Senin, 12 Oktober 2015

Macam Teknologi Camshaft SOHC

Macam Teknologi Camshaft SOHC - Motor bensin piston sendiri sudah berusia seabad lebih. Teknologi yang digunakan pun juga sudah lama. Namun tidak ada salahnya pengembangan tetap dilakukan. Berikut beberapa teknologi camshaft SOHC.
  1. Konvensional SOHC 2 valve
    Teknologi ini yang paling umum dan sering dijumpai di motor bebek. Kelebihannya adalah desain mudah dan murah perawatannya. Kelemahannya aliran udara yang masuk terbatas dan biasanya motor lebih nyaman bermain di rpm rendah - tengah.
    SOHC 2 klep
  2. SOHC 4 valve
    Teknologi yang diterapkan di motor Yamaha Vixion, Jupiter MX, dsb. Fungsinya agar aliran udara masuk lebih minim hambatan dibandingkan SOHC 2 valve. Efeknya putaran mesin lebih cepat naik karena volumetrik lebih tinggi.
    SOHC 4 klep
  3. SOHC VVA
    Teknologi yang baru-baru ini diterapkan di Yamaha NMax 155 cc. Memiliki lobe kem yang berbeda pada bagian intake nya. Profil berbeda tersebut untuk mengejar performa optimal di rpm rendah dan tinggi sekaligus.
    SOHC VVA
  4. SOHC Unicam
    Teknologi ini mirip DOHC namun tetap 1 lonjor noken as sehingga tetap masuk kategori SOHC. Unicam lebih dimiliki oleh motor Honda.
    SOHC Unicam

Jumat, 09 Oktober 2015

Bak Kopling Suzuki Crystal HandMade

Bak Kopling Suzuki Crystal HandMade - Bak Kopling untuk motor bebek suzuki 2 tak tentu harus bikin sendiri. Sekarang sudah jarang orang yang menjual bak kopling manual bebek 2 tak suzuki. Salah satu contoh adalah Suzuki Crystal seperti di foto berikut ini. Bak kopling manual nya hanya tinggal foto kenangan dari pemilik nya. Blog yang memuat artikelnya sendiri sudah tidak dapat diakses. Beriku foto bak kopling Suzuki Crystal yang dihandmade.
stut kopling manual Suzuki Crystal handmade
tampak dalam bak kopling Suzuki Crystal
Untuk mematikan rumah kopling sentrifugal sendiri dapan mengakali dengan membuat balancer. Agar balancer dapat terikat sempurna di poros engkol, maka gir depan Yamaha dapat digunakan sebagai adaptor. Gigi di bagian tengah sudah sama alias plek. Tinggal mengatur balancer saja.
balancer kopling manual Suzuki Crystal
desain kopling manual Suzuki Crystal

Rabu, 07 Oktober 2015

Profil Noken As/Camshaft Yamaha YZ 450F

Profil Noken As/Camshaft Yamaha YZ 450F - Ingin tahu seperti apa profil noken as motor SE (Special Engine) yang terkenal dengan performa nya? Silahkan disimak keterangan di bawah ini.
noken as YZ 450F
Stock 06-09 YFZ450
  • Intake Lift : 8.64 mm
  • Exhaust Lift : 8.45 mm
  • Intake Lobe Center : 107º
  • Exhaust Lobe Center : 123º
  • Intake Duration (@1 mm lift): 256º
  • Exhaust Duration (@1 mm lift): 258º
  • Intake Open/Close: 21 btc/55 abc
  • Exhaust Open/Close: 72 bbc/6 atc
  • Lobe Separation Angle : 115º
  • Overlap: 27º
Comments: Exhaust cam is advanced from the factory. Better all-around performance is achieved by retarding the exhaust camshaft one tooth.

