Kamis, 24 Oktober 2013

Cara Memasang Keihin PE28 di Satria FU

Cara Memasang Keihin PE28 di Satria FU - Banyak pengguna Satria F150 kurang puas dengan performa karburator vakum bawaan pabrik (Mikuni BS26), salah satu keluhannya tarikan kurang responsif. Solusinya ganti karburator dengan tipe non-vakum, seperti karbu RX-King, NSR-SP, atau Ninja.
karburator pe28
Kebanyakan dari pemakai karbu Keihin PE28, mengeluhkan soal settingan, dan juga box filter udara standar yang tidak dapat lagi dipergunakan. Nah bagi pemakai karburator tipe ini, jangan keburu takut dengan kendala-kendala tersebut, Sebetulnya semua keluhan-keluhan itu bukan keluhan yang tidak dapat diatasi. Berikut ini cara memasang Keihin PE28 di Satria FU.

Instalasi
Memang betul kata kebanyakan orang, memasang karburator ke arah manifold mesin mudah, lain halnya dengan memasang bagian selang karet ke box filter udara, setengah mati pasangnya. Berikut caranya memasang karet filter ke karburator PE28:
  1. Cabut selang karet filter udara dari dudukannya di box, selang ini dilem, tarik saja pelan-pelan, jangan sampai sobek karetnya.
  2. Siapkan klem baru, karena diameter intake karburator Keihin ini agak berbeda jauh dengan karbu standard, model seperti klem pipa gas dengan diameter 2.5" bisa digunakan.
  3. Lumuri karet filter dan intake karburator dengan oli.
  4. Tempatkan karburator dengan intake menghadap ke atas.
  5. Masukkan klem ke slang karet.
  6. Pasang selang karet ke intake, kencangkan klem begitu selang telah terpasang seluruhnya.
  7. Install karburator ke manifold.
  8. Lem kembali slang intake ke box filter udara.
  9. Kencangkan semua klem.
Tips:
  • Untuk memasang selang vakum ke kran bensin, gunakan selang pernapasan  yang diberikan bersama karburator nya, untuk memperkecil diameternya, ke dalam selang dimasukkan selang oli samping yang diameternya lebih kecil, selang kecil ini dilem dengan superglue, lalu potong kelebihan selang.
  • Kabel gas, kabel gas harus diganti karena bentuk nepel yang berbeda dengan orisinil Satria. Kabel gas bisa coba menggunakan milik Shogun.
  • Untuk slang intake, lebih enak potong slang orisinil, sambung dengan slang intake punya Suzuki RGR agar mudah untuk bongkar pasang.

Jet
Main jet bawaan karburator (#152) jelas terlalu besar untuk Satria FU, Coba ukuran 115/118/120. Saran menggunakan 118 saja agar power keluar namun tetap mempertahankan konsumsi bahan bakar.
Pilot jet bawaan (#42) sebetulnya bisa digunakan, hanya menyetel angin-angin nya agak jauh. Agar settingnya tidak jauh coba gunakan ukuran 38.

Setting
Kombinasi PJ/MJ nya adalah 38/118 dengan setting angin-angin sekitar 2.75 putaran. Langsam stabil dan power putaran atas masih terlayani. Jika kurang puas coba besarkan MJ nya saja.

Rabu, 23 Oktober 2013

Cara Meningkatkan Lift Noken As Byson

noken modif Mio J (kiri) dan Byson (kanan)
Cara Meningkatkan Lift Noken As Byson - Performa Byson memang masih bisa ditingkatkan. Hal ini pun dilakukan para pemilik motor bersosok macho ini. Bore-up menjadi salah satu alternatif meningkatkan power Byson. Namun mengganti piston ukuran jumbo masih menuntut penyesuaian pada sistem buka tutup klepnya. Kem pun harus ikut disesuaikan dengan membengkaknya kapasitas mesin.

Masalah yang sering timbul jika kita mengubah poros bubungan standar Byson adalah setelan klep terlalu dalam, karena standarnya saja setelan klepnya sudah hampir habis. Selain itu kalo kem standar kita pangkas, maka profil kem akan semakin kecil, dan tentu saja akan menghasilkan debit bahan bakar yang kurang maksimal. 

