Rabu, 15 April 2015

Tambahkan Per di Gir Pompa Oli FIZR atau V80 Series

Tambahkan Per di Gir Pompa Oli FIZR atau V80 Series - Menurut kejadian yang saya alami, gir pada pompa oli maupun di as kruk sering aus. Gigi dari gir tersebut termakan sebelah sehingga pompa oli tidak berputar dan mesin mudah panas. Setelah saya cermati, gir pompa oli, apalagi tidak standar orisinil, ternyata mengalami pergerakan. Pergeseran posisi gir tadi menyebabkan gap antar gir semakin besar dan potensi aus juga terjadi. Untuk mengakali nya dapat menambahkan per skep yang dipotong pada gir, agar gir dapat diam di posisi nya.
per di gir pompa oli fizr atau V80 series

Porting Racing Yamaha V80

Porting Racing Yamaha V80 - Untuk ukuran dari porting Yamaha V80 dengan keperluan drag maupun touring bisa diaplikasi ukuran berikut ini. Namun syarat yang perlu dilakukan terlebih dahulu adalah modifikasi rasio girboks, kopling manual, bubut kop, cdi unlimit, knalpot, membran besar, dan karburator minimal 24 mm. Motor akan bermain di putaran mesin 8500 - 13000 rpm.
porting racing Yamaha V80

Tips Mengelas Kopling Ganda/Sentrifugal Balance

Tips Mengelas Kopling Ganda/Sentrifugal Balance - Jika ingin motor bebek kita kopling manual full clutch, maka tugas kopling sentrifugal akan dimatikan. Cara termudah nya adalah pengelasan rumah dan kampas nya. Namun jika proses pengelasan tidak imbang/balance, maka rumah kopling sulit dibongkar pasang dan suara mesin jadi kasar (deg deg dreg).
kopling sentrifugal
dilas seimbang/center/balance
Agar suara tidak kasar dan rumah kopling dapat dilepas layaknya saat kondisi standar, maka as kruk menjadi alat wajib saat proses pengelasan. Inti nya, rumah kopling harus terpasang di poros as kruk baru dilakukan pengelasan. Hasil nya, jika rumah kopling dapat keluar masuk di poros as kruk dengan mudah, dijamin center/balance pengelasan nya.
kopling sentrifugal set di pasang di as kruk 
pengelasan titik saat terpasang di as kruk
bos dan rumah kopling
harus mudah dilepas

Selasa, 14 April 2015

Ciri Side Stand Switch/Saklar Standar Samping Mati

Ciri Side Stand Switch/Saklar Standar Samping Mati - Biasanya pada motor matik yang menganut pengaman di standar samping nya jarang dilakukan perawatan. Memang part ini didesain jarang rusak karena hanya berupa saklar. Yang sering terjadi adalah kabel putus akibat serangan tikus!
kabel putus dimakan tikus pada Beat FI
Ketika motor diparkir di malam hari, dan ketika pagi sudah tidak menyala sama sekali, bisa dicurigai kabel putus oleh tikus. Ciri nya sebagai berikut:
  1. Electric starter tidak berfungsi
  2. Kick starter tidak berfungsi
  3. Tidak ada pengapian
  4. Kelistrikan normal, klakson maupun sein menyala
  5. Sekring tidak putus

