularitas mereka berkurang.

Sebagian besar ditemukan pada sepeda motor BMW dan Goldwing Honda sepeda motor touring tapi sulit untuk menemukan sepeda motor baru hari ini.

b. Boxer Six Cylinder :
Tampaknya sejarah berulang dengan pengenalan lain mesin 6 silinder 20 tahun yang lalu (lihat Honda Inline-Enam) dan tingkat kompleksitas tinggi masih ada di mesin ini. Seperti Inline Enam, mesin ini ditujukan untuk pasar Touring (dan kapal penjelajah listrik juga), apakah konsumen akan siap untuk itu? Sejauh ini setelah 4 tahun produksi, tampaknya ya.

Saat ini produsen yang menawarkan mesin ini adalah Honda. Jadi bagian yang mahal serta pemeliharaan juga sangat berat. Tapi untuk tur jarak sangat panjang, Anda tidak dapat menemukan mesin yang lebih halus di pasar. Keuntungan dari Enam Boxer banyak, jumlah tinggi torsi dan tenaga kuda, rentang RPM yang baik dan kehalusan seperti’ kaca’. Mereka hanya dibuat dalam ukuran yang SANGAT besar (1500cc) sekarang.


Ringkasannya :
Berikut bagan singkat macam konfigurasi mesin :


Kelebihan dan kekurangan mesin tunggal dan multi-silinder :

Mesin Silinder tunggal :
  • Sederhana
  • Torsi lebih penting dari power
  • Lebih ringan
Kekurangan :
  • RPM terbatas
  • sulit mencapai mesin yg halus
  • Vibrasi besar
Mesin Inline :
  • Torsi seperti tunggal, tapi RPM lebih tinggi
  • Power lebih besar
  • Jauh lebih halus dari tunggal
Kekurangan :
  • kompleksitas
  • berat
  • kurang torsi pada RPM rendah
Mesin V :
  • Halus
  • Tidak perlu tempat luas
  • Torsi tinggi pada range RPM yg luas
Kekurangan :
  • Kompleks
  • Vibrasi yg dipengaruhi sudut mesin
Mesin Boxer :
  • kehalusan dan performa mesin terbaik (touring)
  • kompromi RPM tinggi dan Torsi yg baik
Kekurangan :
  • Cornering terbatas
  • Mengorbankan RPM tinggi
  • Kompleks dan mahal.

Mesin Unik ala Ducati, Hanya 2 Silinder dan Tidak Lebih

Mesin Unik ala Ducati, Hanya 2 Silinder dan Tidak Lebih - Bagi insan roda dua, tentunya tak ada yang perlu ditanyakan tentang desain mesin motor. Semua pasti pada tau akan basis yang dipakai masing-masing motor tersebut. Seperti halnya Yamaha R1, motor ini menggunakan basis desain mesin inline-4, yaitu 4 silinder segaris/ sejajar dengan kapasitas 1000cc.
mesin 4 silinder piston
Beda Yamaha, berbeda pula Ducati. Masih banyak yang belum tahu akan basis mesin yang dipakai oleh motor yang bermarkas di Bologna, Italia ini. Banyak yang beranggapan bahwa meskipun memakai desain L-twin engine, Ducati tetap dibekali 4 silinder, nyatanya ‘TIDAK’.
mesin L twin Ducati
Ducati yang didesain khas L-Twin Engine, hanya dibekali 2 silinder dari masing-masing cabang yang berbentuk L dimana dulu berkapasitas silinder 1000cc sama dengan motor yang menggunakan 4 silinder. Namun seiring waktu, motor 2 silinder macam Ducati meningkatkan kapasitas mesinnya menjadi 1200cc. Dengan mesin berkapasitas besar segitu namun hanya 2 silinder, dipastikan masing-masing silinder akan memiliki ukuran jumbo.
hanya 2 silinder
Peningkatan kapasitas 1200cc, 2 silinder ini mungkin saja untuk mengimbangi perbedaan karakter kekuatan dengan mesin 1000cc 4 silinder. Bagaimana tidak harus ditambah, seorang Carlos Checa saat berlaga di sirkuit Monza yang berkarakter speedway mengakui akan kelemahan mesin Ducati di sirkuit berkarakter cepat seperti Monza. Dengan di support mesin ducati 2 silinder, 1200cc pun Checa pesimis untuk dapat unggul dari pembalap Yamaha, Honda dan lainnya yang bermesin 4 silinder.

mesin L twin
mesin V twin
Bukan berarti mesin 2 silinder macam Ducati kurang tenaga, dan overprice lho. Perbedaan yang ditawarkan Ducati, membuat motor asal italia ini menjadi unik. Apalagi didukung dengan teknologi desmodromic nya. Yang memungkinkan menggunakan klep silinder tanpa bantuan per klep seperti kebanyakan motor jepang, dengan teknologi ini ducati meng-klaim bahwa kekurangan model klep dimana dapat aus dan menyebabkan kerusakan mesin disaat ujung piston bertabrakan dengan klep dapat lebih diminimalisir. Semoga berguna.