Stock 06-09 YFZ450 with "Cam Mod"
  • Intake Lift : 8.64 mm
  • Exhaust Lift : 8.45 mm
  • Intake Lobe Center : 107º
  • Exhaust Lobe Center : 100.5 º
  • Intake Duration (@1 mm lift): 256º
  • Exhaust Duration (@1 mm lift): 258º
  • Intake Open/Close: 21 btc/55 abc
  • Exhaust Open/Close: 49.5 bbc/28.5 atc
  • Lobe Separation Angle: 103.75º
  • Overlap: 49.5º
Comments: Increased performance across the board compared to stock. Excellent benchmark for comparing aftermarket cams.

Stock 08-09 YZ450f
  • Intake Lift : 8.64 mm
  • Exhaust Lift : 8.45 mm
  • Intake Lobe Center : 97º
  • Exhaust Lobe Center : 103º
  • Intake Duration (@1 mm lift): 256º
  • Exhaust Duration (@1 mm lift): 258º
  • Intake Open/Close: 31 btc/45 abc
  • Exhaust Open/Close: 52 bbc/26 atc
  • Lobe Separation Angle: 100º
  • Overlap: 57º
Comments: Possible budget early IVC/high overlap setup. YFZ450 exhaust cam in "cam mod" position will increase overlap to 59.5.

Hot Cams Stage 1 (4023 in/4044 ex)
  • Intake Lift(inches/mm): 8.86
  • Exhaust Lift(inches/mm): 8.67
  • Intake Lobe Center (degrees): 110
  • Exhaust Lobe Center (degrees): 103
  • Intake Duration (degrees at .040"): 269
  • Exhaust Duration (degrees at .040"): 265
  • Intake Open / Close: 24.5 btc/64.5 abc
  • Exhaust Open / Close: 55.5 bbc/29.5 atc
  • Lobe Separation Angle: 106.5
  • Overlap: 54
Comments: Top-end gain compared to stock "cam mod". Stock springs and retainers OK.

Hot Cams Stage 3 (4097 in/4098 ex)
  • Intake Lift(inches/mm): 8.89
  • Exhaust Lift(inches/mm): 8.74
  • Intake Lobe Center (degrees): 108
  • Exhaust Lobe Center (degrees): 97.25
  • Intake Duration (degrees at .040"): 260
  • Exhaust Duration (degrees at .040"): 253.5
  • Intake Open / Close: 22 btc/58 abc
  • Exhaust Open / Close: 44 bbc/29.5 atc
  • Lobe Separation Angle: 102.625
  • Overlap: 51.5
Comments: Trades some Stage 1 top-end for mid-range. Stock springs and retainers OK.

Web 297/192 "Torque" Profile (exhaust retarded 1 tooth)
  • Intake Lift(inches/mm): .360/9.14
  • Exhaust Lift(inches/mm): .338/8.59
  • Intake Lobe Center (degrees): 107
  • Exhaust Lobe Center (degrees): 100.5
  • Intake Duration (degrees at .050"): 244
  • Exhaust Duration (degrees at .050"): 247
  • Intake Open / Close: 15 btc/49 abc
  • Exhaust Open / Close: 44 bbc/23 atc
  • Lobe Separation Angle: 103.75
  • Overlap: 38
Comments: Web cam card duration and event info is at .050" lift, so duration-related numbers will appear low compared to other cams rated at .040" lift.

Web 943 (most aggressive in catalog with stock valve springs)
  • Intake Lift(inches/mm): .355/9.02
  • Exhaust Lift(inches/mm): .355/9.02
  • Intake Lobe Center (degrees): 107
  • Exhaust Lobe Center (degrees): 100.5
  • Intake Duration (degrees at .050"): 258
  • Exhaust Duration (degrees at .050"): 258
  • Intake Open / Close: 22 btc/56 abc
  • Exhaust Open / Close: 49.5 bbc/28.5 atc
  • Lobe Separation Angle: 103.75
  • Overlap: 50.5
Comments: Web cam card duration and event info is at .050" lift, so duration-related numbers will appear low compared to other cams rated at .040" lift.

