Minggu, 19 Mei 2013

Fungsi dan Jenis Crankshaft

Fungsi dan Jenis Crankshaft - Poros engkol umumnya ditahan dengan bantalan luncur yang ditetapkan pada ruang engkol. Bantalan poros engkol biasa disebut bantalan utama.

Jenis poros engkol yang dhpergunakan pada mesin sepeda motor adalah:
1. Jenis built up
Digunakan pada motor jenis kecil yang mempunyai jumlah silinder satu atau dua.

2. Jenis ”one piece”
Digunakan pada motor jenis besar yang mempunyai jumlah silinder banyak.

Untuk motor satu silinder pada poros engkolnya (biasanya dihadapan pena engkol) ditempatkan bobot kontra sebagai pengimbangan putaran engkol sewaktu piston mendapat tekanan kerja. Tetapi motor yang bersilinder banyak, pena engkolnya dipasang saling mengimbangi. Berat bobot kontra kira-kira sama dengan berat batang piston di tambah dengan berat engkol seluruhnya. Dengan demikian poros engkol itu dapat diseimbangkan, sehingga dapat berputar lebih rata dan getaran-getaran engkol menjadi hilang.Dengan adanya bobot kontra ini menyebabkan tekanan pada bantalan menjadi berkurang dan merata.

Poros engkol dan batang penggerak adalah untuk merobah gerak translasi piston menjadi gerak putar. Kedua bagian ini selalu menderita tegangan dan regangan yang sangat besar. Karena itu harus dibuat dari bahan yang khusus dan ukuran yang tepat.Dalam keadaan diam dan berputar poros engkol selalu setimbang (balance). Bagian permukaan bantalan dikeraskan dan harus licin untuk mengurangi keausan.

Poros engkol berputar dengan didukung oleh beberapa buah bantalan utama. Banyaknya bantalan tergantung dari jumlah silinder. Motor empat silinder mempunyai 3 bantalan dan motor enam silinder mempunyai 4 bantalan utama. Bantalan ini dibuat dari baja yang dicampur dengan babbit atau ada juga dengan aluminium.

Batang penggerak dan poros engkol dibuat dari besi tuang. Pemasangan batang penggerak pada poros engkol dilapisi dengan memakai bantalan.

Klep dan Kelengkapannya

Klep dan Kelengkapannya - Klep atau dalam bahasa inggris nya bernama Valve biasa di sebut juga katup berfungsi mengatur masuknya gas baru dan keluarnya gas buang sisa pembakaran pada mesin motor. Tugas dari klep sendiri sangat berat dan vital, karena apabila ada kebocoran/gangguan sedikit saja pada klep akan mengakibatkan tenaga mesin menjadi menurun atau istilah keren nya performa mesin ngedrop. Maka dari itu kenali klep atau katup dan kelengkapannya.

komponen dari sistem katup
Klep (Valve)
Ukuran payung Klep isap dibuat lebih lebar dari klep buang dengan tujuan agar pengisian gas baru lebih optimal. Klep isap biasanya terbuat dari campuran baja chrom dan silikon dan pada bagian dudukan dan ujung batang klep diperkeras agar klep lebih awet.
Untuk klep buang terbuat dari dua logam baja yang berbeda, untuk batang klep dari baja yang mempunyai sifat luncur yang baik dan untuk payung klep dari baja tahan panas karena temperatur pada klep buang dapat mencapai 800 derajat celcius.

Per Klep (Spring Valve)
Per klep atau pegas klep berfungsi untuk menutup (mengembalikan klep ke posisi semula) dan menahan klep pada saat posisi membuka. Sebisa mungkin kekerasan pegas klep sesuai anjuran pabrik, karena apabila pegas klep terlalu lemah akan mengakibatkan klep bergetar dan pada saat putaran tinggi klep tidak akan menutup sempurna sehingga terjadi kebocoran gas yang akan mengakibatkan tenaga motor menjadi loyo.
Begitu juga sebaliknya apabila pegas klep terlalu kuat akan mengakibatkan keausan pada penggerak klep seperti noken-as dan tuas klep. Dan apabila dibiarkan terus menerus tuas klep (rocker arm) bisa patah.