Rabu, 20 Maret 2013

Apa itu Bahan Bakar

Apa itu Bahan Bakar - Bahan bakar adalah bahan yang apabila dibakar dapat meneruskan proses pembakaran tersebut dengan sendirinya, disertai dengan pengeluaran panas.
Jenis Bahan Bakar
Bahan bakar fosil, seperti : batubara, minyak bumi, dan gas bumi.
Bahan bakar nuklir, seperti : uranium dan plutonium. Pada bahan bakar nuklir, panas diperoleh dari hasil reaksi rantai penguraian atom-atom melalui peristiwa radioaktif.
Bahan bakar lain, seperti : sisa tumbuh-tumbuhan (biomass), minyak nabati (straight vegetable oil), minyak hewani, biofuel/biodiesel.

Komposisi Bahan Bakar
Bahan bakar umumnya tersusun dari unsur-unsur : C (karbon), H (hidrogen), O (oksigen), N (nitrogen), S (belerang), Abu, dll. Unsur-unsur ini dibedakan menjadi dua jenis, yaitu : Combustible matter adalah unsur-unsur yang jika terbakar akan menghasilkan panas, unsur-unsur kimia tersebut yaitu, C, H dan S. Non-combustible matter adalah unsur-unsur lain yang terkandung dalam bahan bakar namun tidak dapat terbakar, unsur-unsur tersebut yaitu O, N, bahan mineral atau abu dan air.

Sifat-sifat Bahan Bakar
a. Nilai Kalor (Heating Value)
Nilai bakar adalah panas yang dihasilkan oleh pembakaran sempurna kilogram atau satu satuan berat bahan bakar padat atau cair atau satu meter kubik atau satu satuan volume bahan bakar gas, pada keadaan standard.
Nilai bakar atas atau “gross heating value” atau “higher heating value” (HHV) adalah panas yang dihasilkan oleh pembakaran sempurna satu satuan berat bahan bakar padat atau cair, atau satu satuan volume bahan bakar gas, pada tekanan tetap, suhu 25 oC, apabila semua air yang mula-mula berwujud cair setelah pembakaran mengembun menjadi cair kembali.
Nilai bakar bawah atau “net heating value” atau “lower heating value” (LHV) adalah panas yang besarnya sama dengan nilai panas atas dikurangi panas yang diperlukan oleh air yang terkandung dalam bahan bakar dan air yang terbentuk dari pembakaran bahan bakar

b. Kadar Air di dalam Bahan Bakar (water content)
Air yang terkandung dalam bahan bakar padat terdiri dari : Kandungan air internal atau air kristal, yaitu air yang terikat secara kimiawi, kandungan air eksternal, yaitu air yang menempel pada permukaan bahan dan terikat secara fisis. Air dalam bahan bakar cair merupakan air eksternal, air tersebut berperan sebagai pengganggu. Air dalam bahan bakar gas merupakan uap air yang bercampur dengan bahan bakar tersebut.

Air yang terkandung dalam bahan bakar menyebabkan penurunan mutu bahan bakar karena :

  • menurunkan nilai bakar dan memerlukan sejumlah panas untuk penguapan,
  • menurunkan titik nyala,
  • memperlambat proses pembakaran,
  • menambah volume gas buang. 
c. Titik Nyala (Flash Temperature)
Titik nyala adalah temperatur terendah di mana uap-uap yang terbentuk dari suatu bahan bakar dapat terbakar apabila diberi sumber panas tanpa bahan tersebut sendiri terbakar (terbakar sesaat).

d. Titik Bakar (Combustion / fire point temperature)
Titik bakar adalah temperatur di mana bahan yang dinyalakan akan terbakar terus menerus apabila diberi sumber panas (biasanya kira-kira 30 – 40 °C lebih tinggi dari titik nyala).

e. Titik Sulut (Auto Ignition temperature)
Apabila campuran bahan bakar dimasukkan kedalam ruang bakar dan secara bertahap dipanasi, maka akan terbakar dengan sendirinya pada suhu tertentu, suhu ini disebut “self ignition temperature “ atau titik sulut. Titik sulut adalah suhu terendah di mana bahan dapat terbakar dengan sendirinya. Biasanya "temperatur operasi" lebih rendah dari titik sulut suatu bahan yang mudah terbakar . Contoh : gas alam sekitar 595 ºC.