Solusi untuk masalah ini masih ada solusi cerdas. Bisa pakai kem Mio J, Soul GT atau Mio GT, cuma perlu sedikit penyesuaian. Apa saja yang perlu disesuaikan?

Pertama bisa memangkas ujung belakang kem sebanyak 1,5 mm. Kalau diameternya sudah sama persis, sesuaikan dudukan gear timing. Secara fisik sudah terlihat kan kem Mio J hanya berdiameter 19,7 mm, sedang Byson 29.3 mm. Perlu dibuatkan bosh di tukang bubut, dipres langsung ke kem Mio J. Oh ya, panjang bosh itu 22,1 mm aja. 
panjang dudukan gear timing
Perlu diperhatikan juga, untuk diameter boshing dudukan bearing camshaft di belakang gigi timing diameternya 28,8 mm, agar bearing terpasang dengan seret. Bushing beres, tinggal pembuatan lubang untuk pin pengunci gigi timing-nya. Bisa disesuaikaan dengan standartnya. Jika sudah, monggo dipapas pantat kem sesuai lift yang diinginkan. 
noken as atau camshaft
Jika diperlukan bisa juga tetap memasang perangkat dekompresi aslinya. Tinggal lubangi saja untuk dudukan dekompresi, kalo kem standar kita papas, jangan harap bisa pasang alat ini.

Senin, 21 Oktober 2013

Piston Kaze di Jupiter Z

piston kaze
Piston Kaze di Jupiter Z - Aplikasi piston Kawasaki Kaze di motor Jupiter Z mampu mendongkrak kapasitas mesin menjadi 120 cc. Secara fisik, pen piston sama berukuran 13 mm dan panjangnya pun juga sama. Tinggi piston keseluruhan lebih panjang milik Kaze di bagian pantat piston nya. Agar tidak membentur bandul kruk as, sebaiknya pantat piston dikurangi agar tidak terbentur.
diagram perbedaan nya
Berikut ini merupakan langkah desain piston Kaze untuk Jupiter Z.

  1. Mengurangi pantat piston Kaze
    Mengurangi pantat piston bertujuan agar piston tidak membentur kruk as.
  2. Memapas blok 0.5 mm
    Papas blok 0.5 mm ini bertujuan untuk mengejar rasio kompresi kembali seperti awal. Rasio kompresi sekitar standar (9.3 : 1) dengan syarat jika kop tidak ikut dikepras. Akibat memapas blok, ketegangan keteng harus dicek kembali agar tidak kendur.
  3. Memperdalam coakan klep
    Coakan klep harus dibentuk menyerupai klep yang digunakan. Hal ini bertujuan agar klep tidak menabrak piston.

Sabtu, 19 Oktober 2013

Bore Up Jupiter/Vega Lama 115cc Menggunakan Piston Jupiter Z

Bore Up Jupiter/Vega Lama 115cc Menggunakan Piston Jupiter Z - Mengejar kapasitas mesin 115cc di Yamaha Jupiter/Vega dapat menggunakan piston standar Jupiter Z oversize 100. Biasanya langkah bore up ini tergolong mudah dan murah. Diameter piston Jupiter Z os 100 adalah 52 mm, sedangkan diameter piston Jupiter/Vega lama standar adalah 49 mm. Secara fisik, pen piston dan pantat piston adalah sama. Yang berbeda adalah ketinggian permukaan atap piston. Menariknya, pistonnya dapat dibubut untuk dibikin jenong agar menjadi piston racing. Untuk harian dapat mendongkrak tenaga motor secara drastis dan motor tetap standar.
hasil piston nya
Cara pemakaian piston Jupiter Z di Jupiter/Vega lama untuk harian adalah sebagai berikut:
  1. Membubut bagian kompresi piston dan dibentuk dome
    Bagian pinggir piston dibubut sejauh 7 mm sedalam 1.75 - 2 mm (1 - 1.5 mm untuk racing). Hal ini dimaksudkan agar deck clereance piston terjaga 1 mm dan blok tidak perlu menggunakan paking aluminium.
    piston standar dibubut jenong
  2. Membuat sudut dome piston
    Sudut jenong piston dibuat bebas. Agar dapat menggunakan premium dan bertenaga, sebaiknya sudut diatur 45° saja. Rasio kompresi sekitar 9.5 : 1, namun rasio ini harus tetap diukur lagi karena tidak pasti di lain piston.
    sudut jenong 45°