Web 963/216
  • Intake Lift(inches/mm): .356/9.04
  • Exhaust Lift(inches/mm): .363/9.22
  • Intake Lobe Center (degrees): 107
  • Exhaust Lobe Center (degrees): 100.5
  • Intake Duration (degrees at .050"): 262
  • Exhaust Duration (degrees at .050"): 263
  • Intake Open / Close: 24 btc/58 abc
  • Exhaust Open / Close: 52 bbc/31 atc
  • Lobe Separation Angle: 103.75
  • Overlap: 55
Comments: Requires performance valve spring kit. Web cam card duration and event info is at .050" lift, so duration-related numbers will appear low compared to other cams rated at .040" lift.

MMAD Lightspeed
  • Intake Lift(inches/mm): .384/9.75
  • Exhaust Lift(inches/mm): .384/9.75
  • Intake Lobe Center (degrees): 108
  • Exhaust Lobe Center (degrees): 105 (small core exhaust)-110 (big core/meg/OOF)
  • Intake Duration (degrees at .040"): 266
  • Exhaust Duration (degrees at .040"): 266
  • Intake Open / Close: 25 btc/61 abc
  • Exhaust Open / Close: 63 bbc/23 atc (at 110 lobe center)
  • Lobe Separation Angle: 109
  • Overlap: 48
Comments: Drag race cam, HD springs required.

Senin, 05 Oktober 2015

Hubungan Rasio Kompresi Terhadap Tekanan Silinder

Hubungan Rasio Kompresi Terhadap Tekanan Silinder - Sebelum menyelam lebih dalam terkait judul artikel ini, pembaca sekalian diharapkan memahami terlebih dahulu perbedaan istilah rasio kompresi dan tekanan kompresi. Rasio kompresi berhubungan dengan perbandingan volume yang menyebabkan adanya kenaikan tekanan di dalam silinder. Jadi rasio kompresi jelas berbeda dengan kompresi yang dimaksud. Umumnya kompresi mesin bensin sekitar 9-14 bar. Berikut merupakan rumus hubungan rasio kompresi terhadap tekanan di dalam silinder.
rumus tekanan di dalam silinder
Berdasarkan rumus di atas, terlihat bahwa secara ideal udara dapat dikompresi dan menimbulkan tekanan pada ruang tertutup. Sesuai rumus di atas mari kita coba perhitungannya.

Contoh
Motor Crypton memiliki rasio kompresi standar 9.0 : 1 dengan diameter piston 49 mm dan langkah piston 54 mm. Klep in tertutup pada saat 53º setelah TMB terukur pada busur derajat noken as. Berapakah tekanan silinder yang dialami motor Crypton tersebut?

Jawab
Volume mesin = 102 cc, volume ruang bakar 12.7 cc, rasio kompresi dinamis 4.5 : 1.
P = (4.5)^1.4
P = 8.09 bar

Jadi tekanan yang terjadi di dalam silinder Crypton sebesar 8.09 bar. Jika ingin menggunakan satuan Psi, maka kita harus tahu ketinggian tempat pengujian terhadap permukaan air laut. Misal di ketinggian 0 mdpl maka 8.09 x 14.7 = 118.92 psi.

NB: Hitungan di atas dilakukan secara ideal dan teoritis saja. Kenyataan di lapangan tentu berbeda satu dengan lainnya.

