Jumat, 08 Januari 2016

Cara Membuat Fullwave Dengan Spul dan Kiprok Standar Halfwave Single Phase

Cara Membuat Fullwave Dengan Spul dan Kiprok Standar Halfwave Single Phase - Motor bebek rata - rata menggunakan spul 1 fasa dengan kiprok halfwave. Untuk membuat pengisian aki lebih cepat, biasanya menggunakan kiprok fullwave. Namun, untuk menekan biaya bisa menggunakan cara seperti gambar di bawah ini.
fullwave dengan 1 kiprok Honda standar
Berdasarkan gambar di atas dapat kita lihat bahwa:
  1. Spul seperti biasa dicabut massa nya dan disambung kabel tambahan sebagai output spul
  2. Diode, sejumlah 4 buah, digunakan sebagai pembagi massa. (Nilai diode bebas, misal: 6A05)
  3. Apabila lampu ingin ikut aki, kuning sudah tidak digunakan lagi.
Selain itu, bila memiliki 2 buah kiprok, tentu akan membuat kerja kiprok tidak terlalu berat. Berikut skema nya.
fullwave dengan 2 kiprok Honda standar

Rabu, 06 Januari 2016

Daftar Oli Samping 2 Tak

Daftar Oli Samping 2 Tak - Berikut merupakan daftar oli samping 2 tak, agar kalian rider 2 tak tidak bingung lagi memilih oli samping.
oli samping untuk motor 2 tak
Mineral
  • AGIP 2T - JASO FB
  • Castrol GO! 2T - JASO FB
  • Evalube 2T API TB
  • Shell Advance SX - JASO FB
  • Total 2T Special - API TC
Semi Synthetic
  • AGIP City 2T - JASO FC
  • AGIP 2T F1 - JASO FC
  • ARAL 2T Basic Energy - JASO FC
  • Castrol Activ 2T Low Smoke - JASO FC
  • ELF IndoOil CX800 2T Smokeless Perfumed - JASO FC
  • ELF 2T Moto Sport SP - JASO FC
  • Eneos 2T City - JASO FC
  • Fuchs Comp-2 Injector - JASO FC
  • Gulf Power Trac 2T - JASO FC
  • Idemitsu Racing 2T - JASO FC
  • Idemitsu Extreme - JASO FC
  • Kawasaki Genuine Oil 2T - JASO FC
  • Motul 510 Technosynthese - JASO FD
  • Nixol 2TRX - JASO FC
  • Orange 2T - JASO FC
  • Petronas Sprinta 2T 4000 - JASO FC
  • Scorpion Biker 2T Smokless Perfumed - API TC
  • Shell Advance VSX - JASO FC
  • SPC 2T Special Super Perfumed - API TC
  • SPC 2T Alpha Super Perfumed - JASO FC
  • SPC 2T-S Perfumed - JASO FC
  • Total 2T Grandprix - API TC
  • Total 2T Racing - API TC
  • Valvoline 2T - API TC
  • Yamalube 2T Black - JASO FC
Synthetic
  • AGIP 2T Speed - JASO FC
  • Bardahl 2T - JASO FC
  • Castrol Power 1 - JASO FD
  • Gasoli 2T Super Sporty G1000 - API TC
  • Motul 710 100% - JASO FD
  • Motul 800 Offroad Factory Line Ester 100% - API TC
  • Petronas Sprinta 2T 5000 100% - JASO FC
  • RedMax ProBlend 2 Cycle Engine Oil - JASO FD
  • Repsol 2T - API TC JASO FC
  • STP 2T Low Smoke Perfumed - JASO FC
  • TOP 1 2T Low Smoke - JASO FC
  • Total 2T Hi-Perf - JASO FD
  • Vistra 2T 500 - JASO FC
Synthetic - Racing Only
  • Castrol A747 Castor
  • Castrol TTS 2T Full Synthetic Racing
  • IP Sintiax Max Competition 2T
  • Motul 800 Road Racing Factory Line Double Ester 100% Synthese
  • Silkolene 2T PRO2Electrosyntec 100% Synthetic Ester
  • Silkolene 2T Comp Plus Electrosyntec Sythentic Ester - JASO FD
  • Shell Racing X 2T