Sil klep (seal valve)
Sil klep berfungsi untuk mencegah pelumas (oli) mengalir ke saluran masuk atau buang ruang bakar. Apabila sil klep rusak atau robek dapat mengakibatkan knalpot menjadi ngebul atau berasap, karena pelumas ikut terbakar di ruang bakar atau jika sil klep buang yang robek pelumas akan terbakar karena panas di knalpot.

Pengantar/pemegang klep (Split Valve Guide)
Penghantar klep berfungsi sebagai selongsong atau memegang klep agar posisinya tidak goyang dan mentranfer panas pada klep ke kepala silinder. Bahannya terbuat dari besi tuang khusus dan di campur dengan tembaga. Keausan selonsong klep dapat menyebabkan posisi daun klep tidak rapat dan pemakaian oli menjadi boros karena menyelinap lewat selonsong klep.

Dudukan klep
Macam dari dudukan klep ada dua macam, yaitu:
1. Langsung dibentuk pada kepala silinder, dan hanya mungkin digunakan pada kepala silinder berbahan besi tuang.
2. Dudukan klep berbentuk ring yang dipres pada kepala silinder,keuntungannya apabila ring aus dapat diganti dan lebih awet karena terbuat dari bahan yang keras.

Macam Cara Skir Klep

Macam Cara Skir Klep - Tenaga motor ngempos, bisa saja di karena kan klep/katup (valve) bocor. Yang di maksud klep bocor adalah klep tidak dapat duduk sempurna pada dudukan klep di karenakan terganjal arang bekas pembakaran, kotoran (debu) atau tergores. Cara mengecek klep bocor atau tidak dengan cara menuangkan beberapa cc bensin ke lubang Intake dan exhaust atau lubang masuk bensin dan lubang keluarnya sisa pembakaran. Apabila bensin merembes menyelinap di pinggiran klep berarti klep bocor, segera lakukan Skir klep.
klep kotor
Ada dua cara men-skir klep motor, mari kita bahas satu persatu :
1. Cara pertama
Payung klep disambung dengan selang yang ukurannya lebih kecil sedikit dari batang klep dan di skir pakai tangan.

2. Cara kedua
Ekor/batang klep di beri sambungan dari bahan karet untuk di hubungkan dengan mata bor atau alat skir klep.
skur klep
Cara ini memerlukan felling kuat dan ketelitian, karena apabila salah sedikit klep tetap bocor atau saking semangatnya sampai - sampai kebablasan hancur tuh klep termakan obat skir klep. Ini biasa terjadi jika men-skir klep dengan bor mesin.

Fungsi dan Efek dari Celah Klep

Fungsi dan Efek dari Celah Klep - Celah klep berfungsi agar supaya klep menutup sempurna pada saat mesin dingin maupun panas. Apabila klep tidak menutup sempurna akan berakibat turunnya performa motor. Biasanya penyetelan klep pada saat posisi mesin dingin, dan untuk ukuran celah klep wajib mengacu pada standar yang telah ditentukan pabrikan pembuat motor.
celah klep dan penyetelannya
Mengapa celah klep wajib diukur ulang setiap 10.000 km. Ini dikarenakan keausan pada sistem penekan klep yang mengakibatkan celah klep menjadi besar dan keausan pada payung klep dan kedudukan nya yang mengakibatkan celah klep menjadi kecil.

Ukuran celah klep wajib disesuaikan dengan anjuran pabrikan pembuat motor, karena apabila tidak sesuai dengan anjuran pabrikan pembuat motor akan mengakibatkan kerugian - kerugian sebagai berikut :

1. Celah klep terlalu besar
Mengakibatkan penggerak klep berisik dan bagian penggerak katup (rocker arm) bisa patah.

2. Celah klep terlalu kecil
Mengakibatkan waktu buka klep cenderung lebih lama. Yang berakibat pula overlap menjadi lebih lama, kerugiannya adalah gas baru terbuang percuma dan putaran idle kurang stabil.