Jumat, 02 Oktober 2015

Tekanan Silinder Motor Bensin Yang Sehat

Tekanan Silinder Motor Bensin Yang Sehat - Mesin motor pada umumnya ada yang tipe 4 tak dan 2 tak. Tentu motor memerlukan tekanan kompresi yang cukup di ruang bakar untuk dapat bekerja sempurna membakar bahan bakar dengan udara untuk dijadikan tenaga. Tekanan yang rendah membuat campuran bahan bakar dan udara tidak dapat terbakar atau sering disebut missfire, sehingga mesin kehilangan tenaga.
alat uji besar kompresi
Penyakit pada motor muncul apabila kompresi ruang bakar lemah. Entah hal tersebut terjadi pada salah satu silinder atau lebih. Tekanan kompresi yang di bawah spesifikasi standar/minimum dapat dikatakan sebagai kompresi lemah. Umumnya mesin bensin tidak dapat bekerja baik jika tekanan kompresi berada di bawah 100 psi (7 bar). Kebanyakan mesin bensin bekerja dengan baik sekitar 140 psi (9.5 bar) hingga 220 psi (15 bar). Untuk mesin balap tentu nilai tersebut lebih tinggi. Hal ini tergantung spesifikasi masing-masing model/merk mesin.
peraga tes kompresi
Penyebab berkurangnya kompresi ruang bakar pada mesin antara lain:
  1. Gasket Cylinder Head yang bocor/rusak/terbakar
  2. Ring Piston rusak/aus/bocor
  3. Seal klep bocor
  4. Klep rusak/bocor
  5. Piston retak/bolong
  6. Cylinder Head Block retak/melengkung
  7. Cylinder Block retak

Rabu, 30 September 2015

Bermacam Subtitusi Kampas Kopling

Bermacam Substitusi Kampas Kopling - Pada artikel kali ini akan membahas subtitusi dari hampir keseluruhan merk dan jenis motor. Ini penulis berikan agar para pembaca sekalian tahu kesamaan part dari motor-motornya. Silahkan ditambahkan lagi keterangan yang ada dan dikoreksi. Berikut bermacam subtitusi kampas kopling motor di Indonesia:
kampas kopling motor
  • Scorpio, Vixion, Byson, New Jupiter MX, 125z, Touch, Tiara, Tiger, MegaPro, GL Series, C100, CS1, CB150R, KLX, ZX130, Ninja RR, Pulsar
  • Jupiter MX old, New Jupiter Z, Vega ZR, Kharisma, Supra X 125, Blade, Revo Absolute
  • Jupiter, Jupiter Z, Vega, Crypton, F1ZR, Alfa
  • V75, V80
  • RX King, L2 Super
  • RXZ, YZ125
  • Shogun, Satria S
  • Satria FU, RGR, TS125, GP125, Smash, Satria R
  • RC110, Crystal, Tornado
  • Blitz, Kaze, GTO
  • Beat, Mio

Senin, 28 September 2015

Alat Setel Jari-jari Velg Tromol

Alat Setel Jari-jari Velg Tromol - Pada kendaraan yang menganut roda spoke, tentu perlu memperhatikan keseimbangan setelan jari-jarinya. Selain untuk keseimbangan, kenyamanan, tentu sebagai kekuatan dari roda yang menjadi tumpuan kendaraan. Oleh karenanya kita harus mengecek kondisi roda kita. Jika hanya ingin mengencangkan beberapa jari-jari yang kendor kita tak perlu ke tukang setel velg. Kita hanya memerlukan alat yang dibutuhkan. Alat yang digunakan dalam proses setel velg tentu bermacam-macam. Namun alat berikut terlihat lebih mudah digunakan dan bermacam ukurannya.
kunci setel jari-jari tromol
berbagai ukuran dalam satu alat

Jumat, 25 September 2015

Melebarkan Lubang Paking Kompresi

Melebarkan Lubang Paking Kompresi - Ketika motor sudah dilakukan bore up, maka paking standar sudah tidak lagi sesuai ukurannya. Contohnya saja Jupiter Z dengan piston 51 mm, diameter paking kompresi standarnya selebar 52 mm. Hal tersebut tentu disiapkan dari pabrik untuk piston oversize 100 alias 52 mm juga.
beda paking kompresi
standar (atas) dan bubutan (bawah)
Nah, untuk motor bore up bagaimana? Misal piston di bore up 66 mm, ya tentu paking standar hanya 52 mm. Agar bisa cocok, ada baiknya paking kompresi dibubut dan diameter nya dibuat lebih besar maksimal 1 mm agar paking tersebut tidak menghalangi. Kebanyakan tuner hanya menggunting paking kompresi, namun cara tersebut tidak rapi dan beresiko. Cara ini memang memakan biaya, jadi pertimbangkanlah di awal bore up karena perawatan motor non standar tentu lebih besar.
paking kompresi bubutan