Jumat, 20 Maret 2015

Cara Menghitung Durasi Motor 2 Tak

Cara Menghitung Durasi Motor 2 Tak - Durasi erat kaitannya dengan rpm saat motor mengeluarkan power maksimum. Apabila mengubah port pada motor 2 tak, kita wajib menghitung ulang durasi. Apabila diibaratkan bagai modifikasi noken as pada 4 tak. Durasi tinggi maka motor akan bermain di putaran tinggi. Sebaliknya, durasi rendah maka motor bermain di putaran rendah. Di mesin balap lebih cenderung durasi tinggi, sedangkan motor harian lebih rendah durasi nya.
ubahan jarak porting mempengaruhi durasi
Oleh karena itu, saat mengubah porting 2 tak ada baiknya kita menghitung durasi nya agar performa motor tidak ngaco, yang ujung-ujung nya tidak kencang dan loyo. Berikut panduan menghitung durasi motor 2 tak.
rumus durasi 2 tak
Rumus di atas adalah rumus baku. Dimana:
  • T = R + L + C – E
  • R = Stroke di bagi 2 dalam satuan mm
  • L = Panjang stang seher (pusat big end ke pusat small end) dalam mm
  • C = Jarak bersih (clearance) piston di TMA dari bibir atas silinder dalam mm
  • E = Jarak bagian atas exhaust ke bibir atas silinder dalam mm
Sebagai contoh adalah porting standar Yamaha V80.
Diketahui langkah/stroke V80 standar adalah 45.6 mm. Panjang stang seher (connecting rod) standar 95 mm. Deck clearance sebesar 1 mm. Jarak port exhaust terhadap bibir blok sejauh 33 mm. Hitung durasi buang nya!
Jawab:
R = 45.6 / 2 = 22.8 mm
T = (22.8 + 95 + 1 - 33) mm → T = 85.8 mm
Di atas merupakan hitungan durasi port exhaust. Tinggal ubah nilai E nya jika ingin menghitung durasi transfer atau lubang bilas.

Kamis, 19 Maret 2015

Profil Camshaft/Noken As Standar Honda MegaPro FI

Profil Camshaft/Noken As Standar Honda MegaPro FI - Berikut detail profil noken as di motor Honda MegaPro FI.

Durasi : Open + 180 + Close = x Derajat
IN :  5 + 180 + 40 = 225º
EX : 30 + 180 + 10 = 220º
Overlap : 15º

Celah renggang klep :
IN : 0.10 mm
EX : 0.10 mm

Ø pinggang =  mm
Ø lift =  mm
Lift Kem = mm
noken as Mega Pro FI

Profil Camshaft/Noken As Standar Honda Verza

Profil Camshaft/Noken As Standar Honda Verza - Berikut detail profil noken as di motor Honda Verza.

Durasi : Open + 180 + Close = x Derajat
IN :  10 + 180 + 35 = 225º
EX : 35 + 180 + 5 = 220º
Overlap : 15º

Celah renggang klep :
IN : 0.10 mm
EX : 0.10 mm

Ø pinggang =  mm
Ø lift =  mm
Lift Kem = mm
noken as Verza 150

Profil Camshaft/Noken As Standar Honda GL100

Profil Camshaft/Noken As Standar Honda GL100 - Berikut detail profil noken as di motor Honda GL100.

Durasi : Open + 180 + Close = x Derajat
IN :  40 + 180 + 35 = 255º
EX : 35 + 180 + 20 = 235
Overlap : 60º

Celah renggang klep :
IN : 0.10 mm
EX : 0.10 mm

Ø pinggang = 25.0 mm
Ø lift = 31.2 mm
Lift Kem = 6.2 mm
noken as GL Series

Rabu, 18 Maret 2015

Substitusi Connecting Rod/Stang Piston Kawasaki

Substitusi Connecting Rod/Stang Piston Kawasaki - Untuk yang mencari variasi stang piston motor diperlukan ketelitian. Apabila mencari yang lebih pendek, maupun lebih panjang, harus mencermati diameter pen bawah dan atas. Jika ada perbedaan dibanding standar motor yang kita miliki, pasti sedikit lebih ribet modifikasinya. Oleh karena itu berikut merupakan daftar substitusi connecting tod/stang piston dari pabrikan Kawasaki.
  1. Kawasaki Ninja 150
    Untuk motor Kawasaki Ninja 2 tak dengan kapasitas mesin 150 cc dapat substitusi dengan Honda Dash. Namun untuk ketersediaan part juga sulit. Ubahan Ninja menggunakan stang piston Dash harus dihitung matang-matang, karena spesifikasi nya berbeda.
    detail stang motor
  2. Kawasaki Kaze, Blitz Joy
    Untuk motor bebek kaze, blitz R, maupun blitz 125 dapat saling tukar stang pistonnya. Opsi lainnya dapat menggunakan milik Yamaha Jupiter dan Vario 110.
    detail stang motor