Bahan bakar 
Flash point ºC 
Autoignition ºC

Methan
-188 
537

Ethan
-135 
472

Propan
-104 
470

Butan
-60 
365

n-Oktan
10 
206

I - Oktan
-12 
418

n-Cetan
135 
205

Methanol
11 
385

Ethanol
12 
365

f. Viskositas
Viskositas merupakan sifat bahan bakar (fuel oil) yang sangat penting yaitu memungkinkan bahan bakar tersebut dapat dipompakan atau tidak (pumpable) dan mudah dinyalakan atau tidak (flamable).

g. Sulfur content
Di dalam bahan bakar terdapat sulfur yang ikut bereaksi pada proses pembakaran dengan reaksi sebagai berikut :

S + O2 ---> SO2
2 SO2 + O2 ---> 2 SO3

Selanjutnya SO2 dan SO3 bereaksi dengan uap air (H2O) yang berasal dari udara pembakaran maupun
dari bahan bakarnya sendiri, dengan reaksi sebagai berikut :

SO2 + H2O ---> H2SO3 
2 SO2 + O2 ---> 2 SO3

Hasil reaksi tersebut di atas terikut dalam flue gas hasil pembakaran sehingga mempunyai sifat korosi asam. Namun tingkat korosi flue gas tersebut tergantung dari :

Konsentrasi SO3 dan H2O
Temperatur flue gas di stack, selalu dijaga lebih tinggi dari dew point

Melihat Kondisi Mesin Melalui Warna Oli

Melihat Kondisi Mesin Melalui Warna Oli - Mengetahui waktu penggantian oli mesin sangat penting untuk diketahui. Karena jika sampai telat masa penggantian, mesin akan cepat rusak. Secara umum penggantian oli mesin diukur dengan jarak tempuh kendaraan.
cek oli lewat dipstick
Dalam kaitannya dengan jarak tempuh bisa mengikuti buku panduan yang disediakan oleh pembuat produk kendaraan. Tapi di sini juga ada cara unik untuk melihat kondisi mesin dan masa penggantian oli dengan melihat warnanya. Cara sederhana dan hemat biaya ini, bisa kita lakukan sendiri di rumah.

Berikut warna oli mesin yang bisa dijadikan patokan waktu penggantian Oli.
1. Putih Pekat
Oli berubah menjadi warna putih susu jika tercampur dengan air. Hal ini bisa jadi karena kondisi mesin anda yang sudah kurang baik. Ada baiknya segera periksakan ke bengkel terdekat dan terpercaya, lakukan pengecekan. Jangan sungkan untuk memperbaiki sedikit saja kerusakan karena ini bisa memperkecil jumlah uang yang harus keluarkan.

2. Hitam
Warna oli berubah menjadi hitam bisa disebabkan oleh dua hal. Pertama akibat kendaraan telah menempuh perjalanan dengan jarak tempuh lebih jauh. Kedua karena terjadi kerusakan pada mesin. Jika hal itu terjadi disarankan untuk segera mengecek mesin mobil ke ahlinya.

3. Coklat agak kekuningan
Warna ini biasanya menunjukan kendaraan usai menempuh perjalanan dengan Jarak tempuh yang kurang lebih berkisar antara 1.000-2.000 km, sehingga membuat warna oli menjadi coklat kekuningan. Jika yang terlihat adalah warna tersebut masih dapat dikatakan normal.

Jenis Cat Kendaraan

Jenis Cat Kendaraan - Tidak ada salahnya mengetahui jenis-jenis cat untuk kendaraan sebelum kalian mengecat kendaraan teman-teman, selain supaya hasil yang di dapatkan maksimal juga menjadi lebih ekonomis dan efisien. Juga di harapkan ini menjadi modal pengetahuan kita sebagai pengguna kendaraan terlebih itu kendaraan sepeda motor, karena kita ketahui modifikasi area penampilan motor umumnya menonjolkan warna-warna cat motor yang lebih dari satu warna.
ragam cat kendaraan
Dengan ulasan ini paling tidak kita mengetahui teknis atau mekanisme dari sebuah cat kendaraan, untuk meminimalisir penipuan hasil baik janji tukang cat yang kita oderkan. Berikut macam-macamnya.