Rabu, 23 September 2015

Membuat Piston Jenong (Dome) Lewat Pengelasan

Membuat Piston Jenong (Dome) Lewat Pengelasan - Yang dimaksud dengan piston jenong adalah piston yang bentuk kepala piston nya cembung. Tujuan dari profil jenong tersebut bisa jadi untuk memperkecil volume ruang bakar yang diharapkan rasio kompresi menjadi tinggi. Pada motor tertentu, piston standarnya sudah jenong. Apabila motor kita bertipe cekung ataupun flat dan ingin menaikkan rasio kompresi, bisa dicoba membuat piston jenong dengan cara pengelasan. Secara garis besar caranya ialah dengan menambahkan aluminium di kepala piston dan diprofil ulang dengan mesin bubut dan frais.
piston Jupiter dilas jenong
Sebagai contoh adalah piston pada gambar di atas. Piston Jupiter Z tersebut masih baru beli dan langsung dipanaskan di tukang las aluminium. Dengan kata lain, piston di atas tadi dimentahkan lagi profil kepala nya. Carilah tukang las yang sudah berpengalaman dan kalau bisa menggunakan alat las bukan karbit lagi. Hal itu ditujukan untuk hasil dome yang maksimal, kuat, dan tidak keropos. Untuk ketebalan, diameter, dan tipe menyesuaikan keinginan ataupun hitungan kita sendiri. Hati-hati dalam mengelas, piston tidak boleh berubah bentuk lingkarnya (jangan sampai molet/menggeliat). Setelah itu, piston dapat diproses bubut.
perbedaan hasil piston Jupiter Z
las jenong (kiri), standar (kanan)
Proses pembubutan sendiri membutuhkan diameter, bentuk, dan coakan klep yang kita inginkan. Misal head sudah ubah sudut dan klep besar, tentu berbeda pula desainnya dibandingkan yang head masih standar. Yang lebih penting lagi adalah desain kepala piston tadi terkait erat ke rasio kompresi dan bahan bakar yang akan dipakai. Jadi kerjakan dengan hitungan yang teliti dan tidak ngawur.

Foto:

Senin, 21 September 2015

Intake Kodok Membran RXZ

Intake Kodok Membran RXZ - Intake besar dengan rumah membran RXZ sudah banyak beredar di pasaran. Sejatinya, produk ini dijual untuk motor F1ZR yang ingin berperforma. Namun dalam perkembangannya, intake kodok membran RXZ juga dapat diaplikasi di motor bebek 2 tak lain nya. Apabila menggunakan intake ini, karburator juga bisa diganti yang lebih besar. Berikut foto dari part tersebut.
intake kodok membran RXZ

Sabtu, 19 September 2015

Adaptor Blok RX di Yamaha V80

Adaptor Blok RX di Yamaha V80 - Ingin bore up ekstrim di motor bebek jadul Yamaha menggunakan blok dan head RX? RX yang mana saja terserah yang penting ada blok dan kop nya. Ini merupakan salah satu trik yang sering dilakukan tuner bebek jadul. Dengan berbekal adaptor besi di bawah blok, maka baut tusuk tidak perlu digeser. Seperti apa contohnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
salah satu model adaptor
blok RX king akan dipasang di V80
Di atas tadi adalah ilustrasinya. Lantas bagaimana caranya? Caranya adalah menyiapkan plat esser tebal dan dimal sesuai dengan lubang baut standar dan blok RX yang akan digunakan. Pada bagian tengah, lubang disesuaikan dengan liner dan lubang transfer. Untuk lubang baut standar menyesuaikan bentuknya dan untuk baut tusuk blok berada di paling luar. Ini barusan adalah caranya mengkreasi adaptor blok agar blok dapat terpasang di crankcase V80.
ilustrasi mesin V80 di blok kop RX Special
by Bayu, teman di Juwana
Pertanyaan selanjutnya yang muncul pastilah terkait piston, porting, as kruk, stang, dsb. Ya, karena ini share dari teman aku, tentu bermacam-macam cara yang dipakai karena tergantung kebutuhan dan kemauan. Ada yang as kruk menggunakan Force1, F1ZR, Alfa (52 mm), RX King (50 mm), atau standar V80 tapi ganti stang. Piston sendiri juga tergantung kapasitas mesin mau dibuat berapa cc.
yamaha V75 blok kop RX100
by Adelio KRT Pro Speed
Apakah ini membutuhkan bubut sana sini? Sudah dikatakan tergantung kebutuhan juga. Kalau piston nyatanya mendem/tenggelam jauh tentu perlu proses bubut blok atau malah ganti piston yang lebih tinggi dome nya. Porting tentunya diukur kembali agar durasi tidak kacau. Tentu aplikasi cara modif mesin ini butuh ilmu dan pengalaman yang lebih dari cukup.
yamaha V75 yang dulu dibuat mainan
by Adelio KRT Pro Speed
suzuki FR blok kop RX King
yang punya baju hijau (Adelio)