Jumat, 18 Oktober 2013

Bore Up dan Oversize Yamaha V80

Bore Up dan Oversize Yamaha V80 - Piston standar pabrikan rata - rata hanya menyediakan sampai oversize 100 saja alias lebih besar 1 mm dari standar. Ketika motor sudah oversize 100, biasanya harus kembali ke standar dengan ganti liner atau sekalian bore up dengan piston yang lebih besar. Berikut ini saya hanya sharing tentang oversize motor Yamaha V80 yang tergolong jadul dan sulit menemukan sparepart nya.
piston kit NPP
Pada Yamaha V80, pabrikan Yamaha hanya menyediakan piston ukuran std, 25, 50, 75, dan 100 saja. Nah, piston motor V80 ku sekarang sudah baret karena kekurangan pelumas oli samping. Setelah saya pikir - pikir, sekalian saja bore up kecil - kecilan nih motor agar menekan biaya.

Berputar sekota Jember, akhirnya saya menemukan toko yang menjual piston V80 oversize 150 dan 200 merek NPP. Piston nya sudah dalam paket atau 1 kit (piston, ring piston, clip, dan pen). Wah mantap juga pikirku. Harga nya pun sungguh menggiurkan, hanya Rp. 90.000,- 1 kit nya.

Yang harus dilakukan adalah kolter blok standar di tukang bubut. Untuk sisa ketebalan liner masih dalam batas aman untuk harian. Lakukan jetting spuyer lagi agar tidak kering. Kapasitas mesin sekarang 84.2 cc (piston oversize 150) dan 86 cc (piston oversize 200).

Yang perlu diketahui adalah ketinggian lubang bilas dan lubang buang semakin berubah ketika diameter diperbesar. Saran agar merubah lagi ketinggian lubang agar power mesin tidak tertahan.

Kamis, 17 Oktober 2013

Piston Tiger di Yamaha Jupiter Z

contoh piston Jupiter (kiri) dan Tiger (kanan)
Mengejar kapasitas mesin Yamaha Jupiter Z acap kali dilakukan agar performa motor semakin ganas. Biasanya langkah bore up menggunakan piston Tiger. Diameter piston Tiger adalah 63.5 mm, sedangkan diameter piston Jupiter Z standar adalah 51 mm. Secara fisik, tinggi piston pun juga berbeda. Panjang piston keseluruhan adalah 39 mm (Jupiter Z) dan 49.5 mm (Tiger). Piston Tiger lebih tinggi 6.5 mm jika diukur dari pen piston. Bagian pantat piston pun harus dibuang sebagian agar tidak bertabrakan dengan kruk as.

diagram perbedaan nya
Cara pemakaian piston Tiger di Yamaha Jupiter Z adalah sebagai berikut:

  1. Membubut bagian kompresi piston dan dibentuk domeBagian pinggir piston dibubut sejauh 5 - 8 mm sedalam 2 mm untuk harian, dan 1 - 1.5 mm untuk racing. Hal ini dimaksudkan agar deck clereance piston terjaga dan blok tidak perlu menggunakan paking aluminium.
  2. Membuat sudut dome pistonSudut jenong piston dibuat bebas. Semakin landai maka rasio kompresi semakin kecil. Hal ini bertujuan agar bisa mengkonsumsi premium (rasio kompresi premium 8-10 : 1).
  3. Membuat coakan klepCoakan klep perlu dibikin ulang menyesuaikan klep yang akan digunakan.