3. Tidak ada celah klep sama sekali
Mengakibatkan klep tidak menutup dengan sempurna sehingga gas baru ada yang ikut keluar. Karena terjadi kebocoran pada klep dapat mengakibatkan merambat-nya pembakaran ke karburator dan mengakibatkan terbakar nya klep karena tidak ada pemindahan panas dari payung klep ke dudukan klep.

Sudut Pengapian dan Sudut Dwell

sudut pengapian = 2x sudut dwell
Sudut Pengapian dan Sudut Dwell - Di dalam satu siklus kerja motor ada yang namanya sudut pengapian dan sudut dwell. Apa sih yang dimaksud dengan sudut pengapian dan sudut dwell tersebut dan apa perbedaan antara sudut pengapian dan sudut Dwell . Dan apa efek yang akan timbul jika sudut dwell tidak sesuai dengan anjuran pabrik. Mari kita bahas satu persatu tentang sudut pengapian dan sudut dwell.

Sudut pengapian adalah sudut yang diperlukan untuk satu kali pengapian pada satu silinder motor. Dimana secara detail dapat diterangkan sebagai sudut putar nok/cam saat platina membuka sampai membuka lagi pada tonjolan nok/cam pada silinder berikutnya.

Sudut Dwell adalah lamanya platina dalam keadaan menutup. Dengan memperbesar celah platina, sudut dwell menjadi kecil. Begitu juga sebaliknya, jika celah platina diperkecil akan mengakibatkan sudut dwell menjadi besar.

Sudut Dwell harus di setel sesuai anjuran pabrikan motor, sebab jika sudut dwell terlalu besar dapat mengakibatkan percikan api bisa menjadi terlambat, putaran mesin menjadi kasar, tidak optimalnya fungsi kondensor, dan lain - lain. Sedangkan sudut dwell yang terlampau kecil dapat mengakibatkan percikan bunga api kecil, mesin menjadi panas, dan tidak optimalnya tenaga motor.

Macam - Macam Konstruksi Penyetel Klep

Macam - Macam Konstruksi Penyetel Klep - Macam konstruksi penyetel klep ada 5 macam yaitu :
1. Penyetel celah klep dengan mur dan baut
Konstruksi ini banyak digunakan pada motor yang diproduksi di Indonesia, hampir semua motor memakai penyetel ini. Cara penyetelan nya sangat mudah langkah pertama longgarkan mur pengencang dan stel baut sampai ditemukan ukuran yang ditentukan dan kencangkan kembali mur pengencang, selesai.

2. Penyetel celah klep pada konstruksi tuas ayun
Konstruksi ini biasanya diaplikasi pada mobil - mobil buatan Eropa  Posisi pengukuran celah klep diantara noken as dengan tuas ayun bukan pada ujung batang klep dan tuas ayun klep.

3. Penyetel celah klep dengan shim atau plat penyetel
Penyetelan pada sistem ini dengan cara menganti plat penyetel (shim) dengan bermacam - macam ketebalan shim. Keuntungan dari penyetel model shim adalah kita akan jarang sekali menyetel klep dan konstruksi ini banyak digunakan pada motor berkecepatan tinggi karena ketepatan buka tutup klep tidak akan berubah pada saat kecepatan tinggi. Penyetel model ini digunakan motor Suzuki Satria-F 150, Kawasaki Ninja 250, dll. 

4. Tuas klep dengan penyetel eksenter (eksentrik)
Konstruksi penyetelan model ini hampir mirip dengan setelan rantai pada motocross. Penyetel model ini digunakan pada mesin tipe boxer.

5. Penyetel celah klep pada motor neptune
Keunggulan dari penyetel celah klep pada motor neptune adalah penyetelan dapat dilakukan pada saat mesin motor hidup sehingga lebih akurat.