Kamis, 17 September 2015

Karburator Suzuki Smash Titan Di Yamaha Vega R New

Karburator Suzuki Smash Titan Di Yamaha Vega R New - Berikut percobaan memasang karburator orisinil Suzuki Titan di motor kawan saya, Gilang yang bertinggal di Semarang. Motornya yaitu Yamaha Vega R New. Kondisi motor masih full standar. Berbekal keberanian mengganti karburator standar dengan orisinil Suzuki Titan, motornya sukses melaju 120 kpj on speedo. Apa saja ubahan yang dilakukan dalam pemasangan karburator Suzuki Titan di Vega R New tersebut? Silahkan simak.
karburator Titan di Vega R New
Oke berikut pemaparan ubahan atau langkah yang dilakukan.
  1. Karburator Suzuki Titan orisinil
    Karburator ini dicek di suzuki online seharga Rp. 416.000,- dan ini kondisi orisinil baru. Pilot jet dan main jet bawaan Titan #15 dan #95. Lalu diuji coba, ternyata permintaan mesin menggunakan pilot jet Vega R New #17.5 dan main jet standar Titan #95. Klip dan jarum skep tetap standar, per TPS dilepas.
    harga karburator Titan
  2. Manifold + insulator
    Karena bentuk lubang venturi Vega berbeda Titan, maka insulator dan manifold disamakan lebar lubangnya. Boleh dengan bantuan tukang bubut atau kreasi sendiri menggunakan alat.
    insulator sudah disamakan dengan venturi Titan
  3. Setting lain-lain
    Untuk kabel gas standar dapat dipakai, hanya saja model pengikat bagian atas berbeda dengan bawaan Vega. Pada milik temanku ini hanya diganjal mur agar tidak terlalu banyak jarak main grip gas. Jika ingin lebih pas bisa mencoba kabel gas Smash/Shogun sendiri. Kabel nya dapat dipasang dengan mudah di Vega. Gir belakang diganti menggunakan ukuran 33. Untuk setting angin-angin karburator sekitar 2 putaran. Hasil pembakaran seperti gambar di bawah ini.
hasil pembakaran di busi
busi NGK C6HSA
motornya dijuluki kebo harian,
bukan vega harian