Rabu, 16 Oktober 2013

Korek Harian Yamaha Mio Standar

1. Roller aftermarket
Untuk roller dapat menggunakan bobot 9 - 11 gram agar tarikan lebih terasa. Saran menggunakan 10 gram saja agar tidak terlalu mengorbankan top speed.
roller merk Kawahara 10 gram
2. Per CVT
Per CVT menggunakan tingkat kekerasan 1500 rpm saja. Biasanya kelir warna putih.
per CVT merk CLD dengan berbagai macam tingkat rpm
3. CDI Yamaha Fino
CDI nya memiliki soket sama dan tinggal pasang. Kalau ada dana sebaiknya menggunakan CDI BRT saja agar performa dan keiritan bahan bakar dapat terjaga.
cdi Fino kode part 5VV
4. Noken as Kawahara
Untuk noken as kawahara dapat menggunakan K1 sebagai resep harian. Bawaannya semakin kuat ke akselerasi perkotaan.
noken as merk Kawahara
5. Setting Karburator
Karburator perlu disetting ulang. Kira-kira PJ 40 dan MJ 105-120 tergantung kondisi setempat.
setting spuyer agar hasil maksimal
6. Knalpot bobokan
Kalau mau modif knalpot ya dibawa ke tukang bubut atau dibobok halus. Suara tetap adem tanpa ada suara berisik. Jika tidak menghiraukan lain-lain silahkan menggunakan knalpot freeflow agar performa lebih terasa. Hanya saja suara keras dan harus rajin mengecek glasswol nya.
knalpot original dibobok halus

Perhatikan Etika Penggunaan Klakson

Perhatikan Etika Penggunaan Klakson - Klakson pada sepeda motor, sejatinya berfungsi sebagai alat komunikasi untuk memberi kode pada pengendara atau orang lain bahwa kita ada di sekitar mereka. Namun, nyatanya masih banyak pengendara yang menggunakan klakson dengan seenaknya sehingga justru mengganggu orang lain, yang bahkan berpotensi menimbulkan keributan.
letak tombol klakson
Lihat saja di sejumlah persimpangan atau di lampu lalu lintas, bunyi klakson bersahutan menimbulkan suara bising yang akhirnya hanya akan mengganggu orang lain. Nah, sebenarnya bagaimana sih etika menggunakan klakson yang benar, sehingga tidak membuat orang lain terganggu? 

Klakson secara ideal tidak digunakan untuk mengusir atau meminta jalan pada pengguna jalan lainnya. Fungsi klakson tak lain adalah memberi tahu pengguna jalan lain bahwa kita ada di dekat mereka. Penggunaan klakson dapat harus dibuat minim, murni untuk memberi kode saja. Jadi seperlunya saja dipakai, jangan dikit-dikit dipencet. Untuk cara penggunaannya, disarankan untuk menggunakan metode ‘friendly tap’ alias cukup satu atau dua kali ketukan pendek, jangan lebih dari itu apalagi menekan klakson dalam waktu yang panjang.

Terakhir, klakson yang digunakan hendaknya tetap menggunakan bawaan pabrik, tidak perlu di-modifikasi dengan klakson yang lebih besar suaranya. Asli dari pabriknya sudah cukup, kalau terlalu besar justru bisa membuat kaget dan mengganggu pengguna jalan lainnya. Jadi, sudahkah kita bijak dalam menggunakan klakson?

Selasa, 15 Oktober 2013

Gigi Sentrik Adjustable TK Racing

Gigi Sentrik Adjustable TK Racing - Yang suka oprek mesin mobil pasti sudah familier dengan "adjustable camshaft gear", gear yang menempel sekaligus menggerakan camshaft alias kem ini bisa diatur. Digeser-geser untuk mengubah timing bukaan kem. Ingat cuma waktu buka-tutupnya saya ya, durasinya tetap.
sentrik adjustable
Nah, pada sepeda motor belum banyak part seperti ini. Tapi sebenarnya ada, salah satu yang memasarkan adalah TK Racing. Ya ini baru dari TK Racing, gigi sentrik yang bisa di adjust. Bahannya berkualitas sehingga memiliki performa dan durabilitas yang baik. Harganya cuma Rp 150 ribu lengkap dengan bonus kunci L. Komponen ini tersedia untuk Honda Blade, Revo, Supra, BeAT, Karisma, GL Pro dan Tiger. Sedang Yamaha ada untuk Mio dan Jupiter Z.