1. Cat Polyurethane 2 komponen (2k)
Cat Polyurethane (PU) Solid 2k adalah sistem cat PU tanpa clear coat (vernish) sehingga menghemat waktu dan biaya pengecatan. Cat jenis 2k sudah mampu memberikan lapisan anti gores dengan tingkat gloss yang tinggi sehingga tidak perlu dilapisi clear coat tambahan. Cat Polyurethane 2k diatas biasanya digunakan untuk pengerjaan body repair mobil, karoseri truk / bus, alat berat, industri mebel furniture, dll.

2. Cat Polyurethane 1 komponen (1k)
Cat merk AUTOGLOW, BLINKEN, DUPONT DUXONE, GALAXY, SIKKENS AKZONOBEL, SPIES HECKER sering digunakan untuk pengerjaan body repair mobil, meskipun tidak tertutup kemungkinan untuk digunakan pada pengecatan bidang lainnya selama terbuat dari besi/ plat. Dipercaya oleh kalangan industri pengecatan karena kualitas yang terjamin, awet tahan lama, warna yang tidak mudah pudar, dan variasi warna yang tak terhitung.

Produk cat diatas adalah cat jenis polyurethane yang bersifat “high build”. Cat jenis ini memiliki hasil akhir kilap yang sangat bagus, cepat kering, tahan lama dan warna yang tidak mudah pudar.
Cat polyurethane biasanya digunakan untuk pengecatan ulang pada mobil, minibus, sepeda motor serta pengecatan pada karoseri.

3. Cat Epoxy Primer Surfacer & Filler
Cat Epoxy Primer & filler merupakan cat dasar mobil yg digunakan setelah lapisan dempul mobil (polyester putty) dan berfungsi sebagai perekat antara dempul dan cat mobil. Juga mampu menutup pori-pori kasar yg muncul di permukaan plat yg sudah di dempul.

Epoxy primer 2 komponen yang baik dapat memberikan lapisan tebal yang mudah diamplas sehingga lapisan halus mudah tercapai tanpa membuang waktu dan tenaga sia2. Warna yg terbentuk di atas nya juga terpengaruh oleh warna epoxy filler di bawahnya. Juga berfungsi sebagai anti karat. Berbagai pilihan warna yg tersedia: grey (abu), white (putih), black (hitam), yellow (kuning), blue (biru).

Berikut beberapa merk yg sering ditemui di pasaran:
Epoxy ALFAGLOS PU
Epoxy SB AUTOLUX PU
Epoxy DRASO BLINKEN
Epoxy Filler Nippon
Epoxy Filler SUZUKA
Epoxy RETAN FASTDRY
Cat Duco/ Nitrocellulose (NC)
Cat Duco/ Nitrocellulose (NC) merupakan bahan cat yang murah dan mempunyai beberapa kelemahan mendasar antara lain kurang mengkilat (glossy) dan cepat pudar.

Namun jenis ini memiliki keunggulan yang cukup memikat yaitu sifatnya yang ‘instant’. Tidak perlu menunggu lama, cukup beberapa menit mobil yang dicat bisa dipakai kembali. Oleh karena itu cat ini menjadi pilihan favorit bengkel-bengkel kecil yang biasa menangani kendaraan non-pribadi.

Harga yang relatif murah juga menjadi salah satu faktor utama jenis ini dilirik oleh pembeli yg mengutamakan biaya rendah dalam pengecatan.