Rabu, 16 September 2015

Cara Murah dan Mudah Membuat 6 Speed di Vixion

Cara Murah dan Mudah Membuat 6 Speed di Vixion - Untuk motor Yamaha Vixion apapun dapat dimodifikasi gearbox nya menjadi 6 tingkat percepatan. Tips ini berlaku juga bagi New Jupiter MX, MX King, dan MX 150. Tetap maafi untuk Yamaha Jupiter MX lama tentu lebih sulit dari tips ini. Jadi kembali ke topik, kira-kira bahan yang diperlukan hanya poros kopling, sepasang gigi 6 Yamaha R15, botolan presneling Yamaha R15, dan gigi 3 Yamaha R15. Berikut daftar part tersebut pada gambar di bawah ini.
daftar part yang akan dibelanjakan
Agar lebih mudah memahami part yang dimaksud dapat dilihat pada gambar di bawah ini. Proses pemasangan tentu hanya plug n play, alias salin/ganti, rakit, dan pakai. Jadi cara ini tidak perlu proses bubut atau modif sana sini. Praktis dan part yang digunakan dapat dikembalikan seperti asal. Hal ini terjadi karena memang desain mesin dari Yamaha sama. Untuk biaya sparepart berdasarkan katalog Yamaha sekitar Rp. 819.000,- (15 September 2015). Ongkos lain-lain adalah jasa overhoule dan part diluar daftar di atas seperti paking, oli, dsb.
part yang diganti/ditambah
Murah dan mudah bukan dalam menambah prenseling Vixion menjadi 6 speed? Dulu masih belum muncum R15 di Indonesia ada paket R15 komplit dari India seharga 4-5 juta. Sekarang terpangkas hanya 1 jutaan saja. Satu tips lagi, dengan rasio gearbox baru yang terdapat gigi 6, nafas motor semakin panjang karena rasio yang tergolong berat. Untuk meminimalisir drop nya power di gigi 6, maka rasio final gir dapat dibuat lebih ringan. Selamat mencoba!

Selasa, 15 September 2015

Substitusi Spuyer Honda CS1

Substitusi Spuyer Honda CS1 - Untuk karburator standar Honda CS1, bentuk main jet nya berbeda dibanding motor lain. Bentuk main jet CS1 bisa adopsi dari sesama Honda yaitu CBR 150 lama (#110) atau New Mega Pro (#125). Pilot jet sendiri bisa tukar dengan Honda Kharisma dan sebagainya karena drat sama. Untuk ukuran spuyer pilot jet dan main jet standar Honda CS1 adalah #35 dan #108. 
main jet Honda
CS1, New MegaPro, CBR 150

Minggu, 13 September 2015

Periksa Laher As Pulley Sekunder Matic

Periksa Laher As Pulley Sekunder Matic - Laher, alias bearing, selain berfungsi untuk menahan gerak putar juga memiliki fungsi sebagai penahan. Contohnya laher di pulley belakang matik. Laher tersebut ada beberapa bentuk. Salah satunya ada di dalam bak gardan yang terlumasi oli. Laher ini bersama dengan laher di bak cvt menahan as pulley sekunder agar tidak tertarik maju ke depan saat motor diajak berakselerasi. Apabila aus, maka kekencangan belt seakan berkurang dan timbul selip. Oleh karena nya jangan sepele-kan kondisi nya. Segera ganti agar performa motor tetap terjaga.
laher matik sangat sensitif di performa

Selasa, 08 September 2015

Ganti Karet Footstep Vixion & Scorpio

Ganti Karet Footstep Vixion & Scorpio - Fungsi karet pada footstep Yamaha V-Ixion sebagai peredam getaran mesin agar kaki tidak kesemutan. Apabila sudah aus/kempes, silahkan ganti saja. Sparepart tersedia banyak dan tidak mahal. Untuk harga karetnya, di bengkel resmi Yamaha dijual hanya Rp 12 ribu. Kecuali jika besi tatakan karetnya patah, butuh tambahan dana Rp 49 ribu untuk menebusnya. Peranti itu bisa diaplikasikan ke Yamaha V-Ixion dan Yamaha Scorpio. Cara bongkar pasangnya hanya bermodalkan obeng plus.
karet dan pijakan yang terpisah
dibaut di bagian bawah