Sabtu, 18 Mei 2013

Penyebab O-Ring Karburator Rusak


Penyebab O-Ring Karburator Rusak - Sejatinya bodi karburator standar itu jarang rusak. Kecuali, ‘dirusak’ macam direamer venturinya atau ganti skep. Pun begitu, beberapa komponen di karburator bisa juga rusak dan dapat menyebabkan pasokan bahan bakar dan udara jadi tidak sempurna.
O-ring karburator dan perangkatnya
Seperti diketahui, beberapa tipe motor karburatornya nempel di intake manifold dengan cara diklem. Dan, ada pula yang dikunci 2 baut di intake manifold. Biasanya yang model di baut, dilengkapi 2 O-ring. Satu nempel di intake manifold, satu lagi nempel di moncong depan karbu.

Biasanya, O-ring yang sering rusak. Itu karena lama ditekan dan dalam kondisi panas. Cirinya, gepeng dan rata dengan coakan di moncong karbu atau intake manifold. Setelah bongkar-pasang, biasanya O-ring tidak rapat lagi menutup sambungan. Akibatnya terjadi kebocoran dan sulit diseting waktu di rpm langsam atau idle.

O-ring lain yang mungkin rusak, ada di baut penyetelan udara langsam. Rusaknya karena lama tertekan atau hilang. Lantaran, tidak sadar saat bongkar-pasang. Jika hilang, sulit cari gantinya. Paling gantinya ambil O-ring dari korek api gas.

Di dalam karbu juga ada. Saat bongkar mangkuk, kelihatan paking mangkuk. Biasanya dibuat dari kertas atau karet. Seringnya, rusak, patah atau putus karena tercemar bensin. Akibatnya bensin di karbu selalu luber keluar. Wah, bau bensin tuh!.

Selasa, 07 Mei 2013

Korek Harian Suzuki Smash 125cc

1. Piston Thunder 125 oversize nol dengan diameter 57mm
Cukup bore-up sedikit, dan maksimalkan komponen standarnya sudah cukup. Gunakan saja Piston Thunder 125, bibirnya dibubut 1,5 mm dengan lebar 6 mm dan sudutnya 10 derajat, sehingga kini jadi 124,46 cc. Caranya blok standar cukup dikorter menyesuaikan piston, ketebalannya masih mumpuni. Jangan lupa coakan klep diatur ulang.

2. Memajukan timing pengapian
Memajukan waktu pengapian 3º, dari 12º jadi 15º sebelum TMA, dengan menggeser pick up yang ada di magnet.

3. Karburator standar di reamer
Skep menggunakan RC100 dan tinggi diubah menjadi 22mm dengan pisau tuner. Pilot jet akan bertemu di angka 17,5 dan main jet sekitar 97,5.  Coba cari jetting yang pas.

4. Porting polish
Cukup di porting 1mm saja alias membuang kulit jeruknya. Porting dapat dilebarkan 1 mm.

5. Noken As papasan
Bagian pantat dipapas 1 mm. Lifter akan bertambah dan atur ulang durasi kem nya.

6. Knalpot di bobok
Standarnya dibobok, agar aliran gas buang lebih lancar. Standar tanpa dibobok sebenarnya bisa, namun kurang maksimal, tenaganya jadi sedikit tertahan.

Korek Drag Suzuki Satria FU 260cc

1. Stroke 62 mm
Stroke diperoleh dengan cara menggeser big end sejauh 6,6mm.

2. Piston  menggunakan ukuran 73 mm
Ukuran ini termasuk besar. Jika dipadukan dengan stroke di atas, maka akan menghasilkan volume silinder sebesar 260cc. CC sekian sangatlah cukup untuk turun ke arena drag liar.

3. Karburator PJ 34
Karburator menggunakan Keihin PJ 34 yang seharusnya enak untuk motor 2 tak. Setting bisa lebih basah dengan menggunakan PJ 34.