4. Clear Coat/ Vernis Cat Mobil atau motor
Clear coat/ Vernis berfungsi sebagai anti gores yang melindungi permukaan lapisan cat. Juga mempunyai daya kilap yang bagus utk menambah nilai estetika bidang yg sudah di cat. Terutama vernis cat mobil dicari karena ketebalan lapisan mikron utk melindungi cat dibawahnya, dan juga menghasilkan efek gloss yang tinggi. Merk yang banyak di pasaran :

AUTOGLOW 4010 4:1
BLINKEN MS 3300
BLINKEN GTX 4001
DANA X2 9:1
DANA FLASH CLEAR 9:1
DANA CLEAR SP 9:1
GALAXY QDS 9:1
NIPPON HIGHT GLOS 9:1
SIKKENS HS 1:0.5
SPIES HECKER KLARLACK
STEELGLOSS BLINKEN 9:1
Thinner Cat Duco Mobil
Thinner A biasa :

A biasa ALFAGLOS
A biasa AVIA
Thinner A Special
A Spesial AVIA
A Spesial Tunggal Djaja
Thinner Polyurethane (PU)
AUTOGLOW Thinner
BLINKEN Thinner
PENTA Thinner
SPIES HECKER Thinner
APSARA Thinner

Jenis merk cat produksi Nippon Paint
Nippe 2000 - 260 Primer
Deskripsi: NIPPE 2000 - 260 PRIMER terbuat dari nitro selulosa dan resin sintetis. Produk ini berisi pigmen oksida besi anti karat. Kegunaan: Diformulasikan khusus untuk pengecatan di seluruh permukaan besi untuk mencegah karat.

Nax Besta
Deskripsi: NAX BESTA adalah cat polyurethane yang telah dimodifikasi. Cat ini memiliki kualitas premium. Kegunaan: NAX BESTA sesuai untuk kebutuhan industri. Cat ini bisa diaplikasikan sebagai pelapis bagian atas pada baja, mobil dan lain-lain.

Nax Besta Surfacer
Deskripsi: NAX BESTA SURFACER merupakan cat polyurethane yang telah dimodifikasi. Produk ini telah dikembangkan menjadi cat berkualitas tinggi. Kegunaan: NAX BESTA SURFACER sesuai untuk kebutuhan industri. Produk ini bisa diaplikasikan sebagai pelapis bagian atas pada baja dan bahan lainnya.

NIPSEA AUTOLUX 66
Deskripsi: NIPSEA AUTOLUX 66 adalah pernis nitro selulosa dengan kelebihan-kelebihan sebagai berikut: kilap dan retensi kilap yang baik, berkualitas tinggi, waktu pengeringan lebih cepat, tahan lama, lebih keras dan warnanya tidak mudah pudar. Kegunaan: NIPSEA AUTOLUX 66 digunakan untuk pemberian finishing ulang pada mobil sedan, minibus dan pengecatan baru untuk minibus di Karoseri.

Nipsea Autolux 66
Deskripsi: NIPSEA AUTOLUX 66 adalah pernis nitro selulosa dengan kelebihan-kelebihan sebagai berikut: kilap dan retensi kilap yang baik, berkualitas tinggi, waktu pengeringan lebih cepat, tahan lama, lebih keras dan warnanya tidak mudah pudar. Kegunaan: NIPSEA AUTOLUX 66 digunakan untuk pemberian finishing ulang pada mobil sedan, minibus dan pengecatan baru untuk minibus di Karoseri.

Nipsea Autolux 66 EP Primer
Deskripsi: NIPSEA AUTOLUX 66 EP PRIMER adalah produk berbasis resin epoxy-polyamide dalam kemasan ganda. Produk ini memiliki karakteristik anti korosif, adesifitas dan tingkat ketahanan yang sangat baik. Kegunaan: NIPSEA AUTOLUX 66 EP PRIMER digunakan sebagai pengontrol anti korosi pada sedan, bus, minibus dan pengecatan baru untuk minibus di Karoseri.

Rawat Kampas Rem Cakram Sehabis Hujan

Rawat Kampas Rem Cakram Sehabis Hujan - Hujan memang sudah mereda, walau sekali-kali awan mendung masih mengintip. Cuaca yang kerap berubah kadang membawa penyakit malas bagi para pengguna motor, khususnya untuk mencuci tunggangannya. Namun tanpa disadari, komponen yang dekil dan kotor justru membuatnya lekas aus dan habis masa pakainya. Salah satunya adalah komponen fast-moving yang selalu diganti dalam jangka waktu tertentu, seperti kampas rem. Harusnya kalau habis hujan, langsung dibersihin. Pasir-pasir yang nempel di kampas dan piringan cakram bikin kampasnya cepat habis.
perawatan rem
Hal ini terutama terjadi di kampas depan yang lebih sering terpapar kotoran karena berada di bagian paling depan sepeda motor. Kampas rem pun ada beberapa tipe. Tipe semi-metalik sangat tahan lama, punya transfer panas sangat baik walau cepat aus.