Senin, 04 Januari 2016

Kualitas Oli Samping 2 Tak

Kualitas Oli Samping 2 Tak - Cara untuk melihat kualitas oli samping 2 tak sebenarnya hampir sama caranya dengan pelumas mesin 4 tak. Caranya cukup dengan melihat JASO atau API nya yang tertera pada kemasan. Apabila oli samping yang dibeli merupakan produk asli, tentu kode JASO dan API yang tertera sungguh-sungguh merupakan cerminan kualitasnya. Selain itu terkadang ada yang mineral, semi-syntetic, dan full syntetic. Tentu full syntetic merupakan pelumas rekayasa yang paling baik untuk dipakai karena sudah diciptakan khusus dan memenuhi fungsi dari pelumas. Berikut merupakan kode yang tertera pada oli samping motor 2 tak.
oli samping Orange
API TC, JASO FC
JASO
  1. FA = sudah tidak digunakan lagi
  2. FB = kualitas rendah
  3. FC = kualitas menengah
  4. FD = kualitas tinggi

API
  1. TA = sudah tidak digunakan lagi
  2. TB = kualitas rendah
  3. TC = kualitas menengah
  4. TD = kualitas tinggi

Jumat, 01 Januari 2016

Korek Harian Honda Supra X 107 cc

1. Piston Honda Vario 125
Dibandingkan piston Kharisma yang cekung, rasio kompresi menggunakan piston Vario 125 akan lebih padat. Selain itu bodi piston yang mungil meringankan bobot piston, dengan pen pendek serta ring piston tipis. Dijamin lebih mantap daripada piston Kharisma. Caranya sama seperti menggunakan piston Kharisma, kolter atau sekalian ganti boring agar awet.
piston motor
Vario 125 (kiri), Supra 125 (kanan)
2. Per Kopling Smash
Per kopling menggunakan orisinil Smash agar lebih pakem. Pemasangan tinggal PnP saja alias langsung tukar. Tentu membongkar bak kopling terlebih dahulu.
per kopling Smash
3. Porting polish
Porting kop standar kurang bagus untuk rpm tinggi. Agar respon dan performa mesin lebih baik tentu porting polish sangat dianjurkan.
port yang sudah dicostum
4. Noken as costum
Noken as standar dicostum sedikit. Profil mengikuti standar. Durasi standar, hanya menambah lift dan overlap saja. Tentu desain ini malah lebih irit bahan bakar daripada kondisi standar.
noken as Supra X

Rabu, 30 Desember 2015

Korek Harian Yamaha Jupiter 117 cc

1. Piston Honda Vario 125
Diameter piston standar Vario 125 adalah 52.4 mm dan menghasilkan kapasitas mesin 116.5 cc. Tinggi piston lebih tinggi 1 mm dibanding standar dan tipe jenong. Tentu rasio kompresi statis naik sekitar 10.7 : 1. Coakan klep dibuatkan lagi mengikuti klep yang masih standar.
piston Honda Vario 125 di Jupiter
2. Karburator Yamaha Jupiter Z
Karburator standar Jupiter Z dapat dipakai tanpa ubah apapun. Paling tidak porting polish dilakukan agar setelan karbu terasa ringan. Intake manifold kebetulan memakai yang pendek, usai dipotong dan dilas kembali.
karburator Jupiter Z standar
3. Knalpot Standar Bobok
Knalpot standar dibobok tanpa sekat dan diberi pipa ram dan glasswol agar suara tidak keras. Tarikan motor jadi lebih ringan.
knalpot freeflow standar costum
4. CDI Yamaha Mio lawas
Pengapian standar unlimiter digantikan dengan milik Mio lawas yang limiter 12.500 rpm. Karakter Mio lebih bagus sehingga performa juga lebih bagus serta lebih irit bahan bakar.
CDI Mio lawas 5TL
5. Noken as costum
Noken as standar dipapas dengan spesifikasi buka tutup 20-40 dan lift dipatok 7.8 mm. Per klep standar masih dapat dipakai namun sebaiknya per klep racing saja.