4. Knalpot AHM Trioval
Knalpot freeflow AHM lebih nendang di putaran atas.

5. Klep 28mm (in) 24 (ex)
Klep bisa mengambil EE5 sebanyak 2 pasang. Ukuran in menggunakan 28mm dan ukuran out menggunakan 24mm.

6. Noken as custom
Durasi noken as 265º dan lifter dipertinggi dengan memapas pantat noken.

7. CDI BRT Imax Super Pro
Otak pengapian menggunakan BRT unlimiter.

8. Ratio diracik ulang.
Gigi rasio presneling diatur ulang agar akselerasi lebih terasa hingga gigi 6.
I (14-33)
II (16-23)
III (19-25)
IV (21-23)
V( 23-23)
VI (25-23)

Sil Air-Screw (Penyetel Angin) Karburator Menggunakan Sil Korek Gas

Sil Air-Screw (Penyetel Angin) Karburator Menggunakan Sil Korek Gas - Di air-screw karburator terdapat sil karet yang mencegah udara masuk dan mengacaukan setelan nya. Sil karet pun memiliki batas pakai, yaitu ketika sudah mengeras dan pecah. Untuk menggantinya, tidak ada yang menjual hanya sil nya saja, melainkan harus membeli dalam repair kit. Namun masih ada cara lain, yaitu menggunakan sil korek api gas bekas. Pertama - tama lepas keseluruhan part yang ada dan ambil karetnya langsung. Berikut penampakan nya.
bentuk, dimensi, dan diameter sama
Setelah sil karet nya sudah diambil, pasang kan seperti gambar di bawah ini.
urutan jangan terbalik
per → ring → sil karet
Setelah itu masukkan kembali ke tempatnya dan setel ulang air-screw nya.

Senin, 06 Mei 2013

Mengakali Per Pedal Rem yang Putus

Mengakali Per Pedal Rem yang Putus - Per pedal rem milik saya putus hingga menyebabkan pedal jatuh ke bawah dan membuat rem tertarik dan bergesekan. Tentu sangat mengganggu performa karena membuat mesin terbebani rem yang terus bekerja. Ya harus membeli lagi per nya atau kalau punya per kanvas rem bekas dapat digunakan.
per kanvas rem tromol yang digunakan
Cara menggunakannya yaitu sediakan kawat dan per nya. Sambung kan kawat seperti pada gambar dan buat model lingkaran untuk dipasang pada baut yang dapat di-jangkau. Tapi ingat, ini sifatnya sementara.

Minggu, 05 Mei 2013

Korek Harian Yamaha F1ZR Standar

Perhatian, korek mesin ini hanya bermain di trek pendek alias daerah perkotaan. Jika anda sering mengalami macet alangkah baiknya menggunakan spek korekan berikut ini.

1. Kompresi primer di bandul kruk as
Untuk mengimbangi, torsi juga harus dinaikan. Bisa diakali dengan menambah beban bandul seberat 3 ons. Hasilnya tenaga dan putaran akan cepat keluar.

2. Kompresi sekunder di silinder kop
Konstruksi kubah head bersudut squish 15º dan lebar 7mm. Kedalaman nat di head 2mm sehingga perbandingan kompresi akan tinggi.

3. Porting 28mm dan di porting polish
Tinggi lubang porting 28mm dengan kelebaran tetap.

4. Knalpot aftermarket
Anda bisa andalkan knalpot aftermarket yang tidak perlu lagi penyesuaian pada desainnya. Karburator jetting ulang.

5. Karburator Mikuni TM 36
Karbu menggunakan Mikuni TM36 dengan setingan spuyer 45/260. Tarikan sangat terasa. Intake manifold menggunakan variasi agar bisa masuk.

6. Pengapian YZ 125
Lalu ditemanin satu set pengapian YZ125 guna membakar bensin yang masuk. Bagian ini dapat dilewati jika dana kurang mencukupi, karena harga pengapian YZ 125 tergolong mahal. Pengapian F1ZR standar sudah terasa asalkan spul, koil, dan CDI adalah barang ori Yamaha.