Ada pula tipe non-asbes organik yang lebih lunak tidak bunyi walau juga cenderung lebih cepat habis. Contoh lainnya adalah non-asbes organik dengan kandungan metal rendah yang punya keunggulan sama dengan non-asbes organik tetapi lebih berisik dibanding kampas rem non-asbes reguler.

Tipe terbaik berbahan keramik dengan kampas yang bersih dan tidak bunyi dan tidak merusak rotor. Namun, harganya lebih mahal dari kampas jenis lain.

Tips Memelihara Rantai dan Gir Set Sepeda Motor

Tips Memelihara Rantai dan Gir Set Sepeda Motor - Salah satu komponen sepeda motor yang kerap disepelekan pemotor adalah rantai. Padahal rantai motor memiliki peranan yang sangat penting, jadi tidak bisa diremehkan begitu saja. Apalagi di musim penghujan seperti sekarang, sering-seringlah lebih memperhatikan rantai dan gir set sepeda motor Anda.
gearset
Tapi pada dasarnya, rantai bawaan pabrik sudah menggunakan teknologi O-ring yang tidak lagi diberi pelumas tambahan. Karena rantai motor jenis ini telah memiliki pelumas khusus di dalamnya. Namun demikian, dalam perjalanannya tetap diperlukan perawatan dengan pelumas khusus rantai (chain lube) untuk memperpanjang usia pakainya.

Dalam merawat rantai, tidak dianjurkan untuk memakai oli bekas atau bensin untuk membersihkan, karena ini justru malah membuat umur pakai rantai menjadi pendek. Melumasi rantai dengan oli bekas justru akan mengikat kotoran yang ada diluar.

Sebab pada umumnya rantai tidak diberi penutup sehingga langsung berhubungan dengan luar, akibatnya kotoran mudah menempel. Terlebih oli bekas yang dipakai melumasi sudah terkontaminasi kotoran mesin.

Idealnya rantai motor dilumasi cairan chain lube minimal 2 kali dalam seminggu dan disarankan mengencangkan rantai sebulan sekali. Bagi pemakai motor sport, disarankan menggunakan rantai berkualitas dengan spesifikasi ringan dan tidak memerlukan perawatan yang ribet.

Bagi motor yang dimodifikasi, perlu penyesuaian antara ukuran gir dan rantai. Jangan sampai motor modifikasi dengan putaran cepat menggunakan gir set standar. Tak lupa perhatikan gir depan. Kebanyakan pemotor hanya memperhatikan gir belakang. Bukalah tutup gir depan, sering-seringlah dilihat dan dibersihkan.

Idealnya pergantian gir set dilakukan jika pemakaian sudah mencapai 40.000 km. Tidak masalah mengikuti trend menggunakan gir set warna-warni, karena itu hanya masalah selera tidak mempengaruhi cara perawatan dan performa.

Jika terpaksa melakukan pemotongan mata rantai, perhatikan juga usia pakainya. Kalau masa pakai masih 3 bulan, tak masalah rantai dipotong. Biasanya mekanik berpengalaman tahu berapa lama umur pakai rantai. Namun jika ragu dan lebih safety, ada baiknya mengganti dengan yang baru. Tetapi untuk rantai motor Kawasaki Ninja, tidak direkomendasikan rantai dipotong jika sudah kendor.

Terakhir, sangat dianjurkan untuk membeli gir set yang berkualitas demi kenyamanan dan keamanan Anda ketika berkendara.

7 Bunyi Aneh pada Mesin

7 Bunyi Aneh pada Mesin - Bunyi aneh pada mesin motor 4-tak bisa menjadi pertanda kerusakan. Namun, tidak semua 'noise' berarti kerusakan. Ada motor yang jarak clearance antar metalnya diposisikan maksimum, sehingga berisik. Berikut bagian mesin yang sering menjadi penyebab berisiknya mesin.

1. Klep
Suara 'tik-tik' atau 'tuk-tuk' ringan saat mesin stasioner menandakan setelan katup renggang, sehingga rocker arm memukul kepala katup. Bunyi kian keras saat putaran gas ditinggikan. Selain itu, per katup yang lemah, menimbulkan bunyi yang sama.

2. Rantai Kamprat
Suara seperti 'tok-tok' mungkin akibat rantai yang sudah kendor sehingga terdapat bagian yang kendor. Rantai keteng yang terlalu kencang juga menimbulkan bunyi suing atau dengungan. Sedangkan suara 'sek-sek' terus menerus, biasanya gear atau rantai keteng minta diganti.