Substitusi Connecting Rod/Stang Piston Honda

Substitusi Connecting Rod/Stang Piston Honda - Untuk yang mencari variasi stang piston motor diperlukan ketelitian. Apabila mencari yang lebih pendek, maupun lebih panjang, harus mencermati diameter pen bawah dan atas. Jika ada perbedaan dibanding standar motor yang kita miliki, pasti sedikit lebih ribet modifikasinya. Oleh karena itu berikut merupakan daftar substitusi connecting tod/stang piston dari pabrikan Honda.
  1. Honda C100, HSX 125, Beat, Scoopy, Spacy
    Untuk motor Honda Supra 100, Supra X 125, Grand, Legenda, Legenda2, Supra Fit, Fit X, dan C100 lainnya dapat saling tukar. Juga saling tukar dengan matic 110 seperti Beat, Scoopy, dan Spacy. Perbedaan yang paling terlihat adalah panjang stang nya. Berikut di bawah ini detailnya.
    detail stang motor
  2. Honda GL series
    Untuk motor Honda GL Series, seperti GL100, CG100, CG125, GL125, Mega Pro, GL Pro, dan Tiger dapat saling tukar. Big end nya sama semua, yang berbeda hanya panjang stang Honda Tiger lebih panjang 2 mm dibanding GL Series yang lainnya.
    detail stang motor
  3. Honda Cub
    Untuk motor jadul Honda, seperti C50, C70, C700, C90, dsb., dapat saling tukar dan panjang stang sama-sama 90.5 mm. Tidak ada perbedaan sama sekali dan tinggal pasang saja.
    detail stang motor
  4. Honda CS1 dan Sonic
    Untuk motor CS1 maupun Sonic, diameter big end mirip dengan Yamaha Xeon yaitu 28 mm. Namun apabila ditukar, perlu adanya ganjalan ring karena lebar stang Xeon hanya 14 mm, sedangkan CS1 dan Sonic 16 mm. Selebihnya panjang dan diameter pen piston juga berbeda. Silahkan dicermati ulang apabila ingin saling tukar.
    detail stang motor
  5. Honda Vario 110
    Untuk matic yang satu ini berbeda daripada matic Honda yang lain. Stang piston dapat adopsi milik Yamaha Crypton atau Jupiter lama. Berikut perbedaannya.
    detail stang motor

Minggu, 15 Maret 2015

Noken As Jupiter Z1 Berbahan Mentah Dari Scorpio

Noken As Jupiter Z1 Berbahan Mentah Dari Scorpio - Ide tidak kunjung berhenti. Hal ini yang memotivasi seseorang di kawasan rumah ku di Jember. Jiwa otomotif nya begitu kuat. Dia memiliki peluang untuk memodifikasi motor Yamaha Jupiter Z1 nya menjadi motor kencang. Oleh karena nya dengan bantuan modif noken as yang kumiliki, dia menggunakan noken as standar Yamaha Scorpio yang diproses di tukang bubut dan mengubah profilnya layaknya noken as racing untuk Jupiter Z1.
noken as Jupiter Z1 dan Scorpio,
ternyata memiliki desain yang mirip
Ubahannya sendiri ternyata tidak banyak. Hanya mengubah dudukan bearing dan gigi timing. Profil sendiri bersifat low cam advanced dan diameter pinggang noken as mengikuti standar Z1. Lift sendiri mampu bertemu minimal 7.5 mm dan lebih jika dibubut kembali. Bahan milik Scorpio sendiri jauh lebih keras dibanding standar motor bebek. Itulah alasan noken as racing Jupiter Z1 menggunakan milik Scorpio lebih awet dipakai.

Sabtu, 14 Maret 2015

Bore Up Yamaha Jupiter MX 135 cc ke 150 cc

Bore Up Yamaha Jupiter MX 135 cc ke 150 cc - Dengan hadirnya varian Jupiter MX 150 cc di tanah air, maka dapat dilihat kembali kemiripan part nya dengan varian lawas Jupiter MX 135 cc. Untuk urusan bore up MX 135 ke 150 cc sering menggunakan blok (1PA) dan piston kit Vixion. Namun cara tersebut masih memerlukan proses pembubutan diameter luar boring Vixion.
blok mx 150 kode 2PV
Namun untuk blok MX 150 cc sendiri (kode 2PV) dirancang untuk dapat dipakai oleh MX lawas yang masih 135 cc tanpa proses bubut lagi. Selain itu, kata nya, pada body blok nya terdapat sirip agar pelepasan panas lebih optimal. Tinggal tunggu saja keberadaan sparepart nya.