Senin, 28 Desember 2015

Diameter Luar Liner/Boring Kawasaki Blitz

Diameter Luar Liner/Boring Kawasaki Blitz - Besar dari liner Blitz/Kaze sebesar 61.6 mm dan tentu sangat tebal karena diameter dalam hanya 53 mm. Liner ini bisa diadopsi untuk bore up motor bebek lain.
diameter luar liner/boring Blitz/Kaze

Jumat, 25 Desember 2015

Diameter Crankcase Kawasaki Blitz-R

Diameter Crankcase Kawasaki Blitz-R - Diameter dari lubang crankcase Kawasaki Blitz-R sebesar 62.3 mm dan perkiraan sama dengan saudara nya Kaze.
diameter crankcase Kawasaki Blitz

Rabu, 23 Desember 2015

Profil Camshaft/Noken As Standar Honda Supra X 125

Profil Camshaft/Noken As Standar Honda Supra X 125 - Berikut detail profil noken as di motor Honda Supra X 125.

Durasi : Open + 180 + Close = x Derajat (@1 mm lift)
IN :  0 + 180 + 20 = 200º
EX : 42 + 180 + 22 = 244º
Overlap : 22º

Celah renggang klep :
IN : 0.04 mm
EX : 0.05 mm

Ø pinggang =  mm
Ø lift =  mm
Lift Kem = 4.1 mm
noken as Supra X 125

Senin, 21 Desember 2015

Cara Menyetel Shock Belakang

Cara Menyetel Shock Belakang - Bagi pemilik Shock Arsorber alias Shockbreker yang terdapat penyetelannya, dapat melakukan setting lembut maupun keras pada per shock nya. Cara ini digunakan untuk shock yang model setelan tingkat.
semakin per ditekan maka semakin keras shock
Langkah-langkah penyetelan Shock YSS Hybrid :

  1. Keadaan motor standar tengah
  2. Tarik per hingga setelan dapat diputar menyesuaikan posisi tingkatan yang diinginkan
  3. Semakin per ditekan, maka shock terasa keras. Begitu pula sebaliknya.

Jumat, 18 Desember 2015

Daftar Ukuran Tabung Sok Depan

Daftar Ukuran Tabung Sok Depan - Berikut merupakan tabel yang memudahkan kita untuk mencari substitusi inner tube sok depan. Bisa juga substitusi tersebut sebagai panduan modifikasi ketinggian motor kita. Jangan lupa juga model tutup atas ada tipe ulir/drat dan tipe klip.
Honda
Yamaha
Suzuki


Rabu, 16 Desember 2015

Tahanan Spul Motor Honda

Tahanan Spul Motor Honda - Berikut merupakan tabel tahanan spul motor merk Honda. Cara mengetahuinya adalah dengan menggunakan ohmmeter. Gunakan probe + dan - nya ke spul yang akan diuji. Misal probe + ke jalur output/pin kabel sedangkan probe  - ke massa atau negatif aki.
 

Senin, 14 Desember 2015

Daftar Gir Rasio Yamaha Mio

Daftar Gir Rasio Yamaha Mio - Ingin merubah final gear dari rasio Yamaha Mio tentu harus tahu ukurannya (standar 13-42). Gir rasio Yamaha Mio yang tersedia di pasaran adalah sebagai berikut.
  • 12-41
  • 12-42
  • 13-37
  • 13-38
  • 13-44
  • 13-45
  • 14-13
  • 15-40
  • 17-38
  • 17-39
  • 17-40
  • 18-37
  • 18-40
    gigi rasio Yamaha Mio