Daftar Harga Filter Udara Ferrox

Daftar Harga Filter Udara Ferrox - Penyaring udara ini terbuat dari bahan stainless steel 304 sehalus 45 micron, mampu menahan kotoran masuk namun memiliki flow udara yang lebih baik dan lancar dibanding filter udara standar. Efeknya performa mesin dapat naik dan konsumsi BBM diklaim lebih irit 5-15 persen. Usia pakai dari filter ini tak terbatas, alias kalau rusak fisik baru ganti. Jika filter kotor, bersihkan saja dan beres.
filter udara merk Ferrox
Berikut daftar harga filter udara Ferrox:
Yamaha V-ixion (old) & YZF-R15 : Rp 350.000
Yamaha New V-ixion : Rp 375.000
Yamaha Byson : Rp 350.000
Yamaha Jupiter MX Rp 300.000
Yamaha Scorpio : Rp 350.000
Yamaha Mio J, Soul GT, Mio GT, Fino FI : Rp 300.000
Yamaha Xeon RC & GT125 : Rp 300.000
Yamaha YZF-R25 : Rp 475.000

Honda Tiger : Rp 350.000
Honda Vario 125 & 150, PCX 125 & 150 : Rp 350.000
Honda CBR250 : Rp 425.000
Honda CBR150, CB150R : Rp 375.000
Honda BeAT FI, Scoopy FI, Vario 110 FI : Rp 350.000
Honda Spacy : Rp 350.000
Honda MSX : Rp 400.000
Honda New Mega Pro : Rp 350.000
Honda CBR500 : Rp 750.000 

Kawasaki Ninja 250 (silikon) : Rp 400.000
Kawasaki Ninja 250 (slim) : Rp 425.000
Kawasaki Ninja 250 (open) : Rp 700.000
Kawasaki Ninja 650, ER-6n, Versys 650 : Rp 700.000
Kawasaki Ninja 150 R, RR, S : Rp 350.000
Kawasaki Z800 : Rp 750.000
Kawasaki KLX150 : Rp 490.000
Kawasaki Pulsar 200NS : Rp 350.000

Suzuki Satria F150 : Rp 350.000

Universal (racing open filter) : Rp 300.000

Senin, 07 September 2015

Kode Bearing Tutup Kopling Yamaha Jupiter MX

Kode Bearing Tutup Kopling Yamaha Jupiter MX - Pada motor Jupiter MX, terdapat bearing di tutup kopling nya. Fungsinya tentu untuk mencegah as stut kopling ikut berputar. Biasanya ketika usia motor lebih dari 5 tahun, fisik dari bearing ini mulai berubah. Yah namanya komponen pastilah mengalami keausan. Ketika bearing ini aus hingga pelor lepas, maka kopling tidak lagi berfungsi. Ketika ingin mengganti kita perlu tahu kode nya, karena tiap toko belum tentu hafal. Kode dari bearing tutup kopling Yamaha Jupiter MX adalah 6901.
bearing di tutup kopling Jupiter MX

Sabtu, 05 September 2015

Karburator Keihin PWL26 di Honda New MegaPro

Karburator Keihin PWL26 di Honda New MegaPro - Karburator standar Honda New MegaPro bertipe vakum. Efek yang sering dirasakan pemilik adalah respon yang lambat dan kurang menyuplai tenaga. Oleh karena nya dicoba mengganti karburator standar dengan milik Kawasaki Ninja 150R, yaitu tipe PWL 26. Karet penghubung ke filter dapat dimodifikasi agar tetap terpasang. Kabel gas butuh penyesuaian agar pas. Spuyer kira-kira pilot jet 40 dan main jet 110. Ingat, setting spuyer tidaklah selalu sama di tiap daerah/tiap motor.
karburator Ninja 150R di New MegaPro

Rabu, 02 September 2015

RX King Mesin 2 Silinder 300 cc

RX King Mesin 2 Silinder 300 cc - Bagi masyarakat yang tinggal di daerah Yogyakarta dan sekitarnya, siap-siap mendengar raungan berisik dari sang raja, yaitu Yamaha RX King yang dibuat 2 silinder berkonfigurasi V-twin 300 cc. Mesin bawah tetap RX King, namun blok dan kop menggunakan milik Ninja 150. Mesin juga dibuat menjadi berpendingin cairan (radiator) agar suhu mesin stabil. Nama motor ini adalah Blue Angel Jogja. Berikut foto dan videonya.
mesin dari RX King 300 cc 2 silinder

Sumber: Grup facebook RX-King Maniac