Senin, 14 Oktober 2013

Slipper Clutch Kawasaki New Ninja 250

Slipper Clutch Kawasaki New Ninja 250 - Kawasaki New Ninja 250Fi di luar negeri dibekali mesin 300 cc, makanya jadi Ninja 300. Tak hanya kapasitas naik dengan memperpanjang stroke, Ninja 300 juga mengaplikasi slipper clutch (SC), sistem di kopling bertujuan untuk memberi efek selip saat deselerasi. Engine brake jadi enggak berlebihan. 
perangkat slipper clutch
Karena engine brake mengecil, roda belakang enggak mudah mengunci sehingga lebih safety, terutama di lintasan basah. Kelebihan lain dengan minimnya engine brake, stress rantai, gir dan ban berkurang jadi lebih awet.
detail slipper clutch
Slipper clutch cara kerjanya enggak terlalu rumit. Rangkaiannya ada di rumah kopling bagian luar. Cover kopling modelnya dibikin bisa mengembang dengan cara bergeser, makanya ada semacam alur miring yang bekerja satu arah (gbr.2), termasuk juga lubang per kopling yang hanya 3 juga panjang (gbr.3), sehingga bisa bergeser. Saat deselerasi kala kopling dapat tenaga dari roda, cover akan bergeser mengembang sehingga gesekan kampas dan plat kopling berkurang, beban putaran roda ke kruk as jadi berkurang. 

Enggak semua kampas dan plat yang bekerja saat SC mengembang, hanya 2 kampas dan 1 plat yang ukuran lebih kecil dan posisi paling luar (gbr.4). Sistem SC milik Ninja 300 ini bisa dipasang ke Ninja 250Fi secara plug n play. Anjany Racing yang beralamat di Jl. Arteri Kelapa Dua No. 21 Kebon Jeruk, Jakbar ini menjualnya satu set Rp 2,5 juta, berikut kampas dan plat kopling (gbr.5). 

Sabtu, 12 Oktober 2013

Membran Standar Kawasaki KX85 Bisa Untuk Racing

Membran Standar Kawasaki KX85 Bisa Untuk Racing - Ilmu ini didapat langsung dari Taufik Ompong, joki sekaligus pemilik tim OP27, Jogja. Spek motor mereka khususnya Kawasaki Ninja 150 langgangan juara. Ninja rangka standar misalnya, sampai saat ini masih pemegang poin tertinggi di Pertamina Drag Bike (PDB) garapan Trendy Promo Mandira (TPM) itu.
membran Kawasaki KX85
Artinya, tips ini bisa didengar bro, syukur-syukur mau dicoba. Bukan hanya untuk balap, sekadar mempercepat akselerasi harian Ninja 150 juga bisa. Apalagi yang sudah dikorek harian dengan kenalpot racing yang free flow. Ini untuk membantu padatnya kompresi bahan bakar awal di ruang crank case ala 2-Tak.

Gunakan valve-reed atau daun membran Kawasaki KX85. Itu loh, special engine untuk motocross yang membrannya sudah kompetisi. Bukan hanya untuk Ninja, mesin yang 2-tak lain juga bisa tapi butuh penyesesuan pada lidahnya. Di-gunting-gunting disamakan dengan aslinya juga bisa.
terpasang di rumah membran
Beli lidah membran-nya di dealer langsung Kawasaki. Juga bisa di toko-toko suku cadang motocross. Harganya sekitar Rp 350 ribu, bahan lebih kuat dan efisien menyalurkan kabut bahan bakar dari karbu. Juga awet, tahan panas dan performa terasa naik. Lebih murah memang ketimbang beli lidah V-Force 3 yang sampai Rp 850 ribu.

Daun membran ini mampu kerja di rpm tinggi, karena aslinya sudah racing. Silakan dicoba dan sesuai kantong sampeyan.