3. Piston
Di sektor ruang bakar, bunyi sangat minim. Gejala piston atau ring piston oblak, hampir tidak terdengar. Mudah diketahui bila tenaga motor berkurang dan keluar asap putih dari knalpot. Jika suara ketukan agak berat mulai terdengar, pertanda piston minta diganti.

4. Stang Seher
Terkadang muncul suara gemeretak di putaran bawah sampai menengah yang berangsur hilang di putaran atas. Suara ini muncul dari kaki/stang piston yang menampar dinding silinder saat titik mati bawah. Waspadai bunyi ini dengan memeriksa kondisi mesin.

5. Pin Piston
Bagaimana kalau bunyi dengung muncul saat motor dihidupkan? Bisa berarti setang piston mulai oblak karena pin piston tidak menempel pas di rumahnya. Bila kondisi setang piston sudah parah, bunyinya semakin keras.

6. Bearing Piston
Kondisi sama akan muncul saat bearing metal duduk dan metal jalan di kruk as aus. Biasanya diiringi suara 'ker-ker' dan ketukan berat yang keras. Tak lupa vibrasi mesin meningkat di footstep dan setang. Mencegah kruk as berbunyi, ganti setang piston berikut bearing metal duduk dan jalannya.

7. Kopling
Rumah kopling bermasalah ikut menyumbang suara tidak enak didengar. Bunyi 'srek-srek' secara berkesinambungan atau 'duk' saat motor direm mendadak bisa diakibatkan kopling aus atau sistem otomatisnya mulai merenggang.

Beda Pertamax dengan Pertamax Plus

Beda Pertamax dengan Pertamax Plus - Selain Pertamax (P) sebagai bahan bakar non subsidi, Pertamina juga menjual Pertamax Plus (PP) yang kastanya tertinggi. Toh, sedikit yang tau bedanya. Kecuali bahwa nilai oktan PP lebih tinggi dari P. Yaitu, 95 untuk PP dan 92 untuk P. Warna P biru dan PP merah. Dan, harga PP lebih mahal.
gagang di pengisian bahan bakar
biru pertamax, merah pertamax plus
Namun, sebenarnya gak cuma oktan, warna dan harga pembeda kedua BBM non subsidi ini. Karena, pada dasarnya, keduanya mempunyai kandungan aditif berbeda. Aditif ini untuk meningkatkan mutu bahan bakar tersebut. Dengan angka oktan yang lebih tinggi Pertamax Plus memiliki tingkat pembakaran yang idealnya lebih sempurna untuk menambah tenaga mesin.

Memang energi yang dikeluarkan PP jadi lebih panas dibanding P. Ini dikarenakan nilai oktannya yang lebih tinggi tadi. Kandungan PP 95 persen oktana dan 5 persen heptana, atau campuran molekul lainnya. Sementara P dengan kandungan 92 persen oktana dan 8 persen heptana.

Tinggi nilai oktan membuat semakin tinggi pula titik didihnya. Dengan semakin tinggi titik didih, pembakaran bisa lebih sempurna. Karena bahan bakar bisa dimampat hingga tekanan paling tinggi sebelum diledakan api dari busi. Sebagai hasil akhirnya, energi yang dihasilkan PP lebih tinggi dari P.

Tapi, karena itu pula, panas yang dihasilkan dari pembakaran PP menjadi lebih tinggi. Efisiensi panas yang dihasilkan dari pembakaran lebih banyak. Sebagai hasil, idealnya tenaga yang tercipta dengan memakai PP juga lebih besar dibanding P.

Nah, dengan oktan yang lebih tinggi pula, PP menuntut spek mesin dengan rasio kompresi lebih tinggi dari P. Jika P untuk rasio kompresi di atas 10 : 1, kayak mesin Suzuki Satria FU-150 dan Jupiter MX, maka PP mengharuskan kompresi lebih tinggi diatas 11 : 1 atau mesin dengan spek untuk balapan. Kerena PP bisa dipakai untuk mesin yang menerapkan rasio kompresi 12,5 : 1.

Meski begitu, PP tidak harus untuk motor standar harian dengan rasio kompresi standar 12,5 : 1. Rasio standar bawaan pabrik bisa menggunakan PP. Karena angka oktan 95 masih aman. Kecuali sudah diatas 100.